Mesin Santan Kelapa – Mesin Pengolah Santan

Sedikit Tentang Santan Kelapa

Santan merupakan bahan tambahan pada masakan Nusantara yang berasal dari parutan daging kelapa dicampur dengan air lalu diperas. Proses pembuatan santan biasanya hanya dilakukan secara manual karena hanya untuk kebutuhan memasak. Namun untuk kebutuhan industri pengolahan santan dapat menggunakan mesin santan kelapa agar mendapatkan hasil yang maksimal dan tentunya lebih efisien.

Santan Sering digunakan dalam makanan nusantara karena dapat membuat masakan lebih nikmat dan gurih. Tak hanya untuk makanan santan juga kerap digunakan untuk bahan campuran minuman contohnya es cendol.

Mesin Santan Kelapa

Mesin santan kelapa merupakan alat yang akan membantu anda dalam proses membuat santan kelapa dengan aman dan efektif. Alat tersebut terdiri dari mesin cungkil, mesin parut, dan mesin press santan kelapa.

Alat – alat tersebut memiliki keunggulan dan fungsi masing – masing seperti mesin cungkil kelapa yang  mampu dengan mudah membantu anda untuk memisahkan batok kelapa dengan dagingnya. Mesin parut kelapa yang dapat memarut kelapa dengan cepat, sedangkan mesin press santan kelapa akan bisa memproses parutan kelapa menjadi santan seperti yang anda inginkan.

Supaya lebih jelas lagi berikut ini spesifikasi dan fungsi dari mesin pembuat santan kelapa.

1. Mesin Cungkil Kelapa

mesin santan kelapa
Mesin Cungkil Kelapa

 

Spesifikasi

  • Pelat Besi Plattezer
  • Rangka besi siku
  • Dimensi : 800x600x1000 mm
  • Penggerak : EM 1/2 Hp 220 V 1 Ph
  • Pisau Gergaji Baja
  • Fungsi : untuk mencungkil batok kelapa dari daging atau untuk melepas batok kelapa
  • Kapasitas tersedia degan satu mata pisau dan 2 mata pisau

2. Mesin Parut Kelapa

Mesin Parut Kelapa Ukuran Besar atau Jumbo

Banyak sekali pengusaha pengusaha yang menggunakan mesin ini untuk produksi kelapa parut dengan skala yang begitu besar guna memenuhi pemintaan pasar.

Seperti penggusaha minyak kelapa, tepung kelapa atau desicated coconut, penyedia jasa pemerasan santan berskala besar juga sangat merekomendasikan mesin ini. Bahkan para pelaku pengusaha tepung tapioka juga sering memanfaatkan mesin parut kelapa dengan kapasitas besar ini.

mesin parut kelapa
Mesin Parut Kelapa Jumbo

Spesifikasi Mesin Pemarut Kelapa Jumbo :

 

Model : Mesin Pemarut Kelapa Ukuran Jumbo.
Rangka : Besi Siku.
Bahan Kontak Produk : Stainless Steel Anti Karat.
Tipe Penggerak : Elektromotor.
Tegangan Listrik : 220 V ( AC ).
Frekuensi Listrik : 50 Hz / 60 Hz.
Daya ( Power ) : 1400 Watt ( Elektromotor ).
Kapasitas : 400 Butir – 500 Butir / Jam ( 250 Kg – 300 Kg / Jam ).
Dimensi Mesin : 700 mm x 600 mm x 1200 mm.
  • Aplikasi / Penggunaan : Untuk memarut kelapa, rempah-rempah, singkong, dan bahan masakan lainnya.

Mesin Parut Kelapa Model Keruk

Mesin ini juga dapat menghasilkan parutan kelapa yang baik walaupun cara pemaikannya sedikit berbeda dengan alat pemarut kelapa yang lainnya.

Alat ini lebih sering digunakan pada indutri pengolahan kue, pemilihan alat ini biasanya didasari kebiasaan saja. Terlebih lagi proses pemarutan kelapa dengan mesin ini tidak memerlukan proses pencungkilan batok kelapa terlebih dahulu, cukup dengan dibelah saja.

Proses pemarutan kelapa menggunakan mesin ini adalah dengan memegang batok kelapa dan menancapkannya ke parutan mesin. Nanti kelapa akan terpaut secara otomatis.

Yang menguntungkan dengan menggunakan model keruk adalah kita akan lebih mudah mendapatkan batok kelapa utuh. Jadi tempurung kelapa yang utuh ini bisa dimanfaatkan kembali menjadi bahan kerajinan yang menarik.

mesin parut kelapa
Mesin Parut Kelapa Model Keruk

Spesifikasi Mesin Pemarut Kelapa Model Keruk :

 

Model : Pemarut Scrapper ( Keruk ).
Rangka : Besi Siku ( Solid ).
Bahan Kontak Produk : Stainless Steel Anti Karat.
Tipe Penggerak : Elektromotor.
Tegangan Listrik : 220 V ( AC 1 Phase ).
Frekuensi Listrik : 50 Hz / 60 Hz.
Daya ( Power ) : 300 Watt ( Elektromotor ).
Dimensi Mesin : 400 mm x 400 mm x 700 mm.
Mata Parut : Stainless Steel Anti Karat.
  • Aplikasi / Penggunaan : Untuk memarut kelapa dengan bentuk setengah batok.

