Resep Kue PancongKue – Kue adalah makanan ringan atau kudapan yang bukan termasuk makanan utama. Biasanya, kue memiliki rasa manis dan gurih, tetapi ada pula yang memiliki rasa asin. Kue biasanya terbuat atau berbahan dasar tepung. Beberapa tepung tersebut, antara lain tepung beras, tepung tapioka, tepung sagu, tepung terigu, tepung almond, dan tepung gandum.

Kue terdiri dari dua jenis, yaitu kue basah dan kue kering. Pada umumnya, perbedaan kue kering dan kue basah terletak pada teksturnya. Kue Basah bertekstur lembut, empuk, dan tidak dapat bertahan lama. Sementara kue kering berstektur sedikit kasar dan lebih keras dan juga kue kering dapat bertahan lebih lama dibanding dengan kue basah.

Setiap negara memiliki kue khas mereka masing – masing, tak terkecuali di Indonesia. Di Indonesia, masing – masing daerah memiliki kue khasnya masing – masing. Beberapa kue tersebut antara lain kue bika ambon, kue klepon, kue mangkok, kue cucur, serabi solo, wajik, putri selat, dan masih banyak lagi.

Dari kue – kue tradisional yang ada di Indonesia, kita akan membahas salah satu kue yang berasal dari daerah Betawi, yaitu kue pancong. Kue Pancong adalah kue khas daerah Betawi yang berbahan dasar tepung beras yang dicampur santan. Bentuk kue ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan kue pukis yaitu berbentuk seperti busur atau berbentuk setengah lingkaran. Kue ini tidak memakai gula pada adonannya. Gula pada kue ini terdapat pada toping atau di tambahkan saat kue sudah siap saji.

Baca Juga! Manfaat Pohon Kelapa

Kue pancong dapat anda temukan di wilayah betawi atau wilayah JABODETABEK, bahkan bisa anda temukan di provinsi lain hingga luar pulau jawa. Biasanya, kue Pancong ada pada acara – acara besar seperti pernikahan atau khitanan. Kue Pancong juga bisa anda temukan sebagai jajanan pasar ataupun pedagang keliling.

Bagi anda yang ingin mencoba kue pancong ini, anda bisa membelinya atau membuatnya sendiri. Untuk membantu anda membuat kue pancong, kami sudah mempersiapkan resep kue pancong. Berikut resep kue pancong yang bisa anda coba untuk membuat kue pancong.

Resep Kue Pancong

Resep kue pancong

Alat dan Bahan

Berikut Alat dan bahan yang digunakkan untuk membuat kue pancong.

  • 250 gr ( dua ratus lima puluh gram ) tepung beras
  • 250 gr ( dua ratus lima puluh gram ) kelapa sedang yang diparut panjang
  • Mentega untuk olesan cetakan secukupnya
  • Gula pasir untuk bahan taburan secukupnya
  • 2 ( dua ) butir telur ayam
  • Garam dapur secukupnya
  • 800 ml ( delapan ratus mili liter ) santan

Cara Membuat kue pancong

  1. Siapkan alat dan bahan untuk membuat kue pancong yang sudah kami berikan di atas
  2. Lalu rebus sekitar 100 gr ( seratus gram ) tepung beras dengan 400 ml ( empat ratus mili liter ) santan. Selanjutnya, rebus hingga kental dan mendidih, lalu angkat adonan. Masukkan juga kelapa parut, garam secukupnya, dan sisa tepung beras ke dalam adonan tersebut. Aduk hingga adonan merata.
  3. Setelah itu, masukkan telur ke dalam wadah, lalu kocok telur tersebut. Lalu masukkan telur yang sudah dikocok tersebut dan sisa santan ke dalam adonan kue pancong. Setelah itu, aduk adonan hingga merata.
  4. Siapkan alat cetakkan kue pancong dan panaskan cetakan tersebut di atas api yang kecil.
  5. Oleskan cetakan tersebut dengan mentega, tuang adonan hingga sekitar 3/4 tinggi cetakkan (  jangan terlalu penuh ). Masak kue tersebut hingga menguning dan memadat serta matang.
  6. Jika sudah matang, kemudian angkat kue pancong. Taruh kue tersebut di piring dan tambahkan topping gula atau bisa juga dengan topping yang anda inginkan sesuai selera seperti meises, keju, atau yang lainnya.

