Cara Membuat Sabutret / Sabut Berkaret

Cara Membuat Sabutret – Dalam pembuatan serat sabut kelapa berkaret (sabutret) secara umum meliputi beberapa proses yakni proses pengolahan sabut kelapa menjadi serat keriting, proses pengolahan disperse kimia, proses pengolahan lateks dan proses pembuatan sebutret. Berikut ini cara pembuatan sabutret :

  1. Proses utamanya serat/sabut kelapa diperoleh dari hasil pemecahan sabut kelapa menggunakan mesin pemisah serat.
  2. Serat selanjutnya diubah menjadi serat keriting dengan cara pemintalan, pembuatan tambang, penggilasan, penguapan, pemeraman, dan penguraian tambang.
  3. Serat keriting dicetak dalam cetakan yang terbuat dari kayu dan kasa untuk menghasilkan sit tipis.
  4. Selanjutnya, kompon lateks disemprotkan (dengan kompresor) pada sit tipis kemudian dikeringkan di dalam oven hingga mengalami pravulkanisasi.
  5. Sit tebal dibentuk dengan menumpuk beberapa sit tipis kering.
  6. Sebelum sit-sit tipis ditumpuk, kompon lateks disemprotkan lebih dahulu pada permukaannya agar masing- masing sit dapat bersatu dan menghasilkan sit tebal yang kuat.
  7. Sit tebal dikempa di dalam cetakan yang diikat dengan baut, kemudian divulkanisasi di dalam oven pada suhu 100-110oC selama 60-75 menit.
  8. Selanjutnya, sisi produk dipotong-potong dan jadilah sebutret sesuai dengan apa yang diinginkan.

Itulah cara membuat sarbutet yang akan menekan biaya pengeluaran anda.

Alat dan Mesin Pengolahan

Alat dan mesin yang digunakan untuk membuat sebutret antara lain adalah peralatan pemekat lateks kebun cara pendadihan, perlengkapan pendispersi bahan kimia (ball mill), perlengkapan pencampur mesin pemisah serat, perlengkapan pengeritingan serat (mesin pemintal, rol penggulung, pembuat dan penggilas tambang, kukus penguap, bak pemeraman tambang),cetakan, perlengkapan penyem-protan,oven vulkanisasi, dan alat pemotong. Alat dan mesin tersebut pesan di RumahMesin.com

Sember : BPTK Bogor