Cara Membuat Kelapa Bonsai

Cara Membuat Kelapa Bonsai,Pecinta tanaman? Anda bisa melengkapi koleksi tanaman di rumah dengan bonsai kelapa. Varian bonsai yang satu ini tidak kalah menarik,dengan jenis-jenis lainnya. Bentuknya unik dan hasilnya tidak terlalu besar sehingga dapat dihadirkan dalam rumah sebagai dekorasi tambahan. Selain itu, ternyata Anda juga bisa membuat tanaman hias ini sendiri,

Terdapat 3 jenis kelapa yang bisa ditampilkan di tanaman bonsai yaitu kelapa gading merah, kelapa gading susu, dan kelapa albino. Ketiga jenis kelapa ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Anda bisa memilih jenisnya sesuai hasil yang diinginkan

Cara Membuat Bonsai Kelapa

Setelah menentukan jenis kelapa yang ingin Anda gunakan, sekarang saatnya Anda membuat bonsai kelapa gading merah, kelapa gading susu, atau kelapa albino itu sendiri. Ini dia cara yang bisa Anda ikuti! Untuk pecinta bonsai kelapa pemula, jangan khawatir! Cara membuat bonsai kelapa ini cukup mudah untuk diikuti,  kok .

1. Pilih Bibit Terbaik

Bonsai kelapa

Pasti, agar bonsai dapat tumbuh dengan baik, Anda perlu menggunakan bibit unggul agar hasilnya bisa sesuai harapan. Anda menggunakan bibit bonsai yang sudah agak tua sehingga lebih cepat tumbuh tunas baru.

Untuk kelapa sendiri, bagus jika Anda mengambilnya langsung dari pohon agar tidak ada lebih dari kelapa yang jatuh ke tanah. pilihan bibit dengan ukuran kecil namun memiliki akar yang besar dan kuat. Dengan ukuran batok kelapa yang kecil ini, Anda bisa lebih mudah membentuk batang nantinya.

2. Tentukan Posisi Batok

posisi batok kelapa

Perlu Anda ketahui, tanaman bonsai ini akan tumbuh mulai dari batoknya. Sehingga menentukan posisi batok ini juga tergolong penting agar bentuk tanaman bisa sesuai keinginan Anda.

Pertama-tama, Anda bisa meletakkan bibit yang belum tumbuh tuna di tanah dengan kandungan air yang cukup. Nantinya, bibit tuna akan tumbuh kurang lebih selama 1-2 minggu.

Nah setelah ini, Anda bisa meletakkan batok kelapa sesuai keinginan. Bisa diletakkan secara vertikal agar batok kelapa dikelilingi akar dan tanaman tumbuh tinggi. Atau bisa juga secara horizontal yang bisa membuat bonsai kelapa unik nanti mirip dengan rumah siput.

3. Bersihkan Batok Kelapa

membersihkan batok kelapa

Hal pertama yang harus Anda bersihkan tentu sabut kelapa pada batok. Sabut ini perlu dibersihkan ketika tunas sudah muncul. Caranya, Anda bisa mengupas atau menyayat batok kelapa. Tapi hati-hati ya,  Ruppers . Jangan sampai mengenai tunas dan akar yang baru tumbuh ketika menyayat batok kelapa ini.

Selanjutnya, setelah membersihkan sabut kelapa, Anda juga bisa mulai membersihkan bulu halusnya. Bulu halus ini bisa Anda hilangkan menggunakan pisau. Pastikan sampai batok kelapa bersih ya. Setelah itu, Anda juga bisa menggunakan amplas agar tampilannya lebih cantik.

4. Siapkan Media Tanam

media tanam bonsai

Ketika hendak menanam bonsai yang satu ini, Anda juga perlu memperhatikan media tanam yang digunakan. Sediakan pot yang sesuai dengan ukuran batok kelapa terlebih dahulu. Lalu, isi pot tersebut dengan campuran tanah, air, dan pupuk kandang. Perlu diingat perbandingannya adalah 2 : 1 : 1, ya  rs . rupiah

Ada tips juga,  nih  agar bonsai kelapa Anda bisa tumbuh dengan cepat. Caranya adalah dengan menyiapkan botol bekas air mineral untuk dijadikan penutup bagian tunas kelapa yang Anda gunakan. Potong bagian atas botol setinggi lebih 5 cm kemudian batok kelapa ini bisa Anda letakkan di media tanam yang sudah dibuat sebelumnya. Selain menggunakan tanah, akan sangat mendukung juga untuk menanam bonsai kelapa media air,  lho .

5. Saatnya Membentuk Tanaman Bonsai Kelapa

bentuk bonsai kelapa

Tahap terakhir ini bisa dikatakan sangat menentukan hasil akhir dari tanaman bonsai Anda. Untuk itu, Anda perlu menyayat bagian tunas paling bawah bibit bonsai yang sudah tumbuh sekitar 15 sampai 20 cm. Cara menyayat bonsai kelapa ini perlu diperhatikan dengan jeli. mengatasi menyayat ikan tuna yang masih muda agar tidak membusuk. Penyayatan ini dilakukan minimal 3 kali sehari.

Nah , agar bonsai kelapa bisa memiliki bentuk yang indah, Anda memerlukan kawat atau tali untuk membantu mengarahkan pertumbuhan mengomel. biasanya ujung mengomel ke bagian pangkal batang.

Lalu untuk mengurangi mengomel sendiri biasa dilakukan untuk membuang bagian mengomel yang tidak diinginkan. Pemotongan mengomel ini bisa dibuat melengkung ke dalam batang atau mendatar. Dengan begitu hasil bonsai Anda pastilah unik dan menarik!

Cara Merawat Bonsai Kelapa

Setelah mengetahui cara membuat bonsai kelapa bercabang atau yang biasa dikenal dengan ‘bonsai kelapa mini’ ini, apakah Anda mulai tertarik untuk membuatnya sendiri? Bagi Anda yang tertarik, selamat mencoba, ya. Namun jika tidak, tenang saja. Saat ini sudah banyak,  kok  yang jual bonsai kelapa ini. Anda tinggal yang sesuai dengan keinginan untuk memilih bentuk rumah.

Namun, jika sudah memiliki tanaman bonsai baik dari sendiri maupun membeli, jangan lupa untuk merawatnya agar penampilannya tetap terjaga, ya! Cara merawat bonsai kelapa ini tergolong mudah,  lho . Yang terpenting adalah dengan rutin menyiram tanaman bonsai milik Anda sehari sekali. Tapi perlu diingat juga ketika musim kemarau Anda mungkin harus lebih sering menyiramnya agar tanaman tidak kering.

Selain disiram, jangan lupa juga untuk memberikannya pupuk ya. Pemupukan ini bisa dilakukan setiap 15 hari sekali. Anda juga bisa menggunakan insektisida atau herbisida agar tanaman ini terhindar dari penyakit dan hama.

Jika ditanya apakah bonsai kelapa jawaban, jawabannya tidak ya,  Ruppers . Tanaman hanya akan tumbuh mencapai 25-100 cm tergantung perawatannya. Usianya bisa mencapai belasan tahun. Tapi agar bisa panjang umur seperti ini, Anda perlu ingat bahwa tanaman juga merupakan makhluk hidup yang perlu dirawat. Jadi jika Anda sudah memutuskan untuk memilikinya, janganlah lupa untuk memberikan yang terbaik saat merawatnya, ya!

Rekomendasi Produk untuk Membuat dan Merawat Bonsai Kelapa

Jika sudah memahami cara membuat dan merawat tanaman yang memerlukan ketelatenan ini, tentu tidak mengagetkan ya jika harga bonsai kelapa sangat tinggi. Harga bonsai kelapa termahal sendiri bisa mencapai Rp 16.000.000,00  lho . Untuk itu, dalam membuat maupun merawat bonsai yang Anda miliki, Anda dapat menawarkan rekomendasi produk berikut ini di rumah. Semua produk dijamin berkualitas!

Pot Tanaman

Agar penampilan bonsai Anda semakin menarik, milikilah pot tanaman yang dapat mendukung penampilan. Contohnya seperti pot dengan  stand  yang satu ini. Akan sangat cocok untuk tanaman bonsai yang diletakkan di dalam rumah.

Pupuk Kandang

Dalam merawat bonsai di rumah, Anda juga memerlukan pupuk, bukan? Pupuk kambing olahan ini bisa dijadikan salah satu pilihannya. Pupuk mengandung kotoran kambing, EM-4, dan kapur dolomit yang bermanfaat untuk menyediakan unsur hara bagi tanaman.

Penyiram Tanaman

Jangan lupa, tanaman juga perlu disiram. Milikilah penyiram tanaman di rumah untuk memudahkan kegiatan ini. Misalnya dengan penyiram di atas ini yang memiliki desain ergonomis.

Jadi, sudah siap untuk memiliki bonsai kelapa di rumah? Tetaplah rawat tanaman Anda dengan rekomendasi produk di atas, ya. Lengkapi juga produk peralatan dan kebutuhan taman lainnya di rumah agar aktivitas berkebun bisa menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di Ruparupa.com yang juga selalu menawarkan berbagai penawaran menarik. Tunggu apa lagi? Yuk, belanja sekarang! Jangan sampai ketinggalan promonya ya

Cara Memulai Usaha Bonsai Kelapa :

Kita sengaja menggunakan bahasa Inggris yang satu ini, karena dalam kata primer yang kita ketahui tentu pemula atau langkah awal dan saya cocok dengan mulai lagi berarti pertama. Maksud saya dalam kata primer disini yaitu kita sebagai penjual Bonsai hanya pada saat tertentu saja. Misalnya kita punya Bonsai yang kurang terurus di rumah yang ternyata masih bisa dibuat bagus dan cantik daripada disimpan lebih baik kita uang kembali.
Penulis sendiri punya Bonsai dan Tanaman Hias Taman.yang sudah terjual melalui Promo dan Galeri Khusus Bonsai & Tanaman Hias Bonsai Taman dan kami dapat berbagi dengan Anda.
Tips semoga anda bisa menerapkan bagaimaan cara menjual Bonsai agar cepat laku yang terpenting :
Dalam kategori jualan Bonsai dan Tanaman Hias Awal dan begin, Bonsai kita bisa laku terjual tergantung minat dari permintaan para konsumen.
Bonsai Kita sudah mengikuti aturan dan Prosedur tanaman Bonsai
Jualah Bonsai anda dalam kondisi Indah yang terlihat fress (karena yang nampak buruk mungkin akan susah terjualnya)

Baca juga : Resep Ayam goreng kelapa

TPI:

  • Promosikan lewat internet (sosial media, group, forum, lapak gratis, pengiklanan gratis, situs iklan baris)
  • memastikan pengiklan yang di sertai dengan kategori daerah, agar pembeli nantinya mudah bertemu dengan Anda contoh lihat di Bah “GOOGLE, Facebook dll”
  • Sertakan produk Bonsai Jenis dan keterangan Anda secara jujur ​​​​dan detail, misal : kekurangan, kelebihan, kondisi barang anda. Misalnya, Anda ingin menjual Bonsai, sertakan gambar yang jelas pada bagian depan Bonsai, bagian belakang, bagian samping, dan rincikan kualitas apakah pernah mengikuti lomba, Pameran Atau Kontes Bonsai, Yang penting jangan ada yang ditambahi dan dikurangi dari kondisinya. Ingat barang anda belum laku!
  • Buatlah harga yang sesuai untuk Bonsai anda bisa melihat perbandingan dengan bonsai lain yang dijual bila ada kekurangan tidak masalah yang penting beri tahu/jujur ​​kepada calon pembeli dan sampaikan saran perbaikan
  • Nego : Nego berarti tawar. Strategi anda untuk ini yaitu. Misal anda menjual Bonsai tersebut dengan harga Rp 600.000,- jika Anda membuat nego buatlah dengan harga Rp 800.000,-, tetapi perhatikan kondisi barang Anda. Hal ini agar pembeli tidak terlalu membeli dengan harga murah, dan yang utama juga harus menawarkan tawaran/nego dari membeli malah memberi perhatian pada harga, nanti barang anda tidak jadi dibeli.
  • Jual secara offline : Selain Anda berpromosi secara online mungkin lebih besar peluang lakunya jika Anda berpromosi secara offline, misalnya ke teman sekolah, tetangga. Dan jangan lupa untuk meminta mereka juga ikut promosi dan mari sebarkan hal ini tentu akan membuat peluang besar lakunya Bonsai anda.
  • Menjual pada saat Pameran & Kontes Bonsai ( Bursa) ambilah stand khusus untuk berdagang bila keuangan anda terbatas dapat dilakukan dengan sering dengan kawan-kawan lain untuk
  • penghematan biaaya operasional Bazar dan Bursa Bonsai.

