Cara Membuat Dawet Ayu yang Manis, Legit dan Gurih

Resep Cara Membuat Dawet Ayu Khas Indonesia. Minuman yang Segar Sudah Pasti Menjadi Favorit Keluarga Kita!! Disaat cuaca yang sedang panas terik seperti belakangan ini, memang paling enak itu minum minuman yang segar, seperti es dawet ayu Minuman ini adalah minuman khas Indonesia ini.

Rasa manis sekaligus gurih, Makin sedap karena ada tekstur dawet yang sangat kenyal lembut.Cara membuat dawet ayu ini cukup mudah dan tidak memakan waktu yang lama loooh. Hanya terdiri dari tiga komponen atau bahan saja, yaitu ada dawet, ada kuah santan, dan ada larutan gula merah.

Yuuuuukkkk, langsung saja simak resep-resep atau cara membuat dawet ayu yang segar dan enak di bawah ini!!!Yuk Lanjut Yukkk Ke Bahan dan Cara Membuat Dawet Ayu!!!!

 

Sejarah dan Cara Membuat Dawet Ayu

Menurut cerita dari kang Mas Wiranu, nama Dawet ayu diambil atau muncul dari pedagang yang bernama Munardjo. Yang mempunyai istri yang sangat cantik sehingga dawetnya diberi nama atau disebut Dawet ayu. Hingga saat ini istri Munardjo masih hidup, mereka tinggal di Kelurahan Rejasa Banjarnegara.

Dawet ayu merupakan salah satu minuman tradisional khas Indonesia yang berasal dari Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Minuman dawet ayu ini terkenal hampir di seluruh daerah yang ada di Indonesia. Seperti yang telah dilansir dari Harian Kompas.

Sastrawan yang berasal ari Banyumas Ahmad Tohari mengatakan bahwa penyebaran dawet ayu ke sejumlah daerah terjadi karena adanya mobilisasi masyarakat Jawa Tengah pada 1980-an.Para penjual-penjual dawet biasanya menggunakan pikulan yang khas untuk berjualan sambil berkeliling.

Pikulan tersebut biasanya disebut angkringan dawet ayu atau angdayu. Ada dua gentong besar yang pikul atau ditempatkan di sisi kanan dan kiri pikulan para penjual. Yang isinya masing-masing adalah santan dan dawet.

Gentong besar tersebut terbuat dari tanah liat yang dipercaya bisa menjaga suhu dawet dan santan tetap dingin sehingga pedagang tak perlu lagi menggunakan es batu.Namun kini banyak juga penjual dawet yang menggunakan es batu agar dawet semakin digin dan terasa semakin segar.

Dan kini juga semakin banyak pedagang yang menjual dawet dengan gerobak dan menggunakan ember plastik ketimbang gentong tanah liat. Dan sekarang asal usul dawet ayu masih simpang siur dan punya banyak versi.

Menurut Ketua Dewan Kesenian, yaitu Mas  Banjarnegara Tjundaroso, dawet Banjarnegara bisa meraih popularitas tinggi,yang konon berawal dari lagu yang diciptakan seniman Banjarnegara bernama Ma Bono.

Lagu yang berjudul “Dawet Ayu Banjarnegara” satu ini dipopulerkan kembali oleh Grup Seni Calung dan Lawak Banyumas Peang Penjol pada 1980-an. Yang grup ini terkenal di daerah Karesidenan Banyumas pada era 1970-1980-an.

Selain versi tersebut masi ada pula versi Ahmad Tohari yang mengatakan bahwa berdasarkan cerita tutur turun temurun, dan ada sebuah keluarga yang berjualan dawet sejak awal abad ke-20.

 

Cara Membuat Dawet Ayu!!!

 

Bahan-Bahan :

  • 252 gra tepung tapioka.
  • 251 gram tepung beras.
  • 601 ml air matang.
  • 101 ml air sari daun pandan.
  • es batu secukupnya.
  • 3-4 lembar duan pandan (usahakan cari daun pandan yang tidak terlalu muda maupun tidak terlalu tua).
  • 1,5 sendok teh garam (disesuaikan dengan kebutuhan anda).
  • 1,5 liter santan (disesuaikan dengan kebutuhan anda).
  • 1,5 sendok teh garam(disesuika dengan kebutuhan anda).
  • 1,5 liter santan (disesuaikan dengan kebutuhan anda )

Cara Membuat Dawet Ayu :

  1. Pertama – tama, usahakan terlebih dahulu untuk mencampurkan tepung tapioka dan tepung beras, lalu ambil air dari sari daun pandan dan air matang. Lansung lanjut untuk mengaduk  sari daun pandan hingga merata secara keseluruhan.
  2. Setelah itu lanjut untuk merebus hingga mengental. Jika dilihat sudah matang, langsung cetak adonan dawet menggunakan alat pencetak dawet.
  3. Jika tidak ada alat pencetak dawet, bisa menggunakan saringan (usahakan jangan menggunakan saringan seperti saringan the,atau saringan santan,cari saringan yang memiliki lubang-lubang yang tidak terlalu besar maupun yang terlalu kecil.
  4. Lalu letakkan wadah berisi air hangat di bawah cetakan yang akan dibuat untu mencetak cendol, agar dawet tidak menjadi menggumpal.
  5. Selanjutnya, ambil satu buah kelapa
  6. Usahakan cari buah kelapa yang tidak terlalu muda atau tidak terlalu tua!Parut kelapa, usahakan parut halus!Setelah selesai diparut, lanjut untuk menyaring santan, untuk memisahkan ampas santan dengan air santan.
  7. Lanjut untuk mebus santan dengan daun pandan dan garam. Lanjut untuk mengaduk santan, supaya santan tidak menjadi pecah.
  8. Kalau sudah selesai, lanjut dinginkan hasil rebusan santan

Cara untuk penyajian es dawet ayu

  1. Untuk langkah terakhir, lanjutkan untuk  meracik es dawet ayu.
  2. Pertama-tama, siapkan 1-5 gelas (ukuran disesuaikan dengan kebutuhan anda).
  3. Lanjut untu memberikan larutan gula merah yang sudah direbus bersamaan dengan gula putih tersebut.
  4. Lanjut untuk masukkan dawet secukupnya.
  5. Lanjut untuk menyiram dengan kuah santan yang sudah di parut yang sudah diasingkan dari ampas santan.
  6. Lanjut untuk menqbahkan es batu(sesuai keingan anda)
  7. Campurkan semua bahan dalam sebuah gelas yang sudah anda siapkan.
  8. Dan es dawet ayu bias dinikmati Bersama saudara, kerabat, teman atau sendirian.

Itu dia resep dari saya untuk membuat es dawet ayu khas Banjarnegara yang bakal melegakan tenggorokanmu. Sudah pasti bikin kenyang dan ketagihan bagi siapa saja yang menyicipinya!!

 

Baca Juga : cara membuat lupis lontong

Perbedaan Dawet dan Cendol

Kamu pasti mengira cendol dan dawet itu sama?, kamu salah besar!! sebenarnya cendol dan dawet itu berbeda jauh, mau dari bahan-bahannya, cara mengolahnya dan lainya.

Ini penjelasan PERBEDAAN dari CENDOL dan DAWET, serta cara-cara untuk membuat CENDOL, agar kamu tidak salah lagi dan bias membedakan mana CENDOL mana DAWET, sekaligus juga ada sejarah dari CENDOL dan asal usul CENDOL!!

Perbedaan Cendol Dengan Dawet!!!

Perbedaan Cendol dan Dawet hanya terdapat dari bahan-bahannya, Cendol yang berasal  atau yang diolah dari tepung hunkwe atau tepung kacang hijau. Sedangkan Dawet  yangberasal  atau yang diolah dari tepung beras atau tepung beras ketan.

Tekstur dari Cendol sendiri sebenarnya lebih ke kenyalnya dibandingkan dengan Dawet. Cendol juga memiliki perbedaan dari ukuran yang lebih kurus atau kecil dibandingkan dari ukuran Dawet tersebut.

Asal Muasal Minuman Cendol

Asal Usul minuman Cendol berasal dari wilayah bagian barat pulau Jawa (Tanah Sunda; yang sekarang merupakan bagian dari provinsi Jawa Barat, provinsi Banten, dan provinsi Jakarta), sedangkan minuman dawet sendiri berasal dari sebahagian Tanah Jawa yaitu Banjarnegara.

Namun apakah Anda-anda tahu bahwa Cendol telah dinobatkan sebagai salah satu minuman terenak versi CNN pada 2018.

