Resep Soto Ayam Kuning yang Menggugah Selera

Pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan mengenai resep soto ayam kuning yang mudah dibuat di rumah untuk dihidangkan bagi keluarga anda dan tentu saja resep soto ayam kuning ini bisa menggugah selera.

Apa itu Soto ?

Soto merupakan makanan khas Indonesia seperti sop yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Konon katanya makanan khas ini berasal dari China yang kemudian menjadi makanan masyarakat Indonesia dengan menyesuaikan olahan bumbunya agar pas di lidah masyarakat Indonesia, kemudian lahirlah Soto Semarang, Soto Kudus, Soto Madura, dan sebagainya.

Menurut Dennys Lombard, dalam bukunya yang berjudul Nusa Jawa, asal mula soto merupakan makanan China yang bernama Caudo yang pertama kali populer di wilayah Semarang. Dari nama caudo lambat laun menjadi soto dan beberapa daerah ada yang menyebutnya dengan Coto, Tauto, dan Sauto.

Dr Lono Simatupang antropolog dari Universitas Gadjah Mada mengatakan bahwa soto merupakan campuran dari dari berbagai macam tradisi. Karena didalamnya ada pengaruh budaya lokal dan budaya yang lain. Misalnya seperti mi atau soun yang ada pada soto merupakan tradisi dari China karena Chinalah yang meiliki teknologi untuk membuat mi atau soun.

Dr Lono Simatupang juga mengatakan bahwa kemungkinan soto juga mendapat pengaruh dari budaya India karena ada beberapa soto yang menggunakan bahan bumbunya dengan kunyit. Itu seperti kari dari India. Karena soto merupakan makanan campuran dari berbagai daerah maka asal usulnya juga sulit untuk ditelusuri.

Bagaimana soto bisa menyebar ke berbagai daerah ? Secara antropologi, sebuah makanan bisa menyebar seiring dengan penyebaran manusia. Selain itu makanan juga bisa menyebar dengan adanya proses industri. Maka dari itu ada berbagai jenis soto dan beragam pula rasa soto yang berada di beberapa daerah.

Penyajian Soto diberbagai Daerah

Di wilayah kota Kudus dan di Pekalongan ada larangan untuk menyembilih hewan sapi karena ini merupakan warisan budaya Hindu Jawa yang menganggap bahwa sapi adalah hewan suci. Untuk itu mereka membuat makanan dengan kebanyakan menggunakan daging ayam atau daging kerbau seperti halnya mereka membuat soto dengan menggunakan daging ayam.

Di Jawa ada dua cara menghidangkan soto yaitu dengan cara langsung dicampur dengan nasi atau nasinya dipisahkan. Dalam penyajian aslinya adalah dengan cara langsung mencampurkan nasi pada soto sesuai dengan selera masyarakat Jawa dengan menjadikan nasi sebagai makanan pokok.

Meski bahan bahan dan bumbu yang digunakan pada tiap daerah itu berbeda karena merekan menyesuaikan dengan selera warga lokal di daerah tersebut. Terdapat satu hal yang menjadi ciri khusus dari soto ayam yaitu kuah yang cenderung berwana kuning maka dari itu banyak yang mengatakan soto ayam kuning karna kuahnya yang kuning.

Sejak dulu hingga sekarang makanan berkuah ini bukan merupakan makanan mewah yang dihidangkan untuk kalangan penguasa saja, namun makanan ini banyak dinikmati oleh kalangan menengah ke bawah yang dulu dijual dengan cara dipikul. Seiring dengan perkembangan zaman soto yang tadinya dijual dengan dipukul sekarang berubah menjadi gerobak dan banyak warung makan yang menjual soto ayam ini.

Resep Soto Ayam Kuning

resep soto ayam kuning

Jika anda ingin memakan soto tidak perlu repot karena soto ayam kuning bisa dibuat di rumah dan cara membuatnya tidak terlalu ribet atau susah bahan – bahannya pun mudah dicari di pasar atau di warung sekitar anda.

Bahan – Bahan :

  • 1 ekor ayam kampung, potong
  • 1 buah jeruk nipis
  • 3 batang serai, memarkan
  • 1 ruas lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 1 buah bunga lawang
  • 4 buah kapulaga
  • Kaldu jamur secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang Dihaluskan :

  • 12 siung bawang merah
  • 7 siung bawang putih
  • 4 buah kemiri yang sudah disangrai
  • 4 cm kunyit, dibakar
  • 2 cm jahe
  • 2 sdt merica
  • 1 sdt gulas pasir
  • garam secukupnya

Bahan Pelengkap :

  • Kol secukupnya, dirajang
  • 3 buah telur, direbus
  • Soun atau mi, rendam menggunakan air panas
  • Tomat merah secukupnya
  • Daun bawang, iris tipis
  • Seledri iris tipis
  • Bawang goreng secukupnya
  • Jeruk nipis
  • Kecap
  • Sambal

Resep Membuat Soto Ayam Kuning :

  1. Cuci bersih ayam yang sudah dipotong tadi kemudian tambahkan perasan jeruk nipis diamkan terlebih dahulu lalu cuci bersih.
  2. Panaskan minyak untuk menumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi lalu tambahkan serai, lengkuas, daun jeruk, daun salam, dan kaldu jamur. Tumia hingga bumbu harum dan matang.
  3. Setelah matang masukkan daging ayam aduk sebentar lalu tambahkan air sampai ayam terendam.
  4. Tambahkan kapulaga dan bunga lawang rebus sampai daging ayam empuk.
  5. Angkat ayam tiriskan sebentar lalu goreng ayam sampai berwarna kecoklatan.
  6. Tambahkan air jika kuah rebusan ayam tadi menyurut masak hingga mendidih.
  7. Soto siap dihidangkan jangan lupa untuk menambahkan bahan pelengkap.

Penambahan atau penyajian dengan santan, bawang goreng, kecap, tauge, dan bahan lainnya merupakan hal yang berbeda pada setiap daerah untuk menyajikan soto ayam ini atau jika anda membuatnya di rumah bisa sesuai selera anda untuk menambahkan beberapa bahan yang lain untuk enciptakan rasa yang baru.

Nah mudahkan untuk membuat soto ayam kuning di rumah tanpa harus membelinya di luar rumah. Jangan lupa untuk mencobanya di rumah. Bukan hanya bahannya yang mudah untuk dicari di warung atau di pasar dekat rumah anda soto ayam ternyata juga banyak mengandung khasiat yang baik bagi tubuh kita.

Khasiat Soto Ayam

1. Mencegah Kanker

Kandungan yang ada pada soto ayam ini dipercaya dapat mencegah kanker hal ini disebabkan karena makanan ini dapat berfungsi sebagai penekan terhadap pertumbuhan dna yang ada pada sel – sel kanker serta membantu untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

2. Kesehatan Mata

Vitamin A yang berada pada tomat tentunya sangat penting bagi kesehatan mata kita. Hal ini terjadi karena vitamin A memiliki retinol yang dapat berfungsi sebagai penyalur objek yang diterima oleh retina mata ke otak sebagai fungsi melihat gambar.

3. Mencegah Kanker Payudara

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang sangat mengerikan dan jahat bagi kaum wanita dan akan beraibat fatal jika tidak segera diatasi atau di obati. Menurut para peneliti ahli Amerika mereka berpendapat bahwa soto ayam ini dapat mencegah penyakit kanker payudara.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bagi anda yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah maka akan mudah terserang oleh berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah serangan terhadap radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda bisa memakan makanan ini karenan soto ayam memiliki peranan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh supaya tidak mudah terkena penyakit.

5. Membantu Perkembangan Janin

Bagi ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan ini karena soto ayam ini sangat dipercaya dapat membantu perkembangan janin dan dapat menjadikan janin yang ada pada ibu hamil akan menjadi sehat.

6. Menjaga Aktfitas Antioksidan

Soto ayam memiliki kandungan senyawa smirnoff. Smirnoff merupakan senyawa yang berfungsi dengan aktifitas antioksidan yang membentuk vitamin A yang dapat dicerna oleh tubuh. Kandungan pada makanan ini mampu menangkal dari serangan radikal bebas dan antioksidannya mampu mencegah terjadinya kerusakan genetik.

7. Mencerahkan Kulit

Bagi wanita tentu saja ingin sekali memiliki kulit yang cerah tapi baiaya untuk perawatan kulit itu sangat mahal dan ada juga yang tidak ada hasilnya untuk itu konsumsi saja soto ayam karena memiliki kandungan untuk mencerahkan kulit.

8. Menghilangkan Stress

Kandungan asam pantotenat yang ada pada soto ayam dapat memberikan efek tenaga pada saraf. Jika anda mengalami stress cobalah mengkonsumsi makanan ini selain rasanya yang enak tetapi juga memiliki manfaat ganda.

9. Mengurangi Resiko Radang Sendi

Senyawa mineral yang disebut selenium yang terkandung pada soto ayam ini dapat dipercaya dapat mencegah radang pada sendi. Untuk itu ada baiknya mengkonsumsi soto ayam ini untuk mengurangi resiko tersebut.

10. Meningkatksn Sistem Imun

Pada soto ayam ini mengandung banyak sekali kandungan seperti mineral dan vitamin yang dapat berfungsi untuk meningkatkan sistem imun.

Ternyata semangkuk soto ayam kuning tidak hanya mengenyangkan setelah memakannya tetapi juga mengandung khasiat yang sangat baik bagi tubuh dan kesehatan kita. Jangan lupa untuk mencicipi makanan ini atau bisa dicoba membuatnya dirumah karena cara membuatnya mudah dan bahan – bahannya pun tidak sulit untuk dicari. Selamat mencoba!