Manfaat VCO untuk diet sehat

Di kesempatan kali ini saya akan membahasa tentang Manfaat VCO untuk diet. Minyak VCO adalah salah satu pilihan yang cocok digunakan untuk menbantu program diet kita. Karena kandungan luar biasa yang ada di dalam nya.

Apa itu VCO ?

Virgin coconut oil ( VCO ) adalah minyak kelapa yang tidak menggunakan tambahan bahan pemutih, pengharum, pewarna, bahan tambahan yang lainnya.

VCO mengandung asal laurat dimana  kandungan tersebut dapat membuat tubuh membakar energi secara lebih efektif, akan tetapi studi yang ada tidak menunjukkan adanya efek yang sangat besar terhadap penurunan berat badan kita. Jadi, jika kita menambahkan atau mengkonsumsi VCO tanpa mengurangi porsi makan, tentu tidak akan memberikan efek besar pada diet yang dilakukan.

Yang perlu kita garis bawahi, minyak kelapa VCO mengandung kalori tinggi, sehingga konsumsi VCO tetap harus dibatasi. Konsumsi yang berlebihan justru akan menghalangi program penurunan berat badan yang kita lakukan

Apakah Minyak VCO sama dengan Minyak kelapa biasa?

Minyak VCO tidak sama jika di bandingkan dengan minyak kelapa biasa, karena pada proses pengolah bahan mentah maupun proses ekstraksinya tidak menggunakan panas sama sekali. Minyak VCO diolah dengan menggunakan mesin pengolah minyak kelapa murni khusus.

Perbedaan proses pembuatan ini menyebabkan kandungan nutrisi yang terkandung dalam VCO juga tidak sama dengan minyak kelapa pada umumnya. Kandungan nutrisi inilah yang akan memberikan manfaat untuk kesehatan kita. Lalu, apa saja manfaat yang membuat VCO ampuh untuk menurunkan berat badan?

Manfaat VCO untuk diet sehatmanfaat vco untuk diet

VCO mampu membakar energi dalam jumlah banyak

Pada dasarnya tubuh membutuhkan energi dalam jumlah tinggi untuk kandungan asam lemak rantai sedang yang terkandung dalam VCO. Hal ini dibuktikan melalui hasil penelitian yang diterbitkan di European Journal of Clinical Nutrition pada tahun 1996.

Menurut hasil penelitian tersebut, mengkonsumsi 1 sampai 2 sendok makan asam lemak rantai sedang per hari dapat meningkatkan pemakaian energi hingga 120 kalori per hari. Jadi, jika kamu mengkonsumsi VCO secara rutin, dapat di pastikan tubuh akan melakukan pembakaran energi lebih banyak dan berat badanmu akan turun.

VCO dapat membantu mengurangi nafsu makan

mengkonsumsi VCO dapat membantu mengurangi asupan kalori sebanyak 256 kalori per hari. Hal ini dapat terjadi karena kandungan asam lemak rantai sedang dalam VCO dapat meningkatkan rasa kenyang kita dan mengurangi asupan kalori dalam tubuh setiap harinya.

VCO akan meningkatkan metabolisme tubuh

Kandungan asam lemak rantai sedang dalam VCO dapat digunakan sebagai energi oleh tubuh kita dan cenderung tidak disimpan sebagai lemak oleh tubuh. Hal ini dapat membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh kita.

VCO bisa membantu dalam pembakaran lemak

VCO memiliki manfaat thermogenik, yaitu manfaat untuk mendorong tubuh kita agar membakar lemak lebih banyak dibandingkan bahan makanan lainnya. VCO bahkan dapat membantu membakar lemak di perut yang cenderung sulit untuk dihilangkan.

Menurut hasil penelitian yang diterbitkan di ISRN Pharmacology pada tahun 2011, mengkonsumsi VCO setiap hari selama empat minggu akan membantu mengurangi lemak perut hingga sekitar 1%.

VCO dapat membantu melancarkan pencernaan

Kesehatan pencernaan juga merupakan salah satu faktor penting ketika diet. Minyak VCO membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan kita, dengan cara membantu tubuh agar dapat menyerap vitamin dan mineral yang terkandung dalam lemak dengan lebih efektif.

Selain itu, VCO juga akan meningkatkan kinerja sistem pencernaan serta membantu mengatasi bermacam masalah pencernaan yang biasanya disebabkan oleh, bakteri, jamur, dan virus.

Manfaat VCO untuk diet membentuk berat badan idealmanfaat vco untuk diet

VCO akan membantu dalam proses produksi keton

Target dari diet ketogenic adalah agar mencapai ketosis. Tubuh kita sendiri menjadi pembakar lemak. Kita akan banyak mangkonsusi lemak, dan meminimalisasi konsumsi karbohidrat.

Dalam hal ini minyak VCO akan  membantu dalam proses produksi keton yang kita butuhkan, sehingga membuat tubuh mampu beradaptasi secara maksimak untuk melakukan pembakar lemak sebagai energi.

VCO mampu membantu menyeimbangkan hormon

VCO meningkatkan produksi hormon sehat yang berfungsi meng optimalkan pencernaan kita, mengurangi rasa stres serta kecemasan, meningkatkan energi, dan membantu membakar lemak bandel yang berada di sekitar pinggang, bokong, dan paha kita.