Keunggulan Mesin Santan Kelapa :

  • Higienis, bahan terbuat dari stainless
  • Operasional mudah
  • Tanpa menggunakan tangan
  • Perawatan mudah dan sederhana

3.Mesin Press Santan Kelapa

mesin santan kelapa
Mesin Press Santan Kelapa

Spesifikasi Mesin Press Santan Kelapa

Tipe : MSSP-60.
Sistem : Screw Press.
Energi Yang Digunakan : Listrik / Bensin.
Dimensi Mesin : 1000 mm x 400 mm x 1200 mm.
Penggerak : Elektro Motor / Motor Bensin.
Daya ( Power ) : 1 HP ( Elektro Motor ) / 5,5 HP ( Motor Listrik ).
Tegangan Listrik : 220 V.
Frekuensi Listrik : 50 Hz / 60 Hz.
Bahan Kontak Produk : Stainless Steel Anti Karat.
Rangka : Besi Siku 50 / 50.
Kapasitas : 60 Kg – 75 Kg / Jam ( 120 Butir Kelapa – 150 Butir Kelapa / Jam ).
  • Dilengkapi dengan roda
  • Aplikasi / Penggunaa : Untuk memeras kelapa atau kelapa parut menjadi santan kelapa secara otomatis dengan sistem Screw Press.

Peluang Usaha Santan Kelapa

Santan kelapa adalah salah satu bahan masakan yang biasa digunakan untuk membuat makanan khas berkuah santan. Biasanya pada hari – hari besar santan kelapa sangat dibutuhkan. Jika Anda tinggal di pedesaan mungkin mudah untuk membuat sendiri santan kelapa karena tidak perlu membeli kelapa.

Tetapi bagaimana jika Anda tinggal di perkotaan dan ternyata harus membeli kelapa terlebih dahulu, kemudian Anda memarutnya dan memerasnya. Tentu itu akan sangat membuang waktu, karena itulah Anda bisa saja membeli santan kelapa dalam bentuk bubuk ataupun cair untuk digunakan dalam masakan Anda.

Fakta tersebut tentu akan membuat Anda berpiki apakah peluang usaha santan kelapa memiliki prospek bagus ? Tentu saja peluang usaha santan kelapa adalah jawaban yang tepat bagi Anda yang ingin memulai sebuah usaha. Apa sajakah hal yang harus Anda pertimbangkan ketika ingin memulai bisnis santan kelapa ini ? Berikut ulasannya.

Jenis Santan Kelapa

Anda mungkin berpikir bahwa santan kelapa hanya ada dalam bentuk cair, sebenarnya santan kelapa ada banyak jenisnya, mulai dari bubuk atau dibekukan. Santan biasanya akan basi jika tidak di dinginkan, jika Anda hanya menjualnya disekitar, Anda bisa menyediakan dalam bentuk cair, kemudian ada juga yang dibekukan atau dalam bentuk dingin dan anda juga bisa memanfaatkan mesin santan kelapa sebagai alat penunjang.

Pasokan Kelapa

Anda harus melihat terlebih dahulu apakah disekitar tempat Anda ada banyak kelapa, jika memang iya, Anda bisa melanjutkan nya karena Anda tidak perlu membeli kelapa dari tempat yang jauh. Kemudian jika memang jarang ada kelapa disekitar Anda, terlebih dahulu pertimbangkan modal yang harus dikeluarkan untuk biaya kirim kelapa yang nanti akan Anda beli.

Target Pemasaran Santan Kelapa

Anda harus tahu wilayah mana yang nantinya akan jadi target pemasaran santan kelapa Anda, jangan lupa juga mencari distributor dan bekerja sama dengan berbagai orang untuk menjualkan produk yang Anda miliki.

Anda dapat meraih keuntungan lebih dengan usaha santan kelapa, santan kelapa adalah bumbu penyedap rasa masakan yang tidak akan pernah ditinggalkan, karena cita rasa yang khas membuat masakan semakin lezat. Banyak usaha – usaha warung makan, restoran, hotel, masakan padang yang membutuhkan santan kelapa untuk masakan yang dihidangkan untuk konsumen.

Gunakan juga toko online seperti tokopedia untuk tempat memasarkan produk anda, karena toko online sangat efektif sebagai media penyebaran informasi produk

Itulah peluang usaha santan kelapa, mesin peras santan adalah kunci kesuksesan bisnis Anda. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menjalankan usaha santan kelapa dengan lancar, sesuai yang Anda inginkan.