Cara Membuat Bonsai Kelapa Bercabang

Bonsai merupakan seni bercocok tanam yang semakin banyak digilai oleh para pecinta  tanaman hias . Bukan hanya karena bentuk yang unik dan menarik, namun juga bisa menjadi peluang bisnis yang terlihat. Ada berbagai macam tanaman yang bisa dibuat menjadi bonsai, salah satunya adalah  pohon kelapa . Pohon kelapa dapat disulap menjadi bonsai kelapa bercabang atau bonsai kelapa mini. Bonsai ini mengundang banyak perhatian mengingat pada dasarnya pohon kelapa tumbuh dengan pohonnya yang tegak dan menjulang tinggi.

Membuat tanaman raksasa ini menjadi sangat menakjubkan, sangat mudah, oleh karena itu bonsai kelapa bercabang dapat dibandrol dengan harga yang sangat tinggi. Namun bagi para pengumpul bonsai, hal ini sama sekali tidak menjadi masalah. Berapa pun harganya, tetaplah. Nah, bagaimana dengan Anda yang menginginkan bonsai kelapa ini tapi terkendala biaya? Tidak perlu sedih. Pada artikel ini Saya akan memberikan cara membuat bonsai kelapa bercabang. Seperti yang Saya katakan tadi, cara membuat mudah. Namun sebenarnya tidak ada yang sulit jika ada kemauan. Yang terpenting adalah ketelitian dan kehati-hatian agar hasil yang didapatkan nantinya akan memuaskan.

Baiklah, untuk membuat bonsai kelapa bercabang ada beberapa tahap yang perlu Anda ikuti. Silahkan baca dengan seksama tahap-tahapnya di bawah ini.

Tahap Pertama

pilihan bibit yang baik agar bertunas cepat. Dalam pemilihan ini, disarankan memilih kelapa yang tua dan sebaiknya diambil langsung dari pohonnya. Karena kelapa tua yang terjatuh di tanah, hasilnya akan kurang baik. Sedangkan yang dipetik langsung dari pohon dapat bertunas dengan cepat. Selain itu, pilih kelapa tua yang ukurannya tidak terlalu kecil juga tidak terlalu besar.

Setelah Anda memilih tinggal menunggu beberapa waktu hingga kelapa tua Anda mengeluarkan tunasnya. Cara agar bibit dapat cepat bertunas adalah coba tempatkan kelapa tua tersebut di atas tanah yang banyak mengandung udara dan lembab.

Tahap Kedua

Setelah bibit Anda bertunas, langkah selanjutnya adalah mengupas sabut kelapanya. Pengupasan sabut kelapa dapat dimulai dengan membuat sayatan-sayatan dari ujung ke ujung dengan menggunakan pisau. Sayat dengan hati-hati jangan sampai mengenai tunsa dan akarnya yang baru tumbuh. Sayatan-sayatan ini akan memudahkan Anda mengupas seluruh sabut kelapa, kupas hingga batoknya bersih dari sabut yang menyelubunginya.

Tahap Ketiga

Selanjutnya, saat batok sudah bersih dari sabut kelapa, langkah ketiga adalah kerok batok kelapa tersebut dengan menggunakan pisau. Kerok seluruh batoknya hingga bulu-bulu halus bekas sabut hilang semuanya. hingga terlihat licin dan mengkilap, bisa juga dengan menggunakan amplas.

Tahap Keempat

Berikutnya adalah menyiapkan media tanam. Pada tahap ini Anda perlu menyiapkan pot berukuran kecil. Isi wadah pot tersebut dengan tanah, pasir dan pupuk kandang. Gunakan perbandingan 2:1:1. Setelah itu, Anda juga memerlukan botol minuman bekas. Potong bagian kelapanya dengan tinggi 5 cm. Gunakan botol bekas tersebut untuk menutup tunas kelapa pertumbuhan tunasnya dapat berkembang lebih cepat.

Tahap Kelima

Tahap berikutnya adalah penanaman kelapa ke dalam media tanam. Caranya, masukkan kelapa bertunas Anda ke dalam pot yang telah diisi dengan media tanam dengan hati-hati. pemandangan dalam posisi horisontal. Masukkan akar-akar kelapa tersebut di dalam media tanam tanpa dibuat terputus.

Tahap Keenam

Tahap selanjutnya adalah saat tunas bonsai Anda sudah mulai tumbuh dan mengeluarkan daunnya, daun yang baru tumbuh dan belum terbuka itu harus dipotong. Potong dengan menggunakan pisau atau gunting tanaman. Perlakuan ini dilakukan agar daun kelapa tersebut tidak tumbuh ke arah atas. Perlakukan ini dilakukan pada setiap daun yang baru tumbuh, sebelum terbuka daunnya, maka potonglah. Dengan begitu, tampilan bonsai kelapa Anda akan tetap mungil dan terlihat menarik.

Tahap Ketujuh

Saat tanaman bonsai kelapa Anda sudah setinggi 15 cm – 20 cm, tunas-tuna baru akan mulai bermunculan. Untuk itu, yang harus Anda lakukan adalah habis tunas-tunas baru tersebut. Pada tahap ini, kehati-hatian penuh harus Anda lakukan, jangan sampai saat tunas baru, Anda menggores atau melukai tanaman bonsai kelapa Anda. lakukan tahap ini secara rutin minimal 3 kali sehari, karena biasanya tunas baru akan tumbuh dalam waktu 3 hari.

Tahap Kedelapan

Jika Anda sudah menyelesaikan tahap ketujuh, artinya tanaman bonsai kelapa Anda sudah mulai tumbuh dengan bentuk yang sempurna. Tahap terakhir adalah melakukan penyiraman dan pemupukan. Proses penyiraman dilakukan rutin pada pagi dan sore hari. Untuk hasil terbaik, penyiraman dilakukan dengan air larutan garam atau vetcin. Pada musim kemarau, dosis penyiraman bisa ditambah agar tanaman bonsai Anda tidak akan mati kekeringan.

Untuk pemupukan, dilakukan setiap 15 hari sekali agar tanahnya tetap gembur. Jangan lupa semprotkan insektisida atau herbisida untuk mencegah hama atau penyakit tanaman. Untuk membuat tanaman bonsai kelapa Anda bisa cepat berbuah, Maka jangan tinggalkan perawatannya. Perawatan berupa penyiraman, pemberian nutrisi atau pempukan seperti apa yang telah dijelaskan di atas dan jangan lupa untuk menambahkan yang rutin.

Nah, itu sedikit ulasan tentang tahap-tahap membuat bonsai kelapa bercabang atau yang juga dikenal dengan bonsai kelapa mini. Tidak mudah memang, tapi kerja keras Anda pasti akan terbayar dengan kepuasan tiada tara saat menyaksikan tumbuhnya bonsai buatan tangan Anda sendiri. sesuatu yang dibuat sendiri biasanya lebih berharga bukan? Sekian review kali ini. Semoga dapat menjadi inspirasi teman-teman pecinta bonsai. Terima kasih dan selamat mencoba!! 

Jika ingin bonsai kelapa dapat berkembang dengen pesesat jangan lupa baca juga mesin sambut kelapa ini