Sekarang Lagi Zamanya Rujak Es Krim. Penasaran? Berikut Resep Rujak Es Krim

Artikel kali ini saya akan membahas resep rujak es krim, apakah anda pernah mencobanya? tapi sebelumnya saya akan menjelaskan apa itu rujak terlebih dahulu.

1. Pengertian

resep rujak as krim

Rujak merupakan makanan yang masih tergolong tradisional yang umumnya berasal dari campuran berbagai jenis sayuran atau buah dan ditambahkan bumbu atau kuah yang dicampuri cabe. Makanan ini mudah ditemukan di Indonesia, Malaysia, dan Singapura dan di sana disebut rojak.

Rujak ini dapat dengan mudah dijumpai pada  penjual gerobak keliling bahkan saat ini juga menjadi menu-menu sajian di restoran ternama.

2. Manfaat Rujak

1. Menyehatkan Jantung

Memakanan makanan pedas menyebabkan insiden serangan jantung dan stroke yang lebih rendah. Alasannya, cabai bisa mengurangi efek merusak dari kolesterol jahat dalam tubuh.

2. Mencegah Sariawan :

Kandungan vitamin C yang ada pada rujak buah bisa membatu untuk pencegahan sariawan dan panas dalam.

3. Mempelancar Pencernaan

Serat dan vitamin yang terkandung dalam buah baik untu memperlancar pencernaan dalam tubuh kita.

4. Menurunkan Berat Badan

Pedasnya cabai membuat kita berkeringat dan bisa membakar kalori dalam tubuh sehinga bisa mengurangi kadar lemak  berlebih

Manfaat Buah Segar Dalam Rujak :

  • Buah Asam

    Mengandung banyak vitamin C, menimbulkan sensasi segar, mengatasi darah rendah, sariawan, jerawat, mencerahkan kulit, mengatasi selulit.

  • Bengkoang

    Mengandung anti oksidan, mencegah sariawan, menurunkan kadar gula darah, mengandung estrogen, mengurangi maag, menyehatkan kulit, mencegah penuaan dini, melancarkan pencernaan, baik untuk ginjal dan empedu,, mencegah strook, mencegah timbul jerawat

  • Cabe Setan

    Kaya akan vitamin C, dan juga dapat mencegah virus sariawan,  kekebalan tubuh, menambah nafsu makan, membersihkan lendir di hidung.

  • Dondong

    Antioksidan, mencegah penuaan dini, menurunkan berat badan, menghambat diabetes, menurunkan kolesterol, mengatasi anemia, menajamkan penglihatan, meningkatkan daya tahan tubuh dan  menyehatkan kulit.

 

Tidak Hanya Buah, Ternyata Es Krim Juga Punya Manfaat Untuk Kesehatan. Berikut Ini :

1. Kaya Kalsium

 

Es krim terbuat dari produk susu yang banyak mengandung kalsium dan juga nutrisi yang dapat  memperkuat tulang dan menaikkan energi tubuh.

2. Melindungi Gigi dan Gusi

Kalsium yang terkandung didalam es krim ini juga bermanfaat untuk perlindungan gigi dan membangun gusi yang kuat. Maka dari itu  mulai dari sekarang pikirkan lagi sebelum berhenti memberi es krim kepada anak anda.

3. Mengurangi Peradangan

Cokelat dalam es krim juga bermanfaat bagi tubuh. Es krim jenis seperti ini banyak mengandung flavonoid yang bisa mengurangi peradangan arteri pada jantung. Dark chocolate memiliki flavonoid yang melindungi arteri jantung dari kelelahan.

4. Kaya Vitamin

Satu sendok es krim mempunyai banyak kandungan vitamin A, D, K dan B12 didalamnya. Vitamin A baik untuk kesehatan mata, vitamin D menyerap kalsium dan nutrisi dari makanan dan menyimpannya di ginjal.

Dapat meningkatkan aliran darah pada tubuh dan dapat membuka sel darah yang tersumbat didalam vitamin K . Vitamin B12 meningkatkan memori dan sistem saraf.

5. Menurunkan Berat Badan

Es Krim ternyata dapat membantu menurunkan berat badan. Mengkonsumsi sesuatu yang dingin akan meningkatkan suhu tubuh dan membakar kalori serta lemak.

6. Mengandung Protein

Tubuh membutuhkan protein setiap hari untuk membangun dan memperbaiki jaringan otot. Satu sendok es krim bisa menyediakan jumlah protein yang cukup banyak untuk satu hari yang aktif.

