Ayam Serundeng kelapa

Ayam serundeng kelapa yaitu makanan khsa dari negara indonesia yang berisi kan ayam goreng dengan taburan srundeng kelapa. serundeng kelapa sendiri adalah parutan buah kelapa yang di sangsari dengan lengkuas.

jadi masakan ini banyak di gemari di negara indonesia apa lagi jika ditambah dengan yang namanya sambal khas indonesia. Pastinya banyak orang yang suka jadi tunggu apa lagi mari kits membuat masakan serundeng ayam kelapa ini bersama-sama

ayam serundeng
Ayam serundeng kelapa khas indonesia

yang pertama mari kita megetahuni bahan-bahan apa saja dan bagaimana cara kita memasaknya sebelum ke tahap selanjutnya.

Bahan dan Bumbu :

  • 1  ekor  ayam  potong jadi 8 bagian
  • 1  buah  jeruk nipis  peras airnya
  • 250  ml  air kelapa
  • 200  gram  kelapa setengah tua  setengah buah, lalu parut
  • 2  batang  serai  memarkan
  • 2  lembar  daun salam
  • 5  lembar  daun jeruk
  • 2  ruas jari  lengkuas  memarkan
  • 1  sdt  kaldu ayam bubuk
  • ½  sdt  Ketumbar
  • ½  sdt  merica bubuk
  • Garam  secukupnya
  • Gula  secukupnya
  • Minyak goreng  secukupnya

Bumbu Halus :

  • 10  buah  bawang merah  pelatihan
  • 3  siung  bawang putih
  • 3  buah  kemiri  sangrai
  • 2  ruas jari  jahe
  • 2  ruas jari  kunyit
  • 1  sdt  larutan asam jawa

Dan selanjutnya untuk cara membuat nya sebagai berikut

Baca juga : Resep ayam serundeng kelapa

Cara Membuat Ayam Serundeng Kelapa :

  1. Cuci ayam hingga bersih lalu potong menjadi 8 bagian. Lumuri potongan ayam dengan air perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amisnya. Diamkan sebentar kemudian bilas kembali dengan air mengalir hingga bersih.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, kunyit, serta larutan asam jawa dengan blender. Boleh ditambahkan sedikit minyak untuk memudahkan proses penghalusan.
  3. Siapkan wajan dan panaskan minyak. Tumis bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan sampai tercium aroma harum.
  4. Masukkan serai geprek, daun salam, daun jeruk, lengkuas, kaldu ayam bubuk, merica, bubuk ketumbar dan juga garam. Aduk dan masak sampai bahan-bahan lay dan aromanya keluar.
  5. perlahan-lahan air kelapa. Tunggu hingga mendidih kemudian cicipi rasanya.
  6. Setelah air mendidih, masukkan potongan daging ayam kemudian aduk kembali.
  7. tambahkan parutan kelapa kemudian aduk kembali sampai parutan kelapa terendam air sepenuhnya. Didihkan kembali.
  8. Ungkep daging ayam selama beberapa saat dengan api kecil agar bumbu sempurna ke dalam daging ayam serta parutan kelapa. Masak sampai air surut dan hampir habis.
  9. Matikan kompor, ambil potongan ayam satu persatu kemudian sisihkan.
  10. Ambil juga parutan kelapa dan sari airnya.
  11. Panaskan minyak dalam wajan, goreng daging terlebih dahulu dengan api kecil sampai warnya terlebih dahulu kecoklatan. Bolak-balik ayam agar matang secara merata. Angkat dan tiriskan.
  12. goreng kelapa parut. Aduk agar kelapa parut tidak gosong dan lengket di penggorengan. Angkat dan matikan kompor.
  13. Susun ayam goreng dalam piring saji kemudian taburkan serundeng kelapa kering diatasnya.
  14. Ayam goreng serundeng siap disantap dengan nasi hangat dan sambal.

Tips memasak  Ayam Serundeng Kelapa:

  1. Agar mendapatkan hasil serundeng yang tidak dimiliki, gunakan kertas atau tissue untuk meniriskan hasil gorengan serundeng karena kertas atau tissue dapat meyerap minyak dengan baik.
  2. Selain itu, goreng ayam dan juga parutan kelapa dalam minyak yang sudah panas agar hasil lebih renyah dan tidak basah.
  3. Bawang merah termasuk bumbu, jadi kamu bisa melewatinya karena penggunaan bawang merah terkadang menghasilkan hasil gorengan berwarna hitam meskipun belum sepenuhnya matang.

jadi gimana masih bingung mau masak apa untuk di rumah.? gak usah bingung itu di atas adalah resep yang enak dan mudah untuk ddi buat di jamin orang yang merasakannya pasti ketagihan

