Produk Unggulan Olahan Tanaman Kelapa Yang Bernilai Ekonomis

//Produk Unggulan Olahan Tanaman Kelapa Yang Bernilai Ekonomis

Produk Unggulan Olahan Tanaman Kelapa Yang Bernilai Ekonomis

Hampir seluruh wilayah di Indonesia di tumbuhi tanaman kelapa. Tanaman kelapa merupakan salah satu komoditas perkebunan yang sangat potensial, dan terkenal banyak manfaatnya bagi kebutuhan hidup manusia. Diantara hasil samping yang sangat bermanfaat dan mempunyai nilai ekonomi tinggi yaitu jok mobil, nata de coco, arang briket, anyaman dan sebagainya.

Produk utama dari Buah kelapa menghasilkan : sabut, tempurung, daging buah, dan air kelapa; dan semua bagian tersebut tidak ada yang terbuang dan dapat diolah lebih lanjut menjadi produk industri yang bervariatif.

Berikut ini beberapa produk unggulan olahan tanaman kelapa yang bernilai ekonomis.

manfaat-pohon-kelapa

Pemanfaat Tanaman Kelapa Bagian Sabut Kelapa

COIR FIBRE

Pemanfaatan sabut kelapa yang diolah akan menghasilkan berbagai produk seperti serat yang disebut coconut fiber atau coir fibre. Coir fibre mempunyai sifat yang kuat, tahan lama dan fleksibel kegunaan dari coir dibre sendiri, salah satu kegunaan coir fibre sendiri digunakan untuk bahan baku utama dalam produk tempat tidur sehat seperti tempat tidur dirumah sakit.

KESET

Pengolahan sabut kelapa sebagai  bahan pembuat keset adalah salah satu alternatif untuk mengurangi limbah dari sabut kelapa yang selama ini jarang sekali dimanfaatkan sebagai salah satu hasil samping komoditas perkebunan kelapa yang bermanfaat. Dengan adanya perkembangan teknologi dalam aplikasi secara tepat, serabut kelapa terbukti mampu menghasilkan nilai ekonomis yang cukup besar.

SAPU

Produk olahan tanaman kelapa dari sabut kelapa seperti peralatan rumah tangga yang tidak dapat lepas dari kehidupan bersih – bersih dari ibu rumah tangga atau asisten rumah tangga, yaitu sapu ijuk. Sapu ijuk merupakan satu jenis sapu yang salah satunya dibuat dengan pengolahan sabut kelapa.

JOK MOBIL

Pemanfaatan sabut kelapa yang diolah akan menghasilkan berbagai produk seperti jok mobil. Untuk membuat sabut kelapa menjadi produk olahan seperti jok mobil, sabut kelapa terlebih dahulu diolah menjadi coco fiber yang berupa serat – serat sabut kelapa. Kemudian menjadi satu dengan bentuk lembaran, untuk kemudian disupplai ke pabrik jok mobil.

MATRAS

Matras Sabut Kelapa ini berfungsi sangat baik sebagai matras kesehatan, orang-orang yang memiliki kecenderungan penyakit pinggang, sangat baik memakai produk matras ini. Sifatnya yang lentur, tetapi tidak mudah tertekan, aman bagi orang yang sedang dalam perawatan sakit pinggang.


Pemanfaat Tanaman Kelapa Bagian Daging Buah Kelapa

KOPRA

Pemanfaatan daging buah kelapa yang paling populer adalah produk olahan kopra. Kopra adalah daging buah kelapa yang dikeringkan. Kopra merupakan salah satu produk turunan kelapa yang sangat penting, karena merupakan bahan baku pembuatan minyak kelapa dan turunannya. Untuk membuat kopra yang baik diperlukan kelapa yang telah berumur sekitar 300 hari dan memiliki berat sekitar 3 – 4 kg. Produk sampingan ini umumnya digunakan sebagai bahan pakan hewan ternak.

MINYAK KELAPA

Produk olahan daging kelapa selanjutnya adalah produk olahan minyak kelapa. Minyak kelapa dibuat dari bahan baku kelapa segar, diproses dengan pemanasan terkendali atau tanpa pemanasan sama sekali, tanpa pemanasan sama sekali, tanpa bahan kimia dan RDB. Penyulingan minyak kelapa seperti di atas berakibat kandungan senyawa – senyawa esensial yang dibutuhkan tubuh tetap utuh. Minyak kelapa murni dengan kandungan utama asam larutan ini memiliki sifat antibiotik, anti bakteri dan jam.

