Resep klapertart yang kini bisa kita buat sendiri dirumah. Klappertaart di Indonesia dikenal sebagai kue khas Manado dengan bahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega dan telur. Resep adonan tersebut merupakan pengaruh saat zaman pendudukan Belanda di Manado.

Dan resep klapertart pun ada dalam beberapa variasi rasa dan bentuk sesuai dengan selera orang yang menginginkan nya dan selera orang yang memasak. Terdapat beberapa macam cara memasak klappertaart.

Bila dipanggang dan menggunakan roti, maka akan menghasilkan klappertaart dalam bentuk yang padat, bisa dipotong layaknya kue taart pada umumnya. Tetapi ada juga cara memasak yang tidak panggang.

Ini akan menghasilkan tekstur yang begitu lembut, seperti memakan custard yang langsung meleleh begitu masuk ke mulut. Kue ini paling nikmat bila disantap dalam keadaan dingin jadi tidak boleh dibiarkan terlalu lama di luar pendingin.

Klappertaart termasuk kue yang mengandung kalori yang cukup tinggi. Ada pengusaha klappertaart yang mencari campuran adonan yang lebih rendah jumlah kandungan kalorinya.

Beberapa jenis klappertart menggunakan lemak rendah kalori, susu kalsium tinggi dan pemanis rendah kalori sebagai campuran adonannya menggantikan susu dan gula yang pada umumnya digunakan, sehingga menjadikan kue ini berkurang jumlah kalorinya.

Klappertaart Rendah Kalori memang sengaja dibuat agar orang-orang yang sedang diet bisa menikmati kue lezat ini.

Sejarah kolonialisme di Hindia Belanda adalah sejarah makanan, perjamuan makan,dan politik makan. Banyak kuliner Indonesia yang mengadaptasi kuliner Belanda. Salah satukuliner warisan kolonialisme adalah Klappertart.

Banyak orang mengira bahwa Klappertaart adalah kue asli Indonesia. Padahal kue ini berasal dari Belanda yang resepnya dibawa oleh para pedagang Belanda sendiri.

Karenapada waktu itu persebaran hanya sebatas Manado, maka sampai saat itu Klappertaart hanya tersebar di daerah Manado. Karena itu pula Klappertart disangka sebagai makanan khas Manado.

Bahan-bahan membuat resep klapertart:

– 200 gram kelapa muda keruk
– 1 liter susu cair
– 6 butir telur
– 150 gram margarin
– 100 gram tepung terigu
– 300 gram gula pasir
– 50 gram bubuk custard
– 1/2 sdt garam
– 2 sdm bubuk kayu manis
– 50 gram tepung maizena
– 1 sdm pasta vanila
– Almond cincang secukupnya
– Kismis secukupnya
Saat ini Klappertaart sudah dikembangkan menjadi berbagai macam rasa atau flavor, ada rasa Durian, Chocolate, Keju, Rum Raisin, Blueberry, dan tentunya original. Di Manado sendiri Klappertaart sangat mudah didapatkan.

Cara Membuat Resep Klapertart:

– Pisahkan kuning telur dari putih telurnya. Sisihkan.
– Campurkan 100 ml susu cair dengan 50 gram tepung terigu, tepung maizena, dan bubuk custard. Aduk rata dan sisihkan.
– Masak susu cair dan 200 gram gula pasir hingga mendidih. Kemudian masukkan campuran tepung tadi. Masak hingga meletup-letup, lalu matikan api.
– Masukkan mentega, pasta vanila, kuning telur, kelapa muda, dan almond. Aduk sampai rata.
– Tuangkan adonan ke dalam loyang kemudian oven selama 10 menit.
– Kocok putih telur dan sisa gula pasir sampai putih dan kaku. Masukkan sisa terigu, aduk rata.
– Keluarkan kue dari oven, semprotkan adonan putih telur di atasnya.
– Taburkan bubuk kayu manis tipis saja, kemudian beri kismis dan almond di atasnya.
– Panggang lagi kue hingga matang.

Bentuknya yang terkesan mewah, sehingga banyak yang menyebutnya klappertaart. Kue dessert khas ini tetap di dominasi dengan bahan-bahan lokal.

