Mesin Kopra – Mesin Perajang, Mesin Press, dan Mesin Filter Press Kopra

mesin kopra

Apa Itu Kopra Kelapa?

Kopra kelapa merupakan salah satu produk turunan dari daging kelapa yang dikeringkan yang bisa dijadikan minyak kelapa atau produk turunan yang lain. Kopra dibuat dengan menggunakan mesin kopra untuk mendapatkan kopra dengan hasil yang memuaskan.

Mesin Kopra

Dalam proses pembuatan kopra sekarang anda bisa lebih efektif dengan bantuan dari mesin kopra antara lain mesin perajang kopra dan mesin press kopra. Agar anda lebih yakin berikut ini spesidikasi mesin kopra

1. Mesin Perajang Kopra

Alat ini digunakan untuk merajang atau meperkecil ukuran ukuran kopra agar mudah dalam proses pengepresan.

Mesin Kopra
Mesin Perajang Kopra

Spesifikasi Mesin Perajang Kopra

  • Body contak produk steinless
  • Dimensi : 1000 x 800 x 1200 mm
  • Penggerak : Disel 16 Hp atau Elektro motor 7,5 hp 3 ph.
  • Kapasitas : 500 kg/jam

 

2. Mesin Screw Press Kopra

Mesin kopra
Mesin Press Kelapa

Spesifikasi Mesin Screw Press Kopra

  • Dimensi : 1000 x 600 x 1200 mm
  • Penggerak : Disel 12 Hp atau Elektro motor 10 hp 3 ph.
  • Kapasitas : 250 kg/jam

 

3. Mesin Filter Press Kopra

Mesin Kopra
Mesin Filter Press

Spesifikasi Mesin Filter Press Kopra

  • Dimensi : 1200 x 600 x 1000 mm
    Penggerak : Disel 12 Hp atau Elektro motor 5,5 hp.
    Pompa minyak 1inm
    Kapasitas : 250 liter/jam

Proses Pengolahan Kopra Kelapa

Kita sudah tahu kopra berasal dari daging buah kelapa yang dikeringkan menggunakan sinar matahari atau bisa menggunakan panas buatan. Nah berikut ini beberapa teknik pengeringan kopra yang mungkin bisa anda coba.

  • Penjemuran Dengan Tudung Plastik

Dengan memanfaatkan sinar matahari dikonbinasikan dengan tudung plastik transparan, kopra dijemur diarea platik. Penjemuran dengan teknik ini lebih cepat kering karena panas yang masuk didalam plastik akan lebih bertahan lama.

  • Penjemuran Matahari Langsung

Dengan teknik ini lama pengeringan sangat tergantung dengan kondisi cuaca yang sedang terjadi. Jadi kualitas dari kopra yang dihasilkan pun menjadi kurang maksimal.

  • Pengasapan

Teknik ini memanfaatkan tungku pengasapan dan daging kelapa ditaruh diatas sehingga daging kelapa akan kering dalam waktu sekitar 3. Untuk bahan bakarnya bisa menggunakan tempurung atau sabut kering jadi sangat efektif.

  • Pengovenan

Hasil dari teknik ini adalah yang paling baik, caranya pun tidak rumit hanya tinggal masukkan daging kelapa secara bersusun oven dengan suhu 40 sampai 80 derajat celsius.

Cara Membuat Kopra Putih

Proses pengovenan kopra putih berlangsung dalam suhu 60-80 C. Ada beberapa cara atau teknik membuat Kopra Putih, antara lain :

  1. Kupas Langsung
  2. Kupas tidak langsung

Teknik kupas langsung adalah kelapa dicungkil terlebih dahulu, baru kemudian dimasukkan ke dalam dioven. Sementara Teknik kupas tidak langsung, kelapa dibelah menjadi dua, kemudian dimasukkan ke dalam kopra sebagai pemanasan awal, kemudian setelah bisa dikelupas, kelapa dicungkil dari batoknya dan siap dilanjutkan untuk pengovenan berikutnya.

Dalam proses pengovenan kopra putih, biasanya disemprot dengan cairan/asap sulfur untuk mencegah penjamuran pada kopra. Kalau saya boleh menyarankan, penggunaan asap cair dari tempurung kelapa, bisa menjadi alternatif selain sulfur. Salah satu fungsi asap cair kelapa adalah sebagai anti jamur, jadi pada saat pengovenan bisa juga disemprot dengan asap cair.

Proses pengovenan kopra putih dengan teknik langsung, biasanya hanya memakan waktu 8-10 jam, hasilnya juga jauh lebih kering. Sementara dengan teknik kupas tidak langsung selain memakan waktu cukup lama yaitu berlangsung 18-20 jam, juga kadang-kadang masih harus dijemur lagi untuk pengeringan lanjut.

Untuk membuat Kopra putih diperlukan beberapa alat, antara lain : Mesin Kopra dan Mesin Cungkil. Mesin Oven Kopra ini bisa didesain sedemikian rupa sesuai kebutuhan dan budget. Kapasitas bisa mulai dari 0,5 ton, 1 ton, 2 ton, 4 ton dan seterusnya. Kemudian mesin cungkilnya juga bisa mulai dari kapasitas 100 kelapa/jam atau 200 kelapa/jam. Sangat Fleksibel.