Manfaat Santan Kelapa Untuk Kehidupan Sehari-hari

Jika Anda sering memasak, pasti santan kelapa bukanlah hal yang asing lagi. Penggunaan santan kelapa umum digunakan pada berbagai resep masakan di nusantara. Namun, tak sedikit yang berasumsi bahwa penggunaan santan akan berakibat buruk bagi kesehatan tubuh. Padahal kenyataannya, kita dapat menemukan segudang manfaat santan kelapa.

Dalam perkembangannya, kini hadir pula santan instan atau siap pakai. Kehadiran santan instan tak lain untuk memenuhi preferensi pasar yang menyukai produk siap guna. Santan siap saji tersebut dibuat dengan metode pasteurisasi. Santan pun dikemas tanpa tambahan pengawet atau bahan tambahan lain.

Akan tetapi santan kelapa yang dibuat langsung tetap memiliki keunggulan tersendiri. Lalu, bagaimana cara membuat santan kelapa yang berkualitas baik? Santan kelapa yang baik sangat bergantung pada metode peras serta kualitas kelapa yang digunakan. Untuk mendapatkan hasil manfaat santan kelapa yang tahan lama dan bermutu, sebaiknya pilih jenis kelapa yang sudah tua dan berukuran kecil. Soalnya, kelapa yang berukuran besar umumnya mempunyai kuantitas daging kelapa yang lebih sedikit.

Bukan cuma itu, tahap pemerasan parutan kelapa pun harus terjamin kebersihannya. Tidak hanya bebas dari kontaminan, santan juga tidak boleh tercampur dengan air sama sekali. Santan yang murni akan memiliki manfaat santan kelapa lebih baik bagi tubuh Anda.

Kandungan Nutrisi dalam Santan Kelapa

Sebelum kita mengetahui manfaat santan kelapa, baiknya kita juga mengetahui kandungan nutrisi dari santan kelapa yang diperas menggunakan air. Parutan kelapa yang digunakan adalah sejumlah 100 gram.

  • Energi: 122 kkal
  • Lemak: 10 gram
  • Karbohidrat: 7,6 gram
  • Protein: 2 gram
  • Zat Besi: 0 mg
  • Kalsium: 25 mg
  • Fosfor: 30 mg
  • Vitamin A: 0 mg, B: 0 mg, C: 2 mg

Beberapa Manfaat Santan Kelapa Bagi Kesehatan

Santan memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh, tapi sering sekali orang tidak mengetahui manfaat santan kelapa bagi kesehatan tubuh.

1. Mencegah Anemia

Manfaat santan kelapa bagi kesehatan yang pertama untuk mencegah anemia. Rendahnya produksi hemoglobin dalam tubuh Anda dapat mengakibatkan terjadinya anemia. Kondisi anemia kerap dialami banyak orang dan tak jarang diabaikan. Padahal, anemia akan menyebabkan produktivitas Anda menurun.

Solusinya sangat mudah. Anda bisa mengonsumsi olahan dengan bahan santan kelapa. Santan kelapa mempunyai kandungan zat besi yang mumpuni untuk mengatasi kondisi anemia. Manfaat yang dirasakan tubuh juga akan menjadi lebih besar bila Anda mengonsumsi santan kelapa secara murni.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sedikit orang yang tahu bahwa santan kelapa memiliki kandungan antioksidan berupa vitamin C yang tinggi. Kandungan ini mendukung proses peningkatan kekebalan tubuh atau imunitas Anda. Hasilnya, Anda pun akan lebih resisten terhadap infeksi virus maupun bakteri.

3. Menekan Risiko Penyakit Jantung

Siapa bilang santan kelapa dapat menyebabkan risiko gangguan jantung? Justru sebaliknya, mereka yang mengonsumsi minyak kelapa berikut santan kelapa justru punya risiko penyakit jantung yang lebih rendah ketimbang para pengguna minyak sayuran ataupun minyak hewani.

4. Meningkatkan Kepadatan Tulang dan Gigi

Tingginya kandungan fosfor pada santan kelapa membuatnya baik untuk tulang dan gigi. Inilah sebabnya kenapa Anda sebaiknya mulai mengonsumsi santan kelapa secara berkala, demi meningkatkan kepadatan tulang dan gigi.

5. Mendukung Diet Sehat

Diet sejatinya adalah pola makan yang teratur sehingga menghindarkan dari penumpukan lemak berlebih di dalam tubuh. Santan kelapa mempunyai kandungan asam lemak dengan rantai yang pendek. Hal ini mengakibatkan kandungan asam lemak tersebut sangat mudah untuk diolah tubuh menjadi cadangan energi.

