17 Khasiat dan Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan Juga Untuk Kecantikan Kulit

//17 Khasiat dan Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan Juga Untuk Kecantikan Kulit

17 Khasiat dan Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan Juga Untuk Kecantikan Kulit

Apakah kalian ingin tau khasiat yang terkandung di dalam minyak kelapa dan sangat berguna untuk kesehatan tubuh kita? oke kali ini saya akan membagikan artikel tentang Khasiat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit.

Kebanyak jenis minyak, hanya untuk memasak agar menghasilkan masakan yang enak, tapi minyak kelapa juga dapat di gunakan untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Padahal minyak seringkali dianggap menjadi zat yang tidak baik dan penyebab terjadinya penyakit berbahaya. Manfaat minyak kelapa sendiri sangat populer untuk bidang kecantikan dan rambut.

11 Khasiat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan, dan Kecantikan Kulit

Khasiat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan, Kecantikan Kulit

Beberapa jenis minyak tidak hanya dapat digunakan untuk memasak agar masakan menjadi  enak, khasiat minyak kelapa juga dapat digunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit.

Seperti khasiat minyak kelapa yang ternyata berkhasiat luar biasa, padahal banyak yang beranggapan bahwa minyak adalah zat yang tidak baik dan yang menyebabkan terjadinya penyakit berbahaya.

Manfaat minyak kelapa sendiri hanya populer untuk bidang kecantikan dan rambut.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa murni (Inggrisvirgin coconut oil) adalah minyak kelapa yang terbuat dari bahan utama kelapa segar, yang diproses dengan pemanasan secara teratur atau tidak dengan pemanasan sama sekali, tanpa menggunakan bahan kimia dan RDB.

Menyuling minyak kelapa seperti cara di atas mengakibatkan kandungan senyawa-senyawa esensial yang dibutuhkan tubuh tetap utuh.

Minyak kelapa murni dengan kandungan utama asam laurat ini memiliki sifat antibiotik, anti bakteri dan jamur.

Minyak kelapa murni, atau sekarang di kenal dengan nama Virgin Coconut Oil (VCO), adalah perbaikan proses pembuatan minyak kelapa.

Sehingga menghasilkan produk dengan kadar air dan kadar asam lemak bebas yang rendah, mempunyai warna yang bening, berbau harum, serta memiliki daya simpan yang cukup lama yaitu lebih dari 12 bulan.

Keungulan Minyak Kelapa Murni, yaitu:

  • tidak membutuhkan biaya yang mahal, karena bahan utama yang mudah di dapat dengan harga yang murah
  • pengolahan yang sederhana dan tidak terlalu rumit, serta
  • penggunaan energi yang sedikit, karena tidak menggunakan bahan bakar, sehingga
  • kandungan kimia dan nutrisinya tetap terjaga terutama asam lemak dalam minyak.

Jika dibandingkan dengan minyak kelapa biasa, atau sering disebut dengan minyak goreng (minyak kelapa kopra), minyak kelapa murni mempunyai kualitas yang lebih baik.

Minyak kelapa kopra akan berwarna kuning kecoklatan, berbau tidak harum, dan mudah berbau tidak enak, sehingga daya simpannya tidak bertahan lama (kurang dari dua bulan).

Dari segi ekonomi, minyak kelapa asli meiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan minyak kelapa kopra, sehingga studi pembuatan VCO perlu dikembangkan.

 

khasiat minyak kelapa

1. Untuk Kesehatan Jantung

Banyak orang yang beranggapan bahwa minyak kelapa tidak baik untuk kesehatan jantung. Hal tersebut terjadi karena minyak kelapa, mengandung banyak lemak jenuh.

Tapi kenyataannya, minyak kelapa bermanfaat bagi kesehatan  jantung. Karena mengandung asam larut sekitar 50%, yang  dapat membantu mencegah terjadiya masalah pada jantung, misalnya kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.

Lemak jenuh yang terkandung dalam minyak kelapa tidak berbahaya seperti yang terkandung dalam minyak sayur.

Karena minyak kelapa tidak menyebabkan peningkatan kadar LDL dan dapat mengurangi terjadinya cedera dan kerusakan arteri dan dapat mencegah aterosklerosis.

2. Merawat Rambut

Minyak kelapa adalah salah satu nutrisi alami terbaik untuk rambut, ini merupakan salah satu yang menyebabkannya terkenal di dunia.

Selain khasiat minyak kelapa yang terkandung di dalamnya, manfaat minyak urang aring juga dapat membantu pertumbuhan rambut yang sehat dan membuat rambut yang berkilau.

Minyak kelapa, sangat cocok untuk mengurangi hilangnya protein yang dapat menyebabkan kualitas rambut menjadi tidak sehat.

Minyak kelapa juga bermanfaat sebagai kondisioner alami yang sangat berguna dan dapat membantu proses pertumbuhan rambut yang rusak.

Karena minyak kelapa mengandung banyak protein penting yang diperlukan untuk rambut rusak dan untuk pemulihan bagi kerusakan rambut.

Studi penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa memberikan perlindungan yang sangat baik dari kerusakan rambut yang disebabkan oleh kelelahan.

3. Meningkatkan Sistem Imun

Apakah zat yang terdapat dalam minyak kelapa sehingga berguna untuk meningkatkan sistem imun ? jawabnya adalah lipid antimikroba, asam kaprat, asam laurat, dan asam kaprilat yang bersifat anti jamur, anti bakteri dan antivirus.

Sehingga tubuh manusia mengubah asam laurat menjadi monolaurin, dari berbagai penelitian zat yang dihasilkan ini sangat penting untuk membasmi virus dan bakteri yang dapat menjadi penyebab utama penyakit seperti influenza, herpes, dan bahkan HIV.

Bakteri lain juga dapat dibasmi dengan khasiat minyak kelapa, berikut diantaranya :

  • Listeria monocytogenes
  • Protozoa berbahaya seperti giardia lamblia
  • Helicobacter pylori.

4. Sangat Baik Untuk Luka Bakar

Jika terkena knalpot, pasti akan menimbulkan bekas dan rasa sakit yang sangat parah. Tidak akan menghilang sama dengan rasa sakitnya, bekas luka bakar juga akan menghiasi kaki atau bagian tubuh yang terkena. Selain itu luka bakar juga dapat di obati dengan mengoleskan minyak kelapa.

Mengoleskan minyak kelapa pada kulit yang terkena luka bakar akan membantu agar tidak dapat merusak estetika kulit. selain khasiat minyak kelapa minyak, minyak tawon dan bio oil juga dapat digunakan untuk mengobati bekas luka bakar.

Cara pemakaian minyak kelapa untuk luka bakar

Oleskan minyak kelapa pada luka bakar secukupnya, jangan dicampur dengan air atau bahan lain, hal ini sangat efektif untuk mencegah terjadinya bekas luka bakar yang mengganggu.

5. Mengurangi Risiko Alzheimer

Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang dapat merusak fungsi otak yang membuat penderitanya menjadi lupa akan berbagai hal seperti teman, keluarga, aktivitas dan hal-hal lainnya.

Manfaat khasiat minyak kelapa dalam memerangi alzheimer menemui titik terang ketika seorang dokter anak yang merawat suaminya yang terkena alzheimer dengan memberikan minyak kelapa ternyata memberikan efek yang sangat baik untuk suaminya.

Penelitian lain juga telah mengungkapkan keterkaitan antara minyak kelapa dengan penyakit alzheimer. Kandungan zat keton yang ada di dalam minyak kelapa merupakan asal faktor pertama untuk kesehatan otak.

Zat ini juga baik untuk menjaga fungsi otak saat tubuh memiliki kandungan glukosa yang lebih rendah. Keton juga dapat membantu meningkatkan memori dan sangat berpotensi untuk membantu para penderita alzheimer.

Dosis yang ditemukan adalah 2 sendok teh per hari dapat membantu fungsi kognitif.

6. Berguna Untuk Kulit Kepala

Memijat kepala dengan minyak kelapa secar teratur, membuat kulit kepala anda bebas dari ketombe walaupun saat kulit kepala kering.

Hal ini juga dapat membantu dalam menjaga rambut dan kulit kepala bebas dari kutu dan telur kutu beserta berbagai bakteri lainnya yang dapat mengganggu kulit kepala.

Masih ada banyak lagi manfaat khasiat minyak kelapa yang dapat kita jadikan sebagai sumber nutrisi yang penting untuk kulit kepala.

7. Mencegah Penyakit Hati

Trigliserida & asam lemak jua dapat membantu dalam mencegah penyakit hati, kedua zat ini sangat mudah diproses menjadi energi ketika zat ini mencapai hati.

Yang mempunyai efek jangka panjang umtuk mengurangi beban kerja hati dan juga mencegah penumpukan lemak di dalam hati.

8. Mengontrol Berat Badan

Dalam sebuah peniltian yang dilakukan pada 2009 menemukan bahwa ditemukan hubungan antara penurunan berat badan dan mengkonsumsi minyak kelapa yang dilakukan pada perempuan untuk mengurangi obesitas abdominal.

Para peneliti juga telah memberitahukan bahwa minyak kelapa itu sangat mudah dicerna. Selain itu minyak kelapa juga bisa membantu untuk menjaga resistensi insulin.

Cara memakainya:

Penggunaa minyak kelapa dalam hal mengontrol berat badan dapat dilakukan dengan cara menambahkan satu sendok teh untuk diet. Dan lakukan secara bertahap sampai dengan empat sendok makan per hari.

9. Meningkatkan Energi

Minyak kelapa merupakan salah satu sumber yang sangat penting untuk meningkatkan energi dalam tubuh. Kandungan kalori yang cukup tinggi dapat dijadikan sebagai salah satu sumber nutrisi herbal yang dapat membantu untuk meningkatkan energi secara instan.

10. Untuk Perawatan Kulit

Minyak kelapa sudah cukup lama dipercaya untuk membantu dalam perawatan kulit, minyak kelapa merupakan pelembab yang cukup baik digunakan untuk membantu berbagai jenis masalah di kulit, terutama untuk kulit kering.

Berikut adalah beberapa perannya dalam membantu merawat kulit.

  • Mengobati infeksi kulit (psoriasis, dermatitis, eksim dan infeksi kulit lainnya)
  • Melembabkan kulit kering
  • Mencegah pengelupasan kulit
  • Mencegah munculnya kulit keriput
  • Mengencangkan kulit

Khasiat minyak kelapa untuk merawat kulit banyak digunakan oleh berbagai produk kecantikan dan sabun. Setidaknya ada berbagai produk seperti sabun, krim, dan lotion yang memanfaatkan minyaknya untuk membantu meremajakan kulit.

11. Baik untuk Diabetes

Minyak kelapa juga dipercaya dapat membantu untuk mengendalikan gula darah serta meningkatkan sekresi insulin dalam tubuh.

Hal ini yang menyebabkan minyak kelapa dapat secara efektif untuk melepaskan glukosa dalam darah, hal ini cocok untuk mencegah dan mengobati diabetes.

Kandungan Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung minyak lemak jenuh yang diproses secara alami, sehingga tidak perlu melakukan proses hidrogenesis.

Minyak kelapa juga termasuk jenis nabati yang di olah menggunakan cara khusus, sehingga minyak kelapa ini tidak mengandung kolesterol yang banyak dihindari oleh masyarakat.

Karena bebas dari kolesterol, minyak kelapa lebih banyak dikonsumsi bagi orang yang memiliki penyakit jantung dan stroke.

Minyak kelapa juga memiliki fungsi yang baik bagi tubuh karena berfungsi sebagai asupan nutrisi bagi tubuh. Kandungan yang ada pada minyak kelapa yaitu, asam laurat, kaprilat, kaprat, miristat, palmitat, stearat

12. Mencegah batu ginjal

Minyak kelapa ternyata juga dapat membantu menghancurkan batu ginjal dan juga dapat membantu mencegah penyakit batu ginjal .

13. Kesehatan Gigi

Kalsium yang terkandung dalam minyak adalah salah satu zat penting yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi.

14.Untuk Memoerkuat Tulang

Kalsium selain berguna untuk kesehatan gigi ternyata juga bermanfaat utuk membantu menjaga kesehatan tulang agar tidak mudah keropos.

15. Mengobati Pankreatitis

Ternyata zat yang terkandung di dalam minyak kelapa juga apat di manfaatkan untuk mengobati penyakit pankreatitis.

16. Untuk Sistem Pencernaan

Khasiat minyak kelapa juga berguna untuk system pencernaan karena minyak kelapa mengandung lemak jenuh yang membuat minyak kelapa memiliki sifat antimikroba yang sangat berguna untuk melawan bakteri, jamur, parasit yang dapat mengganggu sistem pencernaan.

17.Untuk Meningkatkan Penyerapan Mineral

Khasiat minyak kelapa juga bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan mineral dalam tubuh kita yang baik untuk tulang.

Karena minyak kelapa mengandung kalsium dan magnesium yang sangat berguna untuk pertumbuhan. Terutama untuk kaum wanita yang sangat mudah terkena peyakit osteoporosis.

Tingkat Keamanan dalam Memakai Minyak Kelapa

Karena masih sedikit penelitian untuk membuktikan manfaat minyak kelapa, maka saya tidak menyarankan anda untuk terlalu mengandalkan minyak kelapa dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan secara umum.

Untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, lebih baik untuk mengutamakan pola makan yang sehat dan teratur sehingga tidak menggangu kinerja tubuh.

Bagaimanapun, minyak kelapa mengandung lemak jenuh, jadi jangan terlalu banyak mengonsumsinya.

Hal ini juga berlaku untuk wanita hamil atau menyusui, karena tidak disarankan untuk mengkomsumsinya secara berlebihan

Tetapi, minyak kelapa dinilai cuku aman untuk pemakaian di luar tubuh, apa lagi jika digabungkan dengan produk herba lainnya.

Namun karena penelitian yang belum lengkap, dianjurkan agar berhati-hati  dalam menggunakannya supaya tidak terjadi apa apa.

khasiat minyak kelapa

Cara Membuat Minyak Kelapa

Siapa pun juga dapat membuat minyak kelapa sendiri di rumah. Berikut ini beberapa cara yang sering dilakukan untuk mendapatkan minyak kelapa.

Direbus

Siapkan empat gelas air, kemudian panaskan hingga beruap. Sambil menunggu air beruap, parut dua butir kelapa yang sudah tua.

Campurkan parutan kelapa ke air panas, kemudian di blender sampai halus. Saring air kelapa yang sudah diblender dengan menggunakan saringan yang rapat agar mendapatkan santan yang banyak.

Jika santan sudah , rebus dengan suhu sedang. Aduk terus hingga air mendidih dan beruap dan krimnya yang berwarna kecokelatan terpisah dari minyak. Proses ini memakan waktu kurang lebih satu jam. Pastikan untuk tidak berhenti mengaduknya.

Diblender

Potong kecil-kecil daging kelapa yang sudah tua. Blender hingga halus dan jika perlu kita bisa menambahkan air agar bisa memudahkan dan mempercepat proses pembuatannya.

Saring hasil blender hingga menghasilkan santan. Tambahkan air dan lakukan berulang supaya menghasilkan santan yang banyak.

Diamkan hasil perasan dalam wadah toples selama 24 jam agar lapisan santan dan minyak kelapa terpisah.

Masukkan ke lemari pendingin atau simpan di ruangan dingin untuk mempercepat terbentuknya dadih. Buang dadih dan dapatkan minyak kelapa murni yang tertinggal di dalam toples atau wadah.

Didinginkan

Gunakan kelapa segar atau kelapa parut tawar yang dijual di toko. Jika menggunakan kelapa segar, potong kecil-kecil kemudian keringkan selama satu hari. Jika memakai kelapa parut yang dijual di toko, pastikan memakai jenis permukaan yang kasar.

Masukkan ke juicer sedikit demi sedikit agar proses pemisahan kelapa dan minyak berjalan lancar. Lakukan proses ini hingga semua kelapa telah diproses. Ulangi proses ini sekali lagi agar semua minyak kelapa keluar.

Tuangkan hasil juicer ke dalam toples dan simpan di tempat yang bersuhu hangat selama sehari penuh. Setelah itu, minyak kelapa akan terlihat muncul di permukaan, sementara lapisan kental akan mengendap di dasar toples.

Untuk mendapatkan minyak kelapa yang siap digunakan, tuangkan minyak kelapa ke dalam wadah baru.

Itu tadi beberapa khasiat minyak kelapa yang bisa saya berikan semoga bermanfaat bagi anda terima kasih…

By | 2017-10-25T08:57:54+00:00 October 25th, 2017|Artikel|Comments Off on 17 Khasiat dan Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan Juga Untuk Kecantikan Kulit

About the Author: