Manfaat Santan Kelapa Untuk Diet

Jika Anda sering memasak, pasti santan kelapa bukanlah hal yang asing lagi. Penggunaan santan kelapa umum digunakan pada berbagai resep masakan di nusantara. Namun, tak sedikit yang berasumsi bahwa penggunaan santan akan berakibat buruk bagi kesehatan tubuh. Padahal kenyataannya, kita dapat menemukan segudang manfaat santan kelapa.

Dalam perkembangannya, kini hadir pula santan instan atau siap pakai. Kehadiran santan instan tak lain untuk memenuhi preferensi pasar yang menyukai produk siap guna. Santan siap saji tersebut dibuat dengan metode pasteurisasi. Santan pun dikemas tanpa tambahan pengawet atau bahan tambahan lain.

Akan tetapi santan kelapa yang dibuat langsung tetap memiliki keunggulan tersendiri. Lalu, bagaimana cara membuat santan kelapa yang berkualitas baik? Santan kelapa yang baik sangat bergantung pada metode peras serta kualitas kelapa yang digunakan. Untuk mendapatkan hasil manfaat santan kelapa yang tahan lama dan bermutu, sebaiknya pilih jenis kelapa yang sudah tua dan berukuran kecil. Soalnya, kelapa yang berukuran besar umumnya mempunyai kuantitas daging kelapa yang lebih sedikit.

Manfaat Santan Kelapa Untuk Diet

Kelapa kaya akan enzim, yang mudah dicerna dalam tubuh manusia. Karena mudah diserap sehingga tubuh terhindar dari mengalami penumpukan lemak berlebih yang mengakibatkan kegemukan. Dengan konsumsi santan secara teratur, maka Anda akan mendapatkan tubuh yang sehat dan badan yang ideal. Menurut info herbalis, santan buah kelapa mengandung:

1. Mengandung HDL

Santan dari Buah kelapa memiliki kandungan kolesterol baik atau yang lebih dikenal dengan HDL. Kandungan tersebut bisa membantu meningkatkan kolesterol baik yang sudah ada dalam tubuh manusia. Kolesterol yang baik bisa membantu mengurangi lingkar pinggang dan kegemukan pada perut.

2. Penghilang Lapar

Santan juga dikenal sebagai makanan atau bahan yang bisa memperlambat rasa lapar yang sudah teruji. Akan tetapi, lebih baik jika meminum santan secara langsung agar khasiat yang terkandung dalam santan tidak tercampur oleh bahan makanan yang lain.

3. Lemak Jenuh yang Aman

Kandungan yang dimiliki oleh santan ternyata terkandung zat yang bernama MTCs atau yang lebih dikenal dengan lemak jenuh. Namun, MTCs pada santan tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah meski sama-sama diubah menjadi karbohidrat. Hal ini berbeda jauh dengan nasi yang jika dikonsumsi berlebih akan mengakibatkan gula darah yang cukup tinggi.

Ulasan diatas merupakan beberapa kandungan dan manfaat yang ada di dalam santan kelapa. Ternyata santan kelapa yang murni bisa menjadi salah satu alternatif untuk diet.