6. Menurunkan Kolesterol dalam Darah

Meski kerap disebut sebagai coconut milk, akan tetapi santan kelapa punya asam lemak jenuh yang bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Lain halnya jika Anda mengonsumsi susu hewan yang justru bisa memicu peningkatan kolesterol di dalam tubuh.

7. Mendukung Peremajaan Sel Tubuh

Manfaat santan kelapa pada peremajaan sel tubuh ini karena terdapat kandungan nutrisi, serat, dan asam lemak yang mumpuni, menyebabkan santan kelapa punya kemampuan untuk mendorong pembentukan sel-sel baru. Dalam hal ini peremajaan sel tubuh bisa Anda dapatkan tatkala rutin mengonsumsi santan kelapa.

Manfaat Santan Kelapa untuk Kecantikan

Selain untuk kesehatan tubuh, santan kelapa juga memiliki manfaat untuk kecantikan.

1. Mengembalikan Kecerahan Kulit

Kulit yang cerah dan terlihat sehat selalu menjadi incaran setiap wanita. Bahkan, kini kaum adam pun menginginkan penampilan kulit yang cerah. Solusinya sangat mudah. Anda bisa menggunakan santan kelapa untuk meningkatkan kecerahan kulit.

Cara penggunaan santan untuk mencerahkan kulit sangat sederhana. Anda cukup memakai santan kelapa kental sebagai masker. Biarkan santan berdiam di kulit selama kurang lebih 10-15 menit lalu bersihkan kulit dengan air bersih. Bila Anda melakukan perawatan santan ini dengan rutin, maka kulit wajah pun akan semakin cerah. Namun jangan mengharapkan hasil yang instan, ya.

2. Membersihkan Kulit sampai ke Pori-Pori

Bingung mencari pembersih kulit wajah yang aman dan alami? Mungkin ini saatnya Anda mencoba santan kelapa untuk membersihkan kulit Anda.

Cara pemakaian santan ini sangat gampang. Pertama, campurkanlah 4 sendok makan santan kelapa dengan 1,5 liter coconut oil. Kedua, tambahkan 1 gelas kecil garam halus, lalu aduk sampai semua bagian tercampur rata. Ketiga, baluri kulit wajah Anda dengan campuran tersebut sambil dipijat memutar dengan perlahan. Terakhir, bilaslah wajah dengan air bersih.

3. Mencegah Terjadinya Jerawat dan Komedo

Kemampuan santan untuk membersihkan kulit hingga ke pori-pori, membuatnya sanggup pula untuk menghambat terjadinya jerawat bahkan komedo pada kulit. Tentu hal ini hanya terjadi jika Anda melakukan perawatan menggunakan santan secara rutin.

4. Menghaluskan dan Melembapkan Kulit

Tidak hanya membuat kulit menjadi bersih, masker santan kelapa juga mampu menghaluskan kulit Anda. Kandungannya yang tinggi nutrisi, membuat santan juga bisa meningkatkan kelembapan kulit. Duo manfaat yang sangat dicari oleh wanita manapun.

5. Menghambat Munculnya Tanda-Tanda Penuaan

Kandungan vitamin C di dalam santan kelapa menjadikannya antioksidan yang baik untuk menyamarkan kerutan di kulit. Bukan cuma itu, santan kelapa juga dikenal bisa menghambat berbagai tanda penuaan yang kerap tampak di wajah.

6. Mengatasi Masalah Kulit

Kulit sensitif, terlalu kering, alergi, hingga berminyak, semua bisa diatasi dengan pemakaian santan kelapa sebagai masker. Pasalnya, nutrisi yang dikandung oleh santan kelapa akan memenuhi kebutuhan kulit untuk kembali sehat.

7. Membantu Membersihkan Sisa Kosmetik

Kulit yang kotor akibat sisa-sisa kosmetik rentan membuatnya teriritasi. Alhasil, jerawat hingga komedo kerap muncul di kulit wajah. Solusinya cukup mudah, yakni dengan menggunakan santan kelapa untuk membersihkan sisa kosmetik. Caranya, oleskan santan ke permukaan kulit diamkan sekitar 5 menit, lalu bilaslah sampai bersih.

8. Mengatasi Gangguan Kesehatan Kulit Kepala

Ketombe jelas akan mengganggu penampilan Anda. Belum lagi rasa gatal dan kerontokan yang biasanya mengikuti kondisi rambut yang berketombe.