Cendol yang hanya merupakan minuman daerah yang berasal dari Jawa Barat sedangan nama Cendol diserap atau didapatkan dari bahasa Sunda, yakni kata dari ‘Jendol”.

Nama jendol merujuk pada sensasi saat siapa saja mengonsumsi Cendol, terasa seperti jendolan-jendolan yang dirasakan di dalam mulut. Cendol juga lebih dikenal sebagai nama Es Dawet walaupu keduanya serupa tapi tak sama.

Jika warna hijau Cendol didapat atau berasal dari daun suji, maka warna hitam Dawet Ireng ini didapat atau berasal dari abu bakar jerami yang dicampur air sehingga berwarna hitam.  Air dari bakaran jerami ini digunakan sebagai pewarna Dawet.

Bahan-bahan :

  • 1-2 lembar daun suji (usahakan cari daun yang tidak terlalu muda ataupun terlalu tua) .
  • 1/5 sendok teh pasta pandan.
  • 150-155 gram tepung beras atau tepung hunkwe (sesuaikan dengan kebutuhan anda).
  • 15-16 gram tepung tapioka atau tepung beras (sesuaikan dengan kebutuhan anda).
  • 700-705 mililiter air matang (sesuaikan dengan kebutuhan anda).
  • 2,5 gram garam (sesuaikan dengan kebutuhan anda).
  • 2,5 block es batu (sesuaikan dengan kebutuhan anda).

Resep kinca (saus gula merah) :

  • 480-485 gram gula merah yang sudah diserut halus (sesuaikan dengan kebutuhan anda).
  • 130-135 gram gula putih (sesuaikan dengan kebutuhan anda).
  • 3-4 lembar daun pandan (sesuaikan dengan kebutuhan anda).
  • 10-15 gram garam halus Daging nangka (opsional agar aromanya khas,sesuaikan dengan kebutuhan anda).

Bahan tambahan :

  • 1.500-1.505 ml santan kelapa(sesuaikan dengan kebutuhan anda, atau sesuaikan dengan banyak atau sedikitnya cendol yang akan anda olah)

Cara Membuat Cendol :

  1. Campur semua bahan-bahan dengan cara blender daun suji dengan air, lalu disaring. Lanjut untuk memasukkan semua bahan cendol dan air daun suji dalam panci.
  2. Aduk dengan rata! lalu nyalakan kompor, masak sampai adonan menjadi kental dan lengket.
  3. Usahakan durasi masak sekitar 20-25 menit untuk mendapatkan konsistensi yang sesuai. Lalu siapkan wadah seperti baskom atau panci bersih.
  4. Lanjut dengan mengisi air matang dan masukkan es batu. Aduk dengan rata.
  5. Lanjut untuk menyiapkan cetakan cendol, lalu masukkan adonan cendol yang masih panas tersebut ke dalam cetakan cendol.
  6. Tekan-tekan cetakan cendol dengan bagian baskom berisi air dingin di bawah. Nantinya cendol akan menjadi terpisah dan kaku secara otomatis.
  7. Untuk membuat saus kinca, campurkan semua bahan-bahan kecuali santan.
  8.  Saring cendol yang sudah mengeras didalam baskom, tata di gelas atau mangkuk sesuai keinginan.
  9. Beri es batu secukupnya, tambahkan saus kinca, dan santan dengan jumlah sesuaikan dengan selera.
  10. Dan cendol siap dinikmati.

Nahhh, sekarang kamu pasti tau perbedaan Cendo dan Dawet!! Jangan sampai salah lagi ya!!

Untuk Lebih Mudah Gunakan : Mesin Parut Kelapa

9 Manfaat Es Dawet Ayu Bagi Kesehatan Kita dan Keluarga

Kandungan Gizi dari Es Dawet Ayu

Bahan dasar dawet ayu yang digunakan untuk membuat es dawet ayu biasanya terbuat dari beberapa campuran tepung. Ada dari beberapa daerah yang menggunakan tepung sagu dan tepung beras. Dawet ayu memiliki karakteristik rasa kenyal, lembut sekaligus mengenyangkan. Es dawet ayu bisa disajikan dengan beberapa campuran yang menyegarkan maupun hanya dawet murni saja. Kandungan gizi es dawet ayu adalah sebagai berikut:

  • Kandungan Protein : 11,35 gram
    Kandungan Lemak : 13,9 gram
    Kandungan Karbohidrat : 175 gram
    Kandungan Fosfor : 220 mg
    Kandungan Kalsium : 160 mg
    Kandungan Zat Besi : 2 mg
    Kandungan Vitamin C : 1,9 mg

Es dawet ayu ternyata tidak hanya menyegarkan diminum saat musim panas. Es dawet ayu yang memiliki rasa manis dan gurih dari campuran santan ternyata juga mengandung berbagai manfaat untuk tubuh dan kesehatan tubuh. dibawah ini adalah beberapa daftar manfaat es dawet ayu.

1. Es Dawet Ayu Membantu Pencernaan

Dawet ayu yang dibuat dari bahan tepung sagu memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu pencernaan. Seperti perut kembung dan kurang nafsu makan juga bisa diatasi dengan es dawet ayu. Bahkan dawet ayu mengandung serat yang baik untuk membantu proses penyerapakan zat gizi di dalam usus halus.

2. Es Dawet Ayu Membantu Mendinginkan Tubuh

Es dawet ayu yang diolah dari sagu ternyata memiliki kandungan karbohidrat yang bisa membuat tubuh menjadi lebih dingin. Efek makan dawet ayu ini ternyata tidak hanya untuk mendinginkan tubuh tapi juga mengatasi beberapa gangguan pada empedu. Karena itulah minum es dawet ayu saat musim kemarau bisa mengatasi dahaga dan membuat perut menjadi lebih nyaman.

3. Meningkatkan Nilai Gizi Kita

Es dawet ayu memang memiliki kandungan protein yang rendah, selain mengandung protein juga memiliki banyak kandungan mineral dan sumber vitamin. Kombinasi es dawet ayu dengan beberapa bahan lain ternyata sangat baik untuk meningkatkan nilai gizi.

Selain itu efek dari minum es dawet ayu juga bisa membuat badan menjadi lebih segar dan kenyang.

4. Meningkatkan Energi Kita

Es dawet ayu terbukti bisa menjadi minuman yang bisa meningkatkan energi tubuh. Hal ini terbukti ketika tubuh berpuasa maka tubuh akan terasa lebih lemah, lesu, tapi sesaat setelah minum es dawet ayu maka tubuh seperti memiliki energi yang baru.

5. Menjaga Kesehatan Tulang Kita

Bahan dawet ayu yang digunakan untuk membuat es dawet ayu memang memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Kalsium sangat penting untuk menjaga pertumbuhan tulang dan meningkatkan kesehatan tubuh kita. Kalsium juga memiliki peran yang sangat penting untuk menghilangkan rasa lelah yang berlebihan di tubuh kita. Dengan minum dawet ayu atau es dawet ayu maka Anda bisa merasa tubuh menjadi lebih bugar.

6. Mengontrol Tekanan Darah Kita
Es dawet ayu ternyata juga mengandung kalium meskipun dalam jumlah yang sedikit. Kandungan kalium sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung kita, mengontrol tekanan darah agar tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah.

7. Meningkatkan Berat Badan Kita
Bagi orang yang memiliki masalah dengan berat badan yang tidak edieal, maka bisa melakukan terapi sehat dengan bahan es dawet ayu atau dawet ayu. Secara umum es dawet ayu akan membuat perut menjadi lebih nyaman dan cepat kenyang.

8. Menurunkan Berat Badan Kita
Es dawet ayu ternyata juga bisa membuat tubuh bisa melakukan kontrol terhadap berat badan. Langkah ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi dawet ayu sebagai pengganti asupan karbohidrat. Minum es dawet ayu akan memberi efek mengenyangkan sehingga bisa membuat perut tidak makan berlebihan. Selain itu campuran es dawet ayu dengan beberapa bahan yang mengandung karbohidrat ringan juga bisa menurunkan konsumsi karbohidrat.

9. Meningkatkan Kesehatan Kita
Es dawet ayu tidak hanya segar diminum dan menghilangkan dahaga. Tanpa kita sadari ternyata minum es dawet ayu bisa meningkatkan kesehatan. Hal ini terbukti karena es dawet ayu juga mengandung vitamin C yang bisa membantu tubuh dalam melawan kuman penyakit.

10. Meningkatkan Asupan Gula Kita