Manfaat Virgin Coconut Oil

Hai Sobat Toko Mesin Kelapa kali ini saya akan membahas apa saja Manfaat Virgin Coconut Oil (VCO) atau sering kita sebut minyak kelapa dara.

Kelapa memang pohon dengan sejuta manfaat dari mulai akar sampai dengan daunnya pun semua bermanfaat. Semua bagian dari pohon kelapa ini bisa kita manfaatkan, yang paling sering dimanfaatkan adalah buah kelapa.

Buah kelapa ini sering dikonsumsi airnya untuk menjadi minuman, seperti es kelapa muda. Selain itu air kelapa juga bisa kita buat menjadi kecap air kelapa.

Selain airnya dagingnya juga sering dimanfaatkan untuk makanan seperti kue contohnya kue akar kelapa dan juga bisa dibuat serundeng. Daging kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi santan untuk penyedap dalam masakan seperti penyedap untuk sayur lodeh.

Dari daging kelapa ini juga bisa menjadi minyak kelapa yang bermanfaat untuk kesehatan. Dari batok kelapa juga bisa kita kita manfaatkan menjadi kerajinan, briket arang. Nah kali ini saya akan membahas tentang manfaat virgin coconut oil.

Manfaat Virgin Coconut Oil ini dipercaya memiliki kualitas yang lebih tinggi dibandingkan minyak kelapa biasa pada umumnya. Karena Virgin Coconut Oil dengan minyak kelapa biasa melewati tahapan-tahapan yang berbeda.

Virgin Coconut Oil dihasilkan tampa melewati tahapan-tahapan seperti pemanasan, penyulingan, pemutihan, dan pengharuman tetapi dihasilkan langsung dari santan kelapa yang masih segar sehingga tidak akan merubah sifat alami yang terkandung dalam minyak kelapa.

Dan ternyata, Manfaat Virgin Coconut Oil bagi kesehatan sangan banyak sekali.

Manfaat Virgin Coconut Oil

1. Mempertajam Fungsi Kognitif Otak

Manfaat Virgin Coconut Oil yang paling bermanfaat adalah kandungan asam lemak rantai  sedang (MCT)-nya. MCT tidak hanya mudah diserap oleh hati dibandingkan jenis asam lemak lainnya,tetapi juga dimetabolisme lebih cepat.

Artinya, asam lemak sehat ini dapat diolah lebih lanjut menjadi keton yang dapat dimanfaatkan oleh otak sebagai sumber energi utamanya.

Didampingi dengan pola diet rendah karbohidrat,asupan keton dapat menyediakan hingga 70% dari energi yang dibutuhkan oleh otak dan telah terbukti memiliki peluang efek terapi pada orang yang menderita kehilangan memori,  seperti dalam kasus penyakit Alzheimer.

Alzheimer adalah suatu penyakit degeneratif progresif pada otak yang umumnya menyerang orang tua dan dikaitkan dengan perkembangan plak-plak beta amiloid pada otak. Penyakit ini dicirikan oleh kebingungan, disorientasi, kegagalan memori, gangguan bicara, dan demensia penyebabnya belum diketahui.

Selain itu, senyawa fenolif yang unik dan hormon yang ditemukan dalam minyak kelapa dara mungkin dapat mencegah agregasi petida beta amiloid, yang merupakan bagian dari teori terkemuka tentang penyebab Alzheimer.

2. Membunuh Bakteri Dan Virus Penyebab Infeksi

Manfaat Virgin Coconut Oil yang ke dua yaitu hampir 50% dari asam lemak yang terkandung dalam Virgin Coconut Oil adalah asam laruat. Ketika asam laruat dicerna, asam lemak sehat ini akan berubah menjadi zat  yang disebut monolurin.

Asam laruat dan monolaruin diketahui dapat membunuh patogen berbahaya penyebab infeksi, seperti bakteri, virus, dan jamur.

Sfesifikasinya, kedua zat dalam minyak kelapa dara ini terbukti mampu membunuh bakteri Stapahylococcus Aureus(patogen yang sangat berbahaya) dan ragi Candida Albicans, yaitu penyebab umum dari berbagai infeksi jamur.

Asam laruat juga diketahui baik untuk kesehatan jantung Anda dengan mengurangi total kolesterol dan meningkatkan kolesterol. Manfaat lain dari Virgin Coconut Oil yaitu mencegah dan mengobati tukak lambung, gigi berlubang, dan keracunan makanan.

3. Mengurangi Frekuensi Kejang Anak

Manfaat Virgin Coconut Oil yang ke tiga Kandungan MCT dalam Virgin Coconut Oil dikirim langsung ke hati untuk diproses menjadi keton yang dikirim  ke otak sebagai sumber energi utama.

Bila anda mengkonsumsi minyak kelapa dara ini dilakukan secara teratur dan diet dengan makanan yang berkarbohidrat rendah maka, hasilnya akan meningkatkan konsentrasi darah dari badan, yang dapat membantu mengurangi kejadian kejang pada anak yang memiliki epilespsi, bahkan pada anak yang kejangnya tidak bisa dikendalikan oleh obat obatan sekalipun.

4. Melancarkan Pencernaan

Manfaat Virgin Coconut Oil yang ke empat, yaitu membuat kita memiliki sistem percenaan yang lebih baik dengan membantu tubuh untuk lebih efektif menyerap jenis vitamin dan mineral yang larut dalam lemak , seperti magnesium dan kaksium.

Beberapa studi telah menunjukan bahwa MCT dalam kandungan minyak kelapa dara benar benar bisa mempromisikan pemecahan dan pencernaan lipid seutuhnya, dengan cara meningkatkan efisiensi enzim yang berhubungan dengan metabolisme.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat Virgin Coconut Oil yang ke lima, Selain dapat membantu  meringankan gangguan otak dan memori, konsumsi asam lemak rantai menengah yang terkandung dalam minyak kelapa dara, telah terbukti meningkatkan jumlah kalori yang anda bakar dibandingkan dengan asam lemak lainnya.

Jika disederhanakan, tubuh kita dapat dengan mudah mengubah lemak yang ada untuk dirubah untuk dimanfaatkan menjadi energi. Keton, yaitu sebagai salah satu bentuk energi dari hasil metabolisme lemak, diketahui dapat memiliki efek mengurangi nafsu makan.

tidak sampai disitu , Manfaat Virgin Coconut Oil ini terbukti  sangat efektif membantu kita untuk menghilangkan atau mengurangi lemak tubuh  yang ada di perut kita, dan tumpukan lemak tersebut adalah lemak yang paling berbahaya diantara semua jenis lemak yang ada di dalama tubuh, lemak tersebut terkait dengan berbagai macam penyakit bahkan penyakit kronis.

Cara penggunaan seperti ini penting bagi orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan, karena pada dasarnya minyak kelapa dara ini membantu meningkatkan metabolisme Anda.

Satu studi menemukan bahwa asupan 15-30 gram MCT setiap hari meningkat pengeluaran energi dalam 24 jam hingga 5 persen (sekitar 120 kalori per hari). Oleh karena itu, manfaat virgin coconut oil juga termasuk membantu penurunan berat badan secara dramatis jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

6. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat Virgin Coconut Oil yang ke enam, yaitu dengan mengkonsumsi minyak kelapa dara bisa membantu melawan penyakit karena kandungan yang dapat menjadi anti-virus, anti-jamur, dan anti-bakterinya. Jika Anda sedang berusaha melawan virus atau infeksi apapun, cobalah mengonsumsi minyak ini.

7. Kesehatan Kardiovaskuler

Manfaat Virgin Coconut Oil yang ke tujuh, walaupun minyak kelapa merupakan lemak jenuh, beberapa studi menemukan bahwa memakan Virgin Coconut Oil tidak memiliki efek merugikan untuk jantung. Bahkan, Manfaat Virgin Coconut Oil ini dapat mengurangi resiko tinggi kolesterol dan serangan jantung.

Studi awal menemukan, minyak ini menyebabkan tingginya kolesterol karena dibuat menggunakan sebagian minyak kelapa yang mengandung hidrogen tinggi, bukan Virgin Coconut Oil, dan studi tersebut dilakukan pada hewan, bukan manusia.

Ada seorang peneliti yang menemukan informasi dari hasil penelitian, bahwa kaum Polinesia di daerah dengan nama Cook dimana orang orang disana memiliki kolesterol yang rendah dan rendahnya kasus serangan jantung, padahal mereka memiliki pola makan sangat tinggi akan minyak kelapa, sangat berbeda jauh jika kita bandingkan dengan orang-orang lainnya, khususnya yang tinggal di New Zealand yang bahkan banyak tidak pernah mengkonsumsi minyak kelapa.

Di Sri Lanka, sebuah studi menemukan, kasus serangan jantung telah meningkat seiring dengan menurunnya konsumsi minyak kelapa, jadi dapat disimpulkan bahwa minyak kelapa dara ini membantu kita menjaga kadar kolesterol yang ada di tubuh kita.

8. Membantu Kelenjar Tiroid

Manfaat Virgin Cococnut Oil yang ke delapan yaitu, Banyak orang yang percaya bahwa mengkonsumsi extra virgin coconut oil karena Manfaat Virgin Coconut Oil bisa membantu gejala dari Hypothyroidism. Namun bukti ilmiah yang ada berlawanan dengan hal tersebut.

Banyak dari orang dengan  penyakit Hypothyroidism sukses memperbaiki atau membalikkan Hypothyroidism mereka dan berhenti menggunakan obat-obatan.

Perlu diingat bahwa hal tersebut tidak selamanya bekerja untuk setiap orang dan sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menghentikan pengobatan.

9. Bermanfaat Untuk Kulit

Manfaat Virgin Coconut Oil yang ke sembilan yaitu, bisa melembabkan kulit, hasil dari virgin coconut ini akan membuat kulit kita akan tetap terlihat muda dan sehat.

Dengan begitu anda bisa mengurangi pembelian produk produk untuk menjaga kulit anda sebab hanya dengan menggunakan Virgin Coconut Oil anda dapat menjaga kulit anda tetap sehat dan terlihat muda dengan biaya yang tidak terlalu besar.

10. Menaikkan Kadar Kolesterol Baik

Manfaat Virgin Cononut Oil dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Tidak semua kolesterol itu jahat adapun kolestrol baik yang bermanfaat untuk tubuh jadi jangan menyimpulkan bahwa semua  yang berkaitan dengan kolesterol itu tidak baik .

Kolesterol yang dibawa oleh protein dalam darah disebut dengan lipoprotein. Terdapat dua jenis lipoprotein yaitu HDL (high-density lipoprotein) atau kolesterol baik dan juga LDL (low-density lipoprotein) atau kolesterol jahat.

Penggunaan Minyak Kelapa VCO untuk Diminum Langsung

  1. Ketika Sulit Buang Air Besar : minumlah sebanyak 2 sendok makan, sehari 3 kali.
  2. Memiliki Ambeien : minumlah sebanyak 2 atau 3 sendok makan, sehari 3 kali. Secara berkala selama 30 hari ket (boleh dicampur dengan 1 buah tomat rebus).
  3. Masuk Angin : minumlah sebanyak 2 sendok makan, sehari 3 kali. Oleskan secara merata pada daerah punggung saja atau bisa dibagian perut.
  4. Diare : minumlah sebanyak 2 sendok makan, kemudian tunggu sampai buang air, kemudian minum kembali sebanyak 2 sendok makan.
  5. Sariawan/Gusi Berdarah : minumlah sebanyak 2 sendok makan, dilakukan dengan cara berkumur selama minimal 5 menit, 3x sehari.
  6. Penyakit Kanker : Minumlah sebanyak 2 sendok makan, 3x sehari minimal selama 1 bulan pemakaian. Jika terdapat benjolan di tubuh  oleskan pada bagian benjolan, ketika sudah meresap diulang kembali dilakukan 3x sehari.
  7. Dilanda Flu Berat, Batuk Membandel, Radang Tenggorokan : minumlah sebanyak (2 sendok makan + madu satu sendok makan + 8 tetes jeruk nipis). Dilakukan 3 x sehari, selama kurang lebih 5 hari.
  8. Penyakit Rheumatik : Minumlah sebanyak 2 sendok makan, 2 atau 3 kali sehari selama  waktu 10 hari. Setelah kadar asam urat normal minumlah 2 sendok makan tiap hari.
  9. Penyakit Diabetes : untuk yang memiliki Kadar Gula sampai 400, 2 sendok makan, 2 kali sehari.  Untuk yang memiliki  Kadar Gula diatas 400, 2 sendok makan 3x sehari. Dan diminum 15 menit sebelum makan.
  10. Penyakit Gondok : minumlah sebanyak 2 sendok makan, 2x sehari selama waktu 30 hari, dan oleskan pada bagian benjolan 1x sehari.
  11. Penyakit Kulit Herpes: minumlah sebanyak 2 sendok makan, 2 kali sehari selama 2 minggu. Oles tipis pada permukaan kulit yang tedapat bercak, setelah dirasa meresap diulang kembali minimal 3x sehari.
  12. Plak atau Karang Gigi Dan Bau Mulut: 1 sendok makan, dikumur  selama 3 menit setelah sebelumnya gosok gigi. Virgin Coconut Oil bisa berfungsi sebagai antibakteri di mulut.

