Mesin Pengolah Sabut Kelapa – Mesin Sabut Kelapa – Kapasitas 100 Kg / Jam

//Mesin Pengolah Sabut Kelapa – Mesin Sabut Kelapa – Kapasitas 100 Kg / Jam

Mesin Pengolah Sabut Kelapa – Mesin Sabut Kelapa – Kapasitas 100 Kg / Jam

Hasil gambar untuk cocopeat

Tentang Cocopeat

Di Indonesia sendiri merupakan penghasil kelapa, sabut kelapa kering dibuang begitu saja. Para petani kelapa hanya memanfaatkan sabut kelapa untuk bahan bahar proses pembakaran kopra kelapa. Akan tetapi fungsi sabut lebih dari itu dan akan mempunyai nilai tambah jika sabut kelapa diolah dengan menggunakan mesin pengolah sabut kelapa, untuk mendapatkan cocopeat yang bisa dijual.

Cocopeat / serbuk sabut kelapa merupakan serbuk sisa pengolahan penguraian sabut kelapa yang biasanya kemudian dicetak berbentuk kubus dan memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Pengolahannya cukup sederhana, namun dapat mengangkat harga cocopeat itu sendiri. Untuk mendapatkan cocopeat digunakanlah mesin pengolah sabut kelapa atau mesin penyaring sabut kelapa.

Fungsi Mesin Pengolah Sabut Kelapa adalah mesin untuk mengolah atau menyaring sabut kelapa setelah diproses dengan mesin pengurai sabut kelapa untuk memisahkan antara sabut dan Cocopeat (serbuk sabut kelapa).

Mesin Pengolah Sabut Kelapa

Mesin Pengolah Sabut Kelapa

Cara Kerja Mesin Pengolah Sabut Kelapa / Mesin Penyaring Sabut Kelapa

Cara kerja mesin pengolah sabut kelapa ini adalah dengan memasukkan sabut kelapa yang sudah diurai menggunakan mesin pengurai sabut kelapa ke dalam mesin penyaring sabut kelapa, kemudian mesin akan berputar dan menyaring sabut kelapa untuk memisahkan antara sabut kelapa dengan serbuk sabut kelapa, dan menghasilkan cocopeat yang bernilai ekonomis.

Spesifikasi Mesin

  • Dimensi : 4000 x 1500 x 2000 mm
  • Penggerak : Diesel 8 Pk RRT
  • Kapasitas : 100 kg /jam
  • Fungsi : Pengayak sabut dan serbuk sabut kelapa

Masih kurang dengan kapasitas 100 kg/jam ? Kami menyediakan mesin pengolah sabut kelapa kapasitas 250 kg / jam berkualitas dan terjangkau.


Cara Membuat Cocopeat Dengan Mudah

Hasil gambar untuk cocopeat

Cocopeat, disebut juga dengan coco fiber atau coco coir. Bahan pembuat cocopeat tersebut dibuat dari kulit ari maupun sekam dari buah kelapa yang diolah hingga berbentuk butiran-butiran gabus. Selain bisa dengan memanfaatkan sabut kelapa yang diperoleh dari limbah rumah tangga, bahan untuk membuat cocopeat biasanya banyak didapat dari limbah industri yang menggunakan kelapa sebagai bahan baku dalam pembuatan produknya. Sabut kelapa itu sendiri adalah bagian paling luar dari buah kelapa dan membungkus tempurung kelapa.

Cocopeat sering dimanfaatkan sebagai media tanam, karena mampu menahan unsur kimia dari pupuk maupun kandungan air bahkan mampu menetralkan kondisi keasaman tanah. Sehingga cocopeat sangat baik digunakan untuk media tanam pada tanaman rumah kaca dan pertumbuhan tanaman hortikultura.

Ingin tahu bagaimana cara memuat cocopeat sederhana ? berikut cara mudah membuat cocopeat sederhana.

Siapkan Bahan Dan Alat

Dalam membuat cocopeat ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan yaitu bahan dan alat

  • Bahan  : Serbuk Sabut Kelapa (cocopeat) 5,5 kg
  • Alat      : Mesin pengolah sabut kelapa atau mesin penyaring sabut kelapa, dan mesin cocopeat blok.

Proses Pembuatan Cocopeat

Cara membuat cocopeat sederhana pertama yaitu serbuk dari sabut kelapa yang mentah dijemur terlebih dulu di bawah terik matahari. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi kadar air, hingga pada prosentase di bawah 15% atau dijemur sekitar satu hari. Untuk bisa mengetahui kelembabannya sudah pada kadar tersebut, bisa menggunakan cara yang manual.

Caranya adalah cocopeat ditempatkan pada sebuah wadah, kemudian lakukan penimbangan pada serbuk kelapa. Apabila bobot dari cocopeat mencapai 1 kg lebih, maka itu merupakan pertanda bahwa kadar air yang ada di dalamnya masih di atas 15 %. Jemur hingga bobot cocopeat ketika ditimbang tidak lebih dari 1 kg.

Tips Dalam Membuat Cocopeat

Tips membuat cocopeat agar sempurna, apabila kadar air sudah mencapai target yang diinginkan, cara membuat cocopeat sederhana yaitu serbuk kelapa tersebut diayak. Serbuk kelapa yang merupakan hasil dari tahapan pengayakan disebut dust. Sisa dari serbuk kelapa yang telah diayak kemudian dipisahkan. Serbuk kelapa yang kasar biasanya dipakai untuk bahan bakar dalam proses pembakaran batu bata. Sedangkan serbuk yang halus atau dust inilah yang akan digunakan sebagai media tanam berupa cocopeat.

Untuk pembuatan cocopeat dalam bentuk balok, dust dipadatkan memakai alat pengepress. Jika anda ingin menjualnya bisa dikemas ke dalam plastik agar tampilan lebih rapi dan menarik. Untuk menjadikan cocopeat serbuk sebagai pengganti media tanam berupa tanah, tambahkan air secukupnya pada cocopeat untuk mengembangkan, menguraikan serta menganginkannya. Pada dasarnya cocopeat sebagai media tanam sendiri terbagi dalam beberapa jenis sesuai dengan teskturnya.

Itulah bagaimana cara membuat cocopeat sederhana. Sudah tau kan, kini sabut kelapa tidak hanya menjadi bahan bakar saja akan tetapi juga bisa menjadi produk yang bernilai ekonomis. Dengan berbagai inovasi sabut kelapa kini menjadi bahan baku produk yang bisa dibilang cukup menguntungkan, karena hanya memanfaatkan limbah kelapa sebagai bahan baku.

By | 2017-02-08T08:24:49+00:00 January 2nd, 2014|Mesin Pengolah Sabut Kelapa|Comments Off on Mesin Pengolah Sabut Kelapa – Mesin Sabut Kelapa – Kapasitas 100 Kg / Jam

About the Author: