Panas-Panas Gini Enaknya Minum Es, Berikut Resep Es Oyen

Pada artikel ini saya akan membicarakan mengenai es, es yang satu ini sangat segar, sebelum masuk ke resep es oyen. tahukah anda dengan es oyen ?

1. Pengertian

resep es oyen

Es Oyen atau dapat disebut dengan es campur sepertinya telah tersebar ke beragai penjuru Nusantara.

Es Oyen ini biasanya terdapat di pinggir jalan atau pedagang kaki lima dan juga ada di pusat keramaian. Minuman segar ini umumnya dikunjungi masyarakat pada pagi hingga sore hari bahkan malam.

Namun es oyen ini  mayoritas dikunjungi dan dicari-cari masyarakat pada siang hari karena cuaca yang panas sangat cocok untuk membeli es yang segar ini.

Selain itu, proses pembuatan es oyen sama dengan es teler yang menggunakan santan di atas es serutnya. Jadi, kamu yang ingin merasakan sensasi menyantap es campur sekaligus es teler, pesan saja es oyen.

Untuk anda yang berkunjung ke Bandung, tidak ada salahnya mampir untuk mencicipi es Oyen yang benar-benar asli. Dan tentu rasa es ini sangat berbeda dan ada kebanggaan tersendiri.

2. Sejarah

Es oyen sudah ada sejak tahu 1954, awalnya dijajakan dengan berkeliling kampung namun setelah dikenal luas sekitar 1962 barulah dibuat kedai, salah satunya di Jl.Sukajadi 18.

Adalah Pak Haji Rahmat yang pertama kali menjajakan es sejak tahun 1950-an. Kala itu Es Oyen dijajakan dengan cara dipikul. Ketika itu, es buatan si pembuat belum ada namanya.

Banyak masyarakat yang bilang bahwa nama oyen ini terambil dari nama burung milik si pembuat untuk menamai es campur racikannya. Kemudiannya sang bapakpun mendapat julukan sebagai Pak Oyen.

Sejak itu setiap kali berjualan es, si pembuat es tidak lupa membawa burung perkutut kesayangannya.

Setiap kali pembeli datang, burung perkutut itu berkicau seolah memberi isyarat. Kicauan burung perkutut ini jika didengarkan mirip sapaan yang berbunyi “Oyen”.

Nama pembuatnya adalah Pak Haji Rahmat, dan mendapat julukan pak oyen. Saat ini bisnis es oyen ini tidak hanya ada di Bandung lagi, bahkan sudah sampai ke luar Jawa Barat.

Resep Es Oyen ini Sangat mudah dan bahan-bahan nya juga mudah didapatkan. Jika anda penasaran bagaimana membuatnya. Simak artikel berikut ini.

Cara Membuat Es Oyen

resep es oyen

1. Resep Es Oyen

Bahan-bahan :

  • 300 gram cincau hitam, potong kecil-kecil.
  • 100 gram buah melon, potong bulat.
  • 200 gram daging kelapa muda.
  • 75 gram   daging alpukat.
  • 100 gram kolang-kaling boleh dengan warna yang beda atau sesuai selera, rebus dan iris secara tipis-tipis.
  • Sirup merah secukupnya.
  • 100 gram buah nangka, potong memanjang.
  • 200 gram pacar cina yang telah direbus.
  • Susu kental manis secukupnya.
  • Es batu serut secukupnya.

Bahan Sirup :

  • 300 gram gula pasir.
  • 2 gelas air.
  • ½ sendok makan garam.

Resep Es Oyen :

  1. Pertama-tama buatlah sirupnya terlebih dahulu, yaitu dengan cara merebus air bersama dengan garam dan gula pasir. Aduk hingga mendidih sampai gulanya larut. Angkat dan biarkan dingin.
  2. Setelah itu, siapkan mangkuk saji. Selanjutnya, masukkan bahan-bahan utama ke 5 mangkuk tersebut secara merata.
  3. Kemudian, masukan es batu serut sesuai selera untuk yang suka dingin berilah lebih banyak. Masukkan juga sirup dan juga susu kental manis di atas es batu serutnya.
  4. Es Oyen Khas Bandung sudah siap dihidangkan.

