Cara Membuat Kolak dengan Berbagai Kreasi

Bulan Suci Ramadhan telah tiba, apa saja yang kalian lakukan di bulan Ramadhan ini? Misalnya saja kita membuat kolak untuk menemani berbuka puasa. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas cara membuat kolak pisang dengan berbagai kreasi.

Cara membuat kolak pisang sendiri tidak sulit sehingga semua orang bisa mencobanya dirumah. Jadi kalian tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk mencari kolak pisang. Yuk langsung aja kita simak artikelnya!

Pengertian dan Sejarah Kolak

Kolak adalah makanan asal Indonesia berbahan dasar pisang atau ubi yang direbus dengan santan atau gula. Siapa yang tidak kenal dengan makanan ini? Pasti kalian semua sudah pernah mencobanya.

Tahukah kalian darimana asal-usuk kolak? Sekedar buat pengetahuan kolak pisang diperkirakan berasal dari Timur Tengah, kalau selama ini kalian mengira kolak pisang berasal dari pulau Jawa bisa saja anggapan itu salah.

Dulu, masyarakat Jawa belum mengenal Islam dengan baik sehingga para ulama mencari cara agar masyarakat memahami islam. Salah satunya adalah dengan menggunakan kolak sebagai media penyebaran Islam.

Kata kolak sendiri memiliki arti yang dalam yaitu merujuk pada kata “khalik” yang dikenal sebagai Tuhan Pencipta Alam (Allah SWT). Dengan adanya kolak masyarakat diharapkan agar lebih dekat kepada Allah swt.

Pisang yang digunakan untuk membuat kolak di Indonesia adalah pisang kapok yang artinya manusia harus kapok dan bertaubat. Selain itu bahan lainya adalah ubi atau sering disebut telo pendem yang artinya yaitu mengubur kesalahan yang sudah diperbuat.

Oleh karena itu kolak hanya sering disajikan dibulan Ramadhan saja.

cara membuat kolak

Macam – macam Kreasi dan Cara Membuat Kolak Pisang

Jika kalian enggan mebuatnya sendiri dan lebih praktis membeli. Coba deh sesekali membuat kolak sendiri dirumah, rasanya pasti jauh lebih enak dan pastinya kebersiha dan kesehatan terjaga. Jika kalian bingung bagaimana cara membuat kolak pisang, langsung aja kita simak dibawah ini!