Resep Kripik Kelapa yang Nikmat dan Gurih

Resep kripik kelapa? jika berbicara mengenai kelapa tentu tidak akan ada habisnya membahas manfaat yang di peroleh, selain itu olahan makanan dari kelapa juga cukup beragam, misalnya kripik kelapa yang akhir-akhir ini muncul sebagai cemilan yang enak dan gurih di kalangan masyarakat Indonesia.

1.Resep Kripik Kelapa

Pada artikel kali ini rumah mesin akan membahas mengenai olahan makanan dari kelapa, tapi bukan es kelapa muda, atau kue yang bahan dasarnya kelapa, tapi kita akan membahas resep kripik kelapa.

Nah, resep keripik kelapa terbilang muda kita akan menggunakan kelapa yang tidak tua, tetapi juga tidak muda. Dagingnya dirajang-rajang, kemudian  dicelupkan ke dalam adonan tepung. Untuk lebih jelasnya silahkan di baca artikel resep kripik kelapa di bawah ini.

1.Resep Kripik Kelapa Sederhana

resep kripik kelapa

Untuk membuat kripik kelapa caranya cukup sederhana dengan bahan dan alat yang mudah didapatkan,untuk lebih jelasnya silahkan ikuti resep berikut :

Bahan-Bahan untuk Membuat Kripik Kelapa Sederhana :

  • 1 butir kelapa mengkal
  • 1/2 kg Gula pasir
  • 100 ml Air putih

Cara untuk Membuat Kripik Kelapa Sederhana :

  1. Bersihkan kulit ari kelapa, lalu cuci bersih
  2. Iris tipis atau serut dengan piler
  3. Jemur atau angin anginkan untuk menghilangkan kadar airnya
  4. Campur gula pasir dan air masak dengan api sedang sampai berambut
  5. Masukan serutan kelapa, aduk terus sampai kering, matikan api aduk terus hingga gula mengeras dan kelapa tidak menempel.
  6. Dinginkan dan segera masukkan ke toples.

2.Resep Kripik Kelapa Muda Krispi

resep kripik kelapa

Olahan kripik kelapa muda sudah mulai beragam misalnya varian satu ini yaitu kripik kelapa muda krispi, untuk pembuatannya silahkan simak berikut ini :

Bahan-Bahan untuk Membuat Kripik Kelapa Krispi :

  • 1 butir kelapa sedang(tidak terlalu muda dan tua)
  • 150 gr tepung beras
  • 150 gr tepung tapioka
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 butir telur
  • 1 sdm santan kara
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 sdt vanili
  • 150 ml air

Cara untuk Membuat Kripik Kelapa Krispi :

  1. Sediakan bahan2 dahulu,lalu potong 2 kelapa muda dan cuci bersih lalu potong sedikit pinggir kelapa biar mudah menyerutnya
  2. Lalu pake alat serut wortel lalu serut sampai selesai cuci bersih dan keringkan di saringan
  3. Campur semua bahan,tepung,garam,gula,santan kara aduk sampai tercampur semua tidak kental dan tidak encet
  4. Ini jadinya..masukan krlapa yg udah di serut ke dlm adonan tepung aduk2 tercampur semua
  5. Panaskan wajan dengan api sedang setelah itu tes klo udah panas masukan satu persatu kelapanya sambil yg udh di tepungin..maaf gmbr yg dlm kuali ga ke foto…ini hasilnya setelah semua di goreng masukan ke toples biar tetap garing.kelapanya gurih dan krispy

3. Resep Kripik Kelapa Khas Lumajang

resep kripik kelapa

Untuk membuat kripik kelapa bahan-bahannya cukup  mudah di temui di pasar-pasar tradisional ataupun penjual di pingiran jalan dan cara pembuatannya juga terbilang mudah, karena menggunakan alat-alat sederhana dan tidak memakan waktu yang banyak.

Agar teman-teman tidak tembah penasaran silahkan langsung di praktikkan di dapur teman-teman dengan mengikuti resep kripik kelapa di bawah ini :

Bahan-Bahan untuk Membuat Kripik Kelapa Khas Lumajan :

  • 2 buah kelapa muda, yang sudah di kupas
  • 4 siung bawang putih, yang haluskan.
  • ¼ sendok teh ketumbar.
  • 1 sendok teh garam.
  • 10 sendok makan terigu.
  • 5 sendok makan tepung beras.
  • 1 sendok makan maizena.
  • Secukupnya merica bubuk.
  • 1 sendok makan bubuk bawang putih.
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng Secukupnya.
  • 1 sendok makan bubuk bawang putih.

Cara untuk Membuat Kripik Kelapa Khas Lumajan:

  1. Rajang isi kelapa. Cuci lalu tiriskan, kemudian keringkan.
  2. Adonan basah: Campur telur dengan bawang putih, ketumbar, 1 sendok teh garam. Kocok agar merata. Sisihkan.
  3. Adonan kering: Campurkan tepung terigu, tepung beras, maizena, bawang putih, garam dan merica bubuk. Aduk-aduk agar merata.
  4. Celupkan daging kelapa ke dalam adonan basah, lalu gulingkan ke dalam adonan kering. Goreng di atas minyak yang sudah dipanasan. Setelah matang merata, angkat dan tiriskan.
  5. Setelah uap panasnya hilang, masukkan ke dalam stoples kedap udara.
  6. Keripik kelapa muda siap dinikmati sebagai camilan.

2.Manfaat Mengkonsumsi Kripik Kelapa

resep kripik kelapa

Kelapa ini sangat cocok di jadikan usaha karena melihat pula manfaat  yang diperoleh dari mengkonsumsi kelapa yaitu sebagai berikut :

1. Mengandung zat anti oksidan

Terkadang racun yang ada di dalam tubuh dapat menyebabkan perut kembung, kenaikan berat badan, hingga penurunan kesehatan. Oleh karena itu untuk membersihkannya, ada baiknya Anda mengonsumsi daging buah kelapa.

2.Menurunkan kolesterol

Ternyata daging buah kelapa tidak hanya bermanfaat untuk penurunan berat badan, sebab daging buah kelapa juga mampu menurunkan kolesterol yang ada di dalam tubuh Anda. Selain itu daging buah kelapa juga mampu melindungi kesehatan jantung Anda.

3.Memperbaiki metabolisme tubuh

Daging kelapa dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme di dalam tubuh Anda. Ketika sistem metabolisme tubuh Anda berjalan dengan baik, maka seluruh kesehatan organ tubuh Anda akan berfungsi dengan baik.

4.Pembangkit energi

Daging kelapa merupakan pembangkit energi yang baik. Apabila cadangan energi Anda cukup baik, maka kinerja organ-organ tubuh Anda juga akan berjalan dengan baik pula.

3.Peluang Usaha Kripik Kelapa

Karena rasanya yang nikmat dan gurih, cocok di nikmati diwaktu luang besama keluarga atau teman-teman, ternyata kripik kelapa ini juga merupakan peluang usaha yang cukup menjanjikan apalagi di kalangan mahasiswa untuk menambah uang sakunya.Untuk memulai bisinis kripik kelapa ini sebaiknya simak dahulu peluang usaha kripik kelapa sebagai berikut:

1. Info Usaha Keripik Kelapa

Keripik kelapa  yang satu ini memang masih terbilang asing ditelinga masyarakat indonesia, sebab keripik kelapa memang belum banyak dipasarkan. Sehingga ini kesempatan baik untuk mencoba menjalankan usaha keripik kelapa ini.

Pengelola dari keripik kelapa sudah banyak namun tidak ada salahnya bila mencoba menekuni usaha keripik kelapa ini. Untuk dapat bersaing ditengah pengusaha lainnya dalam menjalankan bisnis keripik kelapa ini memang membutuhkan ketlatenan, kesabaran serta strategi yang tepat untuk menjalankan usaha.

2. Target Pasar Keripik Kelapa

Untuk targt pemasarannya semua kalangan bisa dijadikan target sasaran usaha keripik kelapa dari mulai anak – anak, remaja dan orang tua. Jadi usaha ini mempunyai target pasar yang meluas. Harga dari keripik kelapa ini lumayan  terjangkau serta siapa pun bisa membelinya.

3. Bahan Baku Usaha Keripik Kelapa

Untuk bahan baku dari usaha keripik kelapa yang dibutuhkan sudah pasti ialah buah kelapa matang, air, gula pasir dan minyak goreng. Bahan untuk membuat keripik kelapa ini bisa dibeli dengan mudah didapatkan disekitar kita.

4. Peralatan Usaha Keripik Kelapa

Agar kegiatan produksi keripik kelapa mampu dijalankan secara mudah maka dibutuhkan peralatan yang sesuai. Peralatan ini yaitu baskom, kompor dan gas, mesin vacuum frying, spatula, peniris minyak,  mesin pengemas dan alat tambahan lain.

4. Pengemasan Produk Keripik Kelapa

Supaya keripik kelapa bisa meningkatkan penjualan maka dibutuhkan pengemasan yang baik. Kemasan ini dapat disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Kemasan tidak perlu mewah, hanya untuk membuat

kemasan yang unik dan sederhana, agar tidak membuang banyak modal. Kemasan sederhana ini dapat menggunakan plastik tebal sedang yang diberi tambahan nama produk. Pastikan untuk membuat nama produk yang unik agar mudah diingat konsumen. Kemasan rapat untuk menjaga kualitas keripik kelapa didalamnya.

5. Promosi Produk Keripik Kelapa

Untuk mempromosikan produk keripik kelapa dapat dilakukan dengan cara membuat brosur, spanduk, iklan dimedia elektronik atua media sosia dan sebagainya. Dengan cara ini produk keripik kelapa akan lebih mudah pemasarannya. Promosi harus menarik serta dicantumkan harganya agar konsumen bisa membandingkan harga dengan mudah.

6. Strategi Usaha Keripik Kelapa

Supaya usaha keripik kelapa ini semakin sukses dan disukai konsumen dibutuhkan strategi usaha yang matang. contoh starteginya misalkan melakukan pemasaran secara meluas, membuat produk  keripik kelapa unik, beraneka rasa dan berkualitas, melayani konsumen keripik kelapa secara online maupun ofline.

7. Analisa Usaha Keripik Kelapa

Jika menjalankan usaha keripik kelapa ini sebaiknya mengetahui analisa usaha dari peluang bisnis keripik kelapa. Dengan cara ini maka Anda dapat menjalankan usaha dengan mudah dan teliti.

Nah itu tadi resep-resep kripik kelapa beserta manfaat dan peluang usahanya, teman-teman silahkan mencoba resep diatas dan untuk memudahkan bisa menggunakan mesin parut kelapa. Selamat mencoba 🙂