Tips Membuat Es Oyen Istimewa :

  1. Langkah pertama, rebuslah air bersama dengan gula pasir sampai mendidih. Setelah gula larut dan mendidih, masukan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk.
  2. Pastikan memasak santan menggunakan api kecil sambil diaduk, hal ini bertujuan agar santan tidak pecah-pecah. Sisihkan terlebih dahulu. Dalam wadah yang berbeda, rebuslah pacar cina yang telah dipersiapkan.
  3. Ketika merebus pacar cina gunakan api kecil sampai sedang saja, agar mutiara bisa matang secara merata. Setelah sekiranya sudah matang, sisihkan.
  4. Selanjutnya siapkan sebuah mangkuk saji dan tata buah-buahan dengan rapi pada mangkuk tersebut.
  5. Lalu letakan es batu serut pada bagian atasnya, siram buah-buahan dan es batu tersebut dengan pacar cina. Kemudian susul dengan menyiram air santan secara merata.
  6. Sekarang, berikan susu kental manis diatasnya sebagai toping/pelengkap. Anda juga bisa menggunakan pelengkap lain sesuai selera agar lebih nikmat seperti sirup, parutan keju, coklat, dan masih banyak lagi.

3. Resep Es Oyen Durian

Bahan-bahan:

  • Kelapa muda (dikerok)
  • Durian 3 biji
  •  Nangka
  • Buah Alpukat
  • Sirup gula pasir
  • Pacar cina
  • Susu kental manis
  • Es batu (serut)

Resep Membuat Es Oyen Durian :

1. Masukkan es batu serut kedalam mangkok.
2. Lalu di atas es serut tuangkan pacar cina, nangka, kelapa muda, kolang kaling, alpukat, Durian.
3. Setelah bahan masuk semua tinggal siram dengan sirup gula pasir, langkah terakhir tuangkan susu       kental secukup nya.

Durian mengandung beberapa manfaat bagi kesehatan diantaranya adalah dapat menjadi sumber energi,anti depresi alami,dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi,baik untuk sistem pencernaan,menjaga tekanan darah,bermanfaat untuk penderita anemia dan masih banyak lagi.

3. Resep Es Oyen Alpukat

Bahan-bahan :

  • 1 buah alpukat ukuran besar, kerok dagingnya pakai sendok
  • 5 sendok makan kental manis full cream/ creamer (saya pakai carnation)
  • 250 ml air matang
  • sirup gula / simple syrup 2 sendok makan
  • secukupnya es batu

Cara Membuat Es Oyen :

  1. Taruh esbatu pada wadah saji. masukkan alpukat.
  2. Di wadah terpisah, larutkan 5 sendok makan kental manis/krimer ke dalam 250 ml air matang.
  3. Tuangi 1 sendok makan sirup gula, lalu tuangi separuh larutan skm/krimer.
  4. Aduk2 sajikan. (resep ini untuk 2 porsi ya)

Alpukat ternyata mempunyai banyak manfaat didalamnya yaitu meningkatkan sistem pencernaan, menurunkan stres, menyehatkan mata dan lain sebagainya.

Peluang Usaha Es Oyen

Untuk daeran anda yang mungkin belum terlalu kenal dengan Es Oyen, anda dapat menjadikan usaha Es Oyen ini sebagai usaha sampingan Anda dirumah.

Hanya bermodal gerobak dorong ( yang nantinya hanya akan menetap di pinggir jalan saja) dan keperluan bahan-bahan Es yang mudah didapat, Anda bisa segera menuai untung dari bisnis kuliner ini yang notabene keuntungan bisa mencapai 100% dari modal.

Seperti yang saya sebutkan di atas “Es Oyen Naik Kelas”, jika saja Anda akan membuat atau bahkan sudah memiliki sebuah café / rumah makan, Anda bisa menambah menu Es yang satu ini.

Dengan sedikit sentuhan dalam penyajian yang lebih spesial, Es Oyen bisa Anda jual sampai 2x lipat dari harga yang dijual dengan menggunakan gerobak. Bayangkan saja berapa keuntungan yang akan Anda dapat.

Tips Usaha Es Oyen

Ada berbagai hal yang perlu anda diperhatikan supaya usaha Es Oyen ini dapat berjalan dengan lancar. Dari sudut pandang saya sebagai konsumen, beberapa tips untuk Anda adalah :

1. Pemilihan Lokasi

Penjualan es oyen yang dipinggiran jalan kebanyakan menggunakan gerobak yang didorong. Tak ada salahnya juga Anda memilih di kawasan pertokoan atau sekolah. Karena kalau pas jam makan siang atau jam pulang sekolah, pasti dagangan Anda akan laris manis.

