Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Menyusui

Ibu menyusui memerlukan asupan nutrisi dua kali lebih banyak dibandingkan dengan orang normal pada umumnya. Pemenuhan nutrisi ini tentu dilakukan untuk menjaga kualitas ASI yang akan diberikan pada si kecil. Konsumsi air kelapa untuk ibu menyusui rupanya dapat memberikan banyak manfaat.

Rasanya yang segar dan sensasi dingin yang menenangkan dari air kelapa seolah cocok menjadi pelepas dahaga yang nikmat. Dengan iklim tropis dengan terik matahari seperti di Indonesia ini membuat air kelapa menjadi minuman yang ideal untuk pelepas dahaga.

Baik diminum sewaktu baru saja dipetik dari pohonnya atau dicampur bersama dengan es batu, rasa dari minuman ini memang menyegarkan dan membuat hasrat haus dapat diatasi dengan lebih baik.Jangan salah, meski banyak yang khawatir dengan mengkonsumsi air kelapa ini selama menyusui.

Rupanya bahan sumber minuman alami ini memang memberikan banyak manfaat.  Tidak heran bila bahan ini dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil. Mengkonsumsi air kelapa selama periode menyusui tidak memberikan pengaruh yang buruk. Ada banyak manfaat dan khasiat yang bisa dirasakan.

Beberapa Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Menyusui

Dengan mengkonsumsi air kelapa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan dan juga untuk ibu menyusui. Sekedar dari informasi untuk anda, berikut ini manfaat air kelapa untuk ibu menyusui.

1. Pengganti Cairan Tubuh Air Kelapa Untuk Ibu Menyusui

air kelapa untuk ibu menyusui

Yang bisa dirasakan manfaat pertama oleh ibu menyusui dari mengkonsumsi air kelapa adalah bahan ini baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah mengganti cairan dalam tubuh. Selama menyusui ibu pasti mengalami kehilangan banyak sekali cairan tubuhnya.

Minum air putih yang banyak mungkin membantu meredakan kondisi ini.Dengan itu membantu pemenuhan kebutuhan cairan dalam tubuh dengan konsumsi air kelapa. Kekurangan cairan akan mungkin membuat anda mengalami dehidrasi.

Kondisi ini tentu akan berbahaya dan bisa mungkin menimbulkan diare.Untuk itu, cobalah mengkonsumsi air kelapa dengan rutin guna menghindari dan mengatasi masalah anda. Dan buat anda yang ingi memarut kelapa, anda bisa menggunakan mesin parut kelapa untuk mempermudah anda

Dengan kandungan elektrolit alami yang ada dalam air kelapa akan dapat bermanfaat untuk tubuh. Selain itu, manfaat alami dari bahan ini akan baik untuk si kecil.

2. Meningkatkan Produksi ASI

air kelapa untuk ibu menyusui

Banyak ibu hamil yang mengalami kekurangan ASI akan merasa panik. Mereka khawatir jika bayi mereka tidak mendapatkan cukup ASI. Dengan meminum air kelapa dapat membuat mereka melakukan segala hal untuk memperderas ASI-nya.

Mulai dari mempraktikan cara sederhana sampai dengan konsumsi obat-obatan, ada baiknya mencoba cara yang lebih alami, yaitu mengonsumsi air kelapa secara rutin.Dengan konsumsi air kelapa tak hanya membuat tubuh Mama terhidrasi dengan baik, tapi juga diklaim mampu meningkatkan produksi ASI.

Nah, air kelapa dianggap mampu meningkatkan sekresi susu atau produksi ASI dengan cara memenuhi kebutuhan potassium, gula alami, dan natrium yang dibutuhkan oleh tubuh.

3. Memperlancar Pencernaan

 air kelapa untuk ibu menyusui

Tak hanya saat hamil saja, masalah sulit buang air besar dan masalah pencernaan lainnya akan cenderung menganggu dan menimbulkan perasaan yang tidak nyaman. Bila tidak segera ditangani, masalah pencernaan akan semakin kompleks akibatnya.

Selain mengatasinya dengan jalan obat-obatan, air kelapa juga bisa menjadi obat untuk pencernaan.Air kelapa dapat dijadikan sebagai stimulan untuk anda yang menderita sembelit selama proses menyusui berlangsung.

Konsumsi air kelapa akan dapat membantu melancarkan saluran pencernaan sehingga kotoran yang menumpuk didalamnya akan dapat dibuang. Dengan begini, anda tidak akan membutuhkan obat-obatan pencahar untuk mengatasi masalah yang tengah anda hadapi.

4. Baik Untuk Perkembangan Otak dan Tulang Anak

Dengan manfaat lainnya, hal yang cukup mengejutkan adalah konsumsi air kelapa saat menyusui bermanfaat dalam menunjang perkembangan otak dan tulang anak.

Hal inilah mengapa diharuskan mengkonsumsi air kelapa pada perempuan yang sedang menyusui cukup disarankan, terlebih untuk para Mama baru.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dengan mengkonsumsi air kelapa saat menyusui juga bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh Mama dan bayi Ma. Hal ini karena dalam air kelapa terkadung asam amino dan elektrolit yang berfungsi sebagai antioksidan tubuh.

