Minyak Kelapa VCO dan Manfaatnya bagi Tubuh Kita! Cobalah dan Rasakan Khasiatnya !!

//Minyak Kelapa VCO dan Manfaatnya bagi Tubuh Kita! Cobalah dan Rasakan Khasiatnya !!

Minyak Kelapa VCO dan Manfaatnya bagi Tubuh Kita! Cobalah dan Rasakan Khasiatnya !!

Di kesempatan ini saya akan membahasa tentang Minyak Kelapa VCO. Semoga bermanfaat bagi semuanya.

Minyak kelapa VCO (Inggris: virgin coconut oil) adalah minyak kelapa yang dibuat dari bahan baku kelapa segar, diproses dengan pemanasan terkendali atau tanpa pemanasan sama sekali, tanpa bahan kimia dan RDB.

Minyak kelapa murni, atau lebih dikenal dengan Virgin Coconut Oil (VCO), adalah modifikasi proses pembuatan minyak kelapa sehingga dihasilkan produk dengan kadar air dan kadar asam lemak bebas yang rendah, berwarna bening, berbau harum, serta mempunyai daya simpan yang cukup lama yaitu lebih dari 12 bulan.Minyak Kelapa VCO

Di dalam energi tersebut digunakan untuk meningkatkan fungsi semua kelenjar endoktin,fungsi organ dan jaringan tubuh seraca merata. Sekarang VCO dimanfaatkan sebagai keperluan produk makanan atau produk herbal yang berkhasiat mempercantik rambut serta kulit.

Komposisi Asam Lemak dalam Virgin Coconut Oil (VCO) Dapat di Lihat Sbb :

Asam Lemak Rumus Kimia Jumlah (%)
Asam Kaproat C5H11 COOH 0,20
Asam Kaprilat C7H17 COOH 6,10
Asam Kaprat C9H19 COOH 8,60
Asam Laurat C11H23 COOH 50,50
Asam Miristat C13H27 COOH 16,18
Asam Palmitat C15H31 COOH 7,50
Asam Stearat C17H35 COOH 1,50
Asam Arachidat C19H39 COOH 0,02
Asam Palmitoleat C15H29 COOH 0,20
Asam Oleat C17H33 COOH 6,50
Asam Limnoleat C17H31 COOH 2,70

 

Menurut Standar Mutu Asian Pacific Coconut Community (APCC), VCO yang Berkualitas Mengandung Asam Lemak Sbb:

  1. Asam kaproat (0,4 – 0,6%)
  2. Asam kaprilat (5 – 10%)
  3. Asam kaprat (4,5 – 8%)
  4. Asam laurat (43 – 3%)
  5. Asam miristat (16 – 21%)
  6. Asam palmitat (7,5 – 10%)
  7. Asam stearat (2 – 4%)
  8. Asam oleat (5 – 10%)
  9. Asam linoleat (1 – 2,5%)
  10. Asam linolenat (< 0,5%)

 

Manfaat Minyak Kelapa VCO.

Manfaat VCO banyak sekali untuk tubuh kita. Kami akan ringkasakan manfaat VCO untuk tubuh, Seperti:

1.Untuk Memelihara Kesehatan Kulit.

Minyak Kelapa VCO

VCO mengandung asam lemak jenuh rantai sedangyang mudah masuk ke lapisan kulit dalam dan mempertahankan kelenturan serta kekenyalan kulit. VCO bersifat anti jamur dan bakteri alamiah sehingga membantu mencegah dan mengobati infeksi kulit.

2.Untuk Meningkatkan ASI Bagi Ibu yang Menyusui.

Minyak Kelapa VCO

Di dalam VCO terkandung hampir 50% asam lemak rantai. Asam larut menjadi sumber utama untuk ibu dan meningkatkan produk ASI.

3.Sebagai Anti Mikroba.