COCONUT CREAM

Pemanfaatan daging buah kelapa juga bisa diolah menjadi coconut cream. Coconut cream adalah kelapa yang didapat setelah dilakukannya proses pengurangan kadar air dari santan kelapa yang dihasilkan dari daging buah kelapa yang diperas tanpa tambahan air.

SANTAN

Santan atau santen adalah cairan berwarna putih susu yang diperoleh dengan cara pengepresan hasil parutan daging kelapa dengan atau tanpa penambahan air.

KELAPA PARUTAN KERING (desiccated coconut)

Pengolahan daging kelapa diolah menjadi kelapa parut kering. Kelapa paut kering merupakan bahan yang berkadar air rendah (maksimal 3%) sehingga dapat disimpan lama. Manfaat praktis kelapa parut kering dapat ditambah air, kemudian dipres untuk mendapatkan santan yang digunakan untuk memasak. Baca juga : cara membuat kelapa parut kering


Pemanfaat Tanaman Kelapa Bagian Air Kelapa

CUKA

Air buah kelapa yang sudah tua dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat untuk berbagi keperluan yang bernilai ekonomis salah satunya adalah pembuatan cuka air kelapa.

PENGGUMPAL LATEKS

Air kelapa mempunyai potensi untuk menurunkan pH lateks dan cukup bersih dari kotoran fisik, apabila air kelapa difermentasikan dengan menggunakan ragi tape maka dapat terbentuk asam asetat atau asam amino yang dapat menggumpalkan lateks. Baca juga : Cara Penggunaan Air Kelapa Sebagai Penggumpal Lateks.

NATA DE COCO

Nata de coco adalah hidangan penutup yang terlihat seperti jeli, berwarna putih hingga bening dan bertekstur kenyal. Makanan ini dihasilkan dari fermentasi air kelapa.


Pemanfaat Tanaman Kelapa Bagian Tempurung Kelapa

CHARCOAL

Pengolahan tempurung kelapa yang bernilai ekonomis adalah pembuatan  charcoal atau biasa disebut arang tempurung kelapa yang pada proses selanjutnya akan dapat diolah menjadi arang aktif. Jadi chorcoal merupakan bahan baku untuk industri arang aktif. Pembuatan chorcoal ini belum banyak yang melakukannya, padahal potensi bahan baku, penggunaan dan potensi pasar cukup besar.

CARBON AKTIF

Pemanfaatan tempurung kelapa menjadi produk yang tak kalah bernilai ekonomis tinggi lagi adalah karbon aktif dari tempurung kelapa. Karbon aktif berfungsi sebagai filter untuk menjernihkan air, pemurnian gas, industri minuman, farmasi, katalisator, dan berbagai macam penggunaan lain. Tempurung kelapa adalah salah satu bahan karbon aktif yang kualitasnya cukup baik dijadikan karbon aktif.

ARANG BRIKET

Tempurung kelapa selama ini yang hanya menjadi limbah, sekarang ini bisa dikembangkan menjadi produk yang unggul seperti briket. Briket tersebut mempunyai nilai tambah dibandingkan dengan arang batok. Dengan penggunaan briket arang sebagai bahan bakar maka kita dapat menghemat penggunaan kayu sebagai hasil utama dari hutan.

KERAJINAN TANGAN

Kerajinan dari batok kelapa memang agak sulit untuk dibuat. Tapi bila kamu tahu cara serta tips membuat kerajinan tangan dari batok kelapa, kesulitan itu lama – lama akan menjadi kemudahan. Biasanya tempurung kelapa dianggap sebagai limbah karena tidak memiliki manfaat bagi kebutuhan hidup sehari – hari.


Pemanfaat Tanaman Kelapa Yang Lainnya

Dari batang kelapa dapat dihasilkan bahan-bahan bangunan baik untuk kerangka bangunan maupun untuk dinding serta atap, dan peralatan rumah tangga (pot, mebel, dan lain-lain). Daun kelapa dapat diambil lidinya yang dapat dipakai sebagai sapu, serta barang-barang anyaman.

Sangat banyak sekali manfaat tanaman kelapa yang bisa dijadikan sebuah produk unggulan yang bernilai ekonomis yang tinggi. Mulai dari pemanfaatan tanaman kelapa bagian buah kelapa, sabut kelapa, tempurung kelapa, dan bagian yang lainnya. Anda bisa mengembangkannya dengan mudah, selamt mencoba.

By | 2016-10-07T03:02:56+00:00 April 7th, 2014|Artikel|Comments Off on Produk Unggulan Olahan Tanaman Kelapa Yang Bernilai Ekonomis

About the Author: