Mesin Pengolah Sabut Kelapa Terbaru 2017

Tentang Cocopeat

Di Indonesia sendiri merupakan penghasil kelapa, sabut kelapa kering dibuang begitu saja. Para petani kelapa hanya memanfaatkan sabut kelapa untuk bahan bahar proses pembakaran kopra kelapa. Akan tetapi fungsi sabut lebih dari itu dan akan mempunyai nilai tambah jika sabut kelapa diolah dengan menggunakan mesin pengolah sabut kelapa, untuk mendapatkan cocopeat yang bisa dijual.

Cocopeat / serbuk sabut kelapa merupakan serbuk sisa pengolahan penguraian sabut kelapa yang biasanya kemudian dicetak berbentuk kubus dan memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Pengolahannya cukup sederhana, namun dapat mengangkat harga cocopeat itu sendiri. Untuk mendapatkan cocopeat digunakanlah mesin pengolah sabut kelapa.

Mesinnya terdiri mulai dari mesin pengurai sabut kelapa, mesin penyaring sabut kelapa, mesin press sabut kelapa dan mesin pemintal tali sabut kelapa . Kapasitas bervariasi mulai dari 1,5 ton /hari sampai 4 ton/hari bahan baku.

Selain itu kami juga menyediakan berbagai peralata pendukung mesin sabut kelapa yang bisa anda dapatkan langsung ditempat kami. Antara lain mesin Pengupas Sabut Kelapa, Mesin Press cocopeat dan mesin pengolahan rubberized coir atau mesin sabut berkaret untuk membuat matras sabut kelapa.

Fungsi Mesin Pengolah Sabut Kelapa adalah mesin untuk mengolah atau menyaring sabut kelapa setelah diproses dengan mesin pengurai sabut kelapa untuk memisahkan antara sabut dan Cocopeat (serbuk sabut kelapa).

Berikut spesifikasi Mesin Pengolah Sabut Kelapa antara lain :

1. Mesin Pengupas Sabut Kelapa

mesin pengolah sabut kelapa

Mesin pengupas sabut kelapa ini adalah alat yang digunakan untuk mengupas sabut atau memisahkan sabut kelapa dari batoknya.

Pengupasan sabut kelapa yang biasanya secara manual denga menggunakan pisau, akan terbantu dengan menggunakan mesin ini. Salah satunya adalah bisa lebih cepat dalam mengupasnya.

Spesifikasi Mesin Pengupas Sabut Kelapa

Bahan Rangka : Besi Siku.
Dimensi Mesin : 80 x 60 x 100cm.
Model Pisau : Vertical / Horizontal.
Penggerak : Elektro Motor 3 hp (1 phase).
Kapasitas : 150 – 200 Butir/Jam.

 


2. Mesin Pengurai Sabut Kelapa

Mesin Pengurai Sabut kelapa ini adalah alat untuk mengurai sabut kelapa menjadi serat sabut kelapa atau cocofiber.

Proses pemisahan sabut kelapa akan menghasilkan serat sabut kelapa dan pengikatnya yaitu berupa serat sabut kelapa atau cocopeat. Kedua produk ini menjadi bahan utama untuk membuat produk-produk turunan sabut kelapa selanjutnya.

Alat pengurai sabut kelapa ini memiliki beberapa pilihan kapasitas berikut ini spesifikasi lengkapnya.

Spesikasi Mesin Pengurai Sabut Kelapa Kapasitas 2 Ton

Bahan Plat : Plattezer 10 mm.
Dimensi Mesin : 4000 X 1200 X  1800 mm.
Model Pisau : Vertical / Horizontal.
Penggerak : Fuso D16 Eks Jepang.
Kapasitas : 1,5 – 2 ton produk /hari atau 4 ton bahan baku/hari atau 500 kg bahan baku/hari.
Diameter Tabung : 1200 mm.
Tebal Tabung : 10 mm.

 Fungsi mesin pengolah sabut kelapa ini adalah untuk menguraikan sabut kelapa menjadi cocofiber

Kami menyediakan alat pengurai sabut ini dengan berbagai kapasitas mulai dari 150 Kg singga 2 Ton. Untuk melihat lebih lengkap tentan mesin pengolah kelapa ini langsung saja menuju halaman Mesin Pengurai Kelapa.


3. Mesin Penyaring Cocofiber

Mesin Penyaring sabut kelapa adalah alat untuk mengurangi kadar cocopeat pada serat sabut kelapa, atau membersihkan sabut kelapa dari serbuk sabut kelapa agar bersih. Tujuan utama dari proses ini adalah agar masuk spesifikasi produk yang layak jual untuk ekspor.

Spesifikasi Mesin Penyaring Cocofiber

Dimensi Mesin : 4000 x 1500 x 2000 mm.
Penggerak : Diesel 6,5 Pk RRT / Electro Motor 1 HP.
Kapasitas : 250-500 kg/jam.

Fungsi : Untuk mengayak sabut kelapa dan memisahkan serbuk sabut kelapa


4. Mesin Press Cocofiber

Mesin Press sabut kelapa adalah alat untuk mengepress sabut kelapa hasil penguraian dan penyaringan sabut kelapa.

Tujuannya untuk mempermudah pengangkutan dan meminimalisasi volume muatan produk sabut. Denga adanya mesin ini tentu akan mengurangi resiko biaya muatan tinggi akibat besarnya volume muatan.

Jadi biala anda melakukan pengiriman ke luar daerah menjadi lebih praktis dengan anda mempunyai mesin press sabut kelapa ini.

Spesifikasi Mesin Press Cocofiber

Dimensi Mesin : 1200 x 800 x 3000 mm.
Penggerak : Hidrolis, diesel 24 Pk.
Kapasitas : 100-120 kg / proses.

Fungsi : Mengepress sabut kelapa menjadi bale bentuk kubus


5. Mesin Pemintal Tali Sabut Kelapa

Mesin Pemintal Tali Sabut kelapa ini adalah alat untuk membuat tali sabut kelapa yang bisa digunakan untuk berbagai aplikasi.

Seperti kerajinan rumah tangga berupa kesed, tali tambang kapal, cocomesh jaring sabut kelapa, dan aneka kebutuhan lainnya.

 

Spesifikasi Mesin Pemintal Tali Sabut Kelapa

Dimensi Mesin : 1200 x 600 x 1000 mm.
Penggerak : 1/2 PK with reduzer.
Kapasitas : 10-15 kg/hari.
Rangka : Besi Siku.

Dilengkapi dengan pemutar balik.

Fungsi : Untuk memintal sabut kelapa menjadi tali sabut kelapa.


6. Mesin Penghancur Sabut Kelapa

Mesin Penghancur Sabut kelapa ini adalah alat yang digunakan untuk menghancurkan sabut kelapa secara utuh, tidak diurai, melainan serat dan serbuknya bercampur halus. Tujuan pemakaian produk ini adalah untuk membuat media tanam.

Spesifikasi Mesin Penghancur Sabut Kelapa

Dimensi Mesin : 1000 x 800 x 1200 mm.
Penggerak : Diesel 24/30 PK RRT, bisa model starter atau engkol.
Rangka : Besi Siku.
Pisau : Baja.
Kapasitas : 200 kg/jam.

Dilengkapi dengan roda dan dapat ditarik

Fungsi : Untuk menghancurkan sabut kelapa dan dijadikan sebagai media tanam.


Cara Mudah Membuat Cocopeat Sederhana Siap Jual

Hasil gambar untuk cocopeat

Cara membuat cocopeat sederhana sebenarnya tidaklah sulit. Cocopeat atau sabut kelapa adalah salah satu media tanam yang digunakan dalam budidaya dari berbagai jenis tanaman. Seperti pada metode hidroponik, cocopeat adalah jenis media tanam yang sering digunakan begitu juga dengan metode penanaman yang lain. Di negara tropis seperti Indonesia, bahan tersebut sangat mudah untuk di temui. Karena begitu banyaknya pohon kelapa yang bisa tumbuh dengan baik yang tersebar di berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Cocopeat, disebut juga dengan coco fiber atau coco coir. Bahan pembuat cocopeat tersebut dibuat dari kulit ari maupun sekam dari buah kelapa yang diolah hingga berbentuk butiran-butiran gabus. Selain bisa dengan memanfaatkan sabut kelapa yang diperoleh dari limbah rumah tangga, bahan untuk membuat cocopeat biasanya banyak didapat dari limbah industri yang menggunakan kelapa sebagai bahan baku dalam pembuatan produknya. Sabut kelapa itu sendiri adalah bagian paling luar dari buah kelapa dan membungkus tempurung kelapa.

Cocopeat sering dimanfaatkan sebagai media tanam, karena mampu menahan unsur kimia dari pupuk maupun kandungan air bahkan mampu menetralkan kondisi keasaman tanah. Sehingga cocopeat sangat baik digunakan untuk media tanam pada tanaman rumah kaca dan pertumbuhan tanaman hortikultura.

Ingin tahu bagaimana cara memuat cocopeat sederhana ? berikut cara mudah membuat cocopeat sederhana.

Siapkan Bahan Dan Alat

Dalam membuat cocopeat ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan yaitu bahan dan alat

  • Bahan  : Serbuk Sabut Kelapa (cocopeat) 5,5 kg
  • Alat      : Mesin pengolah sabut kelapa atau mesin penyaring sabut kelapa, dan mesin cocopeat blok.

Proses Pembuatan Cocopeat

Cara membuat cocopeat sederhana pertama yaitu serbuk dari sabut kelapa yang mentah dijemur terlebih dulu di bawah terik matahari. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi kadar air, hingga pada prosentase di bawah 15% atau dijemur sekitar satu hari. Untuk bisa mengetahui kelembabannya sudah pada kadar tersebut, bisa menggunakan cara yang manual.

Caranya adalah cocopeat ditempatkan pada sebuah wadah, kemudian lakukan penimbangan pada serbuk kelapa. Apabila bobot dari cocopeat mencapai 1 kg lebih, maka itu merupakan pertanda bahwa kadar air yang ada di dalamnya masih di atas 15 %. Jemur hingga bobot cocopeat ketika ditimbang tidak lebih dari 1 kg.

Tips Dalam Membuat Cocopeat

Tips membuat cocopeat agar sempurna, apabila kadar air sudah mencapai target yang diinginkan, cara membuat cocopeat sederhana yaitu serbuk kelapa tersebut diayak. Serbuk kelapa yang merupakan hasil dari tahapan pengayakan disebut dust. Sisa dari serbuk kelapa yang telah diayak kemudian dipisahkan. Serbuk kelapa yang kasar biasanya dipakai untuk bahan bakar dalam proses pembakaran batu bata. Sedangkan serbuk yang halus atau dust inilah yang akan digunakan sebagai media tanam berupa cocopeat.

Untuk pembuatan cocopeat dalam bentuk balok, dust dipadatkan memakai alat pengepress. Jika anda ingin menjualnya bisa dikemas ke dalam plastik agar tampilan lebih rapi dan menarik. Untuk menjadikan cocopeat serbuk sebagai pengganti media tanam berupa tanah, tambahkan air secukupnya pada cocopeat untuk mengembangkan, menguraikan serta menganginkannya. Pada dasarnya cocopeat sebagai media tanam sendiri terbagi dalam beberapa jenis sesuai dengan teskturnya.

Itulah bagaimana cara membuat cocopeat sederhana. Sudah tau kan, kini sabut kelapa tidak hanya menjadi bahan bakar saja akan tetapi juga bisa menjadi produk yang bernilai ekonomis. Dengan berbagai inovasi sabut kelapa kini menjadi bahan baku produk yang bisa dibilang cukup menguntungkan, karena hanya memanfaatkan limbah kelapa sebagai bahan baku.


Informasi Pemesanan dan Harga Mesin Pengolah Sabut Kelapa

Kantor & Workshop : Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center : 0274 287 1809.
SIMPATI : 0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL : 0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI : 081 666 9383
Email : rumahmesin@gmail.com
Fax : 0274 443 9219
  • Jam Buka :
    Senin – Jumat : Pukul 08.00 – 16.00 WIB
    Sabtu : Pukul 08.00 – 14.00 WIB

*Pelayanan melewati jam kerja dilayani Via SMS / WA / BBM

Kami  menyediakan Mesin Pengolah Sabut Kelapa bagi anda yang membutuhkan rangkaian mesin untuk mengolah sabut kelapa disekitar anda.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda.

Kenapa Harus Kami?

Kami adalah perusahaan penyedia/pembuat alat-alat/mesin-mesin yang terpercaya.

Seperti mesin-mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain-lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin-mesin industri besar, seperti Mesin Pengolah Sabut Kelapa.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin-mesin dari kami . Selain itu, kami siap untuk memberikan konsultasi tentang usaha maupun tentang mesin kepada anda.

Sehingga pada saat anda bingung mau usaha apa? Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan, kami selalu ada untuk anda.

Tokomesinkelapa.com hanya akan memberikan mesin-mesin yang berkualitas untuk anda. Karena mesin-mesin kami dirancang dan dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Mesin yang anda pesan juga bisa anda terlebih dahulu sebelum anda bawa pulang ( sebelum kami kirimkan ).

Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena Kepuasan Pelanggan Adalah Prioritas Kami.