Minyak Kelapa VCO

VCO secara alami mengandung adam larutan yang sangat tinggi sekali, asam larutan yang terkandung dalam VCO memiliki manfaat antimikroba,berkhasiat obat antijamur,dan membunuh virus atau antivirus. VCO juga bermanfaat untuk memperlambat pertumbuhan virus pada penderita HIV/AIDS.

4.Untuk Sistem Kekebalan Tubuh.

Minyak Kelapa VCO

Di ASI ditemukan Asam Larutan dan mempunyai manfaat untuk membantu bayi untuk melawan infeksi dan meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit. Di jaman sekarang banyak orang yang ingin diet, VCO bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan cocok untuk orang sedang menjalankan diet.

5.Membantu Menurunkan Berat Badan atau Obesitas.

Minyak Kelapa VCO

Proses pembakaran dan suhu badan menjadi lebih tinggi sehingga metabolisme tubuh meningkat dan terjadi pembakaran cadangan lemak tubuh.

6.Untuk Memelihara Kesehatan Rambut.

Minyak Kelapa VCO

VCO mengandung molekul yang sangat kecil dan dapat masuk ke dalam batang rambut sehingga  dapat mempertahankan  kadar protein dalam rambut serta membuat rambut lebih bercahaya dan sehat.

Cara Membuat Minyak Kelapa VCO Alami :

1. Pilihlah Kelapa yang Sudah Matang

Untuk mendapatkan minyak kelapa murni VCO yang baik, Anda harus memilih buah kelapa yang sudah matang (bukan kelapa muda).

2. Buatlah Santan Kelapa Segar

Santan kelapa segar ini sangat mudah cara membuatnya. Siapkan buah kelapa, ambil dagingnya, parut, lalu peras hingga kita mendapatkan santannya.

3. Fermentasi Santan

Setelah mendapatkan santannya, langkah berikutnya adalah fermentasi.

Cara untuk fermentasi santan adalah mendiamkannya selama 24 sampai 48 jam.

Suhu yang disarankan adalah 30 sampai 40 derajat celcius.

Dari hasil fermentasi tersebut, terdapat endapan air di bagian bawah dan dadih mulai membentuk di bagian atas.

Sebuah lapisan tipis minyak kelapa terbentuk di antara keduanya.

4. Memisahkan Air dari Minyak dan Dadih

Langkah selanjutnya adalah memisahkan air dari minyak dan dadih. Ini adalah bagian yang sulit.

Ada beberapa metode untuk melakukan langkah ini. Namun langkah yang paling mudah adalah dengan cara membekukan selama 3—4 jam (sampai minyak dan dadihnya membeku).

Dengan proses ini, kita bisa memisahkan air dari minyak dan dadih.

5. Pisahkan Antara Dadih dengan Minyak

Hal pertama yang perlu kita lakukan sebelum memisahkan dadih dengan minyak adalah memanaskannya.

Panaskan pada suhu 40—70 derajat celcius selama 10—15 menit. Setelah itu diamkan hingga suhu normal kembali. Pada saat suhu sudah normal, minyak dan beberapa padatan akan terpisah.

Setelah itu saringlah minyak dan dadih itu dengan sebuah kain. Minyak dan dadih pun akan terpisah.

Pembuatan VCO secara Enzimatis

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah memilih kelapa yang akan kita olah untuk diambil santannya. Perlu kita ingat, pembuatan santan ini dari kelapa yang sudah tua. Kelapa kita kupas dengan cara memisahkan antara daging buah dengan kulit sabut dan tempurungnya, terus airnya kita buang. Kelapa yang sudah kita kupas tadi ditempatkan di dalam satu wadah dan siap untuk kita parut.

Kemudian daging kelapanya tadi kita parut, biar dapat hasil parutan yang optimal dan efisien kita bisa menggunakan mesin parut kelapa.

Kemudian langkah selanjutnya itu kita lakukan proses pemisahan krim santan dari santan Minyak Kelapa VCO yang diperoleh dengan cara mendiamkan santan tersebut selama kurang lebih dua jam. Krim santan merupakan bagian yang berada diatas setelah santan didiamkan selama waktu tersebut.

Krim santan kemudian kita ambil dan ditempatkan dalam suatu wadah yang transparan.

Krim santan kemudian ditambahkan dengan papain kasar, sambil kita aduk-aduk secara perlahan.

Pengadukan harus kita lakukan terus sampai campuran tersebut benar-benar homogen atau merata, pengadukan dilakukan kurang lebih selama 20 menit.

Campuran tersebut kemudian ditempatkan dalam suatu inkubator yang sudah diset pada suhu 400 C.

Inkubasi dilakukan selama 12 jam, nah selama waktu inkubasi campuran tersebut akan mengalami pemisahan menjadi tiga bagian. Bagian paling atas adalah Virgin Coconut Oil, bagian tengan berupa ampas (blondo), dan bagian paling bawah adalah air.

Bagian paling atas yaitu Virgin Coconut Oil yang kita ambil secara perlahan agar tidak bercapur lagi dengan blondo dan air, kemudian dilakukan proses penyaringan dengan menggunakan peralatan penyaringan seperti pada proses penyaringan pada pembuatan Virgin Coconut Oil dengan pemancingan.

Virgin Coconut Oil yang diperoleh kemudian bisa kemas dalam botol dari kaca atau plastik.

Penggunaan Minyak Kelapa VCO untuk Diminum Langsung

Keterangan ( sdm = sendok makan (sekitar 7 ml). sdt = sendok teh (sekitar 3 ml) )

  1. Sulit Buang Air Besar : 2 sdm, sehari 3 kali.
  2. Ambeien :2 sdm (boleh 3 sdm) VCO sehari 3 kali, secara rutin selama 30 hari (boleh dicampur dengan 1 buah tomat rebus).
  3. Masuk Angin : minum 2 sdm, sehari 3 kali, dan oleskan merata pada bagian punggung saja atau dibagian perut.
  4. Diare : 2 sdm, tunggu sampai buang air lagi kemudian minum 2 sdm lagi.
  5. Sariawan/Gusi Berdarah : 2 sdm, dikumur minimal 5 menit, 3 x sehari.
  6. Kanker : 2 sdm, 3 x sehari minimal selama 1 bulan, kalau ada benjolan di tubuh  dioles dibagian benjolan, setelah meresap diulang lagi 3 x sehari.
  7. Flu Berat, Batuk Membandel, Radang Tenggorokan : (2 sdm + 1 sdm madu + 8 tetes jeruk nipis) 3 x sehari, selama 5 hari.
  8. Rheumatik, Tulang Terasa linu, Asam Urat : 2 sdm, 2 kali (atau 3x) sehari selama 10 hari, setelah kadar asam urat normal minum 2 sdm tiap hari.
  9. Diabetes : untuk Kadar Gula sampai 400, 2 sdm, 2 x sehari. untuk Kadar Gula diatas 400, 2 sdm 3 x sehari. Diminum 15 menit sebelum makan.
  10. Gondok : minum 2 sdm, 2x sehari selama 30 hari, dan oleskan pada benjolan 1x sehari.
  11. Penyakit Kulit Herpes: minum 2 sdm, 2 x sehari selama 2 minggu dan oles tipis pada permukaan kulit yang ada bercaknya, setelah meresap diulang lagi minimal 3x sehari.
  12. Plak/Karang Gigi, Bau Mulut: 1 sdm, dikumur 3 menit setelah gosok gigi. Vco bisa berfungsi sebagai antibakteri di mulut.

 

 

Reaksi Awal Saat Mengonsumsi Minyak Kelapa VCO

Perut menjadi mulas sampai diare (hal ini tidak terjadi pada semua orang), diare yang terjadi karena VCO membunuh sebagian bakteri dan virus dalam tubuh, khususnya pada saluran pencernaan, konsumsi sebaiknya diteruskan, tapi dengan mengurangi dosisnya dan dengan berjalannya waktu reaksi ini akan berkurang dan menghilang.

Efek Samping dari Minyak Kelapa VCO.

1. Diare

Minyak Kelapa VCO

Mengonsumsi yang terlalu cepat sehingga perut dan usus kita terasa kaget menerimanya. Setiap kenaikan konsumsi lemak dapat menyebabkan syok apalagi ketika dilakukan secara mendadak atau minum dengan cepat dalam jumlah tertentu.

2.Alergi

Minyak Kelapa VCO

Apabila anda mengalami kulit gatal , maka kemungkinan besar itu bisa disebut alergi . Jika Anda mengalami kesulitan bernapas, maka ini bisa mengindikasikan syok anafilaksis dan Anda harus mendapatkan konsultasi medis dengan segera.

3.Berat Badan

Minyak Kelapa VCO

Minyak Kelapa VCO atau minyak kelapa sangat membantu untuk menurunkan berat badan karena bantuan meningkatkan metabolisme untuk tiroid, serta berbelok ke bagian kanan tubuh menjadi energi dalam Hati.

4.Peningkatan Kolesterol

Minyak Kelapa VCO

Sebuah kepastian bahwa tubuh setiap orang berbeda-beda dan tidak ada cara untuk menentukan apakah kolesterol Anda akan terpengaruh secara negatif, positif, atau sama sekali. Anda harus memahami kolesterol Anda diperiksa secara terpisah sebelum dan setelah memulai.

Cara Penyimpanan Minyak Kelapa VCO.

  1. Hindari dari percikan air atau apapun sehingga masuk dalam botol, karena akan merusak VCO. Hilangkan dari Asap ataupun hawa mulut.
  2. Hindari dari sentuhan kulit tangan, karena akan membuat VCO rusak (tengik).
  3. Dibawah suhu 22° Celcius akan MEMBEKU dan warnanya berubah menjadi putih, untuk mencairkan cukup letakkan pada suhu ruang diatas 26° Celcius selama 1 jam atau rendam botol dalam air hangat pada suhu dibawah 30° Celcius.
  4. Jangan gunakan air panas untuk mencairkan VCO beku.
  5. Simpan ditempat kering, jangan terkena sinar matahari secara langsung, habis dipakai tutup rapat.

Perbedaan Minyak Kelapa Murni dengan Minyak Lainnya.

  1. Minyak kelapa biasa merupakan minyak kelapa yang diekstraksi dari daging kelapa dan disuling untuk diambil minyaknya. Minyak kelapa ini tidak mengandung daging kelapa sama sekali.
  2. VCO. Perbedaan minyak kelapa biasa dan VCO terletak pada teknik ekstraksinya. Minyak kelapa atau kopra (kelapa kering yang telah diambil serabut dan batoknya) bisa diekstraksi atau diambil minyaknya dengan cara penggilingan dingin atau komprasi dingin.
  3. VCO adalah minyak kelapa yang dibuat dari bahan baku kelapa segar, diproses dengan pemanasan terkendali atau tanpa pemanasan sama sekali, tanpa bahan kimia dan RDB.
  4. Perbedaan partikel, koloid, dan tingkat kelembapan, serta jernihnya minyak.

  5. Minyak kelapa biasa mengendapkan asam lemak di dalamnya. Tetapi VCO sangat jernih bahkan seperti air. Warna keduanya juga berbeda tergantung dengan proses pembuatannya.
  6. VCO memiliki aroma kelapa segar, karena terbuat dari kelapa segar murni. VCO kaya vitamin E dan mineral, yang tidak ada pada minyak kelapa biasa.
  7. Karena proses yang panjang menyebabkan VCO mahal harganya. Indonesia adalah salah satu negara penghasil VCO paling banyak.
  8. Pembuatan minyak kelapa murni ini memiliki banyak keunggulan di antaranya tidak membutuhkan biaya yang mahal, karena bahan baku mudah didapat dengan harga yang murah, pengolahan yang sederhana dan tidak terlalu rumit.
  9. Manfaat VCO bisa sebagai penyembuh luka karena irisan dari benda tajam seperti pisau.
  10. VCO Selain sangat baik untuk pencernaan.
  11. Kandungan kolesterol baiknya juga sangat baik bagi kesehatan jantung.
  12. Minyak kelapa murni, atau lebih dikenal dengan Virgin Coconut Oil (VCO), adalah modifikasi proses pembuatan minyak kelapa sehingga dihasilkan produk dengan kadar air dan kadar asam lemak bebas yang rendah.
  13. Minyak goreng terbuat dari kopra, yaitu daging kelapa yang telah dikeringkan, dan biasanya dibuat secara tradisional dengan sinar matahari, maupun mesin pengering. Lalu kopra tersebut akan diproses menjadi minyak. Cara tersebut sangat berbeda dengan pembuatan minyak kelapa.
  14. Dalam proses pembuatan minyak goreng dilakukan pemurnian yang dikenal dengan proses D3 (Dimurnikan,Dikelantang,Dinodai). Dalam proses ini digunakan panas yang sangat tinggi dan aditif kimia.

Secara Umum pembuatan Minyak Kelapa Murni di bedakan menjadi:

1.Metode Basah.

Langkah awal pembuatan minyak kelapa dengan cara basah yaitu daging buah kelapa dibentuk menjadi santan. Proses pembuatan santan merupakan tahap yang paling penting dalam pembuatan minyak. Untuk dapat membuat minyak yang lebih banyak maka jenis buah kelapa yang dipilih yaitu kelapa yang setengah tua dan kelapa tua.

2.Metode Fermentasi.

Pengolahan metode fermentasi hampir sama dengan pengolahan basah. Perbedaannya hanya pada saat santan terbentuk, emulsi santan ini ditambahkan ragi. Bisa ragi tape, ragi roti ataupun ragi tempe. Paling cepat dan mudah dengan ragi roti.

3.Metode Pancingan.

Dengan teknik pemancingan ini, molekul minyak yang ada di dalam santan ditarik oleh minyak pancing sampai akhirnya bisa menjadi minyak semuanya.Pada dasarnya teknik ini mengubah bentuk emulsi minyak-air menjadi minyak-minyak.

4.Metode Sentrifugasi.

Sentrifugasi ini merupakan salah satu pembuatan VCO dengan cara mekanin. Pembuatan VCO dengan sentrifugasi ini juga dibagi jadi tiga, yaitu: pembuatan santan, pembuatan VCO, dna penyaringan. Intinya, pada cara ini krim kita masukkan dalam tabung ke dalam sentrifuse.

Kelebihan Sentrifugasi.
  1. Punya warna yang jernih dan baunya yang khas minyak kelapa.
  2. Daya simpannya juga tahan lama, sekitar 10 tahun.
  3. Proses pembuatannya lumayan cepat, kita cuma butuh waktu sekitar 15 menit aja.
  4. Kandungan asam lemak rantai sedang tidak mengalami denaturasi, sama juga dengan kandungan antioksidannya.
Kekurangan Sentrifugasi.
  1. Membutuhkan biaya yang agak mahal untuk alat sentrifuge-nya, tapi kalau anda semua punya uang banyak…emmmm ya bisalah.
  2. Membutuhkan tenaga listrik yang cukup tinggi, jadi bisa menambah biaya produksi, khususnya biaya listrik.

Demikian artikel yang saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi pembaca semua.

DONT FORGET DONE IN HOME.

Terimakasih.

By | 2017-10-25T09:02:38+00:00 October 25th, 2017|Artikel|Comments Off on Minyak Kelapa VCO dan Manfaatnya bagi Tubuh Kita! Cobalah dan Rasakan Khasiatnya !!

About the Author: