Mesin Pengolah Sabut Kelapa Berkualitas – Mesin Sabut Kelapa – Mesin Pembuat Cocopeat

Hasil gambar untuk cocopeat hidroponik

Tentang Cocopeat

Sabut kelapa, kebanyakan petani kelapa memanfaatkannya untuk mengasapi daging buah kelapa untuk proses pembuatan kopra. Sabut kelapa bisa dimanfaatkan untuk pembuatan cocopeat atau serbuk sabut kelapa yang mempunyai nilai jual. Proses pembuatan serbuk sabut kelapa ini membutuhkan mesin pengolah sabut kelapa berkualitas untuk membantu dalam proses pembuatan cocopeat.

Cocopeat / serbuk sabut kelapa merupakan serbuk sisa pengolahan penguraian sabut kelapa yang biasanya kemudian dicetak berbentuk kubus dan memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Pengolahannya cukup sederhana, namun dapat mengangkat harga cocopeat itu sendiri.

Untuk mendapatkan sisa sabut kelapa ini, diperlukan mesin pembuat cocopeat untuk memisahkan antara sabut dan serbuk sabut agar mendapatkan hasil yang maksimal. Salah satu mesin pembuat cocopeat yang digunakan untuk mengolah sabut kelapa adalah mesin pengolah sabut kelapa berkualitas.

Fungsi Mesin Pengolah Sabut Kelapa adalah mesin untuk mengolah atau menyaring sabut kelapa setelah diproses dengan mesin pengurai sabut kelapa untuk memisahkan antara sabut dan Cocopeat (serbuk sabut kelapa).

Cara Kerja Mesin Pengolah Sabut Kelapa Berkualitas / Mesin Penyaring Sabut Kelapa

Cara kerja mesin pengolah sabut kelapa ini adalah dengan memasukkan sabut kelapa yang sudah diurai menggunakan mesin pengurai sabut kelapa ke dalam mesin penyaring sabut kelapa, kemudian mesin akan berputar dan menyaring sabut kelapa untuk memisahkan antara sabut kelapa dengan serbuk sabut kelapa, dan menghasilkan cocopeat yang bernilai ekonomis.

Fungsi Mesin Penyaring Sabut Kelapa

Mesin Penyaring Sabut Kelapa ini fungsinya untuk menyaring hasil uraian sabut kelapa agar terpisah sempurna dari cocopeat. Sebenarnya untuk membersihkan cocopeat bisa dengan dikipas-kipaskan saja, tentunya itu memakan waktu lama jika dalam cukup besar dan kontinyu jumlahnya. Untuk persyaratan cocofiber untuk eskpor, tingkat moistour harus tercukupi dibawah angka 5%.

Mesin Pengolah Sabut Kelapa Berkualitas
Mesin Penyaring Sabut Kelapa

Spesifikasi Mesin Penyaring Sabut Kelapa Kapasitas 100 kg / proses

  • Dimensi 3500×1200 x 1550 mm
  • Mesin penggerak Motor bensin 5,5 Pk
  • Kapasitas 150 kg/jam
  • Diameter input 1550
  • Diamter output 600 mm
  • Fungsi memisahkan serat dengan dust cocofiber
  • Bentuk hexagonal

Spesifikasi Mesin Penyaring Sabut Kelapa Kapasitas 250 kg / proses

  • Dimensi 4000 x 1500 x 1750 mm.
  • Mesin penggerak diesel 8 PK.
  • Kapasitas 250 kg / jam.
  • Diameter input 1750.
  • Diameter output 700 mm.
  • Fungsi memisahkan serat dengan dust cocofiber.
  • Bentuk Hexagonal.

Spesifikasi Mesin Penyaring Sabut Kelapa Kapasitas 500 kg / proses

  • Dimensi : 4000 x 1500 x 2000 mm
  • Penggerak : Diesel 8 Pk RRT
  • Kapasitas : 500 kg /jam
  • Fungsi : Pengayak sabut dan serbuk sabut kelapa

 

7 Langkah Cara Mencetak Cocopeat Blok

Cocopeat adalah salah satu media tanam yang sering digunakan untuk budidaya berbagai macam tanaman. Cocopeat terbuat dari serbuk sabut kelapa, yang kemudian serbuk sabut kelapa tersebut di cetak dengan menggunakan mesin pembuat cocopeat agar lebih mudah untuk menjualnya.

Berikut cara mencetak cocopeat blok.

  1. Lakukan proses penguraian sabut kelapa dengan memilih kelapa yang sudah tua, memiliki serat yang matang, sehingga dapat dimanfaatkan cocofiber nya.
  2. Pisahkan antara serat sabut kelapa (cocofiber) dengan serbuk sabut kelapa (cocopeat)
  3. Kemudian ayak cocopeat untuk memisahkan lagi serat sabut kelapa yang pendek, sehingga hanya diperoleh serbuk sabut kelapa yang seragam.
  4. Lakukan proses pengeringan pada cocopeat, ada jugabuyer yang mensyaratkan kadar garam pada serbuk sabut kelapa dengan kadar 2%, karena itu sebelum dilakukan pencucian, atau pembiaran melalui hujan.
  5. Tingkat kekeringan pada cocopeat harus mencapai minimal 12% kadar air.
  6. Lakukan proses pencetakan menjadi cocopeat blok. Ukuran yang diminta biasanya dimensi 30 x 30 x 15 cm atau 30 x 30 x 30 cm dengan masing – masing ukuran berbobot + 5 kg
  7. Lakukan proses packing menggunakan plastik yang diikat kuat menggunakan tali.
  8. Cocopeat blok siap dikirm.

Lalu alat atau mesin apa yang dibutuhkan untuk proses pembuatan cocopeat blok ? Proses pembuatan cocopeat blok cukup membutuhkan mesin pembuat cocopeat dan mesin pengolah sabut kelapa berkualitas

Itulah beberapa cara untuk membuat cocopeat blok. Tips dan cara membuat cocopeat bisa Anda baca langsung cara membuat cocopeat dengan mudah. Semoga bermanfaat.