Resep roti kelapa merupakan langkah-langkah untuk membuat roti kelapa secara mudah namun tetap enak. Dan dari resep roti kelapa yang akan saya jelaskan di bawah beserta langkah-langkah membuat nya merupakan resep yang pernah saya coba sendiri dan sekarang akan saya bagikan untuk kalian juga.

Resep roti kelapa atau coconut bun ini adalah salah satu resep yang pernah saya coba sendiri.membuat nya memang cukup rumit tapi sebanding dengan rasanya.

Dan dari rasanya yang manis dan gurih dari kelapa serta aroma kelapa nya yang khas. Kue ini cocok untukk cemilan anak-anak di rumah dan bisa juga untuk suguhan tamu.

Pertama saya pun coba-coba namun akhir nya ada resep ini dan banyak yang suka dengan rasanya. Mungkin anda bisa coba membuat nya sendiri di rumah. Bisa dengan tambahan sesuai kreasi anda sendiri. Dan berikut adalah resep roti kelapa atau coconut bun dari saya. Selamat mencobaa..

Bahan-Bahan Untuk Membuat Resep Roti Kelapa :

Bahan roti:

  1. 200 gr terigu cakra
  2. 50 gr terigu segitiga
  3. 50 gr gula pasir
  4. 1 sdm susu bubuk
  5. 5 gr ragi instan
  6. 125 ml air hangat
  7. 1 btr kuning telur
  8. 40 gr butter
  9. 1/2 sdt garam
  1. Isi(aduk rata)

  1. 5 sdm kelapa parut
  2. 4 sdm gula pasir
  3. 1 btr telur
  4. 50 gr butter,cairkan
  1. Topping(aduk rata)

  1. 3 sdm terigu
  2. 3 sdm butter,cairkan
  3.  dan 3 sdm gula halus
  1. Olesan

  1. 1 btr kuning telur
  1. Taburan:

  1. Kelapa parut

Langkah Membuat Resep Roti Kelapa :

  • Campur semua bahan roti(kecuali butter & garam)*aku pake breadmaker
  • Setelah setengah kalis,masukkan butter & garam.Setelah kalis elastis,tunggu mengembang 2x lipat (kira2 30 menit)
  • Bagi menjadi 10 bagian @ 50gr
  • Isi:Campur semua bahan isi,aduk rata
  • Masukkan isian ke dlm roti,bulatkan,olesi kuning telur
  • Semprotkan topping di atasnya
  • Taburi bubuk kelapa
  • Panggang sampai matang (180° 30 menit)

Cara Membuat Kerajinan Dari Batok Kelapa Yang Bisa Kamu Buat Di Rumah!!

Manfaat Kelapa Dalam Berbagai Olahan Makanan Dan Minuman Di Indonesia

Konsumen Indonesia sangat menyukai kelapa, hal tersebut dapat dilihat dimana sebagian besar restoran dan rumah makan menyediakann minuman buah kelapa.

Konsumsi buah kelapa akan semakin meningkat selama bulan puasa dan Hari Raya. Banyak konsumen Indonesia menyukai mengkonsumsi minuman buah kelapa saat berbuka puasa atau setelah makan malam.

Buah kelapa bukan hanya dikonsumi dalam bentuk buah segar, tetapi juga dikonsumsi dalam bentuk yang lain yaitu santan dan kelapa parutan.

Santan biasanya dikonsumsi secara tidak langsung karena santan menjadi bahan baku dalam beragam masakan, tetapi santan juga seringkali dikonsumsi langsung bersama makanan atau minimal lain seperti ketika mengkonsumsi minuman cendol atau dawet.

Parutan kelapa seringkali tidak dikonsumsi semata wayang, tetapi dikonsumsi bersama makanan lain seperti dalam bentuk isian sebuah kudapan, taburan kudapan, atau campuran adonan sebuah kudapan misanya ongol-ongol atau kue putu.

Parutan kelapa juga sering digunakan sebagai isian dari produk bakery seperti roti isi kelapa. Beberapa produk biskuit juga menambahkan kelapa sebagai bahan bakunya sehingga menyebutnya sebagai biskuit rasa kelapa.

Pohon ini adalah tanaman ajaib bagi manusia karena semua bagian dari tanaman kelapa dapat dimanfaatkan oleh manusia. Kelapa adalah salah satu jenis tanaman yang banyak dimanfaatkan semua bagiannya oleh manusia.

Kelapa Tanaman Khas Tropikal

Dalam bahasa latin (Cocos nucifera) termasuk kedalam suku aren-arenan (Arecaceae) dan anggota tunggal dalam marga Cocos. Pohon ini tumbuh di pantai dan dapat beradaptasi dengan tanah berpasir pantai dengan PH antara 6,5-7,5.

Dapat tumbuh sekitar 600 m dari pinggir laut pada ketinggian 0-450 m di atas permukaan laut. Pohon ini dapat tumbuh dengan baik di daerah dengan curah hujan antara 1.300-2.300 mm/tahun dengan suhu sekitar 27oC dan kelembaban 70-80%.

Pohon kelapa berasal dari pesisir Samudera Hindia ini, saat ini dibudidayakan di seluruh daerah tropika, termasuk di Indonesia. Di Indonesia, pohon kelapa ditemukan di hampir seluruh wilayah di Indonesia.

Indonesia adalah salah satu negara penghasil buah kelapa terbesar di dunia. Ada beberapa jenis kelapa yang dibudidayakan di Indonesia, yaitu :

1. Kelapa dalam: viridis (kelapa hijau), Rubescens (kelapa merah), Macrocorpu (kelapa kelabu), sakarina (kelapa manis)

2. Kelapa genjah: Eburnea (kelapa gading), Regia (kelapa raja), Pumila (kelapa puyuh), pretiosa (kelapa raja malabar)

3. Kelapa hibrida

Dari berbagai jensi-jenis kelapa yang dibudidayakan, kelapa hijau dan kelapa hibrida adalah jenis kelapa yang paling banyak digunakan untuk membuat masakan dan minuman oleh masyarakat Indonesia.

Segudang Manfaat Pohon Kelapa

Semua bagian dari tanaman kelapa dapat dimanfaatkan manusia. Batang kelapa yang tua biasanya digunakan untuk bahan bangunan dan bahan furniture.

Batang kelapa tua dapat digunakan untuk jembatan darurat, kerangka perahu dan kayu bakar. Bagian batang  yang sangat cukup usianya dapat diserut sehingga terlihat teksturnya yang menarik untuk bahan berbagai barang furniture.

Daun kelapa dapat dijadikan bahan untuk untuk membuat hiasan atau janur, bungkus ketupat bahkan menjadi bahan atap rumah atau bangunan. Tulang daun atau lidi digunakan untuk membuat barang anyaman, sapu lidi dan tusuk sate.

Pohon kelapa juga dapat menghasilkan nira yaitu cairan yang mengandung gula dengan konsentrasi 7,5-20%. Cairan nira akan keluar dari bunga betina yang belum matang.

Potonglah bunga betina yang belum matang, maka cairan nira akan keluar dari ujung bekas potongan tersebut. Cairan nira yang dipanaskan kemudian didinginkan sehingga mengeras akan menghasilkan gula kelapa.

Sabut kelapa yang telah dibuang gabusnya adalah serat alami yang sangat baik untuk bahan pelapis jok dan kursi pada sofa dan kendaraan bermotor, juga untuk keset, serta bahan membuat tali.

Batok kelapa dapat dijadikan arang dan beragam kerajinaan tangan yang sangat indah, serta bahan baku untuk membuat obat anti nyamuk bakar. Akar pohon kelapa dapat dimanfaatkan untuk bahan furniture, zat pewarna furniture, obat gatal, dan panas.

Buah Kelapa Berlimpah Manfaat

Dari semua bagian pohon kelapa, maka buah kelapa adalah bagian yang sangat penting yang paling banyak dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan makanan, masakan dan minuman.

Apa yang menyebabkan rendang begitu enak dan gurih?, demikian pula betapa nikmatnya makan kolak pisang, serta betapa segar dan lembutnya kita minum es kelapa atau es cendol atau es dawet?.

Kenikmatan rendang, kolak pisang, es cendol dan es dawet adalah bersumber dari salah satu bahan makanan yang sangat popular yaitu kelapa.

Buah kelapa diolah menjadi santan, dan santan inilah yang menjadi salah satu bahan yang menyebabkan beberapa jenis makanan dan minuman menjadi sangat enak. Santan mengandung lemak nabati, dan lemak inilah yang menyebabkan masakan dan minuman menjadi enak dan gurih.

Lemak juga menjadi sumber energi dan membuat sensasi kenyang dan bertahan lama. Kelapa adalah salah satu bahan makanan yang sangat banyak ditemukan sebagai bahan beragam jenis makanan, masakan dan minuman di Indonesia.

Buah kelapa yang tua diproses lebih lanjut menjadi kopra. Kopra adalah daging kelapa yang dipotong potong dan dikeringkan. Kopra adalah bahan baku untuk membuat minyak kelapa.

Minyak kelapa digunakan sebagai salah satu bahan baku untuk produk kosmetik, industri (sabun, shampoo) dan obat-obatan