2. Penataan Display Gerobak

Jika dagangannya tertata dengan rapi dan si penjual memperhatikan kebersihannya maka banyak pembeli yang tertarik untuk membelinya. Misalnya seperti halnya : panci yang berisi aneka buah-buahan hendaknya di display serapi mungkin, perhatikan juga kebersihannya.
Semua ini penting karena, sewaktu Anda melayani, pembeli pasti dengan leluasa memperhatikan dagangan Anda.
Sekali konsumen Anda menemukan sesuatu yang jorok, jangan berharap dia akan kembali. Dan yang pasti ia akan menceritakan hal tersebut kepada orang lain. Inilah pentingnya kontrol kualitas, terlebih jika usaha Anda sudah besar.

3. Harga

Hal pertama yang menjadi tanda tanya konsumen ketika membeli sesuatu adalah masalah ‘harga’. Untuk itu lebih baik jika Anda menuliskan daftar harga pada menu es nya.
Karena tak jarang, konsumen merasa jera kalau saja ternyata merasa ditipu – harga tidak sesuai. Untuk penentuan harga umumnya tergantung dengan banyak hal misalnya lokasi Anda dimana, karena tiap daerah pasti mempunyai standart harga yang berbeda.
Sebagai pertimbangan, jika di daerah saya, harga Es Oyen dipinggir jalan itu kurang lebih antara Rp. 2.500 – Rp. 3.500,- .

Kandungan Gizi Es Oyen

Jika kita mengkonsumsi es oyen biasanya kita ingin mengetahui kandungan yang ada di dalamnya. Nah es oyen ini memiliki kandungan gizi yang berguna bagi konsumen, diantaranya adalah :

1.Mutiara:mengandung banyak karbohindrat sehingga dapat mengenyangkan perut, meningkatkan pertumbuhan otot, bagus untuk tulang, meningkatkan energi, bisa menambah berat badan, mencegah cacat lahir. 


2.Nutrijel: mengandung asam amino yang dapat melancarkan pencernaan,serat untuk nasi,mencegah penuaan dini,melangsingkan badan.


3.Kelapa muda:menetralisir racun/menghaluskan kulit, menurunkan berat badan, menghilangkan dehidrasi,menjaga kesehatan jantung,menjaga kesehatan ginjal, sebagai anti penyakin untuk ibu hamil dan janin.


4.Melon:mengandung vitamin C yang baik untuk jantung,baik untuk pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga mencegah kanker,menjaga kesehatan kardiovaskular, mengurangi stres, mencegah nefropati diabetik, bermanfaat untuk paru-paru,pengobatan insomnia, meringankan masalah menstruasi,membantu mengurangi berat badan,meringankan sakit gigi.

5. Susu kental manis : mengandung energi sebesar 336 kilokalori, protein 8,2 gram, karbohidrat 55 gram, lemak 10 gram, kalsium 275 miligram, fosfor 209 miligram, dan zat besi 0 miligram, vitamin A, B, dan C

Ciri Khas Es Oyen

Adalah adanya agar-agar di dalam es oyen. Cara pembuatan es oyen hampir sama dengan pembuatan es campur. Es oyen isiannya bukan hanya sekadar buah namun juga bahan yang sering ditemukan dalam es campur yaitu mutiara sagu.

Tips Membuat Es Oyen Lebih Nikmat dan Segar

  • Hindari Memanaskan Santan Terlalu Lama

Meskipun Anda menggunakan api kecil ketika merebus santan, tetapi jika hal tersebut dilakukan dalam waktu yang lama juga akan membuat santan menjadi hancur, baik dari segi tekstur ataupun rasanya. Harus diusahakan saat sudah terlihat mendidih, matikan api dan berhenti untuk memasak santan karena sudah cukup mendidih.

  • Variasikan Buah-Buahan Segar

Selain nangka dan alpukat, Anda juga bisa menambahkan buah-buahan lain kedalam minuman satu ini agar semakin segar. Mulai dari buah nanas, buah strawberry, buah berry, mangga, manggis, dan masih banyak lagi. Sesuaikan dengan selera Anda masing-masing.

  • Gunakan Santan yang Masih Segar dan Berkualitas

Santan memang terlihat cukup sepele dalam resep di atas. Namun sebenarnya santan berperan penting dalam hal rasa. Santan akan memberikan rasa segar sekaligus gurih pada es tersebut. Oleh sebab itu, pilihlah kelapa yang berkualitas baik (tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua).

Santan yang berkualitas juga bermanfaat bagi kesehatan yaitu.

Ada beberapa manfaat dari santan kelapa gai kesehatan tubuh, tetapi umumnya jarang kita ketahui. Berkut adalah manfaatnya.

1. Mencegah Anemia

Rendahnya produksi hemoglobin dalam tubuh Anda dapat mengakibatkan terjadinya anemia. Kondisi anemia kerap dialami banyak orang dan tak jarang diabaikan. Padahal, anemia akan menyebabkan produktivitas Anda menurun.

Solusinya sangat mudah. Anda bisa mengonsumsi olahan dengan bahan santan kelapa. Santan kelapa memiliki kandungan zat besi yang mencukupi untuk mengatasi gangguan anemia. Manfaat yang dirasakan tubuh juga sangat besar apabila anda mengkomsumsi air santan kelapa ini secara murni.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tidak banyak orang yang tahu bahwa santan kelapa ini memiliki kandungan antioksidan yang berupa vitamin C yang sangat tinggi. Kandungan yang terkandung ini mendukung proses peningkatan kekebalan tubuh atau imunitas Anda. Hasilnya, Anda pun akan lebih resisten terhadap infeksi virus maupun bakteri karena terlindungi.

3. Menekan Risiko Penyakit Jantung

Jika ada orang yang bilang bahwa air santan dapat menyebabkan resiko jantung, Justru sebaliknya, mereka yang mengonsumsi minyak kelapa berikut santan kelapa justru punya risiko penyakit jantung yang lebih rendah ketimbang para pengguna minyak sayuran ataupun minyak hewani.

4. Meningkatkan Kepadatan Tulang dan Gigi

Kandungan fosfor yang tinggi pada santan kelapa dapat membuatnya baik untuk tulang dan gigi. Inilah sebabnya mengapa Anda disarankan mulai mengonsumsi santan kelapa secara berkala, demi meningkatkan kepadatan tulang dan gigi.

5. Mendukung Diet Sehat

Diet sejatinya adalah pola makan yang teratur sehingga menghindarkan dari penumpukan lemak berlebih di dalam tubuh. Santan kelapa memiliki kandungan asam lemak dengan rantai yang tidak panjang.

Hal ini mengakibatkan kandungan asam lemak tersebut sangat mudah untuk diolah tubuh menjadi cadangan energi yang dapat menguatkan tubuh tanpa makan nasi terlebih dahulu.

6. Menurunkan Kolesterol dalam Darah

Meski kerap disebut sebagai coconut milk, akan tetapi santan kelapa punya asam lemak jenuh yang bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Lain halnya jika Anda mengonsumsi susu hewan yang justru bisa memicu peningkatan kolesterol di dalam tubuh.

7. Mendukung Peremajaan Sel Tubuh

Kandungan nutrisi, serat, dan asam lemak yang mumpuni, menyebabkan santan kelapa punya kemampuan untuk mendorong pembentukan sel-sel baru. Dalam hal ini peremajaan sel tubuh bisa Anda perolehkan ketika anda rutin mengonsumsi santan kelapa.

Es oyen adalah es yang sangat segar dan juga banyak mengandung manfaat karena terkandung banyak buah-buah an di dalamnya. Juga dapat menyegarkan anda saat merasa panas saat siang hari. Bisa juga untuk penunda lapar.

Es oyen ini hampir sama dengan es campur, es ini juga dapat dijual saat bulan ramadhan dan dapat dijadikan jakjil waktu berbuka. Harga nya pun juga murah dan mudah untuk didapatkan ataupun membuatnya sendiri

Sampai disini artikel saya kali ini. Dan saya yakin masih banyak kesalahan dalam artikel ini, maka dari itu saya mohon maaf yang sebesar-besarnya karena kurangnya penyempurnaan dalam artikel saya dan banyak bahasa yang belum benar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Sama hal nya dengan resep soto betawi, es oyen ini sama-sama menggunakan santan dari parutan kelapa. Tetapi kelapa di es oyen juga dimanfaatkan untuk campuran didalamnya yang memanfaatkan kelapa muda.