Cara Membuat Santan Kelapa Kemasan

Cara Membuat Santan Kelapa Kemasan

Membuat Santan Kelapa sebenarnya tidak ada yg istimewa, hampir semua ibu rumah tangga PASTI tahu. Anda setuju…? saya yakin anda setuju, karena hampir sebagian besar ibu-ibu rumah tangga biasa melakukannya. Catat BIASA.

Tetapi bagaimana kalau kita ingin membuat Santan Kelapa lebih tahan lama dan bisa dikemas. Hmmm… saya yakin artikel ini adalah jawaban yang anda cari dan pasti ditunggu-tungu :)

Inti dari pembuatan santan kelapa ini adalah masalah PENGAWETAN, hal ini karena santan sangat mudah rusak dan mudah tengik. Santan dapat diawetkan dalam bentuk pasta dan dikemas dalam botol atau kaleng.

Baik akan saya jelaskan cara bagaimana membuat Santan Kelapa agar tahan lama dan bisa dikemas, tentunya bisa untuk bisnis dan berjualan. Hmm hebat bukan?

Pembuatan Santan

Daging kelapa yang dibuang kulit arinya, direndam dalam air mendidih selama 1 menit kemudian diparut. Perendaman ini berfungsi untuk melunakkan daging kelapa yang memudahkan pemarutan. Pemarutan bisa menggunakan parut manual atau mesin parut.

Kemudian hasil parutan dicampur dengan air bersih atau hangat dengan perbandiangan 1:1, lalu dipress secara manual atau dengan mesin press santan (ada model press ulir atau screw press). Kemudian disaring.

Pemisahan Inti Santan

Untuk mendapatkan inti santan dari air ada beberapa cara yang bisa dilakukan, bisa menggunakan separator atau spinner atau dengan cara pemanasan, atau cara yang lebih alami cukup dengan settling/pendiaman selama 30 menit. Inti santan atau krem atau kanil (jawa) akan terbentuk di bagian atas, lalu dipisahkan dari air.

Proses Homogenasi 

Homogenasi adalah proses untuk mencegah terbentuknya alur krim, untuk menambah kekentalan atau untuk membuat tekstur yang lebih baik dalam produk santan.

Proses ini adalah krem yang dihasilkan ditambah air dengan perbandingan 1:0,5. Kemudian tambahkan 2% CMC dan 0,1% tween 80 dari berat krem dan air sebagai penstabil. Kemudian aduk selama 5 menit.

Proses Packing / Pengamasan

Packing atau pengemasan bisa menggunakan kemasan kertas alumunium foil atau menggunakan botol dan kaleng. Sesuai keinginan ya :) , Namun yang paling penting adalah media packing harus disterilkan terlebih dahulu.

Cara yang paling mudah mensterilkannya adalah media kemasan dioven dalam dandang / autoclaf. Kemudian lakukan pengemasan. Selanjutnya uap yang ada dalam botol atau kaleng dikeluarkan dengan cara dipanaskan di dalam oven dengan suhu 80-85 C selama 10 menit. Kemudian kemasan ditutup rapat.

Proses Sterilisasi

Langkah terakhir dari proses Santan Kelapa kemasan adalah proses sterilisasi. Proses ini sederhana saja, cukup lakukan pemanasan kemasan dalam autoclaf atau dandang, kemudian lakukan perebusan selama 35 menit pada suhu 120 C. Setelah selesai tiriskan, Santan Kelapa kemasan siap dipasarkan.

Nah.., sekarang anda sudah tahu proses cara membuat santan kelapa kemasan, selamat anda akan menjadi pengusaha santan kelapa… :)

Sumber : Sarmidi Amin, wikifedia, majalah farmasi UGM

 

Ingin ngobrol dengan saya? follow saya di twitter : @PakarKelapa

 

Comments 2


  1. Roberth Maaryen

    saya ingin mendapatkan no hpnya. ada hal penting ingin bicara langsung dengan anda melalui Hp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *