Membuat Gandos Tepung Ketan

Membuat Gandos Tepung Ketan atau uli. yang memilki citarasa yang sangat gurih karen tidak menambahkan gula ke dalam adonannya. tapi kalo suka dengan manis bisa memaburkan gula ke atasnya.mungkin kalo di bebrbagi daerah lainsering juga disebut dengan istilah kue pocong.

jika kamu ingin gandos…tenang saja kami sudah meyiapkan resep dan bagaimana cara memasaknya yang gurih enak dan membuat banyak orang yang suka dengan gorengan yang satu ini. selamat mencoba menggunakan resep di bawah ini.

 

gando tepung ketan 

 

 membuat Gando tepung ketan adalah jajanan khas yang dapat ditemukan di Jawa. Gando terbuat dari adonan tepung beras dicampur santan ditambah garam secukupnya. Gando dibuat di dalam cetakan loyang dengan api superpanas di bawahnya. Pengaruh garam membuat dominasi rasa gurih jajanan tradisional ini. Bagi penyuka rasa manis biasanya cukup meminta sedikit taburan gula tebu di permukaanya.

Kue Gandos disebut-sebut sebagai kue rangin ataupun pancong. orang Surabaya menamakannya rangin, orang Jakarta mengistilahkan kue pancong, orang Bandung menyebut  bandros , orang Bojonegoro menyebut  tratak jaran , dan orang Bali memberi nama  daluman .

Wujudnya melengkung dengan ketebalan sekitar 2 cm. Ronde di dalam kue berwarna putih. Sedangkan pada permukaan kulitnya berrona warna coklat. Rasa Gandos cukup gurih dan nikmat yang memberikan nua

Sebelum kita masuk ke bagian inti cara masak gandos lebih baik kita mengetahui asal usul gando terlebih dahulu

andos  (bahasa Jawa:  ꦒꦤ꧀ꦢꦺꦴꦱ꧀ ) Adalah jajanan khas Yang DAPAT ditemukan di  Jawa . Gando terbuat dari adonan tepug beras campuran satan kelapa ditambah garam secukupnya. Gando dibuat di dalam cetakan loyang dengan api di bawahnya. Pengaruh garam membuat dominasi rasa gurih jajanan tradisional ini. Bagi penyuka rasa manis biasanya cukup meminta sedikit taburan gula tebu di permukaanya.

Kue Gandos ADA Yang menyebutnya  kue rangin  ataupun  kue pancong . orang Surabaya menamakannya rangin, orang Jakarta mengistilahkan kue pancong, orang Bandung menyebut  bandros , orang Bojonegoro mengatakan  tratak jaran , dan orang Bali memberi nama  daluman .

Bentuknya melengkung dengan ketebalan sekitar 2 cm. Bagian di dalam kue berwarna putih. Sedangkan pada permukaan kulitnya berrona warna coklat. Rasa Gandos cukup gurih dan nikmat yang memberikan nuansa nostalgia pada cita rasa kue tradisional

baca juga : cara membuat gando tepung

Jajanan Kue Gandos Tradisional Dari Temanggung

Kue Gandos sendiri ada yang menyebut kue rangin ataupun kue pancong. Orang Surabaya menamakannya Rangin, orang Jakarta mengistilahkan kue Pancong, orang Bandung menyebutnya Bandros, orang Bojonegoro mengatakan Tratak jaran dan orang Bali memberi nama Daluman. Namun nama-nama kue yang hampir sama memiliki cita rasa yang berbeda pada setiap daerahnya.

Dengan bentuk, menambah ketebalan sekitar 2m centi meter,sedangkan pada bagian dalam kue berwarna putih, pada permukaan kulitnya berwarna coklat. Rasa Gandos cukup gurih dan nikmat yang memberikan nuansa nostalgia pada cita rasa kue tradisional.

Salah seorang penjual kue Gandos dari tahun 2001 di Kabupaten Temanggung, Muhidin mengungkapkan bahwa ia menjual dan menjajakan jualannya dari pukul 06.00 sampai 11.00 WIB.