Cara Membuat Virgin Coconut Oil Alami :

Setelah mempelajari Manfaat Virgin Coconut Oil kita akan belajar Cara Membuat Virgin Coconut Oil secara alami.

Manfaat Virgin Coconut Oil

1. Pilihlah Kelapa Yang Sudah Matang

Nah setelah belajar Manfaat Virgin Coconut Oil kita juga belajar Membuat Virgin Coconut Oil. Agar bisa  mendapatkan Virgin Coconut Oil yang baik, Anda harus memilih buah kelapa yang sudah matang (bukan kelapa muda). Jadi Manfaat Virgin Coconut Oil juga dipengaruhi oleh kelapa yang digunakan.

2. Buatlah Santan Kelapa Segar

Santan kelapa segar ini sangat mudah cara membuatnya. Sediakan  buah kelapa yang sudah matang ,kemudian ambil dagingnya, setelah selesai kemudian kita parut gading kelapa yang telah kita ambil, setelah selesai diparut lalu peras hingga kita mendapatkan santannya.

Kesegaran santan kelapa juga menjadi hal yang penting dalam Membuat Virgin Coconut Oil. Dengan menggunakan santan kelapa segar sehingga Manfaat Virgin Coconut Oil tetap terjaga.

3. Fermentasi Santan

Setelah mendapatkan santannya, langkah berikutnya adalah fermentasi. Nah dalam Membuat Virgin Coconut Oil santan harus melewati fermentsi terlebih dahulu. Agar Manfaat Virgin Coconut Oil tetap terjaga kita juga harus memperhatikan waktu fermentasi.

Waktu  untuk melakukan fermentasi santan adalah mendiamkannya selama 24 sampai 48 jam. Usahakan suhu untuk fermentasi berkisar antara 30 sampai dengan 40 derajat celcius.

Hasil dari fermentasi tersebut, kita akan melihat terdapat endapan air di bagian bawah dan dadih mulai membentuk di bagian atas. Ada sebuah lapisan tipis dari minyak kelapa berada di antara keduanya.

4. Memisahkan Air Dari Minyak Dan Dadih

Kemudian langkah selanjutnya adalah kita harus memisahkan air dari minyak dan dadih. Pada bagian ini memang sedikit sulit kita harus berhati hati dan teliti agar proses berjalan dengan baik. Jika tidak berhati hati Manfaat Virgin Coconut Oil mungkin sedikit berkurang. Ada beberapa metode untuk melakukan langkah ini.

Namun langkah yang paling mudah adalah dengan cara membekukannya dengan waktu selama 3 sampai 4 jam (sampai minyak dan dadihnya membeku). Dengan melewati proses ini, kita bisa memisahkan air dari minyak dan dadih.

5. Pisahkan Antara Dadih dengan Minyak

Untuk mendapat Manfaat Virgin Coconut Oil yang optimal pisahkan minyak dengan dadih. Hal pertama yang harus diingat ketika memisahkan antara dadih dengan minyak adalah kita harus memanaskannya terlebih dahulu.

Panaskan dengan suhu pada kisaran  40 sampai 70 derajat celcius selama kurang lebih waktu 10 sampai 15 menit. Setelah itu diamkan hingga suhu normal kembali.

Ketika berada dalam suhu sudah yang normal, minyak dan beberapa padatan akan dengan sendirinya terpisah. Setelah itu saringlah minyak dan dadih itu dengan sebuah kain. Minyak dan dadih pun akan terpisah.

Pembuatan VCO Secara Enzimatis

Setelah mempelajari Manfaat Virgin Coconut Oil kita akan belajar cara membuat Virgin Coconut Oil secara Enzimatis.

1. Memilih Kelapa

Yang pertama yang harus kita lakukan adalah memilih kelapa yang akan kita olah dan kemudian kita ambil santannya. Harus kita ingat, pembuatan santan ini dari harus kelapa yang sudah tua agar Manfaat Virgin Coconut Oil optimal.

Setelah menyiapkan kelapa langkah selanjutnya adalah kita kupas kelapa dengan cara memisahkan antara daging buah dengan kulit sabutnya kemudian kita pisahkan lagi dari tempurungnya, setelah selesai airnya kita buang.

2. Ambil Daging Kelapa

Karena kita hanya mengambil dagingya saja setelah daging kelapa yang sudah kita kupas dari tempungnya kita simpan ke dalam wadah dan siap untuk kemudian kita parut.

Kemudian kita parut daging kelapa yang telah kita pisahkan tadi, agar mendapatkan hasil parutan yang optimal dan efisien kita bisa menggunakan mesin parut kelapa.

3. Pemisahan

Untuk mendapat Manfaat Virgin Coconut Oil yang baik kita melakukan proses pemisahan. Dalam proses pemisahhan kita pisahkan krim santan dari santan Minyak Kelapa. Virgin Coconut Oil yang dihasilkan melalui proses mendiamkan santan tersebut selama kurang lebih dua jam.

Krim santan adalah bagian yang berada diatas setelah santan didiamkan selama waktu yang telah ditentukan. Setelah itu krim santan kemudian kita ambil dan kita simpan kedalam suatu wadah yang transparan.

4. Pencampuran

Untuk mendapat Manfaat Virgin Coconut Oil yang baik kita melakukan proses pencampuran. Krim santan yang telah kita simpan dalam wadah kemudian kita tambahkan dengan papain kasar, sambil kita aduk-aduk secara perlahan agar merata. Proses pengadukan harus kita lakukan terus menerus sampai campuran tersebut benar-benar tercampur dengan merata.

Proses pengadukan dilakukan selama kurang lebih selama 20 menit. Setelah tercampur kemudian kita tempatkan kedalam suatu inkubator yang sudah ditentukan dengan suhu 400 C. Proses ini lumayan lama memakan waktu selama 12 jam, selama proses pencampuran tersebut akan mengalami pemisahan menjadi tiga bagian.

Yaitu bagian paling atas adalah Virgin Coconut Oil, pada bagian tengan berupa ampas (blondo). Dan pada bagian paling bawah adalah air.

Setelah selesai kita lakukan pengambilan bagian paling atas yaitu Virgin Coconut Oil yang harus dilakukan secara perlahan agar tidak bercapur lagi dengan blondo dan air, setelah itu dilakukan proses pemisah dengan menggunakan peralatan  penyaringan yang sudah disiapkan seperti pada proses penyaringan pada pembuatan Virgin Coconut Oil dengan pemancingan.

Virgin Coconut Oil yang  telah kita peroleh kemudian siap kita kemas kedalam plastik atau botol kaca.

Untuk mendapat Manfaat Virgin Coconut Oil yang kita butuhkan kita harus Penggunaan Virgin Coconut Oil. Dibawah ini tata cara penggunaan Virgin Coconut Oil yang disesuaikan dengan penyakitnya.

Nah mungkin sampai disini pembahasan dalam artikel manfaat virgin coconut oil. Semoga informasi yang saya berikan dapat bermanfaat. Jangan lupa selalu kunjungi Toko Mesin Kelapa karena disini kami akan selalu memberikan informasi seputar kelapa. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.