Olahan kelapa parut merupakan sesuatu berupa makanan atau barang apapun yang di buat dari kelapa parut. Kelapa parut adalah kelapa yang diparut menjadi serabut-serabut berwarna putih.

Karena kelapa sendiri mudah di jumpai di indonesia.dan bisa di jadikan campuran dalam berbagai makanan baik makanan tradisional maupun makanan modern.bisa juga untuk makanan kering, manis, pedas, maupun berkuah.

Kelapa parut ini memiliki kadar air yang cukup banyak karena ketika telah diparut, kelapa parut ini diperas dan menghasilkan santan kelapa yang gurih untuk dimasak.

Mengolah kelapa menjadi kelapa parut biasanya menggunakan mesin khusus untuk memarut kelapa atau jika Anda suka cara yang tradisional dapat memarutnya menggunakan parutan biasa. Hasilnya pun akan sama, hanya saja cara tradisional lebih memakan waktu yang lama.

Olahan kelapa parut ini biasanya dijadikan taburan untuk kue atau urap dan dijadikan santan. Makanan yang sering menggunkan kelapa parut adalah kue putu. Kelapa parut yang sudah diparut kemudian dikukus sebentar dengan taburan garam diatasnya agar kelapanya lebih gurih.

contoh olahan kelapa parut :

dadar gulung

Siapa yang tidak kenal jajanan yang satu ini? Dadar gulung banyak dijumpai jika kita berkunjung ke pasar tradisional atau tempat jajanan lainnya.

Makanan asli Indonesia ini memang sudah terkenal dengan warnanya yang hijau dan kelembutan isinya. Tetapi sekarang masyarakat telah memodifikasi makanan ini menjadi berbagai warna lainnya. Namun hal ini tidak mengurangi citra rasa khas dari dadar gulung itu sendiri.

Berikut resep nya

Bahan-bahan

– 1 buah telur

– 250 ml santan segar

– 100 gr kelapa parut

– 150 gr tepung terigu

– 3 lembar daun pandan

– daun suji secukupnya ± 5 lembar

– 500 gr gula jawa

– 1 sdt vanili

– 1 sdm minyak goreng

– ½ sdt garam

Cara Membuat

– Bersihkan daun suji lalu haluskan menggunakan blender.

– Saring dengan menggunakan penyaring, ambil airnya.

– Masukkan telur dalam wadah bersih.

– Tambahkan tepung terigu dan air secukupnya.

– Masukkan air daun suji yang telah dibersihkan dari ampas.

– Haduk hingga keseluruhan bahan tercampur.

– Usahakan agar kekentalan adonan merata.

– Masak gula jawa dengan cara memotong gula jawa menjadi bagian kecil, tuangkan sedikit air.

– Didihkan hingga gula mencair.

– Saring gula jawa buang kotorannya.

– Masukkan kelapa parut dalam wajan bersih, tambahkan gula jawa.

– Masak kelapa tersebut dengan api sedang, tambahkan vanili dan juga daun pandan.

– Siapkan wajan anti lengket, oleskan dengan minyak goreng sedikit, masukkan sedikit adonan tepung untuk membuat kulit dadar. Gunakan api kecil.

– Tunggu adonan hingga mongering, lalu angkat.

– Letakkan pada wadah datar bersih.

– Lakukan keseluruhan proses untuk semua adonan kulit.

– Ambil kelapa yang telah dimasak, sesuaikan jumlah dan besaran kulit dadar.

– Tekuk bagian kiri ke kanan dan bagian kanan ke kiri, gulung.

– Lakukan pada semua kulit dadar.

– Sajikan.

kue mendhut

iapa tak kenal kue mendut? Kue tradisional khas Jawa ini termasuk jajanan pasar yang mulai jarang dijumpai.

Kue mendut adalah penganan berbahan tepung ketan yang diberi isian unti kelapa di dalamnya, kemudian disiram kuah santan kental dan dibungkus daun pisang. Tapi, tak jarang bila daun pisang tak ada, dibungkus plastik tebal atau mangkuk alumunium foil pun jadi.

Tekstur kue mendut ini kenyal, mirip dengan klepon karena sama-sama terbuat dari tepung ketan. Bila klepon isinya hanya gula merah dan kelapa parutnya di luar, kue mendut ini isian kelapa dan gulanya di dalam.

Gurihnya santan areh menambah cita rasa mendut yang unik. Membuat kue mendut pun mudah saja. Tapi, paling enak kue mendut berbungkus daun pisang, karena aroma daun pisangnya itulah yang membuat kue mendut menjadi wangi dan semakin dikangenin. 

Bahan-bahan

– 150 gram kelapa yang diparut kasar

– 300 ml santan kental

– 75 gram gula pasir

– Air hangat secukupnya

– 250 gram tepung ketan

– 3 sdm tepung beras

– 1/2 sdt air kapur sirih

– 1 sdt garam

– Pewarna merah secukupnya

– Pewarna hijau secukupnya

– Daun pisang secukupnya

– Daun pandan secukupnya

– Batang lidi kecil secukupnya

Cara Membuat

– Saus : masak santan kental, tepung beras, dan garam sedikit saja. Masukkan selembar daun pandan yang disimpulkan. Masak hingga mengental dan mendidih. Sisihkan.

– Unti kelapa : campur kelapa parut, gula pasir, sedikit garam, dan 1/2 gelas air. Masak hingga air meresap dan tercampur rata.

– Kulit : campur tepung ketan, garam halus, dan air kapur sirih. Uleni bersama dengan air hangat sampai adonan kalis dan bisa dibentuk. Bagi 2 adonan, masing-masing beri pewarna kue merah dan hijau.

– Ambil sedikit adonan kulit mendut. Pipihkan, dan beri unti kelapa. Bulatkan.

– Ambil selembar daun pisang, letakkan 2 bulatan kue mendut warna merah dan hijau di atasnya. Siram dengan saus santan. Bungkus dan sematkan dengan lidi.

– Kukus kue mendut sekitar setengah jam atau hingga matang. Sajikan.

Klepon

Satu lagi jajanan tradisional yang cukup favorit adalah klepon. Makanan khas berbahan tepung beras dengan isian gula merah serta balutan kepala parut ini hingga kini masih diminati banyak orang, terutama di Jawa.

Rasanya unik, bila dimakan akan terasa kenyal-kenyal dan isian gula merahnya akan terceplos keluar. Biasanya, klepon dijajakan bersama dengan gethuk dan cenil, makanan tradisional khas Jawa lainnya.

Membuat klepon juga mudah lho. Bahkan lebih aman membuat klepon sendiri, karena kita dapat memastikan bahan-bahan terutama bahan pewarna yang digunakan adalah pewarna kue yang aman.

Selain itu, kita juga bisa mengkombinasikannya dengan bahan isian lain. Tak hanya gula merah, klepon juga bisa diisi dengan coklat ataupun keju. Yuk, kita coba membuat klepon sendiri di rumah!

Bahan-bahan

– 250 gram tepung ketan

– 1 sdm air kapur sirih

– 1 sdt garam

– 100 gram gula merah

– 3 tetes pewarna hijau

– Air hangat secukupnya

– 1/2 butir kelapa setengah tua

Cara Membuat

– Cincang kasar gula merah, kemudian sisihkan.

– Kelapa setengah tua diparut memanjang, beri garam secukupnya. Kukus sekitar 10 menit.

– Campur tepung ketan, 1/2 sendok teh garam, dan air kapur sirih.

– Beri pewarna hijau, aduk-aduk.

– Masukkan air hangat ke dalam adonan tepung, uleni sampai kalis dan bisa dibentuk.

– Ambil sedikit adonan, pipihkan dan beri gula merah di tengahnya. Bulatkan.

– Panaskan air hingga mendidih. Setelah mendidih, masukkan adonan klepon yang sudah dibulatkan.

– Masak klepon sampai mengapung. Angkat dan segera gulingkan di atas kelapa parut.

– Kue klepon siap dihidangkan.

Dari beberapa makanan yang saya deskripsikan di atas mungkin kalian sudah mengenal nya. Dan untuk yang belum mengenal nya yang saya jelas kan di atas merupakan berbagai jajanan khas dari daerah jawa yang terbuat dari olahan kelapa parut.

kalian pati sering menjumpainnya di pasar”tradisional tatau pedagang”kaki lima.Jajanan-jajanan manis  tersebut bisa di jadikan cemilan saat senggang.Atau pun bisa di jadikan sarapan karena lumayan mengenyangkan atau menjadi makanan pengganjal perut.

berbagai olahan kelapa parut pun tidak hanya berupa makaknan manis banyak sekali makanan pelengkap nasi atau lauk yang terbuat dari olahan kelapa parut pula.