Sehingga mampu berperan dalam melawan berbagai macam penyakit. Diantara itu, konsumsi air kelapa juga dapat meningkatkan produksi asam laurat dalam ASI sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh bayi Mama sehingga mereka tidak mudah terserang penyakit.

6. Mencegah Resiko Berbagai Penyakit

Air kelapa memiliki kandungan komponen fitokimia berupa tanin. Dengan zat tanin ini memiliki sifat anti bakteri yang mana bila dikonsumsi nantinya akan dapat berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri didalam tubuh.

Karena air kelapa muda memiliki senyawa anti jamur dan anti bakteri inilah, maka minuman menyegarkan ini akan baik untuk dikonsumsi. Dengan meminum air kelapa akan dapat melindungi anda dan si bayi dari berbagai infeksi penyakit yang berbahaya.

Selain itu, mengkonsumsi air putih pun dapat meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan asam kaprat dan juga kadar asam laurat dalam tubh anda akan meningkat dengan baik.

7. Sumber Energi yang Alami Air Kelapa Untuk Ibu Menyusui

Ibu menyusui tetap membutuhkan energi yang banyak untuk dapat terjaga, mengurus bayinya serta mengurus rumah tangganya. Untuk itulah, segudang kewajiban yang menumpuk akan mungkin membuat energinya cepat menghilang.

Untuk itulah, anda akan membutuhkan asupan energi yang banyak agar anda tetap dalam melakukan peran dan kegiatan tersebut. Nah, untuk menambah energi yang hilang ini air kelapa dapat menjadi solusi yang baik.

Air kelapa yang cenderung memiliki rasa manis saat dikonsumsi akan terasa segar untuk tubuh anda. Hal ini dikarenakan air kelapa mengandung sebanyak 2,6 persen gula dan juga mengandung protein, mineral dan juga lemak. Untuk mendapatkan

Perlu anda diketahui, sebaiknya pilihlah air kelapa yang muda untuk anda konsumsi. Hal ini dikarenakan air kelapa muda akan lebih manis dibandingkan dengan air kelapa tua.

Kandungan sukrosa, glukosa dan fruktosa pada air kelapa akan dapat dibakar oleh tubuh menjadi energi. Dengan itu, mulailah memasukan air kelapa pada daftar konsumsi cairan anda secara rutin.

8. Mengandung Elektrolit Alami

Apa itu elektrolit? Elektrolit adalah salah satu jenis mineral yang dapat membantu memulihkan cairan tubuh yang telah hilang saat Anda beraktivitas. Saat Anda beraktivitas maka cairan tubuh ada yang hilang dan berubah menjadi keringat.

Apabila terus dibiarkan cairan di dalam tubuh akan semakin berkurang dan timbul efek seperti pusing, demam panas, bahkan bisa sampai kejang. Kandungan elektrolitnya membuat khasiat air kelapa muda untuk ibu hamil sangat membantu untuk mengurangi kontraksi otot saat hamil 3 bulan pertama.

Elektrolit alami bisa Anda temui dalam berbagai tanaman, tetapi sampai saat ini air kelapa muda masih menjadi juaranya. Kandungan elektrolit yang banyak dalam air kelapa muda membuatnya jadi buah idaman bagi semua orang terutama ibu hamil dan menyusui.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda rajin mengkonsumsi air kelapa muda untuk memenuhi kebutuhan mineral dalam tubuh khususnya saat hamil dan menyusui.

9. Fungsi Sebagai Diuretik Alami Air Kelapa Untuk Ibu Menyusui

Kandungan elektrolitnya yang sangat baik untuk menangani dehidrasi, air kelapa muda juga memiliki fungsi diuretik alami. Makanan sehat untuk ibu hamil dan menyusui yang juga mengandung fungsi diuretik alami ini menjadikan air kelapa muda berkhasiat sebagai:

  • Baik dikonsumsi agar proses pembuangan urin menjadi lancar untuk ibu hamil dan menyusui
  • Kandung kemih menjadi lebih bersih karena lancarnya pembuangan urin
  • Membantu membuang racun di dalam tubuh melalui urin dan mencegah saluran kemih terkena infeksi

Semua fungsi diuretik alami ini sangat membantu untuk kesehatan terutama bagi ibu hamil dan menyusui karena ada berbagai perubahan hormon yang dialaminya. Saat sedang hamil dan menyusui maka Anda perlu asupan makanan yang lebih agar bisa selalu fit di setiap kegiatan.

10. Mengontrol Tekanan Darah

Air kelapa mengandung 250 mg potassium per 100 g sajian sehingga dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda dengan mengendalikan tekanan darah.

Kaliun membantu menyeimbangkan efek negatif garam pada tubuh. Konsumsi air kelapa secara teratur dapat membantu menghindari masalah seperti hipertensi dan menjaga risiko serangan jantung dan stroke.

Apabila malas memeras santan anda tidak usah repot cukup gunakan mesin peras santan. karena mesin pemeras santan ini sangat simple dan cukup canggih, Itulah beberapa hal yang terdapat di artikel yang dapat disampaikan tentang manfaat air kelapa untuk ibu menyusui . Semoga bermanfaat dan memberikan cukup informasi yang anda butuhkan.