Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan Tubuh

//Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan Tubuh

Air kelapa muda adalah minuman alami yang memiliki banyak manfaat dan memiliki banyak kandungan yang dapat mencegah atau menyembuhkan berbagai penyakit. Air kelapa muda memiliki banyak manfaat yaitu cocok untuk diet, mencegak penyakit batu ginjal.

Kelapa muda merupakan minuman yang berasal dari Indonesia yang banyak digemari oleh orang-orang, selain dapat menghilangkan rasa haus kelapa muda juga mempunyai banyak manfaat.

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehata dan Mencegah Berbagai Penyakit

Manfaat Air Kelapa Muda :

1. Mencegah Penuaan Dini

Air kelapa muda mengandung asam laurat dan sitokin, dua elemen penting yang digunakan dalam proses pertumbuhan dan regulasi sel.

Kadungan ini memiliki peran signifikan terhadap anti-penuaan dini, anti-karsinogenik dan anti-trombotik yang membantu untuk meminimalkan penuaan kulit, menyeimbangkan tingkat PH dan menjaga jaringan kulit.

 

2. Mencegah Gangguan Pencernaan

Air kelapa muda mengandung lemak yang rendah dan juga kalori yang rendah. Segelas air kelapa muda dalam proses pencernaan dapat meghindarkan dari peradangan.

Hal ini dikarenakan air kelapa muda memiliki asam laurat yang menyembuhkan gangguan pencernaan saluran.

 

3. Menurunkan Berat Badan

Air kelapa muda terbukti sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Minuman ini telah dilihat sebagai salah satu cara paling sehat untuk menurunkan berat badan karena merupakan minuman alami dan tidak mengandung bahan kimia apapun.

Air kelapa muda telah digunakan selama berabad-abad di seluruh dunia untuk menurunkan berat badan dan telah menunjukkan hasil yang positif.

Bagaimana caranya untuk menurunkan berat badan ? Cobalah minum air kelapa muda, perut akan terasa terisi full karena sangat mudah diserap tubuh sehingga akan menunda rasa lapar anda.

 

4. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Air kelapa muda dapat mempercepat naiknya trombosit bagi penderita DBD dan menurunkan demam (trombosit turun karena dipakai untuk mencegah pendarahan, karena demam tinggi mengakibatkan pengentalan darah, dan pembuluh darah membesar).

 

5. Cocok untuk Penderita Jantung dan Diabetes

Air kelapa muda termasuk air yang rendah gula. Jadi, air kelapa termasuk minuman yang bergizi bagi penderita jantung dan penderita diabetes.Air kelapa muda juga dipercaya meningkatkan HDL (kolesterol baik) yang sangat baik untuk mencegah penyakit jantung.

Membantu untuk melebarkan pembuluh darah yang bisa mengecil karena pembentukan plak dan membantu darah mengalir lancar sehingga akan mengurangi diabetes. Hal ini juga membantu untuk melawan aterosklerosis.

 

6. Baik untuk Kesehatan Kulit

Air kelapa merupakan salah satu nutrisi yang dapat anda usapkan di wajah dan biarkan semalaman. Ia memiliki sifat memperbaiki dan baik untuk kulit bahkan dapat diterapkan pada tangan dan kuku.

Air kelapa dapat untuk mengatasi jerawat. Caranya yaitu dengan mencuci muka setiap hari secara rutin dengan air kelapa. Selain itu, air kelapa juga dapat untuk mengatasi noda-noda hitam, kerutan pada wajah, kulit kering, dan wajah bisa tampak menjadi berseri.

 

7. Baik untuk Ibu Hamil

Air kelapa memiliki manfaat yang besar jika dikonsumsi oleh ibu hamil, tetapi sebagian orang tidak mempercayai itu. Jika ibu hamil rajin meminum air kelapa, terutama di trimester ketiga, maka air ketuban akan bersih dan bayi yang dilahirkan dan juga bersih kulitnya, lebat rambutnya, dan matanya akan bening.

Selain itu air kelapa dapat meredakan ‘morning sickness’ dan mencegah muntah-muntah. Selain mengandung elektrolit, kalsium, potasium, sodium, air kelapa juga mengandung Vitamin C yang dibutuhkan selama waktu kehamilan.

 

8. Pengganti Cairan Tubuh

Setelah beraktivitas yang menghabiskan tenaga, maka ion-ion dalam tubuh akan berkurang. Air kelapa memiliki elektrolit alami yang bisa menukar cairan tubuh yang hilang tersebut.

 

9. Penyakit Batu Ginjal

Air kelapa muda juga membantu dalam melarutkan batu ginjal karena memiliki kandungan kalium yang memainkan peran kunci dalam proses alkali urin dan mencegah pembentukan batu ginjal.

 

10. Antioksidan

Air kelapa muda memiliki kandungan antioksidan yang cukup baik untuk membantu menghilangkan radikal bebas. Efek racun penggunaan antibiotik dan obat sulfa juga bisa di atasi dengan konsumsi buah ini.

Pada saat mengkonsumsi obat, air kelapa  juga baik karena akan membantu mempermudah penyerapan.

 

11. Kesehatan Kardiovaskular

Penelitian telah menunjukan bahwa orang dengan tekanan darah tinggi biasanya memiliki kadar kalium yang rendah. Manfaat minum air kelapa secara teratur sangat efektif dalam mengatur tekanan darah karena ia memiliki kandungan kalium dan asam laurat.

 

12. Sebagai Infus

Air kelapa dapat dijadikan sebagai infus. Hal ini umumnya dipakai oleh angkatan militer jika diperlukan saat tengah beroperasi di rimba atau dalam situasi terdesak.

 

13. Membersihkan Racun dari Tubuh

Air kelapa merupakan minuman energi dengan enzim bioaktif yang meningkatkan metabolisme dan meredakan rasa lelah. Sehingga air kelapa dapat membersihkan racun dari tubuh.

 

14. Menyembuhkan Infeksi Urin

Air kelapa adalah obat alami untuk menyembuhkan infeksi urin. Hal ini tentu berlaku pada kesehatan ginjal dan batu uretra. Air kelapa juga dikenal sejak dahulu dapat menyembuhkan gangguan saluran kencing. Segelas air kelapa akan meredakan rasa sakit akibat susah kencing.

 

15. Mengobati Luka

Selain air kelapa diminum, ternyata air kelapa dapat untuk mengobati luka, telapak kaki pecah-pecah, bahkan eksem. Caranya yaitu dengan membuat obat oles yang terbuat dari beras dan air kelapa.

Untuk membuatnya adalah ambilah segenggam beras, lalu rendamlah beras tersebut ke dalam air kelapa bersamaan dengan tempurungnya, sampai beras terasa asam karena peragian, kemudian beras ditumbuk hingga halus.

 

16. Menyehatkan Rambut

Air kelapa juga dipercaya dapat menyehatkan rambut dan melebatkan rambut, sehingga rambut menjadi sehat alami.

 

17. Sebagai Diuretik

Air kelapa bermanfaat untuk memperlancar pengeluaran air seni. Air kelapa yang dicampur dengan sedikit sari jeruk sitrun bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi, juga untuk memerangi gangguan cacing dalam perut anak-anak kecil.

 

Efek Negatif Air Kelapa

  1. Air kelapa merupakan minuman yang rendah lemak. Namun jangan menjadikan air kelapa sebagai obat penurun berat badan atau obat diet alami. Karena konsumsi air kelapa yang berlebihan kemungkinan dapat menyebabkan diare.
  2. Walaupun asam amino yang terkandung dalam air kelapa lebih tinggi daripada kandungan asam amino dalam susu sapi, tidak berarti kita berhenti minum susu dan menggantinya dengan air kelapa. Karena susu mengandung vitamin dan mineral yang lebih lengkap daripada air kelapa
  3. .Jadi ketika Anda mengganti susu dengan air kelapa, Anda akan mengalami kekurangan nutrisi dan dapat mengganggu kinerja organ tubuh.
  4. Air kelapa memang memiliki kandungan sejumlah zat mineral yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Namun mengkonsumsi air kelapa tidak menjamin kuatnya sistem imun kita melawan serangan penyakit yang disebabkan bakteri dan virus.
  5. Jangan meminum air kelapa saat Anda berada dalam perjalanan ke suatu tempat. Salah satu efek samping air kelapaadalah dapat menimbulkan kejang otot dan rasa lelah akibat kadar kalsium dalam kandungan air kelapa.
  6. Air kelapa memang bermanfaat bagi penderita penyakit batu ginjal, namun berbahaya bagi orang yang fungsi ginjalnya telah mengalami penurunan.  Maka harus dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada penderita batu ginjal tersebut.

        Karena kalium dan zat elektrolit lainnya dalam air kelapa dapat menyebabkan hiperkalemi.Efek samping air kelapa pada penderita fungsi ginjal yang turun adalah dapat membahayakan jantung.

 

 

Bahan dan Cara Membuat Resep Es Kelapa Muda Gula Merah

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah daging kelapa muda yang sudah dikerok sebelumnya kurang lebih sebanyak 200 gram – 250 gram.
  2. Air kelapa muda segar kurang lebih sebanyak 400 ml saja.
  3. Gula merah atau gula jawa kurang lebih sebanyak 90 gram-110 gram.
  4. Air panas secukupnya untuk melarutkan gula merahnya.
  5. Bahan tambahan lain apabila suka, seperti rumpu laut, biji selasih, kolang kaling atau yang lain.
  6. Cara membuatnya cukup mudah. Campur dan aduk aduk gula  merah (harap disisir tipis sebelumnya supaya mudah larut) beserta air panas sampai benar benar larut dan tercampur sempurna.
    Masukkan bahan bahan diatas ke dalam gelas lalu beri air kelapa muda, es serut atau bisa juga menggunakan es kristal dan terakhir tuang gula merahnya diatasnya.

 

Berikut Olahan dari Air Kelapa Muda :

 

Cara Membuat dan Bahan Es Kelapa Muda Jeruk Yang Segar

  1. Bahan utamamanya adalah 150 gram daging kelapa muda yang sudah diserut sebelumnya.
  2. Sirup gula yang dibuat dari gula pasir putih yang dilarutkan dengan air panas.
  3. Es batu serut atau es tube.
  4. Air kelapa muda kurang lebih 300 ml saja.
  5. Cara membuatnya masukkan serutan kelapa mudanya, air kelapa muda lalu beri perasan jeruk lemonnya diatasnya.
  6. Tuang sirup gula dan es batunya lalu sajikan.

Cara Membuat dan Bahan Es Kelapa Muda Coco Pandan Campur

  1. Bahan utamanya daging kelapa muda yang sudah dikerok secukupnya.
  2. Susu kental Manis kualitas bagus secukupnya.
  3. Timun suri yang sudah dikerok secukupnya.
  4. Syrup Coco Pandan secukupnya.
  5. Daging buah blewah yang sudah diserut secukupnya.
  6. Biji Telasih secukupnya.
  7. Air kelapa muda secukupnya.
  8. Es batu serut atau es tube secukupnya.
  9. Siapkan gelas saji atau mangkuk.
  10. Masukkan daging kelapa muda, biji selasih, timun suri, blewah, air kelapa muda secukupnya.
  11. Tuang syrup dan beri es secukupnya lalu aduk aduk dan sajikan.

 

Cara Membuat dan Bahan Es Kelapa Muda Doger Segar

  1. Bahan utamanya satu buah kelapa muda segar yang sudah dikerok dagingnya.
  2. Air kelapa muda yang segar secukupnya.
  3. Buah kolang kaling secukupnya.
  4. Santan asli dari perasan buah kelapa supaya lebih gurih sebanyak 500 ml. 100 ml untuk membuat saus santan dan sisanya nanti direbus bersama jelly dan bahan lain.
  5. Sirup coco pandan kurang lebih sebanyak 100 cc.
  6. Jelly mutiara kualitas bagus secukupnya.
  7. Tape singkong (jangan terlalu matang) secukupnya. Potong potong kecil supaya mudah dimasukkan ke dalam gelasnya nanti.
  8. Gula pasir kurang lebih sebanyak 100 gram saja.
  9. Es batu secukupnya.
  10. Cara membuatnya : Rebus santan, air kelapa, gula pasir dan syrupnya sampai mendidih. Jangan lupa diaduk aduk supaya santan tidak pecah. Angkat dan dinginkan.
  11. Siapkan gelas untuk sajiannya. Masukkan tape singkon yang sudah dipotong potong, jely mutiara, kolang kaling secara berurutan.
  12. Tuang rebusan air kelapa dan syrup diatasnya.
  13. Terakhir tuang es batunya. kalau dirasa kurang manis, tambahkan sirup dan susu kental manis kalau suka.

Resep Es Kelapa Muda Kopyor Dengan Agar Agar

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah bubuk agar agar plain (tanpa warna dan tanpa rasa) kurang lebih sebanyak 1/2 bungkus saja.
  2. Jelly instan kurang lebih sebanyak 10 gram saja.
  3. Gula pasir untuk memberikan cita rasa manis sesuai selera atau kurang lebih sebanyak satu sendok makan saja.
  4. Serutan buah kelapa secukupnya.
  5. Air kelapa muda secukupnya.
  6. Garam dapur beryodium secukupnya.
  7. Saus Santan kental cair secukupnya yang dibuat dari 100 ml santan kental yang direbus bersama 1 lembar daun pandan dan beri sedikit garam.
  8. Es kristal atau es tube secukupnya.
  9. Sirup rasan coco pandan yang berwarna merah secukupnya sesuai selera.
  10. Cara Membuatnya : Langkah pertama membuat agar agar kopyornya.
  11. Siapkan panci untuk rebusan dan masukkan gula pasir, santan kentalnya, jelly instan, garam dapur beryodium dan agar agar bubuknya.
  12. Rebus semua bahan diatas sambil tetap diaduk sampai mendidih lalu matikan (tetap diaduk aduk supaya tercampur rata sampai uap panasnya habis). Setelah dingin bisa dipotong kecil kecil sesuai selera.
  13. Siapkan mangkuk atau gelas saji. Masukkan sirup merahnya, agar agar kopyor dan beri air kelapa secukupnya.
  14. Tambahkan es di bagian atasnya lalu beri saus santan di bagian terakhir. Aduk aduk lagi sebelum disantap untuk menu buka puasa.

 

Resep membuat Es blewah air kelapa muda  :

Bahan-bahan :

  1. 1. 1 bungkus nutrijel (terserah rasa apa saja).

 

2. 1 buah blewah.

 

3. 1/2 gelas gula pasir.

 

4. 200 ml air kelapa secukupnya air.

Langkah :

  1. 1. Kita masak nutrijel terlebih dahulu.

 

2. Masukkan gula pasir,air dan nutrijel.

3. Setelah itu kita diamkan supaya mengeras dan menjadi jelly.

4. Lalu kita akan membuat es blewahnya.

5. Kita kerok blewah menggunakan sendok atau khusus mengerik buah saya memakai sendok yang khusus.

6. Setelah itu kita masukkan air kelapa ke dalam blewah yang sudah kita kerok.

7. Lalu setelah nutrijel mengeras potong² nutrijel lalu masukkan nutrijel kedalam es blewah nya.

8. Selesai.

 

Smoothies alpukat + air kelapa

Bahan-bahan :

1. 5 porsi.
  1. 2. 3 cangkir Air Kelapa.
  2. 3. 3 buah Alpukat.
  3. 4. 3 sendok makan Air Jeruk Lem.

Langkah :

  1. 1. jika ingin disajikan dalam keadaan dingin sebaiknya buat sendiri Ice Cube (Es Batu) dari air kelapa.

    2. blender daging buah alpukat, air kelapa, air Jeruk lemon dan es batu dari air kelapa hingga lembut dan tercampur merata. Tuangkan kedalam gelas, siap dinikmati.

Jus Orange Nanas Timun Air kelapa

Bahan-bahan :

  1. 1. 1/2 gelas air kelapa.
  2. 2. 1/2 orange ukuran sedang.
  3. 3. 1/2 timun buang kulitnya.
  4. 4. 1/4 nanas ukuran sedang.

    Langkah :

    1. Campur srmua bahan, blender.

    2. Siap diminum.

 

 

Demikianlah yang bisa saya sampaikan tentang manfaat air kelapa, sebelumnya saya mohon maaf apabila di dalam artikel ini mungkin ada kesalahan kata, atau beberapa pernyataan yang menyinggung hadirin sekalian.

Saya ini hanya manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan. Selamat mencoba dan Semoga membantu.

By | 2017-10-28T03:26:04+00:00 October 25th, 2017|Artikel|Comments Off on Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan Tubuh

About the Author: