Cara Membuat Papan dari Sabut Kelapa | Papan Komposit

Sabut kelapa selain bisa di olah menjadi bahan jok, sapu, kaset, kasur pegas, media tanam, dan lain-lain, ternyata juga bisa di gunakan menjadi bahan membuat papan dan papan yang bisa dubuat dari bahan sabut kelapa di kenal dengan papan komposit. Berikut ini kita akan belajar bagaimana cara membuat papan dari sabut kelapa atau papan komposit.

Papan dari sabut kelapa atau papan komposit merupakan suatu papan yang terbentuk dari dua atau lebih bahan material dimana sifat mekanik yang dihasilkan berbeda dengan sifat mekanik bahan material pembentuknya.Sifat mekanik papan dari sabut kelapa yang dihasilkan harus lebih unggul dan mempunyai keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan komponen tunggalnya.

Komposit adalah penggabungan dua atau lebih material yang berbeda sebagai suatu kombinasi yang menyatu. Bahan komposit umumnya terdiri dari dua unsur, yaitu serat (fiber) sebagai pengisi dan bahan pengikat serat yang disebut matrik.

Ingin tahu bagaimana cara membuat papan dari sabut kelapa ? Berikut proses yang harus dilakukan.

Cara Membuat Papan Dari Sabut Kelapa Atau Papan Komposit

  1. Serat sabut kelapa dipilih yang memiliki panjang 15 hingga 20 cm dan coir pith dipilih yang berukuran 1 hingga 3 cm.
  2. Serat sabut kelapa dipotong menggunakan mesin ring flanker menjadi berukuran 1 hingga 4 cm dan coir pith dipotong antara 1 hingga 3 cm.
  3. Potong kemudian dikeringkan di dalam dry klin hingga tercapai kadar air kurang dari 6%. Pengukuran ini dilakukan dengan metode kering oven dan timbangan.
  4. Serat sabut kelapa dan coir pith yang sudah kering dicampur dengan bahan perekat campuran Urea Formaldehida (UF) dan Penol Formaldehida (PF) dengan perbandingan tertentu.
  5. Campuran bahan tersebut kemudian diproses kempa panas, hingga menjadi lembaran papan.
  6. Papan yang terbentuk selanjutnya diangin anginkan selama lebih kurang satu minggu di dalam ruang pengkondisian pada suhu kamar.
  7. Pengkondisian tersebut berguna untuk menyeragamkan kadar air serta menghilangkan tegangan dan regangan pada papan karena proses kempa panas.
  8. Diperlukan trik khusus pada proses pembuatan papan sabut kelapa ini, karena coir pith memiliki sifat membal (sifat tekan balik), sehingga setelah dipres cenderung balik lagi.
  9. Pemakaian perekat yang lebih banyak dapat mengatasi maslah namun menghasilkan produk yang kuarang memuaskan dan berdampak pada mahalnya harga jual produk nantinya.

Keunggulan Penggunaan Papan Komposit

Produk papan komposit mempunyai keunggulan bagi penggunaan tertentu seperti digunakan sebagai kerangka dinding bangunan dan kerangka lantai ( floor joint ) dan mempunyai kelemahan seperti kemampuan menahan paku ( mechanical fasteners ).

Penggunaan Papan Komposit

  • Perabot rumah tangga dalam bentuk panil datar televisi dan dinding belakang kabinet radio, dasar laci, penahan debu, pintu geser, dinding belakang tujuan pemakaian umum, dan daun meja.
  • Pembuatan panil dinding, pintu dan sisi atas kabinet sisi pintu interior, panil pintu garasi, dan komponen tetap toko.

Tidak hanya untuk membuat papan komposit dari sabut kelapa saja, sabut kelapa juga bisa menjadi produk unggulan kerajinan dari sabut kelapa yang bernilai jual tinggi. Bahkan dengan inovasi pemanfaatan sabut kelapa kini sabut kelapa sudah merambah sampai ekspor.

Itulah beberapa cara membuat papan komposit dari sabut kelapa, keunggulan penggunaan papan komposit dan penggunaannya sendiri untuk kebutuhan umum. Sifat mekanik papan dari sabut kelapa yang dihasilkan harus lebih unggul dan mempunyai keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan komponen tunggalnya.