Keuntungan Usaha Santan Kelapa, Gurih Santannya Gurih Untungnya

Keuntungan usaha santan kelapa wajib anda cicipi karena usaha tidak memerlukan banyak bahan, tidak perlu menggunakan label, nama produk serta kemasan khusus, adalah usaha santan kelapa.

Santan kelapa adalah salah satu bahan masakan yang sering digunakan untuk membuat masakan khusus berkuah santan.Biasanya pada hari-hari  besar tertentu, santan kelapa sangat dibutuhkan. Bila tinggal di desa mungkin mudah untuk membuat sendiri santan kelapa karena anda tidak perlu membeli kelapa.

Tapi jika anda tinggal di daerah perkotaan, mungkin anda kesulitan untuk membuat santan sendiri.Jika di perkotaan, mungkin anda harus membeli kelapa di pasar terlebih dahulu serta mengolahnya hingga menjadi santan.

Hal tersebut tentu akan membuang waktu bagi yang memiki banyak kesibukan. Maka dari itu, mungkin anda berfikir mengenai keuntungan usaha santan kelapa. Usaha santan kelapa memiliki prospek yang bagus bila anda mengembangkannya dengan cara yang benar.

Mudah diolah dan murah bahannya, tapi siapa sangka keuntungan usaha santan kelapa dapat berlipat ganda.

 

Persiapan Untuk Meraup Keuntungan Usaha Santan Kelapa

keuntungan usaha santan kelapa

1. Modal

Hal penting pertama yang wajib diperhatikan sebelum memulai bisnis adalah modal. Modal merupakan langkah awal untuk memulai usaha santan kelapa, yang dapat berupa uang atau benda. Hal ini harus diperhatikan karena sangat berpengaruh pada bisnis kita kedepannya.

Namun anda tidak perlu khawatir, sekarang sudah banyak sumber yang dapat membantu kita para pebisnis pemula untuk mendapatkan modal. Kita bisa mendapatkan modal usaha dari beberapa sumber, seperti dari tabungan pribadi, saudara, maupun angel investor.

Tak hanya itu, ada juga pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR), crowdfunding, ventur capital, serta pinjaman dari bank. Ada salah satu sumber modal yang disarankan untuk para pebisnis pemula, yaitu Pre-Sale.

Kita dapat memperoleh modal dengan cara menjual produk sebelum produk tersebut diluncurkan. Cara ini dianggap efektif dan sering diterapkan para pengusaha pemula. Dengan cara ini mereka dapat mengumpulkan modal dan membiayai bisnisnya sendiri.

2. Bahan Baku

Bahan baku utama untuk usaha santan kelapa yaitu hanya kelapa tua yang kondisinya masih segar. Anda bisa mendapatkan kelapa di pasar pasar tradisional atau langsung dari petani kelapa suppaya mendapatkan harga  kelapa yang lebih terjangkau.

Jika di pasar kelapa tua biasa dibandrol dengan harga sekitar 7 ribu rupiah tergantung dengan ukurannya sedangkan jika di petani anda bisa mendapatkan kelapa dengan harga 5 ribu rupiah. Bila di sekitaran anda terdapat maka belilah kelapa langsung dari petani tersebut.

Langsung membeli kelapa tanpa perantara, tentu akan sangat berpengaruh pada modal sebelum anda memulai usaha. Bagi yang sudah memiliki lahan kelapa

3. Peralatan

Untuk menjhalankan suatu usaha, anda tentu memperlukan peralatan untuk mempermudah pekerjaan anda. Tanpa bantuan alat kinerja usaha tentu akan berjalan lambat, belum lagi jika anda mendapat pesanan produk usaha santan kelapa dengan jumlah yang tergolong banyak.

Anda bisa menggunakan bantuan mesin untuk mempermudah dan mempercepat perkerjaan. Anda bisa menggunakan mesin pemarut kelapa untuk menghasilkan parutan kelapa yang baik dan berkualitas. Dengan alat parut kelapa, akan mempermudah mendapat keuntungan usaha santan kelapa.

Peralatan selanjutnya adalah mesin pemeras santan kelapa. Anda butuh sebuah mesin agar dalam proses pemerasan kelapa menjadi santan bisa berjalan cepat dan baik. Untuk harga mesin sendiri beraneka macam mulai harga ratusan ribu hingga ada juga yang puluhan juta rupiah, tergantung dengan fungsi dan kualitas dari mesin tersebut.

4. Lokasi Usaha

Dalam usaha santan kelapa di butuhkan tempat untuk didirikannya tempat usaha yang akan di jalankan. Untuk lokasi usaha ini biasa di lakukan di pasar pasar atau di pinggiran jalan raya. Anda dapat menyewa kios di pasar agar semakin mudah djangkau oleh pelanggan.

 

Cara Pembuatan Santan Kelapa

keuntungan usaha santan kelapa

Cara membuat santan kelapa termasuk tahapan yang mudah untuk dilakukan. Untuk menghasilkan santan kelapa, dapat dilakukan secara manual yaitu memeras kelapa parut dengan tangan. Walau sedikit menguras waktu, untuk mendapatkan rasa makanan yang lezat itu tidak menjadi masalah.

Santan memiliki berbagai jenis yang bisa anda manfaatkan. Mulai dari  santan kental, encer, bahkan ada yang memiliki tekstur bubuk. Pada dasarnya santan kelapa di manfaatkan sebagai olahan berbagai makanan. Misalnya seperti masakan gulai ataupun kari.

Namun sekarang santan tidak hanya digunakan untuk masakan yang tergolong makanan berat, namun juga kudapan atau minuman. Bahkan ada juga yang memanfaatkan santan untuk obat kecantikan.

Selain menggunakan cara manual, anda juga bisa memanfaatkan tenaga mesin untuk memeras santan. Mesin ini dapat membantu anda menghemat tenaga dan waktu.

Keunggulan lain dari mesin pemeras ini  adalah bisa langsung memisahkan antara santan dan ampas dengan keluar di corong yang berbeda. Maka peluang  mendapat keuntungan usaha santan kelapa akan semakin besar bila anda memanfatkan bantuan mesin.

Santan kental diperoleh dari perasan pertama kelapa parut. Ketika proses memasak sendiri, anda harus selalu mengaduk agar tidak mengalami pecah santan pada masakan anda. Begitu juga saat santan direbus. Apabila terlalu lama, santan dapatberubah menjadi minyak.

Maka dari itu, dalam pengolahan santan harus lebih sabar untuk selalu mengaduknya. Santan kental sering dimanfaatkan untuk membuat gulai, kari, opor, dan lain-lain.

Langkah Membuat Santan Kelapa Kental

  1. Masukkan kelapa parut serta tambahkan air panas (sesuaikan dengan banyaknya kelapa parut) dalam satu wadah. Diamkan sesaat hingga suhu air menurun.
  2. Masukkan campuran kelapa parut tersebut ke mesin pemeras.
  3. Letakkan wadah pada corong keluarnya santan dan ampas dengan wadah yang berbeda.
  4. Tunggu mesin memeras parutan kelapa. Santan dan ampas akan keluar secara terpisah.
  5. Jika ampas masih memungkinkan menghasilkan santan kental, lakukan kembali pemerasan santan dengan cara yang sama.

Langkah Membuat Santan Kelapa Encer

  1. Ampas kelapa yang sebelumnya sudah diperas, tuang dengan air panas. Diamkan beberapa saat.
  2. Lakukan kembali cara yang sama dengan memasukkan parutan kelapa pada mesin pemeras.
  3. Tampung santan encer dengan wadah yang berbeda dari santan kental.
  4. Karena telah dilakukan tiga kali peremasan (dua kali santan kental dan satu kali santan encer), anda hanya perlu melakukan sekali saja untuk menghasilhan santan encer.

Perbedaan yang paling mendasar antara santan kental dan santan encer adalah dapat dilihat tingkat transparansi atau kekentalannya. Santan kental ketika dituang ke dalam wadah bening akan terlihat terpisah menjadi dua lapisan. Bagian dari santan yang kental akan mengambang ke atas, sedangkan bagian bawah terlihat sedikit encer. Pada proses memasak, santan kental mudah pecah saat dimasak.

Di sisi lain, santan encer memiliki lapisan kental yang tipis pada permukaan santan. Santan encer ini tergolong lebih kompak dan tidak mudah pecah ketika sedang dimasak. Maka dari itu, santan encer lebih dulu dituang ke dalam masakan. Berikutnya disusul santan kental sambil diaduk terus sampai mendidih. Tujuannya untuk meminimalisir terjadinya santan pecah.

Langkah Membuat Santan Kelapa Bubuk

Bila anda bosan dengan santan cair, anda bisa memilih santan bubuk. Kandungan lemak dari santan bubuk juga lebih rendah sekitar 11% dibanding dengan santan kelapa cair. Proses pembuatan santan bubuk ini juga tidak memakan waktu yang lama, hanya memerlukan 45 menit.

Langkah-langkah:

  1. Peras 200 gram parutan kelapa yang sudah ditambah campuran air.
  2. Campurkan bahan pengisi untuk menaikkan massa dan mengikat partikel yang ada.
  3. Masukkan campuran tersebut ke Mesin Pasteurisasi untuk membunuh kuman yang ada dengan suhu 65 derajat celcius
  4. Keringkan sampai menjadi bubuk santan dengan spray dryer.

Santan bubuk dinilai lebih praktis. Untuk memanfaatkannya, santan bubuk perlu ditambahkan air hangat hingga mendapatkan tingkat kekentalan yang diinginkan. Untuk perbandingan, anda dapat mencoba 50 gram santan bubuk yang diseduh dengan 150 ml air hangat. Biasanya santan bubuk ini dikemas dalam kemasan alumunium.

 

Strategi Promosi Untuk Keuntungan Usaha Santan Kelapa

keuntungan usaha santan kelapa

Pada saat ini, ada satu strategi pemasaran yang sedang hangat dilakukan oleh banyak pengusaha, yaitu menjalankan promosi online melalui website. Anggap saja website adalah markas besar untuk keuntungan usaha santan kelapa anda.

Maka dengan adanya website, dengan cara-cara promosi yang akan segera kami sebutkan ini, anda akan mempromosikan website sekaligus mempromosikan usaha santan kelapa. Dimana pada website tersebut akan berisi produk, harga, layanan, alamat, testimoni, dan lain-lain.

Anda juga dapat melakukan promosi dengan memanfaatkan media sosial, seperti mempromosikan produk anda melalui whatsapp, instagram, youtube atau media sosial lainnya. Hal ini dianggap efektif karena banyak orang yang menggunakan media sosial, jadi mereka dapat mengetahui produk anda.

Cara lain yang lebih sederhana juga dapat anda lakukan dengan memberi produk anda pada tetangga sekitar. Dengan cara ini, mereka akan memberitahu orang lain tentang produk yang anda miliki dari mulut ke mulut.

Dari sini, dapat dilihat keuntungan usaha santan kelapa yang begitu besar bagi anda yang ingin menjalankan usaha. Usaha santan kelapa dapat menjadi bisnis alternatif. Dengan proses produksi serta cara promosi yang mudah untuk dijalankan.

 

Manfaat Santan pada Keuntungan Usaha Santan Kelapa

Apabila menjalankan suatu usaha tentu saja harus memikirkan manfaat dari produk yang anda jual. Keuntungan usaha santan kelapa sangat baik jika anda perhatikan. Jika produk yang anda buat memiliki banyak manfaat bagi pelanggan, tentu saja usaha anda akan berjalan dengan baik.

Santan memiliki banyak sekali manfaat, seperti melengkapi kebutuhan memasak sehari-hari hingga khasiat bagi kesehatan tubuh.

1. Kuntungan Usaha Santan Kelapa Bagi Pengonsumsian

Sebelumnya mungkin anda belum terfikirkan jika dengan santan dapat mengolah berbagai jenis olahan makanan? Mulai dari makanan, minuman, menu pelengkap makanan, dan lain sebagainya. Seperti berbagai kegunaan santan dibawah ini.

  • Pengganti Susu

Bagi anda yang menderita intoleransi laktosa, anda dapat mengganti susu dengan santan. Selain susu, santan bisa menggantikan susu atau creamer di cafe latte mu.

Santan juga bisa menjadi krim kental pada pasta atau hidangan berkuah creamy dan yoghurt. Santan juga dapat diolah menjadi es krim dengan citarasa yang gurih dan lembut.

  • Pencuci Mulut

Berbagai hidangan pencuci mulut dari santan contohnya seperti puding lapis, custardhingga creme bruleeSedangkan sajian khas yang berasal dari Indonesia sendiri anta lain sajian kolak pisang. Kolak pisang selalu menjadi ciri khas ketika waktu Ramadan tiba.

  • Pelengkap Saus Cocol

Bagi anda yang belum tau, mungkin akan muncul pertanyaan apakah saus dapat dibuat dari santan? Saus santan yang bisa anda santap terdapat dua jenis saus. Untuk hidangan dimsum anda dapat memadukan santan dengan bubuk kari, saus ikan, serta sedikit perasan jeruk nipis.

Sedangkan cara untuk menikmati dengan potongan buah, anda bisa mengolah santan dengan susu kental manis dan sedikit garam. Menu buah yang dapat dicoba adalah mangga segar atau nanas panggang.

  • Penyedap Kari

Salah satu negara yang inofatif yang terkenal akan olahan kari adalah negara Thailand. Thailand dapat menyajikan kari dengan berbagai varian warna seperti hijau dan merah.

Campuran gula dan santan pada olahan ini akan menjaga tekstur daging tetap mengandung banyak air meski dimasak dalam waktu lama. Ditambah lagi dengan bermacam macam rempah pada kuah kari yang menambah rasa kari lebih lezat.

  • Minuman Penyegar

Selain dapat diolah menjadi es krim, santan juga bisa diolah menjadi minuman segar lainnya. Aneka minuman segar ini lebih dikenal di dunia makan kebarat-baratan. Contohnya seperti tea latte, susu cokelat santan, mocktail dari pina colada.

Jika anda ingin mengembangkan kreativitas, anda juga bisa mencoba membuat menu olahan lain sesuai dengan imajinasi. Keuntungan usaha santan kelapa terbuka lebar bagi yang ingin menjalankannya, karena banyak orang yang menginginkan santan instan tanpa membuatnya.

Santan instan dipilih karena lebih praktis. Untuk menggunakannya, Cukup menambahkan air sesuai kebutuhan masakan. Adanya tambahan alat penghomogen dan pengemulsi membuat santan instan tidak mudah pecah ketika dimasak.

1. Keuntungan Usaha Santan Kelapa Pada Bidang Kesehatan

Atas kandungan nutrisinya yang melimpah, keuntungan santan bagi kesehatan sudah tidak usah diragukan. Berikut ini merupakan beberapa manfaat santan yang sayang apabila anda lewatkan:

  • Menjaga Kadar Kolesterol Baik

Sebagian besar orang mungkin beranggapan jika santan dapat memicu peningkatan kadar kolesterol jahat pada dalam tubuh. Sementara itu, santan tidak mengandung kolesterol jahat dan justru berguna untuk menjaga kadar kolesterol baik yang ada dalam darah.

Hal ini disebabkan kandungan lemak sehat serta zat asam laurat yang ada pada santan. Berkat manfaat santan yang satu ini, tubuh dapat tersingkirkan dari penyakit kardiovaskuler, seperti stroke dan serangan jantung.

Agar mendapat manfaat santan tersebut, hindari mengonsumsi santan dengan gula atau makanan tinggi kolesterol, misalnya jeroan atau daging berlemak.

  • Menjaga Berat Badan Ideal

Santan mengandung medium chain triglycerides atau yang biasa disebut dengan lemak sehat. Beberapa penelitian menerangkan bahwa jenis lemak tersebut bisa mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak pada tubuh. Dengan demikian, santan bisa menjaga berat tubuh supaya tetap ideal.

Tapi perlu anda ingat, tetaplah konsumsi santan secukupnya dengan jumlah yang tidak berlebihan. Hal ini karena berat badan anda tetap bisa naik jika mengonsumsi makanan bersantan dengan jumlah banyak.

  • Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Beberapa studi menjelaskan bahwa zat asam laurat yang ada pada santan tak hanya dapat menjaga kadar kolesterol baik dalam tubuh, namun juga dapat memperkuat daya tahan tubuh.

Bertepatan dengan kandungan antioksidan dan nutrisi lainnya, seperti protein, santan diyakini dapat memperkuat sistem imun sehingga tubuh lebih kuat melawan penyakit infeksi, seperti influenza. Selain itu, santan juga diketahui berguna untuk menjaga kuman baik yang ada di saluran pencernaan.

  • Meningkatkan Kinerja dan Fungsi Otak

Manfaat santan juga diketahui baik untuk menjaga kesehatan otak serta menjaga agar otak tetap berfungsi dengan baik. Kandungan lemak sehat MCT, antioksidan, dan protein pada santan bekerja sebagai sumber energi untuk otak