Mesin Pengolah Kopra – Mesin Crude Coconut Oil / CNO

Mesin Crude Coconut Oil ( CNO ) merupakan Mesin Pengolah Kopra merupakan mesin yang membantu memproses kopra menjadi minyak yang siap suplai pabrik atau sebagai bahan untuk diproses menjadi minyak goreng kelapa atau sering disebut dalam istilah umum yaitu CCO (Crude Coconut oil) atau CNO. Mesin pengola Kopra terdiri dari mesin perajang kopra, mesin screw press kopra dan mesin filter press kopra. Spesifikasi

Mesin Pengolah Kopra

mesin pengolah kopra
Mesin Perajang Kopra

Fungsi

AlatĀ ini digunakan untuk memperkecil ukuran kopra, atau dicacah menjadi lebih kecil, fungsinya untuk mempermudah proses pengepressan oleh mesin screw press kopra.

Spesifikasi

Body contak produck stenliss
Rangka Besi Siku
Dimensi perajang : 1000 x 800 x 1200 mm
Penggerak Disel 16 Hp atau Elektro motor 7,5 hp 3 ph.

Kapasitas

Kapasitas 500 kg / jam

Mesin pengolah kopra
Mesin Press Kelapa

Spesifikasi MesinĀ Screw Press Kopra

  • Dimensi : 1000 x 600 x 1200 mm
  • Penggerak : Disel 12 Hp atau Elektro motor 10 hp 3 ph.
  • Kapasitas : 250 kg/jam

Mesin pengolah kopra
Mesin Filter Press

Spesifikasi Mesin Filter Press Kopra

  • Dimensi : 1200 x 600 x 1000 mm
    Penggerak : Disel 12 Hp atau Elektro motor 5,5 hp.
    Pompa minyak 1inm
    Kapasitas : 250 liter/jam

Proses Pengolahan Kopra Kelapa

Kita sudah tahu kopra berasal dari daging buah kelapa yang dikeringkan menggunakan sinar matahari atau bisa menggunakan panas buatan. Nah berikut ini beberapa teknik pengeringan kopra yang mungkin bisa anda coba.

  • Penjemuran Dengan Tudung Plastik

Dengan memanfaatkan sinar matahari dikonbinasikan dengan tudung plastik transparan, kopra dijemur diarea platik. Penjemuran dengan teknik ini lebih cepat kering karena panas yang masuk didalam plastik akan lebih bertahan lama.

  • Penjemuran Matahari Langsung

Dengan teknik ini lama pengeringan sangat tergantung dengan kondisi cuaca yang sedang terjadi. Jadi kualitas dari kopra yang dihasilkan pun menjadi kurang maksimal.

  • Pengasapan

Teknik ini memanfaatkan tungku pengasapan dan daging kelapa ditaruh diatas sehingga daging kelapa akan kering dalam waktu sekitar 3. Untuk bahan bakarnya bisa menggunakan tempurung atau sabut kering jadi sangat efektif.

  • Pengovenan

Hasil dari teknik ini adalah yang paling baik, caranya pun tidak rumit hanya tinggal masukkan daging kelapa secara bersusun oven dengan suhu 40 sampai 80 derajat celsius.