Cara Membuat Minyak Kelapa Murni yang Berkuwalitas dan Sederhana

//Cara Membuat Minyak Kelapa Murni yang Berkuwalitas dan Sederhana

Cara Membuat Minyak Kelapa Murni yang Berkuwalitas dan Sederhana

Sekarang saya akan menjelaskan artikel tentang cara membuat Minyak Kelapa Murni.

Minyak kelapa murni sekarang kurang dikenal karena dibandingkan dengan minyak lainnya, minyak kelapa murni masih setandar. Hal ini karena minyak kelapa murni banyak sekali tuduhan diberbagai sumber lemak jahat maupun dapat meningkatkan kolesterol. Padahal semua jenis minyak nabati itu terbebas dari kolesterol.

Kini telah terkuak bagaimana cara membuat Minyak Kelapa Murni yang baik sehingga menghasilkan produk yang tidak hanya berkuwalitas, tetapi memiliki khasiat bagi kesehatan. Ayo kita bahas beberapa hal penting seputar minyak kelapa.

 

Kelapa

Kelapa adalah buah yang mudah sekali kita temukan Negara kita tercinta yaitu Indonesia. selain bisa di manfaatkan airnya, dan mempunyai rasa air yang segar dan menjadi terkenal untuk pelepas dahaga. Daging kelapa juga bisa dimanfaatkan menjadi minyak.

Cara membuat minyak kelapa sudah dikenal sejak zaman dahulu dengan cara yang sederhana. Minyak kelapa memang dari dulu juga sudah di pakai oleh nenek moyang kita, tak hanya di gunakan untuk bidang kuliner, tetapi minyak kelapa juga bisa menjadi popular di dunia sebagai dunia kecantikan dan juga pengobatan.

 

Cara Membuat Minyak Kelapa Murni dengan Baik dan Benar

 

Tradisi minyak kelapa atau coconut oil itu sendiri tetap ada dan juga tetap terjaga sampai saat sekarang ini. Bahkan minyak kelapa itu sendiri sekarang bisa di gunakan dalam kehidupan sehari-hari, akan tetapi dalam dunia kuliner memang minyak kelapa sudah mulai ditinggalkan. Padahal minyak kelapa itu sangatlah mudah dalam pengolahannya, lebih praktis dan juga ekonomis.

 

Minyak Kelapa Murni

Minyak kelapa murni adalah minyak yang dibuat dari bahan baku buah kelapa segar, dan diproses dengan pembakaran yang singkat atau pemanasan, tanpa bahan kimia dan D3(Dimurnikan, Dikelantang, Dinodai).

Penyulingan minyak kelapa murni seperti di atas berakibat kandungan senyawa-senyawa esensial yang dibutuhkan oleh tubuh kita. minyak kelapa dengan kandungan utama asam laurat ini memiliki sifat antibiotik, anti bakteri dan jamur.

Minyak kelapa murni, atau lebih dikenal dengan Virgin Coconut Oil (VCO), adalah modifikasi proses pembuatan minyak kelapa sehingga dihasilkan produk dengan kadar air dan kadar asam lemak bebas yang rendah, berwarna bening, berbau harum, serta mempunyai daya simpan yang cukup lama yaitu lebih dari 12 bulan.

 

Keunggulan Minyak Kelapa Murni

  • Biayanya sangat terjangkau, karena bahannya mudah didapat dengan harga yang murah
  • Pengolahannya sederhana dan tidak terlalu rumit, serta
  • Penggunaan energi yang minimal, karena tidak menggunakan bahan bakar, sehingga
  • Kandungan kimia dan nutrisinya tetap terjaga terutama asam lemak dalam minyak.

 

 

Perbedaan Minyak Kelapa Murni dengan Minyak Lainnya

Sebelum anda lebih jauh mengetahui tentang minak kelapa murni, penting untuk anda membedakan antara minyak kelapa murni yang kita bicarakan dan minyak goreng yang secara umum diterima sebagai minyak kelapa.

Minyak goreng terbuat dari kopra, yaitu daging kelapa yang telah dikeringkan, dan biasanya dibuat secara tradisional dengan sinar matahari, maupun mesin pengering. Lalu kopra tersebut akan diproses menjadi minyak. Cara tersebut sangat berbeda dengan pembuatan minyak kelapa.

Dalam proses pembuatan minyak goreng dilakukan pemurnian yang dikenal dengan proses D3 (Dimurnikan,Dikelantang,Dinodai). Dalam proses ini digunakan panas yang sangat tinggi dan aditif kimia.

 

Cara Membuat Minyak Kelapa Murni dengan Baik dan Benar

 

Cara Membuat Minyak Kelapa dengan Baik dan Benar

Pembuatan VCO atau minyak kelapa murni diproduksi dengan cara yang berbeda. Minyak kelapa terbuat dari kelapa tua yang masih segar dan itu dilakukan tanpa proses panasan yang sangat tinggi, bahan kimia tambahan ataupun proses hidrogenasi. Salah satu proses pembuatan minyak kelapa murni adalah melalui teknik sentrifugal (perbedaan berat jenis).

Kandungan pertama yang harus diperhatikan didalam Minyak Kelapa Murni adalah asam laurat. Didalam tubuh, asam laurat akan diubah menjadi senyawa monolaurin, yaitu sebuah senyawa monoglycine yang dapat merusak lapisan lipid pada virus seperti HIV, hepatitis, influenza dan bakteri patogen lainnya. Karena asam laurat mampu membangun sistem kekebalan.

8 Cara Membuat Minyak Kelapa Murni Menggunakan Metode Penghancuran Air

  • Belahlah kelapa dengan pisau daging besar yang tajam. Gunakan kelapa yang sudah tua dan berwarna cokelat, jangan yang masih muda dan berwarna hijau.
  • Keruklah daging kelapa dari tempurungnya. Gunakan pisau kecil yang tajam atau sendok logam yang kokoh.
  • Potong-potong daging kelapa dalam ukuran kecil.
  • Masukkan daging kelapa yang sudah dipotong-potong ke dalam alat pengolah makanan (food processor)
  • Atur pengolah makanan dengan kecepatan sedang dan lumatkan kelapa sampai benar-benar hancur. Tambahkan sedikit air untuk membantu proses pelumatan jika diperlukan.
  • Saringlah santan kelapa. Letakkan coffee filter (saringan kopi dari kertas) atau kain kasa di atas toples yang memiliki permukaan yang lebar. Tuangkan atau sendokkan sedikit campuran kelapa ke atas toples. Bungkus campuran itu dan peras santannya ke dalam toples.
    • Peras kuat-kuat agar santan keluar semua.
    • Ulangi proses ini sampai semua campuran kelapa terperas habis
  • Diamkan santan di dalam toples tersebut minimal 24 jam. Ketika mengental, maka santan dan minyak kelapa akan terpisah dan muncul lapisan kental di atas permukaan toples. 1. Jika suka, masukkan toples berisi santan tersebut ke dalam kulkas sehingga lapisan kentalnya lebih cepat mengeras. 2. Jika tidak ingin dimasukkan ke dalam kulkas, biarkan toples berada di ruangan yang dingin.
  • Ambil lapisan kental tersebut dengan sendok dan buang. Minyak kelapa murni yang asli akan tertinggal di dalam toples.

 

5 Cara Membuat Minyak Kelapa Menggunakan Metode Pendinginan

Gunakan kelapa kering atau yang telah didehidrasi. Anda bisa membeli kelapa parut tawar kering di toko bahan makanan. Pastikan kemasannya hanya berisi kelapa parut saja. Jika Anda ingin menggunakan daging kelapa segar, potong-potong kelapa menjadi ukuran kecil dan gunakan alat pengering makanan untuk mengeringkannya selama 24 jam.

  • Anda dapat menggunakan oven dengan suhu paling rendah untuk mengeringkan daging kelapa. Potong-potong kelapa menjadi ukuran kecil, tempatkan di nampan pemanggang, dan panggang pada suhu rendah selama 8 jam atau sampai benar-benar kering.
  • Jika Anda menggunakan kelapa kemasan, gunakan kelapa parut yang kasar (coconut flakes), jangan kelapa parut halus (shredded coconut) karena bisa menyumbat juicer.

Masukkan kelapa ke dalam juicer. Haluskan kelapa kering sedikit-sedikit, karena memasukkan kelapa dalam jumlah banyak akan menyumbat juicerJuicer akan memisahkan minyak dan lapisan kental santan dari serat kelapa. Lanjutkan sampai semua kelapa parut diproses dalam juicer.

Haluskan lagi kelapa parut. Juicer tidak akan mampu mengekstrak semua minyak hanya sekali, jadi hancurkan sekali lagi kelapa parut tersebut agar semua minyaknya keluar.

Masukkan minyak kelapa ke dalam toples dan simpan di ruangan yang hangat.Tunggulah sampai 24 jam agar lapisan kentalnya mengendap di dasar toples. Minyak kelapa murni akan muncul di permukaannya.

Pindahkan minyak kelapa ke dalam wadah yang lain. Ketika minyak sudah terpisah dari lapisan kentalnya dan mengeras, gunakan sendok untuk memindahkan lapisan tersebut dari wadah pertama dan masukkan ke dalam wadah yang lain. Minyak kelapa tersebut siap digunakan.

 

Merebus Kelapa

  • Panaskan 1 liter air. Masukkan air ke dalam panci dan masak di atas kompor. Gunakan api sedang dan panaskan air hingga beruap.
  • Parutlah dua buah kelapa. Gunakan kelapa yang benar-benar tua dan berwarna cokelat dan jangan gunakan kelapa muda yang masih hijau. Belahlah kelapa, keruk dagingnya, dan parutlah ke dalam mangkuk.
  • Haluskan kelapa dan air. Masukkan kelapa parut ke dalam blender. Tuangkan air panas ke dalamnya dan tutuplah blender. Peganglah tutup blender pada tempatnya dan haluskan kelapa dan air menjadi campuran yang halus.
    • Jangan masukkan air lebih dari setengah penuh ke dalam blender. Jika blender berukuran lebih kecil, haluskan kelapa dan air dalam dua porsi. Mengisi air terlalu penuh ke dalam blender akan menyebabkan tutupnya lepas.
    • Peganglah tutup blender pada tempatnya saat Anda menghaluskan campuran kelapa dan air. Jika tidak dipegang, tutup blender akan terlepas saat Anda sedang menghaluskannya.
  • Saringlah santan kelapa. Letakkan kain kasa atau saringan di atas mangkuk. Tuangkan kelapa yang sudah dihaluskan di atas kain atau saringan sehingga santannya masuk ke dalam mangkuk. Gunakan spatula untuk menekan kelapa parut dan peras santannya sebanyak mungkin.
  • Rebuslah santan kelapa. Masukkan santan ke dalam panci dan masak di atas kompor menggunakan api sedang. Didihkan dan masak santan, aduk terus-menerus sampai airnya menguap dan lapisan kentalnya terpisah dari minyak dan berubah menjadi cokelat.
    • Proses mendidihkan santan sampai menghasilkan minyak memakan waktu lebih dari satu jam. Bersabarlah dan aduk terus.
    • Jika santan tidak ingin dididihkan, Anda dapat membiarkannya hingga terpisah sendiri. Masukkan santan ke dalam mangkuk dan tutup dengan plastik. Diamkan di suhu ruangan selama 24 jam, lalu masukkan ke dalam kulkas sehingga minyaknya menjadi padat dan mengambang di permukan mangkuk. Saringlah minyak kelapa dari cairannya.

 

 

Zat yang Ada Didalam Minyak Kelapa Murni

VCO mengandung 6% asam kaprat. Di dalam tubuh, asam kaprat diubah menjadi monocaprine, yaitu unsur yang menurunkan resiko penyakit seksual seperti HSV-2 dan HSV-1 dan bakteri Neisseria gonorrhoeae.

Asam laurat dan asam lemak jenuh berantai pendek seperti asam kaprat, kaprilat, dan miristat yang terkandung dalam VCO berperan positif dalam proses pembakaran nutrisi makan menjadi energi. Dalam VCO terkandung energi sebanyak 6,8 kal/g dan MCFA sebanyak 92%.

Alasan, Mengapa Orang Sekarang Jarang Memekai Minyak kelapa untuk Memasak

  • Minyak kelapa lebih sedikit di pasaran, karena pamornya kalah dibanding minyak sawit. Jarang industri besar yang berminat mengembangkan produk minyak kelapa. Minyak sawit jauh lebih mudah dan menguntungkan untuk dikembangkan dalam skala industri besar.
  • Membayangkan minyak kelapa orang akan teringat saat-saat 40-50 tahun yang lalu waktu minyak kelapa masih banyak dijumpai di dapur-dapur rumah tangga Indonesia. Seakan-akan minyak kelapa adalah gaya hidup jaman dulu yang kurang bergengsi untuk dibawa ke zaman modern sekarang ini.
  • Banyak penelitian yang melaporkan bahwa tingginya kadar lemak jenuh dalam minyak kelapa akan menyebabkan meningkatnya kadar kolesterol dalam darah, sehingga rawan menyebabkan penyakit jantung dan stroke. kandungan lemak jenuh pada minyak kelapa:

 

Lemak jenuh dianggap sebagai salah satu penyebab utama meningkatnya penderita penyakit penyempitan pembuluh darah, jantung dan stroke.

 

Manfaat Minyak Kelapa Murni untuk Kesehatan Tubuh

  • Minyak kelapa membantu mencegah penyumbatan pembuluh darah, mengurangi resiko jantung, stroke, dan kanker.
  • Meningkatkan kemampuan tubuh dalam menanggulangi berbagai macam penyakit.
  • Minyak kelapa membantu mengatasi obesitas.
  • Mempermudah pencernaan dan penyerapan gizi.
  • Membantu penyembuhan osteoporosis.
  • Bermanfaat untuk menjaga kesehatan lever.

Virgin coconut oil juga bisa menjadi jawaban atas penyakit/masalah seperti kehilangan berat badan karena kandungan asam lauratnya. Tidak seperti nutrisi lain, asam laurat tidak perlu anzyme untuk melewati sel-sel tubuh kita. Pada sistem pencernaan, usus dapat menyerap tanpa proses hidrolisis.

Pada aliran darah akan mencapai organ hati untuk proses metabolisme. Dengan cara ini, energi akan diproduksi lebih cepat, untuk diolah menjadi kalori, tanpa ditumpuk sebagai lemak.

Hal ini tidak akan terjadi pada asam lemak umum yang disebut asam lemak rantai panjang. Proses yang panjang meningkatkan kemungkinan terjadi masalah kadar lemak yang meningkat dan menumpuk.

Sebaliknya, asam lemak rantai sedang (asam laurat) membutuhkan proses pembakaran waktu yang sedikit atau singkat. Hal ini dapat meningkatkan metabolisme, serta proses kekebalan tubuh dan pemulihan tubuh. Sel-sel kita akan bekerja lebih efisien untuk menghasilkan sel-sel baru dan mampu mengganti sel-sel yang rusak.

Sebuah studi di Amerika serikat menunjukkan bahwa masyarakat yang mengkonsumsi VCO tidak pernah serangan jantung atau stroke. kolesterol dan tekanan darah juga lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi minyak kelapa murni.

 

Manfaat Kelapa untuk Menurunkan Berat Badan

Meningkatkan metabolisme tubuh

Selain membantu meningkatkan metabolisme tubuh, kelapa yang sudah menjadi minyak dapat mengurangi lapar yang efektif pada tubuh, dibanding dengan jenis minyak lainnya. Asupan kalori yang dibutuhkan tubuh jadi tidak terlalu banyak.

Akibatnya, selain dapat menurunkan berat badan, lemak yang terkandung dalam kelapa mentah berguna juga untuk menaikkan berat badan secara sehat.

Daging buah kelapa sebagai sumber serat baik

Jika dibandingkan dengan gandum, ternyata malah lebih banyak serat yang terdapat pada buah kelapa. Sekitar 10 gram serat dalam 4 sendok makan daging kelapa. Pada satu kemasan kecil terdapat sekitar 14 gram serat, dan pada setengah cangkir daging kelapa terdapat 20 gram serat.

 

Mengubah Minyak Kelapa Murni menjadi Bahan Bakar

Minyak kelapa dapat dimanfaatkan secara langsung menjadi bahan bakar seperti solar. minyak kelapa memiliki kekentalan 50-60 centi stokes, sedangkan solar 5 centi stokes. Pada suhu antara 80-90 derajat, minyak kelapa memiliki kekentalan yang sama dengan solar.

Inovasi yang dikembang Departemen teknik pertanian yaitu dengan memanfaatkan suhu untuk mengubah kekentalan minyak kelapa agar sama dengan solar. Gas memiliki temperatur 350-360 derajat sehingga diperlukan koil pendingin untuk menurunkan temperatur. Kemudian minyak kelapa melalui sebuah selang dialirkan sebelum menuju ke ruang pembakaran mesin diesel.

Cara seperti ini tentunya lebih murah dibandingkan dengan memanfaatkan kokodiesel, yaitu minyak kelapa yang telah melalui proses industri untuk diubah. Harga kokodiesel saat ini berkisar Rp. 10.000,- per liter, sedangkan minyak kelapa yang tidak melalui proses pengolahan bisa jauh lebih murah.

Selain itu, pohon kelapa merupakan tanaman yang umum tumbuhnya, dan menjadikannya sumber bahan bakar yang potensial bagi nelayan setempat yang cenderung mengalami kesulitan bahan bakar, baik masalah harga maupun ketersediannya.

Minyak kelapa yang dimanfaatkan adalah minyak kelapa yang telah melalui proses pembakaran guna menghilangkan asam lemak bebasnya.

Demikian dari saya semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.

 

By | 2017-10-25T09:10:05+00:00 October 25th, 2017|Artikel|Comments Off on Cara Membuat Minyak Kelapa Murni yang Berkuwalitas dan Sederhana

About the Author:

%d bloggers like this: