Resep Kue Akar Kelapa

Hai Sobat Toko mesin kelapa kali ini saya akan membahas Resep Kue Akar Kelapa.

Kelapa memang pohon dengan sejuta manfaat dari mulai akar sampai dengan daunnya pun semua bermanfaat. Semua bagian dari pohon kelapa ini bisa kita manfaatkan, yang paling sering dimanfaatkan adalah buah kelapa.

Buah kelapa ini sering dikonsumsi airnya untuk menjadi minuman, seperti es kelapa muda. Selain itu air kelapa juga bisa kita buat menjadi kecap.

Selain airnya dagingnya juga sering dimanfaatkan untuk makanan seperti  serundeng, dan bisa juga di buat kue contohnya kue akar kelapa. Nah kali ini kita akan membahas Resep Kue Akar Kelapa.

Anda mungkin tidak asing dengan kata kue. Kue adalah makanan ringan bukan makanan utama. Biasanya kue ini rasanya gurih manis dan asin. Kue sering disebut dengan makan ringan yang tebuat dari adonan. Yang tediri dari tepung, baik tepung beras, tepung sagu, tapioka, atau terigu. Makanan ini cocok sekali untuk menemani ketika berkumpul bersama keluarga atau saat bekerja untuk cemilan.

Kue dibagi menjadi dua macam yaitu, kue kering dan kue basah. Kue basah ini biasanya memiliki  tekstur lembut, empuk, dan tidak tahan lama (hanya beberapa hari atau beberapa minggu). Cara membuat kue basah ini biasanya dengan cara dikukus, direbus, atau digoreng.

Bahan-bahannya biasa terbuat dari tepung beras, atau tepung terigu dan gula. Sedangkan Kue kering adalah kue yang memili kadar air yang sedikit, sehingga dapat disimpan dengan waktu yang lebih lama dari kue basah. Kue kering sering dimasak dengan cara di panggang atau digoreng. Untuk bahan-bahannya kue kering terdiri dari tepung beras atau tepung terigu dan gula.

Banyak kue kering yang diminati oleh warga indonesia, tapi ada yang sangat terkenal di masyakat adalah kue akar kelapa.

Sejarah Kue Akar Kelapa

Sebelum ke Resep Kue Akar Kelapa kita harus tau darimana sih Kue Akar Kelapa Itu. Kue akar kelapa adalah kue yang berasal dari betawi dan sekitarnya. Kue akar kelapa ini sering disajikan bersama kacang goreng dan rengginang ketika acara special, contohnya ketika hari raya idul fitri atau pernikahaan.

Di kawasan kota Bekasi merupakan produsen terbesar kue akar kelapa, namun seiring waktu dan perkembangan zaman, kue ini tidak lagi diproduksi secara massal. Meski namanya kue akar kelapa, kue ini bukan terbuat dari akar kelapal.

Pernamaan akar kelapa ini karena bentuknya yang mirip dengan akar kelapa. Meski begitu, bahan dasar dari kue ini berasal dari kelapa, yaitu dari daging kelapa yang sudah diolah menjadi santan.

Kue akar kelapa ini banyak diminati oleh masyarakat karena rasanya yang gurih dan manis apalagi dinikmati bersama Es Kelapa Muda. Di daerah Betawi dan sekitarnya kue ini menjadi makanan wajib disajikan ketika acara hari raya idul fitri atau pernikahan.

Tidak hanya kue akar kelapa, kacang goreng dan rengginang juga wajib dihidangkan dan tidak lengkap bila sala satu tidak ada. Kue akar kelapa ini banyak dijual terutama ketika hari raya atau hari hari besar lainnya.

Selain dengan membeli, anda juga bis membuatnya sendiri. Anda bisa mencoba membuatnya sendiri dirumah. Di bawah ini kami akan memberikan Resep Kue Akar Kelapa, dimulai dari bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat kue akar kelapa. Dan langkah langkah membuat Kue Akar Kelapa. Selamat Mencoba

Resep Kue Akar Kelapa

Resep Kue Akar Kelapa

Bahan Bahan Yang Diperlukan Untuk Resep Kue Akar Kelapa:

  • 100 (seratus gram) Tepung Ketan.
  • 50 (lima puluh gram) Tepung Beras.
  • 100 (seratus gram) Gula pasir.
  • 75 gram santan kelapa kental.
  • 50 lima puluh gram) margarin.
  • 2 (dua) butir telur ayam.
  • 1 (satu sendok teh) garam.
  • 1 (satu sendok teh) Vanilla essens.
  • Dan Minyak Goreng Secukupnya

Langkah Langkah Dalam Membuat Kue Akar Kelapa :

  1. Pertama, siapkan bahan-bahan yang diperlukan.
  2. Lalu ambil telur dan gula. Masukan keduanya kedalam wadah lalu kocok telur dan gula hingga tercampur rata.
  3. Setelah tercampur, campurkan tepung beras, tepung ketan, garam, margarin, dan vanilla essence.
  4. Kocok kembali adonan hingga semua bahan tercampur rata.
  5. Jika dirasa sudah kental, tuangkan santan sedikit demi sedikit.
  6. Aduk kembali adonan hingga rata, tidak lengket, dan dapat dicetak.
  7. Selanjutnya, tuangkan minyak goreng kedalam katel.
  8. Panaskan minyak goreng dalam jumlah yang cukup banyak. Tunggu minyak goreng hingga panas.
  9. Sambil menunggu minyak goreng panas, kita masukan adonan yang telah kita buat kedalam cetakan kue akar kelapa.
  10. Setelah diisi dengan adonan, masukan cetakan yang telah diberi adonan ke minyak yang sudah panas.
  11. Goreng adonan dengan api kecil hingga kue berwarna kecoklatan dan matang.
  12. Setelah terlihat berwarna kecoklatan dan dirasa matang angkat dan tiriskan. Ulangi Menggoreng hingga adonan kue akar kelapa habis.
  13. Setelah semua adonan digoreng, pindahkan kue yang telah ditiriskan ke piring.
  14. Atau jika anda ingin menyimpannya, masukan kedalam wadah yang kedap udara agar tahan lama.
  15. Kue Akar Kelapa Siap Disajikan.

Tips And Trik Dalam Membuat Kue Akar Kelapa :

  • Pilihlah Santan kelapa yang masih segar agar hasil kue lebih lezat.
  • Tambahkan takaran tepung bila adonan terasa telalu lembek.

Manfaat Kue Akar Kelapa

Selain belajar bagaimana Resep Kue Akar Kelapa Kita juga belajar manfaat apa saja yang manfaat apa aja sih dari Kue Akar Kelapa ini. Jadi selain makanan yang gurih dan enak, kue akar kelapa ini juga memiliki  banyak manfaat.

Meski memiliki memiliki rasa yang enak dan gurih, konsumsilah dengan jumbal yang wajar. Jangan makan terlalu banyak, karena suatu yang berlebihan itu juga tidak baik. Dibawah ini beberapa manfaat yang terdapat dalam kue akar kelapa.

1. Menambah Tenaga

Setelah belajar Resep Kue Akar Kelapa kita belajar manfaat kue akar kelapa. Manfaat yang pertama adalah menambah tenaga. Dengan bahan dasar tepung beras dan tepung ketan dan gula yang menjadikan kue ini bermanfaat untuk menambah tenaga.

Hal ini karena tepung beras, tepung ketan, dan gula memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Dan karbohidrat sendiri memili fungsi sebagai sumber energi. Jadi kue ini cocok dikonsumsi setelah selesai melakukan aktivitas untuk mengembalikan tenaga yang terkuras.

Tapi tetap meski bermanfaat menambah energi jangan terlalu tergantung pada kue akar kelapa. Karena kue ini hanya makanan ringan bukan makanan utama.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Setelah belajar Resep Kue Akar Kelapa kita belajar manfaat kue akar kelapa. Manfaat yang kedua adalah menurunkan kadar kolestrol. Nah untuk anda yang memiliki penyakit kolesterol bisa mencoba kue akar kelapa ini.

Kandungan lemak jenuh pada santan yang ada dalam kue ini berhasiat dalam menurunkan kadar kolesterol. jadi anda bisa meminimalisir kadar kelesterol dengan mengonsumsi kue akar kelapa ini. Santan yang ada pada kue akar kelapa sangat efektif dalam meningkatkan kadar kolesterol yang baik.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Setelah belajar Resep Kue Akar Kelapa kita belajar manfaat kue akar kelapa. Manfaat yang ketiga adalah meningkatkan kekebalan tubuh . Manfaat dari dari kue akar kelapa ini bukan hanya menambah tenega dan juga menurunkan kolesterol.

Tapi juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh anda. Kandungan vitamin C dan asam laruat pada santan di kue ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Jika anda sering sakit anda bisa mengonsumsi kue akar kelapa ini. Dengan begitu sistem kekebalan tubuh anda akan meningkat dan bisa mencegah masuknya penyakit kedalam tubuh.

4. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Setelah belajar Resep Kue Akar Kelapa kita belajar manfaat kue akar kelapa. Manfaat yang keempat adalah membantu menjaga kesehatan tulang. Karena santan pada kue akar kelapa ini memiliki mineral seperti fosfor dan juga kalsium yang bermanfaat menjaga tulang. Bagi anda yang sudah dewasa bisa mencoba mengonsumsi kue akar kelapa ini untuk menjaga kesehatan tulang anda.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Setelah belajar Resep Kue Akar Kelapa kita belajar manfaat kue akar kelapa. Manfaat yang kelima adalah menjaga kesehatan jantung. Penyakit jantung adalah penyakit yang banyak merenggut nyawa. Di indonesia sendiri dari data riskesdas tahun 2013, jenis penyakit jantung dan pembuluh darah yang banyak terjadi adalah penyakit jantung koroner(PJK).

Penyakit ini sering disebut dengan “SIlent Killer” (pembunuh tak bersuara). Karena dalam banyak kasus, seorang tidak menyadari bahwa ia memiliki penyakit jantung hingga mereka menjunjukan tanda-tanda serangan jantung atau gagal jantung. Oleh sebab itu anda harus memperhatikan gejala penyakit jantung sejak dini. Penyakit ini bisa diketahui jika melakukan pemeriksaan secaara rutin.

Anda harus berhati hati agar tidak terkena penyakit jantung. Nah kue akar kelapa ini juga bermanfaat menjaga kesehatan jantung. Jadi anda bisa menjaga kesehatan jantung anda dengan mengonsumsi kue akar kelapa ini. Karena kandungan asam laruat pada santan di kue ini memiliki sifat antibakteri dan juga antivirus yang berguna dalam menjaga kesehatan jantung.

6. Mengontrol Gula Darah

Setelah belajar Resep Kue Akar Kelapa kita belajar manfaat kue akar kelapa. Manfaat yang keenam adalah mengontrol gula darah. Anda suka denga makanan yang manis namun takut terkena penyakit gula darah seperti diabetes. Diabetes adalah penyakit yang berlangsung lama atau kronis dan juga sering ditandai dengan kadar (glukosa) darah yang tinggi di atas nilai normal.

Glukosa yang menumpuk dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh. Jika diabetes tidak dikontrol dengan baik, dapat menimbulkan berbagai kompikasi yang membahayakan nyawa penderita. Glukosa adalah sumber utama untuk menjadi energi bagi sel tubuh manusia.

Kadar gula yanga ada dalam darah dikendalikan oleh hormon. Hormon tersebut bernama hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas, yaitu organ yang terletak di belakang lambung.

Pada penderita diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh. Jika insulin tidak ada, sel-sel tubuh tidak akan bisa menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi.

Beberapa orang dapat mengalami kondisi prediabetes, yaitu kondisi ketika glukosa dalam darah di atas normal, namun tidak cukup tinggi untuk didiagnosis sebagai diabetes. Anda bisa mencoba mengonsumsi kue akar kelapa ini. Rasanya yang manis dan gurih tidak akan membuat anda menyesal memakan kue ini. Karena santan pada kue ini memiliki kandungan mangan.

Kandungan mangan ini memiliki fungsi yaitu menjaga metabolisme tubuh, serta menjaga peradangan. Selain itu mangan juga dapat mengontrol gula darah. Jadi anda tidak perlu khawatir gula dara anda naik setelah mengosumsi kue akar kelapa ini.

7. Mencegah Anemia

Setelah belajar Resep Kue Akar Kelapa kita belajar manfaat kue akar kelapa. Manfaat yang ketujuh adalah mencegah anemia. Anda mungkin tau apa itu Anemia. Anemia penyakit dengan kondisi di mana jumlah sel darah merah lebih rendah dari jumlah normal.

Anemia terjadi karena sel-sel darah merah tidak mengandung cukup hemoglobin, yakni protein kaya zat besi yang memberikan warna merah darah. Protein ini membantu sel-sel darah merah membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Anemia yang berlangsung untuk waktu yang lama atau yang sudah parah bisa menyebabkan kerusakan jantung, otak, dan organ lain dalam tubuh. Bahkan dampak dari anemia yang sudah parah dapat menyebabkan kematian.

Agar bisa mencegah penyakit anemia, tubuh anda perlu kandungan zat besi. Anda bisa mencoba kue akar kelapa, kerana kue ini bisa mencegah anemia. Dengan mengonsumsi kue akar kelapa ini anda bisa mencegah terkena anemia. Karena kue akar kelapa mengandung zat besi yang dibutuhkan tubuh. Zat besi ini  didapat dari santan kelapa yang ada dalam kue akar kelapa ini.

8. Membantu Mengontrol Berat Badan

Setelah belajar Resep Kue Akar Kelapa kita belajar manfaat kue akar kelapa. Manfaat yang kedelaopan adalah membantu mengontrol berat badan. Jika anda suka ngemil tapi takut gemuk atau berat badan naik. Anda bisa mencoba menjadikan kue akar kelapa ini menjadi cemilan anda. Selain bisa menjadi cemilan yang tidak membuat gemuk. Kue akar kelapa ini juga bisa membantu mengontrol berat badan anda.

Hal ini karena konsentrasi tinggi serat makanan yang didapat dari santan kelapa pada kue ini dapat menekan rasa lapar. Sehingga mencegah keinginan anda untuk makan makanan yang mengandung lemakn tinggi.

9. Menurunkan Resiko Kangker

Setelah belajar Resep Kue Akar Kelapa kita belajar manfaat kue akar kelapa. Manfaat yang kesembilan adalah menurunkan resiko kangker. Manfaat lain dari kue akar kelapa ini adalah menurunkan resika kangker.

Kangker  adalah penyakit ini terjadi karena pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali, yang menyebabkan jaringan tubuh normal rusak. Perlu anda ketahui, tubuh manusia itu terdiri dari triliunan sel yang tersebar di setiap organ dan bagian tubuh manusia.

Sel-sel ini nantinya akan terus tumbuh dan berkembang menjadi sel-sel yang baru. Dan sel-sel yang sudah tua, tidak sehat, dan tidak berfungsi lagi akan mati secara alamiah dan diganti oleh sel-sel yang baru.

Sementara sel kanker tidak akan mati dengan sendirinya. Sel kangker akan terus mengganda dan memperbanyak diri hingga jumlahnya sudah tidak dapat dikendalikan lagi. Perubahan inilah yang bisa memicu munculnya sel kanker.

Jika dibandingkan sel kangker dengan sel tubuh, sel kanker dan sel tubuh memiliki banyak sekali perbedaan. Sel ini dapat tumbuh secara agresif dan menyebar ke bagian tubuh lainnya guna membentuk sebuah jaringan baru. Sel kanker juga tidak dapat mati ataupun rusak dengan sendirinya.

Penyakit kanker bisa muncul pada bagian tubuh mana pun karena asalnya dari sel dalam tubuh manusia. Jadi, banyaknya jenis penyakit kanker yang ditemui pada manusia bukan hal yang mustahil. Bahkan dilaporkan bahwa terdapat lebih dari 200 jenis penyakit kanker yang berbeda.

Untuk anda yang tidak ingin terkena penyakit kangker bisa mencoba kue akar kelapa ini. Karena kue akar kelapa ini memiliki kandungan kolin. Kandungan kolin ini terdapat pada telur yang menjadi bahan dasar kue ini. Telur yang menjadi bahan dasar kue akar kelapa mampu membantu menurunkan resiko kangker.

10. Menyehatkan Mata

Setelah belajar Resep Kue Akar Kelapa kita belajar manfaat kue akar kelapa. Manfaat yang terakhir adalah menyehatkan mata. Manfaat yang lain dari kue akar kelapa ini adalah menyehatkan mata. Jika anda memiliki masalah penyakit mata atau ingin menjaga mata.

Anda bisa mengonsumsi kue akar kelapa ini untuk menjaga mata anda agar tetap sehat. Telur yang ada pada kue akar kelapa ini memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin serta vitamin karetonoid yang dapat membantu  menehatkan mata.

Mungkin sampai disini pembahasan dalam artikel Resep Kue Akar Kelapa. Semoga informasi yang saya berikan dapat bermanfaat. Jangan lupa selalu kunjungi Toko Mesin Kelapa karena disini kami akan selalu memberikan informasi seputar kelapa. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.