7. Rendah Lemak

Es krim yang dibuat menggunakan bahan yang rendah lemak misalnya susu skim mempunyai manfaat untuk kesehatan yang lebih banyak. Jika Anda khawatir tentang masalah kenaikan berat badan, hal tersebut tidak akan terjadi.

 

Cara Membuat Rujak Es krim

resep rujak es krim

1. Resep Rujak Es Krim :

Bahan-bahan :

  • nanas, iris korek api 200 gram
  •  pepaya mengkal, iris korek api 200 gram
  •  mangga muda, iris korek api 200 gram
  •  mentimun, buang biji, iris korek api 200 gram
  • 400 g gula pasir
  • 1 ½ l air
  • 600 g es krim
  • 200 ml Susu Kental Manis Frisian Flag Cokelat

Bumbu Rujak :

  • 5 bh cabai rawit merah
  • ½ sdt terasi goreng
  • 1 sdm asam jawa
  • ¾ sdt garam
  • 2 sdm air jeruk nipis

Resep Rujak Es Krim :

  1. Didihkan air. Masukkan bumbu rujak. Rebus sampai harum.
  2. Masukkan gula pasir, aduk rata. Masak sampai larut. Angkat.
  3. Tambahkan nanas, pepaya, mangga, dan mentimun, aduk rata.
  4. Masukkan air jeruk nipis. Dinginkan.
  5. Sajikan dengan es krim dan siraman Susu Kental Manis Frisian Flag Cokelat.

2. Resep Rujak Serut Es Krim

Bahan-bahan :

  •  nanas 1 buah
  •  mangga (boleh yg muda atau agak matang) 1 buah
  •  apel 1 buah
  •  pir jambu 1 buah
  •  ubi jalar madu 1 buah
  • 1/2 buah pepaya mengkal
  • bengkuang (kalau ada) 1 buah
  • 2 buah timun

Bumbu Kuah :

  • 5 buah cabe rawit (kalau suka pedas boleh di tambah)
  • 300 gram gula merah
  • 500 mili air
  • 1 sendok teh asam jawa
  • terasi bakar 1 ruas jari

Resep Rujak Es Krim :

  1. Untuk buah yg harus dikupas seperti nenas, pepaya, ubi, bengkuang, dan mangga, dikupas lalu di cuci bersih kemudian di parut. Untuk nenas sebaiknya di potong kecil2 Karena kalau di parut akan hancur.
  2. Sedangkan buah yg bisa tanpa di kupas, setelah di cuci bersih langsung diparut.
  3. Ulek cabe rawit sampai halus. Tambahkan terasi bakar. Kemudian masukkan ke dalam panci bersama sedikit garam, dan gula merah serta air. Masak sampai mendidih dan gula larut
  4. Setelah air kuah matang, dinginkan. Lalu masukkan sedikit2 ke dlm campuran buah yg sudah di serut. Sambil di rasa asam, asin, manis dan pedasnya. Kalau kurang manis boleh di tambah gula pasir sesuai selera.
  5. Boleh langsung di sajikan dengan di tambah 1 sendok es krim di atasnya. Tapi akan lebih nikmat jika rujaknya dibiarkan semalam di kulkas. Hal ini membuat bumbu rujak masuk ke seluruh buah.
  6. Karena kuahnya di masak, rujak tahan beberap hari. Asal dimasukkan ke dalam kulkas dengan wadah tertutup. Oiya, sebaiknya juga pakai es krim rasa vanila atau strowberry ya. Kalau coklat menurut saya kurang pas.
  7. Silahkan mencoba.

Peluang Usaha Rujak Es Krim

Perpaduan rasa pedas, manis dan segarnya membuat peluang bisnis es krim rujak terbilang sangat menjanjikan. Usaha es krim rujak menjadi salah satu bisnis yang patut untuk diperhitungkan.

Keuntungan yang dapat dipetik dari bisnis es krim rujak memang terbilang sangat besar. Dimana peminat yang besar dan tak pernah surut membuat bisnis es krim rujak terus bersinar. Hal ini membuat banyak pelaku bisnis memilih untuk menerjuni bisnis es krim rujak.

Di yogyakarta memang kuliner es krim rujak sudah banyak namuan di berbagai daerah lainnya masih jarang ditemukan. Sehingga menjadi celah bisnis yang sangat menguntungkan.

