12 Manfaat Santan Untuk Rambut dan Cara Menggunakannya

//12 Manfaat Santan Untuk Rambut dan Cara Menggunakannya

12 Manfaat Santan Untuk Rambut dan Cara Menggunakannya

Kali ini saya akan membrikan artikel tentang manfaat santan untuk rambut sehat, yang biasanya santan digunakan pada masakan, tapi kali ini beda santan juga dapat digunakan untuk merawat rambut.

Buah kelapa ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan rambut yang bisa didapat dari berbagai olahannya.

Minyak kelapa memunyai khasiat untuk pertumbuhan rambut,untuk mencegah kebotakan, dan menyembunyikan uban. Sementara,

Santan kelapa berguna untuk menumbuhkan dan meluruskan rambut.Membuat santan lebih mudah dibanding membuat minyak kelapa

Cara Membuat Santan Kelapa

manfaat santan untuk rambut

Sesuai dengan judul artikel ini manfaat santan untuk rambut, saya akan memberikan cara untuk pembuatan santan, walaupun sudah banyak di pasaran produk santan yang sudah jadi ,  lebih baik menggunakan santan yang segar dan baru dibuat. Santan terbuat dari kelapa yang diparut dagingnya yang teksturnya menjadi lembut. Cara pembuatan santan , yaitu:

Siapkan kelapa yang sudah cukup tua secukupnya.

  1. Kemudian dibersihkan, lalu parut daging kelapa.
  2. Hasil parutannya taruh di dalam mangkuk tahan panas, siram dengan air panas. Aduk sampai rata dan biarkan sampai dingin
  3. Taruh saringan pada mangkuk tersebut, alasi dengan kain katun tipis. Tuangkan parutan kelapa ke saringan.
  4. Peras kain katun tersebut untuk mengeluarkan sisa santannya. Taruh di dalam kulkas.

Manfaat Santan Untuk Rambut

Santan memiliki banyak kegunaan untuk berbagai masalah pada rambut dengan manfaat santan untuk rambut, kandungan santan banyak sekali yang bermanfaat untuk tubuh kita, antara lain vitamin B1, B3, B5, B6, vitamin C dan E, ada juga zat besi, selenium, kalsium, magnesium dan fosfor. beberapa kandungan santan

1. Santan memiliki kandungan minyak dan nutrisi yang tinggi sehingga membuat rambut menjadi lembab dan dapat memperbaiki rambut yang rusak

2. Dengan kandungan minyak alami pada santan maka dapat digunakan sebagai kondisioner alami sehingga dapat membuat rambut lebih lembut dan mudah untuk diatur

3. Santan dapat mengembalikan keseimbangan PH pada kulit kepala yang bermasalah karena bahan kimia, sehingga perawatan dengan bahan santan dapat mengatasi masalah rambut berketombe.

4. Santan memiliki kandungan protein dan minyak essensia yang tinggi sehingga dapat menghindari kerontokan pada rambut dan dapat mencegah rambut bercabang.

5. Kandungan protein, zat besi dan mangan yang terdapat pada santan bermanfaat untuk memproduksi rambut baru yang sehat dan kuat, dan dengan kandungan tersebut juga dapat merangsang pertumbuhan rambut dengan cepat

1. Memberi Nutrisi Pada Rambut

Memakai santan di kulit kepala memberi manfaat untuk mendinginkan. Santan menutrisi rambut dari ujung rambut sampai akar,pemakaiannya juga sangat mudah yaitu,

  • Balurkan santan segar ke kulit kepala dan pijat selama tiga sampai lima menit.
  • Biarkan selama dua puluh menit, kemudian keramas seperti biasa.

Perawatan ini juga akan mempercepat pertumbuhan rambut dan folikel rambut. Sehingga ramuan ini akan menjadi cara merawat rambut agar cepat panjang dan cara untuk memanjangkan rambut pria dengan cepat.

2. Mencegah Kebotakan

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat ramuan dari santan untuk perawatan rambut botak:

  • Campurkan 50 ml santan dengan 100 ml air dan tambahkan beberapa tetes minyak kamper. Pijat kulit kepala dengan ramuan ini terutama bagian yang terdapat kebotakan, diamkan selama beberapa jam. Cuci dengan air hangat dan biarkan rambut kering sendiri. Ramuan ini cukup membantu untuk orang – orang yang mengalami kebotakan rambut.
  • Campurkan satu cangkir santan, setengah cangkir yoghurt, dan dua sendok makan minyak pohon kamper. Oleskan ke area yang rontok atau botak sambil dipijat perlahan, dan biarkan satu sampai dua jam sebelum dibilas dengan air hangat. Tutup rambut yang basah dengan handuk dan biarkan sampai kering dengan sendirinya.

 3. Mengatasi Rambut Kusut

Ketika habis keramas, biasanya rambut dalam keadaan kusut dan sulit untuk menyisirnya tanpa membuat rambut rontok. Santan juga bermanfaat untuk mengatasi masalah rambut yang kusut. Cara memakainya hanya dengan mengoleskan sedikit santan ketika menyisir rambut, oleskan pada bagian yang kusut dan sisir bagian tersebut sampai rambut terurai dengan bagus.

4. Mengatasi Rambut Kering

Manfaat santan untuk rambut selanjutnya adalah untuk mengatasi rambut kering. Santan dapat menjadi cara untuk merawat rambut kering yaitu dengan cara

  1. Lapisi rambut dengan campuran 6 sendok makan santan, 3 sendok makan minyak kelapa, dan 2 sendok makan madu.
  2. Tutup dengan shower dan biarkan selama dua puluh sampai tiga puluh menit sebelum keramas rambut.

Ramuan ini memberi kelembaban yang dibutuhkan rambut yang kering dan dapat menjadi cara merawat rambut panjang agar tetap sehat dan tidak kering lagi.

5. Untuk Pertumbuhan Rambut

Cara agar pertumbuhan rambut sehat

  • Sisir rambut sampai tidak ada bagian yang kusut dan uraikan.
  • Siapkan semangkuk santan segar.
  • Ambil kapas dan celupkan, kemudian oleskan kapas tersebut ke kulit kepala, rambut dan bagian ujung rambut.
  • Kemudian pijatan perlahan pada kulit kepala, karena bagus untuk melancarkan sirkulasi darah dan menstimulasi pertumbuhan rambut.
  • Tutup rambut dengan shower, biarkan selama empat sampai lima jam sampai ramuan meresap.
  • Keramas dengan sampo biasa, lalu beri kondisioner seperti biasa.

6. Mengatasi Rambut Rontok

Cara mengatasi rambut rontok juga bisa dengan memanfaatkan santan. Karena santan memberi nutrisi pada rambut. Cara membuatnya juga mudah yaitu:

  • Campur 1 sendok makan santan dan beberapa tetes minyak lavender.
  • Gunakan campuran pada rambut sampai merata, termasuk kulit kepala.
  • Pijat perlahan, biarkan beberapa jam atau semalaman agar hasil lebih baik.
  • Keramas dengan sampo setelahnya.

7. Mengatasi Rambut Bercabang

Penyebab rambut bercabang dan rusak biasanya tidak kita sadari. Perlakuan sehari – hari yang salah terhadap rambut bisa menjadi sumbernya. Santan juga dapat untuk merawat rambut bercabang dan cara merawat rambut agar tidak bercabang yang dapat kalian dicoba. Cara membuatnya:

  • Kalian hanya butuh setengah cangkir santan, 1 buah alpukat yang sudah dikupas dagingnya, dan 2 sendok makan minyak kelapa.
  • Campur semua bahan tersebut, lalu pakai di rambut dan seluruh kulit kepala.
  • Kemudian bungkus rambut selama 1 jam, kemudian keramas.