Rasanya yang lezat membuat kue ini sudah dikenal pecinta kuliner nusantara. Bagi yang berkunjung ke Manado, tidak ada salahnya menjadikannya oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman.

Karena, rasanya yang familiar di lidah orang Indonesia, kue ini mulai banyak di perjual belikan di kota-kota besar Indonesia, termasuk Jakarta.

Bahan-bahannya yang mudah di dapat dan cara pembuatannya tidaklah sulit. Sangat memungkinkan dapat dibuat sendri di rumah, tampa harus membelinya.

Namun yang perlu di perhatikan, klappertaart adalah kue berkalori cukup tinggi. Meski lezat sebaiknya membatasi atau menyiasati dengan mencari campuran adonan yang lebih rendah kandungan kalorinya. Beberapa jenis klappertaart sudah banyak berbahan lemak rendah kalori.

“Susu kalsium tinggi dan pemanis rendah kalori bisa mengganti gula dan susu yang biasa, sehingga jumlah kalori dalam kue berkurang. Klappertaart rendah kalori sengaja agar orang yang lagi diet juga bisa menikmati kue lezat ini,”

Kandungan Gizi Dalam Klapertart

Pertama klappertaart mengandung susu, semua udah tahu dong yaa manfaat susu untuk tubuh kitaaa.

Susu sangat baik untuk mencegah osteoporosis, tekanan darah, kerusakan gigi serta berbagai manfaat lain. Susu juga baik untuk perkembangan anak pada saat masa-masa pertumbuhan.

teruuus di dalam adonannya juga terdapat keju,

nah di dalam keju ini terdapat protein, mineral, vitamin, laktosa dan juga lemak. tapi santai ajaaaaa, kandungan lemaknya ganyampe 12% per cup kok

selanjutnya, ada bahan dasar utama klappertaart nih, yaitu kelapa muda!

di dalam kelapa muda ini terkandung banyak banget manfaat untuk tubuh kita. itu disebabkan karena kelapa muda mengandung protein, kalsium, karbohidrat, lemak baik, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin C, dan vitamin B1.

bisa dibayangin kaaaan, seberapa ‘kaya’ nya bahan dasar produk kita yang kece ini.

yang terakhir, ada telur. nah ini dia kandungan dan manfaatnya. kita ambil dari

“Telur mengandung berbagai vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, riboflacin, asam folat, vitamin B6, vitamin B12, choline, besi, kalsium, fosfor dan potasium.

Telur ayam juga merupakan makanan termurah sumber protein yang lengkap. Satu butir telur ayam berukuran besar mengandung sekitar 7 gram protein.

Kandungan vitamin A, D dan E terdapat dalam kuning telur. Telur memang dikenal menjadi salah satu dari sedikit makanan yang mengandung vitamin D. Satu kuning telur besar mengandung sekitar 60 kalori dan putih telur mengandung sekitar 15 kalori.

Satu kuning telur besar mengandung dua per tiga jumlah kolesterol harian yang dianjurkan yaitu 300 mg. Lemak dalam telur juga terdapat dalam bagian kuning telur. Satu kuning telur juga mengandung separuh jumlah choline harian yang dianjurkan.

Choline merupakan nutrisi yang penting untuk perkembangan otak dan juga sangat penting untuk wanita hamil dan menyusui untuk memastikan perkembangan otak janin.”

cara memasak resep klapertart memang sedikit rumit namun jika berhasil memasaknya akan terbalaskan dengan rasanya yang lembut manis dan gurih. Aroma klapertart memang menggugah selera, soalnya kue ini bahan dasarnya adalah kelapa yang diolah dengan terigu, susu, telur, dan mentega.

Sehingga menghasilkan kalori yang cukup tinggi. Namun, seiring perkembangannya, ada juga penjual klapertart yang mengolah klapertart dengan lemak dan pemanis rendah kalori.

Meskipun sudah menjadi ikon Sulawesi Utara, namun klapertart sebenarnya bukanlah makanan asli Indonesia, namun dari Belanda. Penjajahan Belanda juga memengaruhi kuliner di sana, salah satunya klapertart.
Resep klapertart sendiri dibawa langsung oleh para pedagang Belanda. Penyebaran klapertart hanya sampai di Manado. Makanya, klapertart sering disangka sebagai makanan asli orang Manado.