Penggunaan Air Kelapa Sebagai Penggumpal Lateks

Air kelapa merupakan salah satu minuman yang sangat diminati di Indonesia, selain rasanya yang segar dan manis, ternyata ia juga menyimpan segudang manfaat yang baik untuk tubuh manusia. Selain air kelapa yang kaya akan manfaat, penggunaan air kelapa juga bisa dimanfaatkan sebagai penggumpal lateks.

Air kelapa mempunyai potensi untuk menurunkan pH lateks dan cukup bersih dari kotoran fisik, apabila air kelapa difermentasikan dengan menggunakan ragi tape maka dapat terbentuk asam asetat atau asam amino yang dapat dijadikan sebagai penggumpalkan lateks.

Berdasarkan hasil penelitian Puslitbun Sungai Putih, hasil yang baik untuk menggumpalkan lateks adalah penggunaan air kelapa ditambah ragi 13,5% kemudian dilakukan fermentasi pada suhu 30 C selama 4 hari.


Cara Penggunaan Air Kelapa Sebagai Penggumpal Lateks

Persiapkan bahan – bahan untuk membuat penggumpal lateks.

a. Siapkan air kelapa
b. Tambahkan ragi 13,5% dari volume air kelapa tersebut
c. Diamkan/diperam dan ditutup supaya tidak tercampur bahan kotoran lain selama 4 hari

Untuk menggumpalkan lateks, dipergunakan 5-10 cc larutan air kelapa tersebut ke dalam setiap 1 liter lateks. Keuntungan yang diperoleh adalah penggumpalan lebih cepat dan tidak mengotori karet sepanjang penanganannya bersih.

Bagaimana mudah kan ?

Itulah beberapa cara penggunaan air kelapa sebagai penggumpal lateks, langkah pertama adalah menyiapkan bahan seperti air kelapa dan ragi. Selamat mencoba.