Berikut juga saya lampir kan tentang Sejarah dari serundeng

Baca juga : Resep ayam serundeng kelapa

SEJARAH SERUNDENG :

serundeng

Serundeng adalah makanan khas Indonesia yang sering digunakan sebagai lauk-pauk nasi. Serundeng dibuat dari parutan kelapa yang digoreng hingga kuning kecoklatan dengan bumbu-bumbu seperti bawang bombay, cabai, bawang putih, bawang merah, ketumbar, kunyit, gula, asam jawa, daun salam, daun jeruk dan lengkuas. Bumbu-bumbu ini dilumatkan sebelum digunakan. Serundeng umumnya dihidangkan dengan potongan daging sapi goreng, yaitu hidangan serundeng daging, atau ditaburkan di atas soto, ketan, atau burasa (makanan Makassar) untuk menambah rasa gurih masakan tersebut.

Serundeng adalah salah satu masakan populer Ala Indonesia yang biasanya digunakan sebagai taburan untuk lauk-pauk. Sajian Istimewa jenis ini dibuat dari kelapa parut sebagai bahan utamanya. Lalu diberi tambahan bumbu yang dihaluskan seperti bawang merah, dan bawang putih, serta cabai, kunyit, dan juga gula, ketumbar beserta bahan tambahan tambahan lainnya yang selanjutnya digoreng atau disangrai sampai berwarna kekuning-kuningan.

Untuk menadapatkan serundeng kelapa yang bagus anda bisa cari kelapa yang tua, dan rendam kelapa itu dalam air selama kurang lebih 10 menit saja setelah itu baru di parut, nah itu salah satu tips saya sendiri untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan jangan lupa juga menambahi daun jeruk purut supaya setelah di goreng ada aroma segar dari sari daun jeruk tersebut

Serundeng sendiri terbuat dari parutan kelapa dan parutan kelapa mempunya manfaat tersendiri bagi kita cari tau untuk manfaat dari parutan kelapa ini

Manfaat Kelapa Parut :

  1. peningkatan Fungsi Otak

Bagi anda yang ingin memiliki daya ingat yang kuat serta kecerdasan tinggi, anda dapat mengkonsumsi makanan olahan dari kelapa parut. Adapun menu makanan dari kelapa parut yang bisa menjadi menu pilihan anda yaitu serundeng dan putu. Selain itu dengan menggunakan kelapa parut secara berkala anda juga bisa melihat manfaat jambu susu, anda telah melakukan pencegahan terhadap penyakit Alzeimer.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Memiliki jantung yang sehat, terlebih jantung merupakan salah satu organ manusia yang sangat penting. Anda dapat menjaga kesehatan jantung anda dengan mengkonsumsi kelapa parut.

  1. peningkatan Sistem Imun

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan jantung Anda saja, tetapi dengan kandungan nutrisi yang baik pada kelapa parut dapat meningkatkan sistem imun Anda. Seiring dengan adanya peningkatan pada sistem imun Anda, maka Anda akan lebih jarang terkena penyakit flu, batuk, dan demam.

  1. Mengatasi Anemia

Bagi anda yang sering mengalami anemia hingga merasa pusing, anda bisa mencoba cara yang satu ini. Yaitu dengan mengkonsumsi menu masakan olahan kelapa parut.

  1. Mencegah Kanker

Salah satu manfaat dari kelapa parut yang sangat penting yaitu dapat mencegah penyakit kronis seperti kanker dan tumor. Dengan menggunakan kelapa parut secara berkala, tidak hanya memenuhi nutrisi tubuh Anda saja.

  1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Bagi anda yang sering mengalami gangguan pencernaan seperti susah BAB, dan berbagai gangguan anda bisa mengatasinya dengan menggunakan bahan olahan dari kelapa parut. Hal ini karena kelapa parut memiliki serat yang sangat baik untuk mencegah serta mengatasi gangguan pencernaan.

  1. Mencerahkan Kulit

Bagi anda yang ingin memiliki kulit cerah dan bersinar, anda bisa mencoba membuat masker dari kelapa parut. Caranya sangat mudah yaitu dengan menambahkan kelapa parut, madu dan sedikit air perasan jeruk lemon dan mencampurkannya secara merata.

  1. Menghilangkan Selulit

Bagi anda yang ingin menghilangkan selulit ataupun bekas luka, anda bisa menghilangkannya dengan mengoleskan kelapa parut yang dicampur dengan bubuk kopi dan madu lalu diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

  1. Menghaluskan Kulit

Memiliki kulit halus dan lembut saat ini tidak hanya dambaan bagi para wanita saja, bahkan sebagian besar kaum pria pun mendambahkannya. Dan bagi anda yang ingin memiliki kulit halus dan lembut, anda bisa membuat lulur dari kelapa parut. Caranya yaitu dengan mencampurkan kelapa parut, asam jawa, sedikit bubuk kopi dan madu, lalu menggosokkan ke badan dan diamkan selama 15 hingga 20 menit lalu bilas hingga bersih. Melakukan hal tersebut sebelum mandi maka kulit Anda akan lebih halus daripada kulit Anda akan lebih kencang dan ternutrisi.

Itulah berbagai manfaat dari kelapa parut yang sangat baik tidak hanya untuk kesehatan Anda saja, tetapi juga kecantikan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat serta menambah pengetahuan anda.

Baca juga : Resep ayam serundeng kelapa

Ayam yang digunakan : 

Berikut ini adalah ayam yang digunakan untuk memasak ayam serundeng kelapa. tentunya harus mengguanakan ayam yang segar agar masakannya nanti juga enak dan lezat saat makan. Dan jangan sampai ayam yang digunakan adalah ayam busuk atau bangkai. apa lagi kalau menggunakan ayam kampung pasti mempunya cita rasa yang sangat khas sekali.

berikut di bawah ini adalah sambal bawang yang cocok untuk makan sama ayam serundeng kelapa     

    Baca juga : Resep ayam serundeng kelapa

Bahan Membuat Sambal Bawang Pedas

sambal bawang pedas

  • 500 gram cabe rawit merah & oren
  • 750 gram bawang merah
  • 15 siung bawang putih kating
  • 80 Gram / 1 keping gula jawa
  • 4 Sendok makan gula pasir
  • 1 Sendok kaldu jamur non msg
  • minyak goreng
  • Garam

Cara Membuat Sambal Bawang Pedas

  1. Goreng bawang merah utuh (sdh dikupas) dan cabe rawit utuh secara bergantian dalam minyak panas, tiriskan lalu buang minyak bekasnya.
  2. Blender cabe dan bawang yang sudah di goreng tadi, di tambah bawang putih mentah dan minyak baru secukupnya, sy pake food processor.
  3. Dalam wajan masukkan yg sudah di blender & gula jawa, masak dengan api kecil sampai tanak minyak) bumbui dengan pasir, garam & kaldu bubuk, koreksi rasa.

Catatan:
kalau minyak di rasa kurang, bisa ditambah ya tapi pada saat dimasak, bukan setelah matang.
Saya banyakin jumlah bawangnya untuk mengurangi tingkat pedesnya, setelah ditambah gula jawa & gula pasir pun di lidah saya masih pedes.
Untuk minyaknya tadi sy pake minyak kelapa organik dan gula sorghum

ini juga ada ayam serundeng dari lengkuas

Bahan untuk Membuat Ayam serundeng kelapa lengkuas

Untuk bisa memasak Ayam serundeng kelapa lengkuas di postingan ini kamu membutuhkan 16 bahan saja. Jadi silahkan kita persiapkan terlebih dahulu bahan-bahannya seperti dibawah ini.

  • ayam(potong 12bagian) – 1 ekor.
  • kelapa(parut) – 1 butir.
  • Minyak – 1 liter.
  • Bumbu halus : – .
  • Kemiri – 4 butir.
  • Bawang merah – 5 siung.
  • Bawang putih – 5 siung.
  • cabe merah(bisa skip kalo ga suka pedas) – 7 biji.
  • Jahe – seujung jari.
  • kunyit – 1 buah.
  • Merica – 1 sdt.
  • Ketumbar – 1/2 sdm.
  • lengkuas ukuran sedang(parut pake parutan keju) – 2 buah.
  • garam.gula pasir,penyedap rasa – Secukupnya.
  • sereh(geprek) – 1 ruas.
  • Daun salam – .

Coba juga: Salah satu variannya akan dibahas dalam resep kali ini, yaitu resep ayam goreng ‘serundeng’ lengkuas. Kalau biasanya serundeng terbuat dari parutan kelapa, namun pada ayam goreng ini menggunakan lengkuas sebagai serundengnya. Lengkuas diparut seperti kelapa kemudian dicampurkan ke dalam bumbu-bumbu rempah lainnya. Tampilkan postingan dengan label ayam goreng serundeng kelapa lengkuas.

Langkah Memasak Ayam serundeng kelapa lengkuas

Setelah kita sudah menyiapkan 16 bahan diatas. Selanjutnya kamu simak langkah-langkah selengkapnya untuk membikin Ayam serundeng kelapa lengkuas dibawah ini.

  1. Uleg bumbu sampai halus,parut lengkuas.
  2. Kalo sudah matang,serundeng dipindah ke wadah yang lebih lebar (nampan)yang sebelumnya sudah di alasi kertas,biar minyaknya meresap.
  3. Tumis bumbu sampai harum.
  4. Masukan ayam yang sudah dipotong dan cuci bersih,aduk sebentar,biarkan sampai kandungan air yang didalam ayam keluar,tunggu hingga airnya kering,kemudian masukan kelapa parut,beri air 1gelas,tutup dengan tutup panci,diungkep.biarkan sampai airnya surut.
  5. Tambahkan garam,penyedap rasa dan gula pasir secukupnya,aduk sebentar.tutup lagi,tunggu hingga bumbu meresap dan airnya kering.
  6. Setelah airnya kering,matikan api..pisahkan ayam dari kelapa.
  7. Nyalakan kompor,siapkan wajan,masukan minyak 1liter.goreng setengah/semua ayam sampai matang..
  8. Kemudian masukan kelapa ke dalam minyak bekas goreng ayam tadi.goreng kelapa sampai kering,lumayan lama yaa gorengnya…
  9. Tunggu hingga dingin.serundeng siap disajikan.

Resep Ayam Goreng Serundeng Kelapa yang Nagih Cara Membuat Ayam Goreng Serundeng – Sudah lama sekali rasanya saya ingin membagikan salah satu masakan berbahan dasar ayam yang disukai banyak orang ini. Bernama ayam goreng serundeng, ayam ini di olah dengan bumbu halus rempah ayam goreng sederhana. Salah satu variannya akan dibahas dalam resep kali ini, yaitu resep ayam goreng ‘serundeng’ lengkuas Kalau kebiasaannya serundeng terbuat dari parutan kelapa, namun terhadap ayam goreng ini memakai lengkuas sebagai serundengnya. Lengkuas diparut layaknya kelapa setelah itu dicampurkan ke dalam bumbu-bumbu rempah lainnya. Serundeng Kelapa Ayam serundeng yang terkenal di Solo dan daerah Jawa Tengah ini memang pas dan cocok di nikmatin kapan saja.

Bagaimana sangat mudah bukan cara memasak Ayam serundeng kelapa lengkuas ini. Tolong kamu coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat sukses. Silahkan simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Ayam bumbu serundeng khas padang

Setiap daerah memiliki sebagian menu yang sama. namun dalam resep dan penyajian berbeda. Yuk intip resep ayam serundeng dari padang 

bahan-bahan

  • 5 potong ayam segar (bisa mix dada,paha,sayap)
  • 1/2 bungkus kelapa parut
  • 5 biji cabe keriting/rawit (dihaluskan)
  • 2 ruang kecil lengkuas
  • 1 ruang kecil kunyit
  • 1 batang serai (ambil bagian 5cm)
  • 1 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk nipis
  • 1 sdm minyak goreng
  • Bumbu ungkep ayam :
  • 6 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 1 ruas ibu jari lengkuas
  • 1 ruas ibu jari jahe
  • 1 ruas ibu jari kunyit
  • 1 sdt ketumbar
  • Garam (sesuai selera)
  • Totole (sesuai selera)
  • secukupnya Udara

langkah

  1. Cuci ayam hingga bersih

  2. Campur dan haluskan bumbu ungkep ayam (blender/giling)

  3. Rebus ayam hingga air rebusan mengering kemudian sisihkan sembari di goreng kering terlebih dahulu

  4. Kemudian, siapkan wajan untuk sangrai bumbu serundeng, dan tumis terlebih dahulu cabe,lengkuas,lengkunyit,serai,daun salam dan daun jeruk dengan minyak goreng yang sudah disediakan.

  5. Setelah bumbu harum, campurkan kelapa parut dan aduk-aduk hingga warna cokelat emas (disarankan dengan api kecil agar tidak gosong)

  6. Setelah serundeng sudah berubah warna,matikan kompor,campurkan ayam yang sudah digoreng.

  7. Dan menu siap disajikan 

Nah itu tadi ada 3 resep ayam serundeng yang berbeda-beda tinggal milih salah satu. gak usah bingung mau meilih yang mana di coba semua juga boleh. jadi gimana masih mau memasak ayam serundeng ini… jangan sungkan untuk mencobanya dan juga di setiap daerah juga mempunya khas sendiri-sendiri karena di negara kita banyak ragam dan budaya tunggu apa lagi selamat memasak.

 

Agar ayam serundeng hasilnya gurih dan enak gunakan produk mesin parut kelapa dari kami, selebihnya baca artikel produk mesin kelapa