Resep Sop Buntut Spesial dan Enak

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan mengeni resep sop buntut yang mudah untuk dibuat di rumah dan pasti rasanya enak. Resep sop buntut ini cocok untuk dihidangkan untuk keluarga dan juga dihidangkan saat bulan ramadhan.

Apa itu Sop Buntut ?

Sop buntut merupakan salah satu makanan di Indonesia yang banyak diminati oleh masyrakat. Makanan ini dibuat dari buntut sapi yang dibakar atau juga ada yang digoreng kemudian dimasak seperti sop yang enak.

Dalam sejarah, sop buntut sudah ada sejak tahun 1970 dan sudah banyak dikenal luas oleh masyarakat di Indoneisa. Saat sop buntut ini sedang booming hotel Borobudur Jakarta mempunyai ide untuk menyajikan sop buntut dalam restoran hotelnya. Tentu saja itu membuat para pengunjung tersebut, namun tak disangka banyak pengunjung yang lebih memilih sop buntut di pedagang kaki lima.

Namun ada juga kemungkinan juga sop buntut ini merupakan salah satu makanan khas Eropa yang masuk ke Indonesia. Maka dari itu saat sop buntut ini masuk ke dalam Indonesia banyak perubahan pada sop buntut ini karena bahan dan bumbu yang digunakan untuk membuat sop buntut harus disetarakan dengan lida orang Indonesia.

Ada juga cerita sop buntut dari Tiongkok. Makanan yang hampir sama dengan sop buntut ini merupakan makanan yang dipadukan dari perpaduan sop dan semur. Sop ini dikatakan menentang aturan sop Tiongkok dengan yang lainnya. Sop buntut ala Tiongkok ini banyak menggunakan bahan yang menjadikan sop buntut ala Tiongkok ini menentang aturan.

Di Korea juga ada sajian khusus saat mengolah sop buntut yaitu dengan menjadikan buntut sapi sebagai bahan campuran olahan kuah dan ditambah dengan bawang putih, merica, garam, dan bawang hijau. Ternyata banyak juga sejarah tentang sop buntut ini dan pastinya rasanya juga berbeda – beda di setiap negara.

Jadi penasaran bukan dengan sop buntut sapi ini. Tidak perlu khawatir lagi jika anda ingin menyantap sop buntut ini karena bisa dibuat di rumah dan rasanya juga tak kalah enaknya dengan yang ada di restoran. Berikut resep sop buntut :

Resep Sop Buntut

resep sop buntut

Bahan – Bahan :

  • 1 ekor/buntut sapi, dipotong
  • 1/2 bawang bombai, iris
  • 2 liter air
  • 7 siung bawang putih
  • 1/2 butir biji pala, memarkan
  • 3 cm kayu manis
  • 2 buah bunga lawang
  • 4 buah cengkeh
  • 2 ruas jahe, memarkan
  • 4 batang daun bawang
  • 3 buah wortel
  • 2 batang daun seledri
  • 1 sdt garam
  • 2 sdt gula atau bisa sesuai selera
  • 1 sdt merica
  • bawang goreng secukupnya

Resep Sop Buntut :

  1. Goreng buntut sapi yang sudah dipotong – potong tadi, goreng dengan menggunakan api sedang masak hingga matang, angkat kemudian sisihkan.
  2. Panaskan minyak lalu tumis bawang bombai sampai layu, kemudia masukan bawang putih, jahe, bunga lawang, biji pala, cengkeh, dan kayu manis aduk rata sampai harum.
  3. Lalu masukkan buntut sapi dan tambahkan garam, merica dan gula aduk rata kemudia masukkan air. Tutup wajan masak hingga matang.
  4. Setelah itu masukan wortel, daun bawang, dan tomat aduk kembali.
  5. Sop buntut siap disajikan.

Bagaimana ? Siap mencoba membuat sop buntut dirumah. Walaupun banyak membutuhkan bahan -bahan untuk memasaknya. Tapi tak perlu khawatir rasanya dijamin enak dan bisa jadi makanan spesial bagi keluarga.

Kandungan Nutrisi

Tak hanya rasanya yang enak untuk dibuat sop buntut tetapi buntut sapi ini juga mengandung kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh kita. Berikut beberapa kandungan nutri pada buntut sapi :

1. Kalori

Pada 100 gram buntut sapi ini mengandung kalori sebesar 262. Tetapi perlu diperhatikan kalori yang terkandung pada buntut sapi ini tergantung bagaimana cara mengolahnya.

2. Lemak dan Kolesterol

Sebesar 14, 34 gram total lemak yang terkandung dalam 100 gram buntut sapi, dan 5, 56 gram yang lainnya merupakan lemak jenuh. Sedangkan kolesterol yang terkandung dalam buntut sapi adalah sebesar 141 miligram.

3. Sodium dan Protein

Pada buntut sapi ini mengandung sodium sebesarĀ  233 miligram sedangkan kandungan protein yang ada pada buntut sapi sebesar 30,93 gram. Ini membuat buntut sapi menjadi sumber protein yang baik.

4. Nutrisi lain

Kalsium yang terkandung dalam buntut sapi sebesar 10 miligram yang bisa bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi sedangkan zat besinya sebesar 3, 6 miligram zat besi ini sangat penting bagi tubuh dan bisa bermanfaat untuk mempercepat pembentukan hemoglobin.

Khasiat Sop Buntut

Selain memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh kita sop buntut juga memiliki khasiat yang baik pula untuk tubuh. Tak heran banyak orang yang menyukai sop buntut ini karena tak hanya ranya yang enak ternyata sop buntu juga memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan. Berikut beberapa khasiat sop buntut :

1. Menjaga Kekuatan Tulang dan Gigi

Senyawa fosfor yang terkandung di dalam sop buntut ini bermanfaat untuk membantu menjaga kekuatan tulang dan gigi. Ini disebabkan oleh fosfor dan kalsium pada sop buntut ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk membantu tulang anda agar tetap kuat, sebaliknya jika anda kekurangan asupan fosfor dan kalsium ini tentu sangat berbahaya karena bisa menyebebkan tulang keropos atau yang sering disebut dengan osteoporosis.

2. Membantu Kesehatan Pencernaan

Kandungan yang ada di dalam sop buntut ini mampu membantu proses pencernaan di dalam tubuh agar tetap lancar dan efektif, ini disebabkan oleh kandungan sop buntut yang merangsang pencernaan riboflavin dan niacin menjadi lebih baik lagi dan ini dapat membantu penyerapan secara maksimal. Selain membantu mengatasi diare dan sembelit senyawa yang terkandung dalam makanan ini dapat membantu buang air besar secara teratur.

3. Menjaga Kesehatan Otak

Senyawa fosfor yang terkandung di dalam sop buntut ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak agar tetap sehat dan baik serta membantu perkembangan pada otak. Dari hasil penelitian menjelaskan bahwa kekurangan senyawa ini sangat berpengaruh bagi kesehatan otak atau kerusakan pada kognitif atau juga dapat menyebabkan resiko penyakit alzheimer dan demensia.

Maka dari itu konsumsilah sop buntut ini untuk membantu menjaga kesehatan otak karena otak merupakan bagian organ tubuh yang sangat penting.

4. Pembentukan Protein

Kandungan yang ada di dalam sop buntut ini sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu dalam sintesa protein yang diperlukan untuk membangun jaringan tubuh dan juga membantu memperbaiki jaringan yang rusak. Selain itu juga bisa membantu tubuh untuk memanfaatkan karbohidrat da lemak secara baik. Konsumsilah makanan ini karena bisa membantu memfasilitasi protein secara normal di dalam tubuh dan juga membantu pertumbuhan sel tetap berjalan dengan normal.

5. Mengatasi Kelelahan dan Kelemahan Otot

Kandungan yang ada didalam makanan ini juga dapat berfungsi untuk mengatasi kelelahan dan lemehan otot. Jika anda mengalami hal tersebut cocok untuk mengkonsumsi makanan ini dengan cara membuatnya sendiri atau juga bisa membelinya di warung – warung terdekat rumah anda.

Bagi anda yang mengalami kelemahan pada seksual sop buntut ini juga bisa dijadikan suplemen sehat untuk tubuh anda. Karena sop buntut ini bisa membantu mengatasi masalah hilangnya impotensi, libido, dan motilitas sperma dengan kandungan fosfor yang ada di dalam sop ini.

6. Memperbaiki Sel Tubuh

Khasiat yang sangat penting dalam sop buntut ini adalah membantu memperbaik sel tubuh yang rusak sehingga setelah mengkonsumsi makanan ini nantinya bisa membantu sel tubuh tumbuh dengan baik dan sehat. Makanan ini juga dapat membantu memaksimalkan fungsi sel – sel dalam tubuh.

7. Membantu Fungsi Ginjal

Senyawa yang terkandung di dalam makanan ini juga sangat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan fungsi ginjal anda. Melalui proses buang air kecil setelah mengkonsumsi makanan ini bisa membantu kesehatan ginjal.

Bagaimana ? Tidak sia – sia bukan mengkonsumsi sop buntut ini. Selain untuk menjadi makanan kuliner yang enak ternyata sop buntut ini juga banyak mengandung khasiat yang sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Yakin tidak mau mencoba sop buntut ini ? Tak perlu khawatir jika anda menyantap sop buntut ini anda tidak akan menyesal. Jika anda ingin menyantap makanan ini tapi malas untuk pergi jauh buatlah sop buntut di rumah karena cara membuat sop buntut tidak begitu sulit dan bahan – bahannya pun mudah di dapatkan.

Selamat mencoba resep sop buntut ini dan jangan lupa untuk menghidangkannya bagi keluarga, jadi selain bisa dibuat resep tongseng daging sapi juga bisa dibuat menjadi resep sop buntut. Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman – teman semuanya. Terimakasih.