Resep Kue Pancong dengan tepung terigu

Resep kue pancong

Alat dan bahan

  • 400 gr ( empat ratus gram ) tepung terigu
  • 100 gr ( seratus gram ) tepung terigu
  • 4 ( empat ) butir telur
  • 500 ml ( lima ratus mili liter ) santan kelapa
  • 400 gr ( empat ratus gram ) parut kelapa
  • 500 ml ( lima ratus mili liter ) air
  • 2 ( dua ) lembar daun pandan
  • 1 sdt ( satu sendok teh ) garam
  • mentega secukupnya

Cara membuat kue pancong dengan tepung terigu

  1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan
  2. Masukkan air ke dalam panci
  3. Setelah itu, rebus sebagian atau sekitar 50 gr ( lima puluh gram ) tepung beras ke dalam air santan
  4. Kemudian masukkan daun pandan ke dalam adonan santan lalu aduk hingga mengental
  5. Selanjutnya, aduk sisa tepung beras bersama parutan kelapa dan tepung terigu. Lalu masukkan ke dalam rebusan air santan. Aduk adonan sampai rata
  6. Berikutnya, tambahkan telur yang telah dikocok dan air. Aduk sampai adonan rata.
  7. Siapkan alat cetakkan kue pancong. Panaskan dengan api kecil dan oleskan permukaannya dengan mentega.
  8. Masukkan adonan ke cetakkan kue pancong yang sudah dipanaskan. Tunggu hingga kue pancong memadat dan matang. Angkat dan taruh kue pancong di atas piring.
  9. Setelah selesai, tambahkan topping seperti gula atau meises sesuai selera anda. Kue pancong siap dihidangkan.

Manfaat Kue Pancong

Resep kue pancong

Kue Pancong memiliki beberapa manfaat untuk tubuh anda bila dikonsumsi dengan batas wajar. Beberapa manfaat tersebut antara lain:

Menambah Tenaga

Manfaat yang pertama dari kue pancong yaitu menambah tenaga. Tepung beras yang digunakan sebagai bahan dasar kue ini memiliki kandungan karbohidrat yang kita tahu sangat bermanfaat dalam menambah tenaga karena berguna sebagai sumber energi untuk tubuh. Selain itu, gula pada kue pancong juga bisa menjadi sumber tenaga.

Membantu memelihara sistem pencernaan

Manfaat selanjutnya dari kue pancong yaitu membantu memelihara sistem pencernaan. Santan dan kelapa parut sangat bermanfaat dalam memelihara sistem pencernaan karena memiliki serat yang bagus untuk sistem pencernaan pada tubuh.

Membantu membuang racun

Manfaat berikutnya yaitu membantu membuang racun dalam tubuh. Racun – racun yang mengendap dalam tubuh dapat menimbulkan penyakit bila semakin menumpuk. Untuk membantu tubuh membuang racun, kue pancong bisa sedikit membantu karena kandungan kelapa pada kue pancong dapat membantu membuang racun yang ada pada tubuh.

Membantu menjaga kesehatan jantung.

Manfaat selanjutnya yaitu menjaga kesehatan jantung. Kandungan kelapa pada kue pancong dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Itu karena kandungan asam laurat yang ada pada kelapa di kue pancong dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Membantu menurunkan risiko kanker

Kanker adalah penyakit yang paling berbahaya dan paling ditakuti. Itu karena penyakit kanker sulit disembuhkan dan dapat menyebabkan kematian. Untuk mencegah penyakit tersebut, kue pancong dapat membantu menurunkan risiko kanker. Itu karena kandungan kolin pada telur yang ada pada kue pancong dapat membantu menurunkan risiko kanker.

Membantu menyehatkan mata

Manfaat selanjutnya yaitu menyehatkan mata. Telur yang digunakan pada pembuatan kue pancong ini dapat membantu menyehatkan mata karena memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin serta vitamin karotenoid.

Membantu mencegah anemia

Manfaat berikutnya yaitu membantu mencegah anemia. Anemia adalah kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan hemoglobin atau sel darah merah yang membuat tubuh cepat lelah. Untuk mencegah masalah anemia tersebut, kue pancong dapat membantu mencegah penyakit anemia. Itu karena terdapat kandungan zat besi pada kue pancong, dimana zat besi tersebut dapat membantu dalam proses produksi hemogoblin atau sel darah merah. Zat besi pada kue pancong didapat dari kelapa yang menjadi bahan pada pembuatan kue pancong.

Demikian artikel tentang resep kue pancong beserta manfaatnya. Semoga artikel tentang resep kue pancong ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada kesalahan dan kekurangan pada artikel resep kue pancong ini, kami mohon maaf. Sekian dan terima kasih.