Untuk mengatasi gangguan tersebut cukup mudah. Caranya adalah dengan membalurkan santan kelapa pada kulit kepala. Oleskanlah santan tersebut sampai merata di permukaan kulit kepala. Selanjutnya, pijat-pijat kulit kepala Anda agar santan kelapa meresap dengan optimal.

Biarkan santan kelapa di kulit kepala Anda selama 10-15 menit. Kemudian barulah bilas rambut dan kulit kepala Anda dengan air sampai bersih.

9. Menyuburkan Pertumbuhan Rambut

Bukan hanya mengandung vitamin C, tapi santan kelapa juga punya kandungan vitamin E yang tinggi. Sudah merupakan pengetahuan umum bahwa vitamin E punya khasiat menyuburkan rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut.

Cara menggunakan santan kelapa pun sangat gampang. Pertama, siapkan minyak zaitun murni. Kedua, siapkan wadah yang bersih untuk mencampurkan minyak zaitun dan santan kelapa. Ketiga, balurkan campuran tadi ke permukaan kulit kepala sampai merata. Jangan lupa untuk mengoleskan sambil memijat kulit kepala Anda secara perlahan-lahan.

Terakhir, bilaslah kulit kepala dengan air hingga bersih sepenuhnya. Pembilasan dilakukan setelah mendiamkan campuran minyak zaitun dan santan kelapa di permukaan kulit kepala Anda selama kurang lebih 10-15 menit.

10. Menghaluskan Kulit Tumit

Kulit tumit rentan untuk menjadi kering dan pecah-pecah. Pasalnya, kulit tumit adalah yang paling sering bergesekan dengan sepatu. Tak jarang kondisi lembap dan panas saat tertutup sepatu membuat kulit tumit semakin mudah mengelupas.\

Tips Konsumsi Santan

Anda gemar mengonsumsi makanan bersantan? Ya, santan memang kerap dipilih menjadi bahan baku untuk berbagai jenis masakan maupun jajanan tradisional. Kerap dianggap tidak sehat, kira-kira bisakah kita mengonsumsi santan namun dengan cara yang tetap sehat?

Santan dalam berbagai pedoman gizi dan makanan dimasukkan dalam golongan sumber lemak.

Hal ini yang menyebabkan santan menjadi harus dibatasi, karena seperti yang kita ketahui lemak menjadi salah satu bahan makanan yang tidak boleh berlebihan asupannya.

Kita dianjurkan mengonsumsi lemak, baik dari penggunaan minyak ataupun santan, maksimal lima porsi dalam sehari.

Sehingga jika kita sudah mengonsumsi satu porsi makanan bersantan maka hal tersebut sama halnya dengan kita sudah mengonsumsi satu jenis makanan sumber lemak ya.

Selain membatasi porsi konsumsinya, beberapa hal yang dapat kita lakukan agar bisa mengonsumsinya dengan cara yang lebih sehat, adalah:

1. Gunakan santan dari bahan alami

Belakangan ini ada cukup banyak produk yang menjual santan dalam bentuk kemasan, baik cair maupun bubuk. Hal ini sebaiknya dihindari karena makanan kemasan kerap mendapatkan berbagai bahan tambahan pangan, umumnya natrium atau sodium, sehingga akan berisiko meningkatkan tekanan darah.

Santan dari kelapa segar akan menghasilkan makanan yang lebih segar dan bergizi ya.

2. Tidak menggunakan santan yang terlalu kental

Berdasarkan Pedoman Gizi Seimbang, satu porsi santan yang sehat sama dengan 1-2 sendok makan santan cair.

Sehingga santan yang baik dikonsumsi adalah santan yang tidak terlalu kental dan dalam satu porsi tidak lebih dari angka batasan tersebut.

3. Tidak membuat masakan bersantan terlalu banyak dan jika mungkin pisahkan santan dari bahan camilan lain

Usahakan memasak sayuran bersantan dalam porsi yang habis dalam satu hingga dua kali makan dalam satu hari saja. Hal ini akan menghindari pemanasan santan berulang yang bisa meningkatkan kandungan kolesterol jahat pada santan.

Sedangkan jika santan digunakan sebagai camilan misalnya bubur, gunakan santan cair yang diletakkan terpisah sehingga kita bisa mengontrol porsi penggunaan santan, ya.

Kuliner Indonesia yang Berbahan Dasar Santan Kelapa

manfaat santan kelapa

Selain manfaat santan kelapa bagi kesehatan, santan kelapa juga bisa dijadikan bahan dasar kuliner Indonesia. Berikut beberapa kuliner Indonesia yang menggunakan santan kelapa

1. Rendang

Rendang merupakan salah satu masakan khas Indonesia yang dimasak menggunakan santan kelapa selama kurang lebih empat jam untuk mendapatkan masakan rendang dengan bumbu meresap hingga ke dalam daging. Soal rasa rendang tidak usah diragukan lagi kelezatannya, empuknya daging sapi berpadu sempurna dengan bumbu rendang yang pedas dan gurih. Saking enaknya, masakan khas Sumatera Barat ini bahkan pernah dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia oleh CNN.

2. Gulai

Gulai adalah makanan Indonesia terenak lainnya yang berbahan dasar santan kelapa. Masakan ini memiliki ciri khas berwarna kuning yang berasal dari kunyit. Gulai memiliki rasa yang gurih dan kaya akan rempah rempah (identik masakan Indonesia). Masakan ini paling enak disantap dengan nasi panas dan sambal cabai hijau, kombinasi ini mampu membuat semua orang menjadi lapar. Karena kelezatannya, gulai sering disebut sebagai kari ala Indonesia oleh masyarakat luar negeri.

3. Soto

Kuliner soto merupakan makanan khas Indonesia seperti sop yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Makanan ini tidak hanya berkuah bening namun ada juga yang memiliki kuah santan yang enak . Salah satu makanan yang dikenal nama Soto santan atau Soto Betawi biasanya berisi daging sapi, jeroan, tomat, kentang, dan terakhir disiram oleh kuah kaldu yang telah dimasak bersama bumbu seperti cabai, bawang, dan tak lupa santan kelapa segar yang membuat masakan ini sangat menggugah selera. Kuliner yang satu ini enak jika dimakan saat masih panas.

4. Opor

Selanjutnya ada Opor. Masakan ini merupakan masakan yang sangat terkenal di Indonesia, dikenal juga sebagai salah satu kuliner wajib saat hari-hari perayan besar masyarakat Indonesia seperti perayaan Hari Raya Idul Fitri. Meskipun demikian, masakan ini juga memiliki tempat khusus bagi pecinta kuliner khas Indonesia. Opor adalah masakan yang dibuat dari rebusan daging yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti serai, kencur, dan sebagainya. Masakan ini memiliki rasa yang sangat enak dan membuat ketagihan. Opor biasanya dinikmati bersama ketupat dan sambal goreng hati, perpaduan ini akan mengoyang lidah penikmatnya.

5. Nasi Uduk

Kuliner nasi uduk  terbuat dari nasi putih yang diaron dan dikukus bersama dengan santan segar dari kelapa yang diparut. Nasi uduk juga menggunakan bumbu seperti pala, kayu manis, jahe, daun serai, dan merica. Makanan ini biasanya dihidangkan dengan emping goreng, tahu goreng, telur dadar/telur goreng yang sudah diiris-iris, abon, kering tempe, bawang goreng, ayam goreng, timun dan sambal dari kacang. Makanan ini biasanya disantap oleh masyarakat Indonesia di pagi hari untuk sarapan sebelum memulai rutinitas. Rasa nasi uduk sangat lezat dan juga juicy, nasi yang dimasak bersama dengan bumbu dan santan membuat tekstur nasi lebih pulen.

Peluang Bisnis Santan Kelapa

Santan kelapa punya potensi pasar yang sangat luas. Bukan hanya karena cita rasanya yang pas untuk dijadikan campuran bahan dalam sajian khas tanah air, tapi juga lantaran manfaatnya yang beragam.

manfaat santan kelapa

Bila Anda memang menginginkan untuk bisa merintis usaha santan kelapa, maka penggunaan mesin akan sangat membantu kelancaran produksi santan. Dalam hal ini, mesin pemeras santan kelapa bisa menjadi opsi yang efektif sekaligus efisien dalam memenuhi target produksi Anda.

Pemerasan santan yang dilakukan secara manual membutuhkan tenaga dan waktu yang terbilang lama, maka tidak demikian jika memeras santan dengan bantuan mesin santan kelapa. Tentunya investasi ini mesti didahului dengan perhitungan usaha yang dilakukan secara matang.

Tidak hanya itu, Anda juga mesti memahami berbagai manfaat santan kelapa. Dengan begitu, Anda bisa memasarkan produk sebaik mungkin.