Macam – Macam Cara Pengolahan Kelapa Terpadu

//Macam – Macam Cara Pengolahan Kelapa Terpadu

Macam – Macam Cara Pengolahan Kelapa Terpadu

Komoditas kelapa merupakan bahan baku untuk menghasilkan berbagai macam produk penting, seperti minyak kelapa, tepung kelapa, karbon aktif, gula kelapa, air kelapa mengandung bermacam-macam vitamin dan mineral dan gula sehingga dapat dikategorikan sebagai minuman ringan yang bergizi dan lain-lain. Diperkirakan kebutuhan kelapa akan terus meningkat pada masa yang akan datang mengingat pola hidup masyarakat pada masa yang akan datang tidak dapat dilepaskan dari kelapa dan hasil olahannya.

Tetapi selama ini produk olahan kelapa yang dihasilkan masih sangat terbatas, baik dalam jumlah maupun jenisnya. Padahal seperti diketahui sebagai the tree of life banyak sekali yang dapat dimanfaarkan dari setiap bagian pohon kelapa. Macam – macam olahan kelapa yang dapat dihasilkan banyak ├é┬ásekali diminati dengan nilai ekonomi yang tinggi diantaranya adalah arang aktif, serat sabut, tepung kelapa, krim, serta oleokimia yang dapat menghasilkan asam lemak, metil ester, fatty alcohol, fatty amine, fatty nitrogen, glycerol, dan yang lainnya. Demikian pula batang pohon kelapa merupakan bahan baku industri rumah tangga untuk menghasilkan perlengkapan rumah tangga (furniture) yang memiliki prospek untuk dikembangkan.


Untuk mengetahui secara detail pengolahan sabut kelapa baca juga : Proses Pengolahan Sabut Kelapa


foto-tumpukan-batok-kelapa

Konstruksi alat pada pengolahan kelapa terpadu terdiri dari empat unit proses yakni unit pengolahan minyak kelapa, pengarangan tempurung, penyeratan serat sabut dan pengolahan sari kelapa. Sistem proses antar komponen peralatan dalam satu unit berlangsung secara kontinu. Proses pengolahan sebagai berikut:

  1. Pengolahan minyak kelapa menggunakan sistem penggorengan dengan pemanasan tidak langsung (konveksi paksa),
  2. Pengarangan tempurung menggunakan sistem drum yang pembakaran berlangsung dalam thermopac,
  3. Penyeratan sabut secara mekanis, dan
  4. Pengolahan sari kelapa secara fermentasi, menggunakan starter Acetobacter xylinum. Kinerja Unit pengolahan kelapa terpadu dirancang untuk kapasitas olah 2400 butir kelapa/hari.
  5. Detail berbagai macam spesifikasi alat, lihat disini.

Produk yang dihasilkan terdiri atas 266 kg minyak kelapa, 150 kg bungkil, 135 kg arang, 144 kg nata de coco, 288 kg serat sabut dan 534 kg debu sabut. Untuk operasi secara penuh membutuhkan tenaga kerja sebanyak 20 orang.

By | 2016-11-21T05:10:19+00:00 February 26th, 2014|Kopra|Comments Off on Macam – Macam Cara Pengolahan Kelapa Terpadu

About the Author: