Pengen Yang Segar ? Berikut Resep Es Puter

Kali ini saya akan membahas tentang resep es puter yang lezat. Tahukah anda apa itu es puter ? Jika tidak, mari simak penjelasan berikut ini.

1. Pengertian

resep es puter

Es puter atau bisa juga dipanggil es dung dung (es dong dong, es tung tung, ataupun es tong tong) merupakan salah satu hidangan untuk pencuci mulut yang berasal dari Indonesia serupa es krim berbahan dasar santan sebagai pengganti dari susu.

Es puter bertekstur kasar dan dibekukan secara tradisional dengan sebuah alat berbentuk tabung yang diputar-diputar di dalam es batu dan garam.

Hidangan ini disebut es puter karena dalam pembuatannya, adonan diputar-putar dalam alat pembuat es hingga mengkristal. Pengambilan nama es dung dung diambil dari onomatope suara yang keluar dari gongmini gantung yang umumnya dipukul-pukul oleh penjual ketika menjajakan esnya.

Penyajian es tradisional ini sangat sederhana yaitu dengan cone berbentuk kerucut atau dengan diapit dua sisi roti tawar, atau dinikmati dalam gelas kaca. Es tung-tung pun bisa diberi tambahan, seperti potongan kacang, ketan hitam, potongan buah nangka, ataupun sagu mutiara.

2. Sejarah

Penyajian es tradisional ini sangat sederhana yaitu dengan cone berbentuk kerucut atau dengan diapit dua sisi roti tawar, atau dinikmati dalam gelas kaca.

Es tung-tung pun bisa diberi tambahan, seperti potongan kacang, ketan hitam, potongan buah nangka, ataupun sagu mutiara.

Pada awalnya es ini diciptakan atas dorongan masyarakat yang ingin mencicipi es krim namun tak bisa menjangkau harganya. Susu yang mahal saat itu diganti dengan santan.

Penggantian bahan utama inilah sebenarnya yang membuat rasa dari es ini menjadi lebih gurih. Namun, tampilannya dibuat sama persis seperti es krim.

Sejarah es tung tung berawal dari keterbatasan orang Indonesia untuk menikmati es krim yang pada masa itu hanya dapat dinikmati leh kalangan masyarakat

Kemauan masyarakat Indonesia untuk dapat menikmati es krim mengadakan modifikasi pembuatan es krim dengan mengganti bahan utama yaitu susu dengan santan kelapa. Dengan campuran santan kelapa dengan buah-buahan lokal misalnya kelapa muda, nangka, ataupun durian menjadikan es krim yang “lebih Indonesia”.

Kepopuleran es ini karena dahulu banyak pedagang es tung tung keliling yang menawarkan dagangannya ke sekitar Jawa.

Kini penjual es tung-tung dengan membawa gerobak kecil sudah semakin jarang untuk ditemukan. Tetapi di pesta-pesta rakyat misalnya pernikahan atau arisan, es tung-tung terkadang masih bisa ditemukan.

3. Kandungan

Es Puter mengandung energi sebesar 48 kilokalori, protein 0,2 gram, karbohidrat 10,16 gram, lemak 1 gram, kalsium 2 miligram, fosfor 3 miligram, dan zat besi 0 miligram.

Tak hanya itu di dalam Es Puter juga terdapat vitamin A yaitu sebanyak 0 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil ini didapat dari melakukan penelitian kepada 100 gram Es Puter, dengan jumlah yang dapat dimakan yaitu sebanyak 100 %.

Nah, penasaran dengan rasa yang lezat itu ? simak berikut ini.

Cara Membuat Es Puter

resep es puter

1. Resep Es Puter Sederhana

Bahan-bahan :

  • 3 sdm susu full cream bubuk
  • 3 sdm gula putih
  • 500 ml air panas
  • es batu
  • garam kasar
  • kaleng biskuit yang ada tutupnya
  • baskom untuk diisi es batu dan garam kasar

Resep Es Puter Sederhana :

  1. Campur susu+gula putih +air panasLalu aduk, tunggu hingga suhu panas turun.
  2. Masukkan ke dlm kaleng biskuit
  3. Sediakan baskom berisi es batu dan garam krosok.
  4. Lalu masukkan kaleng yg berisi larutan susuTutup kaleng tersebut, putar2 kaleng selama 15-20menit

2. Resep Es Puter Keto

Bahan-bahan :

  • 300 gr es batu
  • 1 cup santan/whipkrim
  • bluberry/strawberry 1/4 cup 
  • 1/2 sdt garam (penting)
  • secukupnya Sucralose
  • Perasa makanan (bila perlu)

Resep Es Puter Keto :

  1. Masukkan es batu dan blueberry ke dalam food processor dan tekan Crush beberapa saat saja sampe jadi bongkahan agak kecil (jgn terlalu halus).
  2. Masukkan garam, pemanis dan santan/whipkrim separuh dulu lalu crush lagi sebentar dan lanjutkan dengan tekan mixer sampai mulai lembut merata.
  3. Cek adonan, kalau belum bercampur halus, tambahkan lagi santan/whipkrimnya.
  4. Cek juga kadar manisnya.
  5. Perhatikan jangan sampai es menjadi terlalu berair, biarkan ttp halus berkristal.
  6. Tuang ke dalam wadah untuk langsung dinikmati.
  7. Atau simpan dalam kulkas dan diamkan dulu skitar 5-10 menit sebelum dimakan agar mudah disendok.

3. Resep Es Puter Ketan Hitam

Bahan-bahan :

  • 100 gr ketan hitam, cuci dengan bersih kemudian rendam di dalam air 1 liter selama 3 jam
  • Daun pandan, remas-remas lalu dibuat simpul 1 lembar saja
  • 1/2 sdt garam
  • 500 ml santan kental dari 1 butir kelapa, peras dengan air hangat
  • 1/2 kaleng susu kental manis, cairkan hingga 250 ml
  • Gula pasir halus (kastor) 100 gr
  • 50 gr tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 2 gelas es serut

Resep Es Puter Ketan Hitam :

    1. Rebus ketan hitam dalam air perendamnya dengan tambahan daun pandan dan garam, masak sampai matang dan menjadi bubur kental. Angkat dan biarkan dingin
    2. Campurkan susu kental manis, santan dan gula pasir menjadi satu lalu masak sampai mendidih. Tambahkan larutan maizena, aduk sampai adonan mengental dan matang.
    3. Angkat dan tambahkan vanili, aduk rata dan biarkan dingin
    4. Masukkan bubur ketan hitam, adonan susu, dan es serut ke dalam blender, proses sampai tercampur rata
    5. Angkat kemudian masukan ke dalam tempat yang tertutup, bekukan dalam freezer selama kurang lebih 3-4 jam
    6. Keluarkan dari freezer, pecah-pecahkan adonan es beku ini, lalu kocok kembali sampai adonan es krim mengembang dan lembut kembali. Bekukan lagi di dalam freezer kurang lebih 3-4 jam lagi.
    7. Lakukan langkah yang sama tadi 2 kali lagi, supaya mendapat tekstur es krim yang sesuai.
    8. Es Puter Ketan Hitam yang Nikmat siap disajikan.

4. Resep Es Puter Jagung

Bahan-bahan :

  • Jagung manis
  • Tepung tapioka
  • HongkweMaizena
  • Gula putih Santan
  • Susu Fullcream dan kental manis
  • GaramEs balok

Resep Es Puter Jagung :

  1. Jagung diparut kemudian direbus sampai matang Membuat adonan es krim: tepung tapioka, hongkwe, maizena, susu fullcream dan kental manis, santan serta gula putih dicampur kemudian direbus sampai matang sambil di aduk-aduk.
  2. Apabila adonan telah matang, dicampur dengan jagung rebus lalu jagung tersebut digiling menggunakan mesin puter es krim.
  3. Pada saat digiling, tambahkan es balok dan garam. Proses penggilingan dilakukan sampai adonan menjadi es  krim.

5. Resep Es Puter Kacang Hijau

Bahan-bahan :

  • 50 gram kacang hijau.
  • 1 sachet dancow.
  • 4 gelas belimbing air ( susu cair ).
  • 5 sachet Susu Kental Manis.
  • 4 sendok makan Tepung Maizena.
  • 1 bungkus santan kara kecil.
  • Gula secukupnya.
  • Garam secukupnya.
  • Daun pandan secukupnya.
  • 1 sendok makan.

Resep Es Puter Kacang Hijau :

  1. Cuci kacang hijau sampai bersih, rendam kacang hijau selama semalam.
  2. Rebus kacang hijau sampai lunak, tiriskan.
  3. Masukkan kacang hijau kedalam blender, blender kacang hijau hingga benar-benar halus.
  4. Tuangkan susu cair, Susu Kental Manis,  Gula, Garam, Daun pandan dan kacang hijau yang sudah di blender tadi kedalam panci. Rebus kedua campuran tersebut dengan api sedang hingga berubah warna. Angkat dan diamkan agar dingin.
  5. Tuangkan rebusan kacang hijau tadi kedalam plastic, tali ujung plastic dengan karet agar tidak tumpah.
  6. Masukkan adonan yang usdah di plastic tadi kedalam reezer tunggu hingga beku.
  7. Apabila telah beku keluarkan dari plastik kemudian hancurkan seperti bubur masukan santan dan SP yg sudah ditim.
  8. Mixer adonan sampai mengembang dan kental. Jika sudah setengah mengental masukkan kacang hijau kasar lalu mixer lagi agar kacang hijau tersebut halus dan adonan berubah warna menjadi hijau.
  9. Simpan diwadah tutup dan rapat, lalu masukan kedalam frezzer hingga beku minimal 8 jam.
  10. Jika anda ingin membuatnya es krim bertekstur lebh lembut dan lezat lagi, anda bisa gunakan mesin es krim dalam proses pembuatannya.

Peluang Usaha

Es puter sangat di sukai oleh banyak kalangan dari anak anak sampai dewasan karena rasanya yang enak, segar, manis dan lembut. Es puter merupakan es krim dari indonesia yang masih terus ada sampai sekarang.

Usaha ini sangat mudah karena proses pembuatan es puter sangat sederhana dan bahan bakunya sangat mudah dicari.

Es puter bahan baku utamanya adalah es dan santan kelapa. Anda pastinya sering menemukan penjual es puter dengan gerobak dan berkeliling di pemukiman rumah dan di jalan jalan daerah wisata.

Dengan rasa yang sangat enak, harga es puter juga sangat murah sehingga banyak anak anak yang membeli. Banyak varian varian yang diciptakan agar para penikmat es puter menjadi tidak bosan. Ada rasa santan kelapa, rasa coklat, rasa durian.

Agar lebih enak lagi juga dapat ditambahkan dengan roti tawar yang sudah di potong kecil kecil, selai itu juga bisa di tambahkan dengan tape hijau.

Alasan mengapa cocok untuk berjualan es puter antara lain adalah pembuatan es puter sangat mudah dan anda bisa belajar melalui internet dan youtube.

Modal usaha untuk membuka usaha es puter sangat kecil, usaha es puter sudah ada sejak dahulu dan sampai sekarang masih ramai pembeli khususnya bagi pembeli anak anak dan remaja.

Es puter memiliki ciri khas kentongan jadi masyarakat sudah mengenal ciri khas kentongan es puter. Keuntungan es puter lumayan dan dapat menjadi usaha yang besar.

Tips bisnis usaha es puter 

1. Lokasi Usaha

Dengan menggunakan gerobak dorong atau sepeda gerobak, lokasi usaha dapat berpindah pindah.  Anda bisa berjualan di area kampus, area sekitar sekolah, area perkantoran, area pemukiman padat penduduk, di area sekitar perbelanjaan, area wisata.

Anda harus mengetahui waktu saat keadaan di tempat tersebut ramai dan sepi karena keuntungan berjualan dengan gerobak adalah sapat berpindah pindah dari tempat yang sepi ke tempat yang ramai.

2. Harga Es Puter

Untuk harga es puter secara umum adalah Rp.5.000 namun tiap tiap daerah satu porsi es puter berbeda beda. Bisa saja porsi es puter di jakarta lebih sedikit dari pada porsi es puter di kota jogja walaupun harganya sama. 

3. Produk

Pastikan es puter anda sangat enak, segar dan membuat ketagihan. Untuk campuran es kelapa muda di dalam es puter jangan sampai kelapa mudanya sangat keras. Karena akan membaut rasa es puter menjadi tidak enak.

4. Promosi

Untuk promosi bisa dilakukan melalui media sosial. Biasanya banyak event event sunatan / khitanan, event pernikahan sajian pelengkapnya adalah es puter. Jika anda pesanan maka omset penjualan anda akan meningkat.

5. Pelayanan

Layani pembeli dengan ramah, murah senyum. Jika melayani pembeli, jangan mengurangi porsi es puter karena akan membuat pembeli kecewa.

Keuntungan Membuka Usaha Es Puter

1. Cara Membuatnya Mudah

Keuntungan pertama adalah cara membuat es puter sangat mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus, semua orang dapat membuatnya. Yang terpenting adalah selalu latihan untuk mencapatkan resep yang baku dan rasa yang enak dan lezat.

2. Mendapatkan Resep Sangat Mudah

Keuntungan lainnya adalah mendapatkan resep untuk membuat es puter sangat mudah. Anda bisa mendapatkan resep tersebut melalui youtube.

Banyak sekali tutorial pembuatan es puter. Memang sebagian produk memiliki resep sendiri dan tidak di sebar luaskan. Jika anda ingin usaha es puter namun tidak bisa membuatnya, maka itu sia sia.

Yang terpenting adalah mendapatkan resep baku sehingga dapat menciptakan es puter yang sangat di sukai oleh anak anak sekarang.

Untuk mendapatkan resep tersebut juga gratis atau tidak bayar. Pada umumnya untuk mendapatkan resep masakan atau minuman harus membayar lebih. Namun resep ini anda tidak perlu bayar.

3. Modal Usaha Kecil

Keuntungan lainnya adalah modal usaha untuk membuka usaha ini tergolong kecil dan dapat disesuaikan dengan budget anda. yang diperlukan adalah pembelian gerobak, pembelian peralatan dan perlengkapan, dan pembelian bahan baku. 

4. Produk yang Populer

Keuntungan lainnya adalah produk yang anda jual merupakan salah satu produk yang populer sehingga tanpa anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang sangat mahal untuk mengenalkan es puter. Cukup dengan menggunakan kentungan  sebagai ciri dan pengenalan usaha anda.

5. Harga Jual yang Terjangkau Untuk Semua Kalangan

Keuntungan lainnya adalah harga jual es puter yang sangat terjangkau untuk semua kalangan. Ingin makan es yang enak dengan harga yang terjangkau.

Kerugian Membuka Usaha Es Puter

1. Kalah dalam Persaingan Rasa Pada Produk Sejenis

Kerugian pertama membuka usaha es puter adalah produk es puter sekarang ini semakin sulit bersaing dengan produk es krim.

Karena produk es krim selain lebih lembut, rasanya juga beraneka ragam dan setiap beberapa tahun memiliki inovasi varian baru, sedangkan es puter rasa es nya tetap seperti itu dan tidak mengalami inovasi produk.

2. Kalah dalam Persaingan Harga Pada Produk Sejenis

Kerugian lain adalah terjadinya persaingan harga antara es puter dan dan es krim, bahkan pada beberapa jenis es krim,  harga es krim jauh lebih murah dari pada harga es puter sehingga menyebabkan anak anak sekaranglebih menyukai es krim di bandingkan es puter.

3. Keuntungan Bersih yang Didapat Sedikit

Kerugian lainnya adalah keuntungan yang di dapatkan sedikit mengingat bahan bahan untuk membuat es puter semakin mahal.

Keuntungan sedikit per porsi tidak masalah asalkan di imbangi dengan banyaknya penjualan. Namun kenyataannya sekarang, pada umumnya harga bahan naik sedangkan penjualan tidak ada kenaikan menyebabkan keuntungan yang di dapatkan perbulan tergolong kecil.

Demikian artikel saya kali ini apabila ada banyak kesalahan dan bahasa yang masih belum tepat mohon untuk dimaafkan.

Resep es puter ini cocok untuk diminum saat ditemani dengan resep kue putri ayu karena kesegaran dari es puter ini dapat menghilangkan rasa haus saat memakan putri ayu atau yang biasa disebut putu ayu.