Mesin Peras Santan – Mesin Pemeras Santan Model Ulir

Mengenal Mesin Peras Santan Kelapa

Santan kelapa merupakan air perasan dari kelapa tua. Santan kelapa digunakan sebagai perasa yang menyedapkan makanan. Untuk membuat santan dengan kapasitas banyak diperlukan mesin peras santan, apalagi pengusaha santan yang setiap harinya harus membuat santan dengan kapasitas yang banyak.

Mesin peras santan model ulir adalah Mesin Peras Santan model Screw atau ulir, berguna untuk memeras santan. Mesin Screw press santan ini penggunaanya sederhana, parutan kelapa dimasukkan ke dalam corong screw press, maka ulir akan membawa parutan santan kedalam pemeras, kemudian disaring.

Dengan adanya mesin peras santan model ulir ini adalah untuk melakukan pemerasan santan dan dibantu sistem tekan atau model ulir. Mesin Peras santan ini cocok untuk pengusaha santan, atau pengusaha warung padang yang membutuhkan banyak santan,

Jika memeras santan kelapa dengan tenaga manusia santan yang dihasilkan akan sedikit dan kurang maksimal. Ingin tahu bagaimana cara kerja mesin peras santan model ulir dan spesifikasinya ? Berikut ulasannya.

mesin peras santan
Mesin Peras Santan Kelapa

Spesifikasi Mesin Pemarut Kelapa Model Screw Press Atau Ulir :

Tipe : MSSP-60.
Sistem : Screw Press.
Energi Yang Digunakan : Listrik / Bensin.
Dimensi Mesin : 1000 mm x 400 mm x 1200 mm.
Penggerak : Elektro Motor / Motor Bensin.
Daya ( Power ) : 1 HP ( Elektro Motor ) / 5,5 HP ( Motor Listrik ).
Tegangan Listrik : 220 V.
Frekuensi Listrik : 50 Hz / 60 Hz.
Bahan Kontak Produk : Stainless Steel Anti Karat.
Rangka : Besi Siku 50 / 50.
Kapasitas : 60 Kg – 75 Kg / Jam ( 120 Butir Kelapa – 150 Butir Kelapa / Jam ).
  • Dilengkapi dengan roda
  • Aplikasi / Penggunaa : Untuk memeras kelapa atau kelapa parut menjadi santan kelapa secara otomatis dengan sistem Screw Press.

Spesifikasi Mesin Peras Santan Model MSSP-150 :

Tipe : MSSP-150.
Sistem : Screw Press.
Energi Yang Digunakan : Solar.
Dimensi Mesin : 1400 mm x 750 mm x 1200 mm.
Penggerak : Diesel.
Daya ( Power ) : 8 PK.
Bahan Kontak Produk : Stainless Steel Anti Karat.
Rangka : Kanal UNP 5.
Kapasitas : 150 Kg – 200 Kg / Jam ( 300 Butir Kelapa – 400 Butir Kelapa/ Jam ).
  • Dilengkapi dengan roda
  • Aplikasi / Penggunaa : Untuk memeras kelapa atau kelapa parut menjadi santan kelapa secara otomatis dengan sistem Screw Press.

Spesifikasi Mesin Peras Santan Model MSSP-300

Tipe : MSSP-300.
Sistem : Screw Press.
Energi Yang Digunakan : Solar.
Dimensi Mesin : 1600 mm x 900 mm x 1400 mm.
Penggerak : Diesel.
Daya ( Power ) : 16 PK.
Bahan Kontak Produk : Stainless Steel Anti Karat.
Rangka : Kanal UNP 5.
Kapasitas : 300 Kg – 400 Kg / Jam ( 600 Butir Kelapa – 800 Butir Kelapa/ Jam ).
  • Dilengkapi dengan roda
  • Aplikasi / Penggunaa : Untuk memeras kelapa atau kelapa parut menjadi santan kelapa secara otomatis dengan sistem Screw Press.

Anda juga bisa mendapatkan plihan berbagai macam model mesin pemeras santan kelapa yang sudah kami sediakan untuk khusus untuk anda.


Cara Membuat Santan Kelapa Yang Berkualitas

 

Untuk bisa membuat santan kelapa yang berkualitas dengan hasil yang banyak kita harus pilih kelapa yang agak tua, kenapa ? Karena kelapa agak tua memiliki daging yang tebal dan tidak terlalu lunak. Jika kelapa terlalu tua maka dagingnya akan cenderung kering dan santan yang dihasilkan pun sedikit, kualitasnya pun berkurang.

Sebelum daging kelapa diparut, lebih baik kupas dan bersihkan kulit ari kelapa. Jika tidak maka santan yang dihasilkan kurang bersih. Daging kelapa yang tebal dan tidak terlalu lunak, selain dapat menghasilkan santan yang banyak juga memudahkan kita saat proses pemarutan.

Atau bisa juga menggunakan mesin pemarut kelapa sehingga proses pemarutan akan lebih mudah, cepat, dan hasil yang optimal.Kalau Anda ingin praktis dalam memeras santan, bisa juga memakai mesin peras santan kelapa sederhana kami.

Namun jika Anda menggunakan cara manual menggunakan parutan biasa, maka gunakan parutan kelapa yang dapat memarut daging kelapa dengan lembut. Semakin lembut parutan maka saat diperas, sari yang dikeluarkan pun semakin banyak.

Saat proses pemerasan gunakan air yang cukup panas (bukan air mendidih) untuk dapat memeras parutan daging kelapa dengan hasil santan yang lebih sempurna dan lebih banyak.

Tips Merebus Santan Agar Tidak Mudah Pecah

Setelah mendapatkan santan kelapa, tentunya kita menginginkan kualitas olahan santan yang kita hasilkan bagus. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan saat merebus santan kelapa agar mendapatkan hasil yang bagus.

Gunakan Api Kecil

Kualitas santan yang buruk akibat salah dalam proses perebusan bisa menyebabkan rasa masakan menjadi tidak lezat. Bahkan baunya akan berubah menjadi tidak sedap.

Itulah mengapa, ada baiknya jika kita menggunakan api yang kecil saat merebus santan kelapa. Suhhu api yang terlalu panas bisa membuan santan mudah pecah, sehingga akan sulit tercampur dengan bahan masakan lainnya.

Terus Diaduk

Ketika merebus santan kelapa, sebaiknya terus diaduk secara perlahan dengan gerakan tangan yang teratur. Maka ada baiknya jika kita tidak melakukan aktivitas yang lain saat merebus santan kelapa.

Mengaduk santan kelapa saat direbus, bisa membuat struktur santan tetap terjaga dan rasanya akan semakin lezat dan nikmat. Selama proses merebus santan, aduklah dengan menggunakan spatula untuk mencegah pecahnya santan kelapa.

Masukkan di Akhir Proses Memasak

Memasak jenis masakan yang menggunakan santan kelapa terdapat teknik yang harus diperhatikan. Sebaiknya bahan masakan lain jangan direbus bersamaan dengan santan.

Rebus santan kelapa pada wadah yang berbeda. Ketika sudah mendidih, dinginkan santan terlebih dulu. Setelah masakan sampai pada proses terakhir, barulah masukan santan kelapa. Ini mencegah terlalu lamanya santan kelapa dipanaskan. Selain itu, hal ini akan menambah enak rasa masakan.

Memasukkan santan kelapa paling akhir juga akan mempertahankan wangi santan dan kekentalan teksturnya. Setelah santan tercampur dengan bahan masakan yang lain, maka aduk-aduklah secara perlahan dengan menggunakan api kecil.

Campurkan Tepung Maizana

Santan kelapa terkadang tidak hanya digunakan sebagai bahan pelezat masakan dalam tekstur yang cair dan sedikit kental. Jika Anda ingin menggunakan santan kelapa dalam tekstur yang sangat kental, seperti pasta, maka cara merebusnya sedikit berbeda.

Pertama,, campurkan santan kelapa dengan sedikit air, lalu tambahkan tepung maizena dengan takaran secukupnya. Setelah itu, aduk santan secara merata hingga mendidih dan teksturnya berubah seperti yang Anda inginkan. Pada tahap akhir, santan siap dituangkan dalam masakan.

Tambahkan Potongan Daun Pisang

Terdapat alternatif lain untuk mencegah santan pecah ketika direbus, yaitu dengan menambahkan potongan daun pisang secukupnya. Cuci daun pisang terlebih dahulu menggunakan air hingga bersih, lalu masukkan ke dalam santan kelapa selama proses perebusan. Dengan menambahkan daun pisang, santan kelapa juga akan terjaga kekentalannya.

Tambahkan Garam dan Jeruk Purut

Mencegah santan kelapa pecah selama direbus juga bisa dilakukan dengan menambahkan garam serta beberapa helai daun jeruk purut. Setelah garam dan daun jeruk purut dimasukkan dengan takaran dan jumlah yang pas, aduk santan secara perlahan agar tidak pecah.

Setelah santan kelapa mendidih, angkat dan buang daun jeruk purut lalu campurkan dengan tepung sagu. Pemberian tepung sagu bisa ditambahkan sesuai dengan selera Anda. Setelah itu, aduk kembali santan hingga merata.

Bagaimana? cukup mudah kan untuk membuat santan dalam kapasitas besar dan tips merebur santan agar tidak mudah pecah saat direbus. Untuk merebus santan kelapa agar mendapatkan santan dengan kualitas baik maka cara memasaknya juga harus diperhatikan baik – baik, karena tingkat kualitas santan yang dihasilkan saat perebusan juga berdampak pada kelezatan masakan itu sendiri.


Informasi Pemesanan Mesin Peras Santan Toko Mesin Kelapa

Kantor & Workshop : Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center : 0274 287 1809.
SIMPATI : 0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL : 0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI : 081 666 9383.

 

kami menyediakan Mesin Pemeras Santan Kelapa yang dapat membantu mempermudah serta mempercepat proses Penyantanan kelapa anda.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda. Kenapa Harus Kami? Kami adalah perusahaan penyedia/pembuat alat-alat/mesin-mesin pengolahan kelapa yang terpercaya.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin-mesin dari kami.

Selain itu kami siap memberikan konsultasi kepada anda pada saat anda bingung mau usaha apa? Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan.

Kami hanya akan memberikan mesin-mesin yang berkualitas untuk anda. Karena mesin-mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Serta bisa anda coba sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.