Kelezatan es krim rujak memang selezat dari potensi bisnisnya. Pertumbuhan bisnis es krim rujak yang tak pernah surut bahkan mati membuat bisnis ini menarik. Membahas bisnis es krim rujak juga tiada bosannya dan menarik sekali.

Bisnis es krim rujak dapat dijalankan dengan langkah mudah dan sangat menguntungkan. Berbekal modal dengan angka kecil saja sudah dapat menjalankan bisnis es krim rujak dengan langkah mudah.

Pangsa pasar bisnis es krim rujak yang bagus menjadi salah satu pertimbangan bisnis ini untuk Anda geluti. Mungkin Anda tertarik untuk menjalankan bisnis es krim rujak! Ingin tahu cara menjalankan bisnis es krim rujak dengan langkah mudahnya.

Dalam menjalankan bisnis es krim rujak memang dibutuhkan bekal pengetahuan dan pengalaman yang perlu dimiliki. Agar nantinya arah dan tujuan bisnis es krim rujak dapat tercapai secara maksimal.

Namun bagi Anda yang belum tahu cara menerjuni bisnis es krim rujak maka Anda dapat menyimak ulasan yang kami kupas di bawah ini. Untuk Anda yang penasaran dengan bisnis es krim rujak maka Anda dapat melihat ulasannya yang ada di bawah ini :

1.Peluang Bisnis Untuk Es Krim Rujak  

Peluang untuk bisnis es krim rujak  terbilang sangat bagus dan sangat cerah. Bisnis es krim rujak  menjadi suatu pilihan bisnis kuliner dari paduan es krim dan rujak yang menjanjikan hingga banyak orang yang tertarik menekuni bisnis tersebut.

Peluang usaha kuliner dari paduan es krim dan rujak yakni es krim rujak  masih terbuka lebar serta sangat menguntungkan oleh siapa saja. Anda berminat menjalankan pilihan bisnis es krim rujak  ini?

2. Prospek Dalam Menjalankan Bisnis Es Krim Rujak  

Dalam berbisnis es krim rujak  dapat dikatakan sangat cemerlang dan menguntungkan. Dimana melalui bisnis es krim rujak  dapat mendatangkan keuntungan bombastis.

Bisnis yang bergelut dengan olahan es krim rujak  memiliki prospek sangat bagus dalam jangka ke depan. Bisnis es krim rujak  yang sejak dahulu tumbuh hingga sekarang masih berkembang juga tak pernah sepi akan konsumen.

3. Memulai Bisnis Es Krim Rujak  

Ketika menjalankan bisnis es krim rujak  memang dapat dimulai dengan langkah mudah dan gampang. Dalam menjalankan bisnis es krim rujak bisa dijalankan dalam kebutuhan modal kecil.

Yangmana berkecinampungan bisnis es krim rujak  bisa dilakukan dengan skala rumahan menggunakan modal yang tidak besar.

4. Pelaku Bisnis Es Krim Rujak  

Bisnis es krim rujak  ini bisa dan cocok dijalankan oleh semua orang yang ingin menginginkan bisnis kuliner dari paduan es krim dan rujak menguntungkan tersebut. Bagi siapa saja ingin menjalankan bisnis es krim rujak  sangat mudah, proses produksi es krim rujak  mudah juga laba menguntungkan.

5. Konsumen Bisnis Es Krim Rujak  

Memcari konsumen es krim rujak  memang tidaklah sulit, suguhan sensasi nikmat yang disajikan es krim rujak mampu memikat banyak orang. Konsumen es krim rujak  cukup besar dan tak terbatas mulai kalangan anak-anak hingga orang dewasa.

6. Bahan Baku Bisnis Es Krim Rujak  

Dalam menjalankan bisnis es krim rujak  memerlukan bahan baku untuk pembuatannya.

Saat membuat es krim rujak  yang nikmat membutuhkan bahan baku yakni es krim, nanas, ubi, mangga simanalagi, kedondong, mentimun, bengkuang, papaya, melon, kacang tanah, cabe merah, cabe rawit, gula merah, garam halus, asam jawa, dan pelengkap lainnya.

Untuk mencari bahan baku es krim rujak  bisa dijumpai di toko, pasar atau supermarket terdekat.

7. Peralatan Bisnis Es Krim Rujak  

Dalam bisnis es krim rujak  membutuhkan beberapa peralatan penting diantaranya gerobak jualan, panci, meja, kursi, pengaduk, mesin pendingin makanan, pisau, serbet, nampan, talenan, piring, sendok, gelas, garbu, tempat sampah, spanduk, mesin penggiling bumbu serta peralatan lainnya.

8. Lokasi Strategis Dalam Berjualan Es Krim Rujak  

Dalam berjualan es krim rujak , Anda bisa menentukan pilihan lokasi yang tepat, strategis dan ramai.

Bisnis es krim rujak  dapat membuka gerai, stand juga kios di pusat perbelanjaan, tengah kota, dekat sekolah, pasar, dekat rumah sakit, pinggiran jalan raya, taman kota, sekitar kampus dan lainnya.

9. Karyawan Bisnis Es Krim Rujak  

Dalam menjalankan bisnis es krim rujak dapat membutuhkan karyawan satu orang dahulu dalam permulaan.

10. Harga Jual Es Krim Rujak  

Patokan harga untuk es krim rujak  dapat Anda buat dalam hitungan per porsi dimana harga mulai Rp 8.000 hingga Rp 15.000.

11. Strategi Promosi Bisnis Es Krim Rujak  

Pemasaran bisnis es krim rujak  bisa dilakukan dengan membuat es krim rujak  yang enak dan berbeda.

Selain itu dapat memanfaatkan promosi kuliner dari paduan es krim dan rujak melalui media sosial baik path, whats up, we chat,bbm, instagram, twitter, faceboook,  juga situs jual beli online dan lainnya.

Juga dapat pula menjalankan strategi pemasaran es krim rujak  lewat menyebarkan berbagai brosur.

12. Keuntungan Dalam Menjalankan Bisnis Es Krim Rujak  

Apabila Anda memilih terjun dalam peluang usaha es krim rujak ini yakni merupakan kuliner dari paduan es krim dan rujak yang digandrungi banyak orang.

13. Kekurangan Bisnis Es Krim Rujak  

Segi kekurangan bisnis es krim rujak  ialah es krim rujak  memiliki tingkat persaingan yang tinggi dan ketat. Sehingga dalam berjualan es krim rujak  dapat diminimalisir dengan membuat es krim rujak berbeda dan unik dalam memenangkan persaingan.

Kelebihan Usaha Rujak Es Krim :

  1. Belum terlalu banyak saingannya
  2. Target konsumennya sangat luas
  3. Bisa dilakukan dimana saja dapat menggunakan gerobak keliling,  didepan ruko, dipinggir jalan, ataupun dapat juga memanfaatkan halaman rumah yang luas
  4. Bisa sebagai usaha sampingan karena tidak terlalu ribet.

Kendala dalam bisnis ini adalah pada saat musim penghujan tiba, karena peminat es berkurang, .

Tips agar banyak pelanggan yang menyukai rujak es krim Anda, diantaranya bumbu harus pas, harga janganlah terlalu mahal, ramah dan sopan dalam melayani pembeli, cari penepul buah agar mudah mendapatkan bahan baku dengan harga yang miring.

Cara Memulai Usaha Rujak Es Krim :

1. Memilih Lokasi Yang Tepat.

Dalam arti kamu harus memilih lokasi yang strategis karena memilih lokasi yang strategis dalam bergadang kamu akan mendapatkan pengunjung yang banyak.

Dan kamu pastinya dagangan yang kamu akan laris. Tempat yang strategis adalah salah satu cara untuk mendukung usaha kamu untuk lebih maju.

2. Penyajian Makanan.

Jika kamu ingin memulai usaha, kamu harus memperhatikan kualitas rasa, penyajian makanan, dan pelayanan saat ada pelanggan berkunjung untuk membeli dagangan kamu untuk tidak segan kembali lagi ketempatmu.

3. Ramah.

Jangan lupa kamu harus mementingkan satu hal ini. Jika kamu akan memulai usaha ini kam harus menjadi seseorang ang ramah karena disana kamu akan mendapatkan kenalan yang secara tidak langsung akan menjadi pelanggan anda.

Sampai disini artikel saya kali ini. Bila ada kesalahan tata bahasa dan kata mohon untuk dimaafkan, karena saya yakin masih banyak terdapat kesalahan dan kurang nya penyempurnaan dalam artikel saya. Semoga dapat bermanfaat bagi anda kedepannya.
Rujak es krim ini dapat dimakan saat siang hari karena rasanya yang segar, dingin dan juga terdapat rasa pedas didalamnya.Resep rujak es krim berbeda dengan resep es oyen tetapi didalamnya sama-sama menggunakan buah-buah an yang banyak mengandung manfaat.