Ia menjual Kue Gandos Satu renteng dengan harga Rp2000,00 dengan keuntungan bersih setiap hari dapat mencapai Rp100.000,00.

Namun penjual kue Gandos juga mendapatkan kendala seperti jika tidak segera dimasak adonan yang akan disiapkan atau dasar. Biasanya saya membuat adonan kue Gandos selesai pukul 06.00 WIB dan langsung saya jajakan berkeliling, tapi adonan tersebut hanya bertahan hingga 6 jam. Jika Cuaca sedang hujan banyak pembeli yang tidak membeli dan membuat adonan menjadi dasar dan tidak layak untuk dikonsumsi,

“Alhasil dagangan yang tidak laku tersebut membuat saya menjadi rugi, dan adonan harus dibuang dengan sia-sia,” jelas penjual kue Gandos tersebut.

Muhidin juga menjelaskan bahwa dalam menjajakan kue tradisioal miliknya tidak membawa adonan sebanyak 5 kilo gram dengan berjalan sejauh 2 sampai 3 kilo meter dari lokasi yang terletak di Dusun Kuwaluhan Rt 05 / Rw 04 Kelurahan Kertosari Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

ada juga manfaat dari tepung ketan nya

Manfaat tepung ketan:

Manfaat tepung ketan jika selalu sangat baik untuk tubuh. merupakan tepung yang terbuat dari beras ketan putih maupun hitam melalui proses penggilingan sehingga menghasilkan tekstur tepung.

Tepung ketan putih bentuknya hampir mirip dengan tepung beras, namun jika berhati-hati dengan tepung ketan akan terasa lebih berat jika dibandingkan dengan tepung beras. Cara lain untuk membedakan tepung ketan putih dengan tepung beras bisa dengan melarutkannya dalam udara, larutan tepung beras akan lebih encer sedang tepung ketan lebih kental.

Dirangkum dari berbagai sumber, rutin mengkonsumsi makanan berbahan tepung ketan dapat memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan, berupa:

  • Mengurangi Peradangan

Tembaga, seng dan vitamin B dalam tepung ketan dapat berguna untuk meningkatkan kekuatan sumber sistem kekebalan tubuh yang dapat mengurangi peradangan yang tidak perlu dan mengurangi sistem tubuh.

  • Kepadatan Tulang

Kandungan mineral dalam tepung ketan bermanfaat membangun tulang yang kuat dan menurunkan risiko osteoporosis seiring bertambahnya umur.

  • Sumber Serat

Kaya akan serat, mengkonsumsi tepung ketan dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dan mencegah hal itu. Selain itu, ia memiliki prebiotik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

  • Membantu Program Diet

Karena kandungan seratnya tepung ketan dapat mendorong dalam upaya penurunan berat badan, karena kandungan serat bisa membantu mengontrol dan mengurangi rasa lapar.

  • Baik untuk Kesehatan Jantung

Manfaat tepung ketan baik untuk kesehatan jantung. Kandungan mineral, antioksidan, lignin dan serat dalam tepung beras merah baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Sebelum cara membuat resep kita akan mengenali bahan-bahan yang perlu disiapkan sebelum kita memulai memasak gando tepung ketan

Bahan-bahan :

yang perlu anda siap sebagai berikut :

  • Tepung ketan
  • Kelapa parut
  • Garam
  • gula pasir
  • minyak goreng

Cetakannya mirip dengan kue pukis.tetapi lebih pendek. Tepung ketan merupakan salah satu jenis tepung yang dipakai sebagai bahan makanan. Selain tepung beras dan tepung terigu tentunya. Banyak makanan yang sudah dibuat dari tepung ini.

baca juga : cara membuat gando tepung

Cara memasak gandos tepung ketan :

Setelah menyiapkan bahan-bahannya mari kita simak untuk proses pemaskan gandos tepung ketan di bawah ini :

  1. pertama anda harus menyampurkan, tepung ketan,kelapa parut,gula pasir, dan garam dalam satu wadah lalu di capurkan.
  2. kemudian tambah kan udara yang hangat ke dalam adonannya.lalu aduk-aduk hingga adonan menjadi kalis. dan adonan jangan sampai lembek. yang terpenting nanti adonan bisa du bentuk
  3. lalu goreng adonan gandos,bentuklah sesuai selera kalian dan goreng hingga matang dan waranya hingga kecoklatan.
  4. habis itu gandos siap di santap saat hangat

di atas adalah asal usul,manfaat,dan resep jadi bagaimana masih ragu untuk gandos yang sangat enak ini, gak usah ragu lagi kaena ini makanan yang sangat enak dan mudah untuk di buat. dan juga enak di makan bersama teman atau keluarga apalagi jika makan dengan teh panas atau kopi panas.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Gandos ketan goreng yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk/teman atau menjadi inspirasi keluarga untuk menjual makanan.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah kue gandos kelapa muda mudah dan sederhana yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Kue Gandos Kelapa Muda Mudah dan Sederhana memakai 8 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan u

  • Ambil 1 buah daging kelapa muda serut
  • Sediakan 10 sdm tepung terigu
  • siapkan 5 sdm gula pasir
  • Siapkan 1/2 sdt garam
  • Siapkan 1/4 sdt baking powder (saya pakai baking powder double act)
  • Sediakan 1 sdm mentega/margarin (dilelehkan)
  • Gunakan 300 ml air (satu setengah gelas)
  • Siapkan Minyak untuk menggoreng

Rasa kuenya yang gurih dengan memasukkan sedikit ibu jari. Biasanya, kelapa muda digunakan sebagai bahan untuk membuat minuman seperti es kelapa muda, kue, dan makanan lainnya.

Cara menyiapkan Kue Gandos Kelapa Muda Mudah dan Sederhana:

  1. Campur tepung terigu, gula, garam dan baking powder. aduk sampai rata.
  2. tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk agar tepung tidak ada yg menggumpal.
  3. Tambahkan mentega leleh dan kelapa muda serut. aduk rata.
  4. Panaskan minyak dengan api sedang. Sambil menunggu minyak panas, diamkan adonan dan tutup dengan kain lap bersih.
  5. Setelah minyak cukup panas, goreng adonan dengan takaran 1sdm atau sesuai selera. Goreng hingga kecokelatan. Angkat dan sajikan^^

Manfaat mangan di kelapa muda dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dan saraf, dan juga salah satu sumber mineral yang dibutuhkan oleh metabolisme tubuh. Selain menyegarkan, kelapa muda punya segudang manfaat. Simak kreasi resep es kelapa muda dan cara membuatnya untuk berbuka! Kopi jadi minuman yang biasa dikonsumsi sehari-hari buat banyak orang. Mulai saat kerja, sarapan, atau saat iseng mau ngemil.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Kue Gandos Kelapa Muda Mudah dan Sederhana yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun ide bagi Anda yang berkeinginan untuk menjual makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Punya Tampilan Kue Gandos

Kepopuleran jayanan tradisional masih bertahan hingga saat ini. Seolah tak lekang oleh waktu, seringkali kita menemukan menu makanan penutup di beberapa restoran dan kafe. Hanya saja, kue tersebut sudah dikemas menjadi lebih modern dengan berbagai variasi.

Banyak yang kerap kali tertukar menyebut kue pancong sama dengan kue pukis atau kue gandos sama dengan kue rangi.

Tapi, tahukah Anda? Keempat kue ini memiliki perbedaan yang mencolok dari segi tekstur, rasa, dan cara penyajiannya. Anda akan menemukan perbedaan tersebut ketika sudah menikmatinya. Berikut adalah ulasan selengkapnya mengenai kue gandos.

  1. Kue Gandos
    kue gando
    Satu lagi kue tradisional asal Jawa Tengah yaitu kue gandos. Sama seperti kue ketiga yang telah dibahas sebelumnya, kue ini juga menggunakan bahan kelapa parut. Bahan untuk dibuat mirip dengan kue pancong. Terdiri dari tepung beras, garam, gula pasir, kelapa parut, telur ayam, dan santan. Cetakan kue yang digunakan mirip dengan kue pukis tapi lebih pendek. Cara memasaknya terbilang unik karena sebagian tepung dimasak terlebih dahulu hingga seperti bubur. Lalu, campurkan sisa tepung beras dan kelapa. Agar lebih manis, Anda bisa menambahkan gula pasir di atas kue.

Setelah membaca tulisan di atas, seharusnya Anda sudah tidak lagi tertukar antara kue pancong, rangi, pukis, dan gandos. kue apa yang paling kamu suka? Rasanya sama-sama nikmat, apalagi jika disantap bersama teman dan keluarga di waktu santai ditemani kopi hangat.

Nah, jika Anda ingin membuat kue pancong yang berbeda dari biasanya, jangan lupa untuk membuat tulisan ini ke teman-teman di media sosial Anda ya.

Apa Bedanya? Kue Pancong, Rangi, Bandros, dan Gandos

Waktu sore yang luang memang paling nikmat dihabiskan dengan bersantai sambil menyeruput kopi dan menyantap kudapan. Nah, kebetulan ada tukang kue bandros yang lewat depan rumah nih. Tanpa berpikir panjang, saya pun langsung memanggil dan membeli kuenya. Bicara soal kue bandros, sepertinya masih banyak orang yang menyamakannya dengan kue pancong, kue rangi, maupun gandos.

Wajar sih, keempatnya memang terlihat mirip. Tapi jika anda lebih jeli, terdapat beberapa perbedaan yang cukup mencolok lho di antara keempatnya. Apa saja perbedaan tersebut? Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

1. Daerah asal

Salah satu perbedaan paling mencolok dari kue pancong, kue rangi, bandros, dan gandos adalah daerah asal mereka. Kue pancong dan kue rangi merupakan kue yang sama-sama berasal dari Betawi. Sedangkan kue gandos berasal dari Jawa tengah. Dan kue bandros berasal dari Jawa Barat.

2. Komposisi bahan

meskipun sama-sama terbuat dari tepung dan kelapa parut, nyatanya tetap saja ada perbedaan antara kue pancong, kue rangi, bandros, dan gandros. Kue pancong terbuat dari campuran tepung beras, santan, garam, gula pasir, dan kelapa parut. Sedangkan kue rangi berbahan dasar tepung sagu atau tepung kanji atau tapioka, garam, dan kelapa parut. Untuk kue gandos terbuat dari campuran antara tepung beras, santan, garam, gula pasir, kelapa parut, dan telur ayam. Nah, kalau kue bandros, bahan-bahan yang digunakan adalah tepung beras, tepung tapioka, santan, garam, dan kelapa parut.

3. Rasa

Mungkin ini salah satu perbedaan paling mencolok antara kue pancong, kue rangi, bandros, dan gandos. Kue pancong cenderung memiliki rasa yang gurih dan asin, hampir sama seperti kue bandros. Berbeda dengan kue rangi yang rasanya manis. Sedangkan kue gandos rasanya cenderung gurih, asin, dan sedikit manis.

4. Ukuran

Sekilas, bentuk dari kue pancong, kue rangi, bandros, dan gandos ini memang terlihat sama. tapi sebenarnya berbeda, karena cetakan yang digunakan pun berbeda. Untuk kue pancong, kue bandros, dan kue gandos biasanya menggunakan cetakan yang sama, yaitu cetakan kue pukis. Sedangkan kue rangi cetakannya jauh lebih kecil dan pendek (tidak cekung dalam) dibanding 3 kue lainnya.

5. Cara penyajian

Jika anda belum tahu, kue pancong, kue rangi, bandros, dan gandos memiliki cara penyajian yang berbeda. Kue pancong dan kue gando biasanya disajikan begitu saja, karena memang rasanya sudah sangat enak. Untuk kue rangi, biasanya disajikan dengan tambahan topping saus gula merah yang berbentuk jel. Sementara itu, kue bandros disajikan dengan taburan gula pasir.

Nah , itu dia perbedaan antara kue pancong, kue rangi, bandros, dan gandos. Semoga anda tidak kesulitan lagi untuk membedakannya. Yang terpenting, anda harus coba semuanya untuk tahu citarasanya. Selamat mencoba!