VCO dapat meningkatkan efisiensi penyerap nutrisi

Mengkonsumsi VCO setiap harinya akan membantu saluran pencernaan menjadi lebih efisien dalam menyerap vitamin (A, D, E, dan K) yang larut dalam lemak. Vitamin ini bertanggung jawab untuk regenerasi sel manusia, tulang dan kulit yang sehat, meningkatkan fungsi otak dan suasana hatikita.

Vitamin D mampu membantu menyehatkan pencernaan dengan cara mempromosikan penyerapan mineral penting seperti magnesium, kalsium, dan zinc, dan, zat besi. Ketika tubuh kita memiliki semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan. Tubuh kita tidak akan mengalami kondisi stres dan kelaparan yang berlebihan

VCO bias menstabilkan gula darah

VCO dapat sengan mudah diserap tanpa perlu enzim pencernaan, sehingga pankreas akan lebih efisien dalam memproduksi insulin. Selain itu sebagai jenis lemak jenuh, VCO memudahkan sel manusia untuk mengikat insulin yang ada selama proses pencernaan berlangsung.

Ketika tubuh kita memiliki jumlah insulin yang cukup, sel-sel ditubuh akan menerima glukosa (gula darah) yang dibutuhkan untuk menjadi bahan bakar aktivitas harian kita.

Cara terbaik untuk mengkonsumsi  VCOmanfaat vco untuk diet

Kita bias mengkonsumsi VCO secara langsung setiap hari sekitar 2 sendok makan atau 30 ml VCO per hari. Jumlah ini dirasa telah cukup sehingga kita masih memiliki ruang untuk mengkonsumsi lemak sehat dari bahan makanan lain seperti kacang-kacangan, alpukat, dan lainnya.

Jika kita belum pernah mengkonsumsi minyak VCO sebelumnya, alangkah baiknya konsumsi VCO ditingkatkan secara sedikit demi sedikit, mulai dari 1 sendok teh per hari sampai menjadi 2 sendok makan per hari dalam kurun waktu satu sampai dua minggu.

Selain dapat diminum secara langsung,kita juga bias mengkonsumsi VCO dengan menambahkannya ke dalam smoothies.

Cara membuat smoothies VCO :

  1. Pertama, siapkan minyak VCO.
  2. Siapkan juga beberapa sayur dan buah sesuai dengan selera anda.
  3. Masukan semua bahan ke dalam blender.
  4. Blender VCO bersama dengan sayur dan buah sampai benar-benar halus.
  5. Selanjutnya tuangkan kedalam gelas saji.
  6. Setelah itu taburi dengan chia granola, seeds, atau bahan lainnya.
  7. Smoothies VCO siap dinikmati.

Cara mengkonsumsi VCO dengan di buat smoothies memungkinkan kita untuk mengkonsumsi VCO dengan cara yang lebih nikmat. Agar program dietmu sukses, konsumsi VCO tentu saja harus dibarengi dengan olahraga teratur dan pola makan sehat.

Evek samping mengkonsusi VCO bagi beberapa orang

  • Mual

Biasanya akan timbul rasa mulas pada perut sampai diare (hal ini tidak terjadi pada semua orang), tapi tenang saja, diare ini disebakan karena VCO sedang membunuh sebagian besar bakteri dan virus yang dalam tubuh, khususnya yang terdapat pada saluran pencernaan.

Bila gejala ini terjadi konsumsi sebaiknya diteruskan saja, tapi dengan melakukan pegurangan dosis konsumsi dan seiring berjalannya waktu reaksi ini pasti akan berkurang dan menghilang.

  • Alergi

Meskipun kurang lazim seperti bentuk alergi lain pada umumnya, minyak kelapa murni (VCO) memang dapat menyebabkan alergi jika seseorang sensitif terhadapnya. Beberapa reaksi alergi diantaranya  muntah, eksim, gatal-gatal, ruam, mual-mual, dan anafilaksis.

Menurut sebuah hasil penelitian, anak-anak yang memiliki alergi terhadap kacang akan cenderung alergi terhadap VCO. Jika Anda curiga memiliki reaksi alergi terhadap VCO, lebih baik untuk segera melacak gejala tersebut.

  • Gangguan Usus

Seseorag dengan mal absorpsi fruktosa akan sangat rentan terhadap gangguan usus. Pada dasarnya apa bila seseorang mengalami kesulitan dalam menyerap fruktosa, akan menyebabkan masalah pada pencernaan termasuk gejala gangguan usus.

Jika anda menderita gangguan usus atau  masalah terkait lainya pasca mengkonsumsi produk yang mengandung VOC, salah satu solusinya adalah meminum air kelapa muda.

  • Kerusakan Hati

Asam lemak rantai menengah dalam VOC akan diangkut ke dalam hati, di mana kandungan tersebut  dikonversi menjadi energi. Sejumlah ahli menyebutkan jika kecepatan membawa MCFA ini ke dalam hati dapat menyebabkan beberapa masalah.

Salah satunya akan membuat hati tertekan. Dalam jangka panjang hal ini dapat merusak organ hati. Jika Anda mengidap penyakit hati, diabetes atau sejenisnya, disarankan agar menghindari mengkonsumsi  VCO secara berlebih.

Kesimpulan

Konsumsilah VCO dengan porsi yang tidak berlebihan, dan upaya penurunan berat badan ini  harus tetap menerapkan cara makan yang sehat, minum air putih setidaknya 2 liter dalam sehari, disertai dengan melakukan olahraga yang teratur.

Sampai di sini dulu pembahasan saya mengenai manfaat vco untuk diet. Semoga artikel ini dapat membatu mengoptimalkan program diet sehat anda.