Resep Olahan Ayam yang Enak dan Lezat

Pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan mengenai resep olahan ayam yang bisa dihidangkan untuk keluarga anda dengan rasa yang enak dan lezat. Dengan resep masakan ini anda bisa menghidangkan menu masakan bagi keluarga anda yang munkin jarang dijumpai di tempat makan sekitar anda.

Agar tidak bosan lagi kamu bisa mengikuti resep olahan ayam ini untuk membuat resep baru dirumah. Variasi atau cara memasak olahan ayam tentu banyak mulai dari digoreng, dikukus, dipanggang atau bahkan dibakar.

Ayam merupakan sumber protein hewani yang mudah di olah dirumah. Berbagai masakan bisa dihasilkan dengan berbahan dasar ayam karna ayam pun mudah untuk dibeli di pasar atau di supermarket disekitar kita.

Jika kamu ingin mengolah ayam dengan yang berbeda resep dibawah ini mungkin akan memberi referensi baru untuk kamu masak dirumah. Berikut beberapa resep untuk mengolah ayam yang rasanya enak dan lezat.

Resep Olahan Ayam

1. Resep Olahan Ayam Pop Corn

resep olahan ayam

Pop corn yang dimaksud bukan pop corn yang dimakan untuk menon bioskop yaa. Ini mungkin makanan yang lain daripada yang lain karna sebutan namanya juga agak sedikit aneh. Tapi belum tentu juga rasanya juga aneh.

Menu makanan ini pasti disukai oleh anak – anak karena teksturnya yang renyah dan bisa dimakan menggunakan saus. Cara membuat ayam pop corn sangat mudah karena bahan – bahanya mudah didapatkan di supermarket atau di pasar terdekat rumah kamu.

Bahan – Bahan :

  • 1,5 kg sayap ayam
  • 60 ml kecap asin
  • 2 siung bawang putih haluskan
  • 2 sdm madu
  • 1 sdm wijen putih
  • 2 sdt jahe bubuk
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdm cabai bubuk
  • 1 sdm gula merah
  • 2 sdm minyak wijen
  • Daun kucai secukupnya, iris halus

Resep Olahan Ayam Pop Corn :

  1. Cuci sayap ayam tadi lalu potong sayap ayam menjadi 2 bagian ujung sayap dibuang. Ambil bagian lenan atas kemudian iris bagian dagingnya ke arah atas.
  2. Lilitkan daging ayam yang sudah disayat hingga membentuk pentol.
  3. Setelah itu ambil bagian sayap yang lain. Sayat sampai putur kulit dan dagingnya. Lipat diujung lainnya kemudian potong tulangnya yang kecil.
  4. Masukan ayam ke dalam bumbu aduk rata, kemudian masukan ke dalam lemari es kurang lebih selama 3 jam.
  5. Setelah 3 jam ungkep ayam yang sudah dimarinasi dengan api sedang hingga berwarna.
  6. Aduk sesekali sampai air menyusut dan bumbu menyerap ke dalam daging ayam. Tunggu selama 30 menit.
  7. Angkat lalu sajikan di atas piring saji jangan lupa tabur wijen dan daun kucai di atas daging.

2. Resep Olahan Ayam Pepes Kemangi

resep olahan ayam

Pepes merupakan makanan khas di Indonesia yang berbahan utama pepes tetapi bisa juga diganti sesuai selera saja. Untuk kali ini membuat pepes dengan berbahan utama daging ayam. Ditambah dengan daun kemangi pasti akan membuat pepes ayam ini bertambah lezat dan bisa menghilangkan rasa amis pada daging ayam.

Bahan – Bahan :

  • 2 ekor ayam potong sesuai selera
  • 4 ikat daun kemangi
  • 2 ruas jari lengkuas potong kecil – kecil
  • 2 buah jeruk nipis peras dan ambilnya airnya saja
  • 8 lembar daun salam
  • 4 buah tomat hijau iris kecil – kecil
  • 15 lembar daun jeruk cuci bersih
  • 2 buah cabai merah
  • Cabai rawit sesuai selera
  • 4 batang daun bawang
  • 4 batang serai
  • Kaldu ayam instan
  • 15 gram garam
  • 1/2 liter air
  • Minyak goreng secukupnya
  • Daun pisang
  • 15 gram kunyit
  • 50 gram bawang merah
  • 15 gram bawang putih
  • 15 gram kemiri

Resep Olahan Ayam Pepes Kemangi :

  1. Cuci daging ayam kemudian potong – potong sesuai selera. Siram daging menggunakan air perasan jeruk nipis tadi untuk menghilangkan bau amis pada daging ayam diamkan selama 15 menit, lalu cuci dengan air bersih lagi.
  2. Panaskan wajan dan minyak lalu tumis bumbu ( bawang merah, bawang putih, kunyit, dan kemiri ) yang sudah dihaluskan tadi, tumis hingga aromanya harum.
  3. Masukkan daging ayam aduk rata.
  4. Tambahkan air, gula pasir, santan, dan garam lalu aduk rata sampai air menyusut dan daging ayamnya matang.
  5. Sambil menunggu dingin siapkan daun pisang untuk membungkus daging ayam. Lalu tata dengan urutan daun pisang, daun jeruk, daun salam, daging ayam, irisan tomat, serai, daun kemangi, dan terakhir irisan tomat.
  6. Bungkus pepes ayam dengan rapi agar bahan tidak berantakan saat disematkan dengan lidi pada bagian ujungnya.
  7. Masukan pepes ayam kedalam panci kukusan tunggu selama 1 jam.
  8. Matikan api kemudian keluarkan pepes ayam dari kukusan.
  9. Pepes ayam siap disajikan.

Mudah bukan untuk membuat olahan daging ayam seperti resep olahan ayam di atas. Jangan lupa dicoba dirumah siapa tahu bisa ketagihan karena rasanya yang enak dan lezat. Sedikit informasi mengenai daging ayam yang kamu beli dipasar itu baik atau tidak untuk dikonsumsi maka dari itu kamu harus memperhatikan beberapa hal ini untuk keselamatan atau kesehatan kamu.

Hal yang Harus Diperhatikan saat Membeli Daging Ayam

Daging ayam juga dikenal banyak membawa virus dan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Untuk itu kita harus benar – benar teliti saat membeli daging ayam yang baik untuk dikonsumsi oleh tubuh.

1.Aroma atau Bau

Daging ayam yang segar dan tidak berbau dapat dipastikan dengan sangat segera. Apabila kamu mencium bau busuk, bau obat, atau bau bahan kimia dapat dipastikan bahwa daging ayam tersebut tidak layak untuk dikonsumsi. Namun hal ini sangat sulit jika dilakukan di swalayan atau supermarket karena biasanya daging ayamnya sudah dibungkus dengan plastik.

2.Warna Daging

Warna daging ayam yang layak untuk dikonsumsi adalah warna daging ayam yang terlihat segarĀ  dan cerah. Warna daging ayam yang layak dikonsumsi berwarna putih ke abu – abuan yang cenderung hampir seperti warna pink, tidak berwarna pucat atau bahkan berwarna hitam itu sudah termasuk daging ayam yang tidak layak untuk dikonsumsi.

3.Tekstur Daging Ayam

Tekstur daging ayam yang segar biasanya memiliki tekstur yang kenyal, maksudnya saat daging ayam dipotong dan terkena tekanan maka akan segera kembali seperti semula. Namun ketika daging ayam itu terlihat penyok dan cenderung keras maka dapat dikatakan daging ayam tersebut tidak layak untuk dikonsumsi.

4.Darah DagingĀ  Ayam

Jika kamu membeli daging ayam pada supplier ayam potong dan kamu melihat daging ayam tersebut mempunyai banyak sisa darah, sebaiknya kamu hindari atau jangan membeli ayam tersebut. Karena daging ayam dalam kondisi semacam itu biasanya sudah disentuh oleh banyak tengan dan akan banyak bakteri yang menempel pada daging.

5.Potongan pada Leher Ayam

Jenis ayam tiren juga dapat diketahui dari cara penjual memotong leher ayam. Pada potongan leher ayam tireng biasanya tidak lebar dan juga asal – asalan saat memotongnya. Kemudian pada bagian leher atau kepala seperti ada bercak darah.

6.Kemasan Daging Ayam

Jika kamu membeli daging di swalayan atau supermarket biasanya daging ayam dibungkus dengan plastik dan styrofoam yang sangat rapat. Apabila plastiknya sudah tidak rapat atau kendur dan sudah ada sebuah lingkaran – lingkaran bulat diplastik sudah bisa dikatakan bahwa daging ayam tersebut sudah banyak disentuh olah banyak orang.

Selain harus memperhatikan hal – hl yang harus dilakukian saat mengkonsumsi daging ayam, kamu juga harus tahu kandungan gizi yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Untuk itu saya akan menjelaskan sedikit kandungan gizi yang ada pada daging ayam. Berikut beberapa kandungan gizi pada daging ayam.

Kandungan Gizi

1. Protein

Protein sangat penting bagi fungsi kekebalan tubuh, pertumbuhan sel, dan juga massa otot. Kebutuhan asupan protein yang disarankan per harinya sebesar 46 gram bagi perempuan dan 56 gram bagi lelaki. Protein yang terkandung pada paha ayam sebesar 21 gram dan pada dada ayam sebesar 25 gram jadi untuk memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh bisa mengonsumsi daging ayam.

2. Lemak

Satu porsi dada ayam mengandung 7 gram lemak total dan 2 gram lemak jenuh, ini merupakan 10 persen nilai harian yang sudah direkomendasikan. Sedangkan pada satu porsi paha ayam mengandung 13 gram lemak total dan 3,5 gram lemak jenuh. Ini merupakan 20 persen dari asupan yang sudah di rekomendasikan per harinya.

3. Sumber Vitamin dan Mineral

Tidak hanya sebagai sumber protein yang sangat baik daging ayam juga merupakan sumber mineral vitamin dan mineral yang sangat baik pula. Vitamin dan mineral berfungsi untuk membantu berbagai proses dalam tubuh.

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini semoga bermanfaat bagi para pembaca dan jangan lupa untuk mencoba di rumah!