Resep Kue Sagon Jajanan Pasar yang Gurih

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai resep kue sagon jajanan pasar yang gurih dan manis. Resep kue sagon yang mudah untuk dibuat dirumah sendiri dan bahan – bahan yang diperlukan tidak sulit untuk didapatkan. Makanan ini juga cocok untuk dihidangkan bagi keluarga atau saudara yang sedang berkunjung ke rumah anda.

Apa itu Kue Sagon ?

Mengenai makanan tradisional itu banyak sekali aneka ragamnya dari yang manis, gurih, dan lembut semua bisa diperoleh dalam satu makanan. Untuk makanan tradisional kali ini saya akan menjelaskan mengenai kue sagon yang menjadi makanan khas di Jawa. Namun belum ada kejelasan mengenai orang yang pertama kali membuat sagon.

Sagon merupakan salah satu makanan tradisional dari Jawa Tengah yang rasanya gurih dan manis. Diberi nama sagon karena orang – orang zaman dahulu memberikan nama dengan sangat mudah dengan cara melihat dari bahan yang digunakan untuk membuat makanan tersebut dahulu orang membuat sagon dengan menggunakan tepung sagu namu sekarang banyak sagon yang terbuat dari tepung ketan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia sagon merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan yang bercampur dengan kelapa parut dan gula. Perbedaan pendapat antara orang dahulu dan sekarang memanglah sangat berbeda. Tetapi itu tidak ada pengaruh untuk rasa kue sagon yang gurih ini mau dibuat dengan tepung sagu ataupun tepung ketan rasanya tetap gurih dan manis.

Kue Sagon untuk Hidangan Hari Raya Idul Fitri

Hari raya idul fitri merupakan hari besar bagi seluruh umat muslim di dunia untuk silaturahmi dan maaf – maafan dengan orang tua, saudara, dan tetangga disekitar lingkuangan rumah. Untuk menyambut hari besar ini tentu seluruh umat muslim sudah mempersiapkan dengan gembira dan cara menyambutnya dengan tradisi di hari lebaran yaitu menyiapkan kue lebaran.

Kue sagon adalah kue tradisional yang bisa dihidangkan saat lebaran tiba, karena dengan rasanya yang manis dan gurih ini menjadi santapan yang nimat untuk dihidangkan bagi keluarga, saudara, atau tetangga yang berkunjung ke rumah.

Sagon Mulai Jarang Ditemui

Seiring dengan berjalannya waktu makanan di Indonesia semakin banyak dan beraneka ragam dan mungkin sekarang makanan yang sering dibeli adalah makanan – makanan modern atau makanan cepat saji. Maka dari itu mungkin menjadikan makanan tradisional pada sekarang ini mulai jarang ditemukan.

Seperti layaknya kue sagon ini mungkin sudah menjadi makanan tradisional yang mulai jarang ditemukan dipasaran atau para penjual keliling karena banyak wisatawan yang berpindah dengan kuliner yang lainnya. Itu menjadikan alasan para penjual untuk beralih ke kuliner yang banyak diminati oleh wisatawan.

Tetapi anda tidak perlu khawatir lagi jika ingin menyantap kue sagon ini, karena kue sagon bisa dibuat dirumah sendiri dan bahan – bahannya pun tidak sulit untuk dicari. Jadi tidak perlu jauh – jauh untuk mencari kue sagon ini.

Resep Kue Sagon

Ada dua cara membuat kua sagon ini yang pertama dengan dibakar dan yang kedua di oven.

1. Resep Kue Sagon Bakar

resep kue sagon

Bahan – Bahan :

  • 1/4 kg tepung sagu
  • 1/2 kelapa muda, parut
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Margarin secukupnya

Resep Kue Sagon :

  1. Campur kelapa yang sudah diparut tadi dengan tepung sagu lalu aduk sampai rata tambahkan garam aduk kembali.
  2. Panaskan teflon dan oles menggunakan margarin kemudian masukan adonan dengan menggunakan satu sendok sayur.
  3. Taburi gula pasir pada adonan.
  4. Lipat sagon sampai warna berubah menjadi sedikit berwarna coklat atau kuning.
  5. Angkat dan ulangi cara tersebut sampai adonan habis.
  6. Sagon siap disajikan.

2. Resep Kue Sagon Oven

resep kue sagon

Bahan – Bahan :

  • 150 gram tepung sagu
  • 500 gram kelapa, diparut
  • 50 gram margarin
  • 100 gram gula pasir
  • 1/2 sdt vanila bubuk
  • 60 ml air
  • 1/2 sdt garam

Resep Kue Sagon Oven :

  1. Sangrai tepung sagu tadi dengan api sedang selama 10 menit.
  2. Sangrai kelapa yang sudah diparut tadi sampai matang .
  3. Campur kelapa parut, tepung sagu, gula pasir, garam, air, vanila bubuk, dan margarin kemudian aduk rata.
  4. Cetak adonan menggunakan cetakan kue.
  5.  Panggang dalam oven selama 10 Р20 menit dengan suhu 160 derajat.
  6. Dinginkan, kemudian tata didalam toples.
  7. Sagon siap disajikan.

Sangat mudah bukan untuk membuat makanan tradisonal sagon ini. Selain menggunakan tepung sagu membuat sagon juga bisa menggunakan tepung ketan. Tidak memakan waktu yang lama pula untuk membuat kue sagon ini. Boleh dicoba dirumah dan juga bisa untuk yang sedang belajar memasak karena tidak begitu sulit untuk membuatnya.

Mengenal Sagu

Sagu merupakan makanan pokok bagi masyarakat di Maluku. Sagu menjadi bahan dari pembuatan kue sagon yaitu sagu yang sudah diolah menjadi tepung. Tepung sagu juga sering digunakan untuk bahan makanan tradisional contohnya seperti sagon ini. Tekstur dari tepung sagu ialah cukup lembut, berwarna putih, dan jika dipegang akan terasa kesat.

Namun seiring dengan berjalannya waktu tepung sagu mulai sulit untuk ditemukan dan sebagian orang menggantinya dengan tepung tapioka.

Manfaat Mengonsumsi Sagu

Sagu juga memiliki berbagai manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat dari sagu :

1. Menekan Gula Darah

Pembentukan kristalisasi gula dapat menyebabkan peningkatan gula darah. Untuk itu konsumsilah sagu, karena sagu dapat membantu menekan kecepatan penyebaran gula darah dalam jaringan yang ada di dalam tubuh.

2. Menghambat Penyumbatan Aliran

Sagu juga memiliki manfaat untuk mencegah penyumbatan aliran darah. Peredaran darah yang lancar akan berakibat mempengaruhi kesehatan organ tubuh. Untuk itu konsumsilah sagu jika bisa mengkonsumsi secara rutin maka bisa membantu memperkecil resiko terkena gangguan pada pembuluh darah.

3. Mencegah Resiko Kanker Usus

Resiko kanker usus disebabkan oleh proses pencernaan yang tidak lancar. Resiko gangguan tersebut bisa dicegah dengan mangkonsumsi secara rutin sagu karena sagu mengandung serat yang dapat bekerja sebagai probiotik alami di dalam usus.

4. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Sagu mengandung kalsium yang sangat baik yang bisa dikonsumsi oleh segala usia dan juga khususnya bagi anak – anak dalam masa pertumbuhannya. Kalsium ini bermanfaat meningkatkan kepadatan tulang dan dapat bisa meminimalisir resiko osteoporosis pada orang dewasa.

Fosfor yang terkandung di dalam sagu juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tulang dan gigi terlebih lagi untuk usia lanjut sangat cocok jika mengkonsumsi sagu ini.

5. Mencegah Kembung

Kurang lancarnya proses pencernaan bisa menyebabkan kembung terutama pada bagian lambung tapi jangan khawatir untuk mengatasi hal ini anda bisa mengkonsumsi makanan yang berbahan dasar sagu.

6. Untuk Diet Sehat

Sagu dapat dijadikan makanan saat anda menjalani diet karena sagu bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan nasi putih. Dan jangan lupa pola dan porsi makan juga harus diatur agar tidak melebihi standar dan diet berjalan dengan lancar.

Khasiat Kelapa

Selain tepung sagu kelapa juga merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk membuat kue sagon ini dan tak disangka kelapa juga memiliki banyak khasiat untuk tubuh kita. Berikut beberapa khasiat dari kelapa :

1. Mengatasi Dehidrasi

Kelapa ini bisa membantu mengatasi dehidrasi karena kelapa mengandung elektrolit yang dapat membantu dehidrasi tersebut selain itu kandungan elektrolit juga sangat bermanfaat khususnya untuk yang menderita diare, disentri, dan kolera.

2. Menguatkan Sistem Imun

Air kelapa megandung kandungan yang bisa menghilangkan bakteri dan bisa melawan virus yang sangat bermanfaat untuk melindungi gusi dan infeksi pada saluran pencernaan. Selain itu air kelapa  juga mengandung magnesium yang tinggi ini bermanfaat untuk menyembuhkan migrain.

3. Menambah Energi

Air kelapa juga bisa bisa meningkatkan sistem kinerja pada hormon kelenjar tiroid, hormon ini bermanfaat untuk menambah energi. Jadi cocok untuk kamu yang sedang kelelahan untuk mengkonsumsi air kelapa tapi air kelapa yang masi muda ya.

4. Mencegah Penuaan Kulit

Sitokin yang terkandung dalam air kelapa ini bermanfaat untuk proses pertumbuhan, regulasi pada sel, dan dapat membentuk jaringan kolagen di kulit. Untuk kamu yang ingin merawat kulit sangat cocok jika kamu mengkonsumsi air kelapa muda namun dengan porsi yang benar.

5. Menghilangkan Racun dalam Tubuh

Kandungan anti-oksidan pada kelapa ini sangat bermanfaat untuk menghambat radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh atau juga bisa menghilangkan racun di dalam tubuh.

Bagaimana ? Mudah bukan untuk membuat kue sagon dan banyak juga manfaat yang ada dalam satu kue sagon ini. Jangan lupa untuk mencobanya dirumah semoga bermanfaat bagi teman – teman semua. Terimakasih.