Ramuan tersebut bertujuan untuk merawat rambut yang kering yang menjadi penyebab rambut bercabang ujungnya dengan menggunakan manfaat alpukat untuk rambut.

8. Mengatasi Rambut Rusak dan Rapuh

Yang menyebabkan kerusakan pada rambut biasanya kondisi rambut yang kering sehingga rambut menjadi rapuh. Cara mengatasinya adalah dengan cara menggunakan santan untuk bahan perawatannya. Cara membuatnya seperti berikut :

  • Siapkan 1 cangkir minyak zaitun, 3 sendok makan daun rosemary kering dan setengah 1/2 santan segar.
  • Buat infused water untuk masker rambut terlebih dulu. Campurkan daun rosemary dan minyak zaitun dalam satu toples kedap udara selama 4-8 minggu.
  • Lalu campurkan 1/2 cangkir infused water rosemary dan zaitun tadi dengan 1/2 cangkir santan segar.
  • Pakai ke rambut dan kulit kepala sampai rata, lalu tutup kepala selama  30 menit.
  • Kemudian keramas menggunakan sampo.

9. Memberi Kilau Pada Rambut

Manfaat santan untuk rambut agar memberi kilau rambut yang kusam bisa didapat dengan cara berikut:

  • Parut kelapa dan taruh hasil parutan ke dalam kain katun tipis.
  • Selanjutnya peras kelapa didalam kain dan saring kembali.
  • Panaskan dalam panci sampai kental dan bertekstur seperti pasta, taruh dalam mangkuk.
  • Tunggu sampai dingin sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.
  • Kemudian oleskan ke seluruh rambut dan kulit kepala sampai merata, tutup rambut dan biarkan semalaman.
  • Keesokan harinya keramas seperti biasa.

Selain menggunakan santan, kita juga bisa menggunakan manfaat air beras untuk memberi kilau pada rambut

10. Mengatasi Kulit Kepala Kering

Kulit kepala yang kering berarti tidak mendapatkan cukup distribusi cairan dari tubuh. Hal ini dapat menimbulkan masalah gatal dan ketombe. Untuk menghidrasi kulit kepala, hangatkan 1/2 cangkir santan kemudian gunakan untuk memijat kulit kepala setelah agak dingin. Biarkan meresap di kulit kepala selama 30 menitan sebelum dibilas.

11. Mengatasi Rambut Beruban

Penyebab rambut beruban ada banyak diantaranya penuaan dini, pemakaian sampo atau produk rambut yang salah, stres, dan lain – lain. Dengan manfaat santan untuk rambut bisa digunakan untuk menghitamkan rambut secara alami. Caranya dengan melakukan beberapa langkah berikut:

  • Campurkan santan dan minyak amla dengan jumlah yang sama.
  • Pakai di rambut dan kulit kepala sampai merata, biarkan meresap kurang lebih 1 jam.
  • Setelah itu cuci dengan air hangat.

anda juga dapat memanfaat urang aring agar rambut tetap hitam alami.

12. Mengatasi Rambut Mengembang

Dengan bantuan santan untuk mencegah rambut mengembang yang akan menjadi cara melembutkan rambut, jadi rambut tidak akan mengembang dan sulit diatur. Cara memakainya adalah seperti ini:

  • Campur santan segar dan jeruk nipis secukupnya.
  • Oleskan ke seluruh kepala secara merata, termasuk rambut.
  • Biarkan selama setengah jam kemudian bilas dengan sampo sampai bersih.

Manfaat Santan Untuk Angota Tubuh Lainnya

Santan selain bermanfaat untuk rambut, ternyata santan juga bermanfaat untuk bagian tubuh lainnya, seperti wajah, kulit, tulang, dan lain-lain.

1. Mencegah penuaan

Serat, lemak dan nutrisi serta antioksidan yang terkandung dalam santan kelapa dapat membantu mencegah terjadinya penuaan. Sehingga bagi yang suka mengkomsumsi santan kelapa dengan teratur, kemungkinan besar Dia akan awet muda.

2. Kaya zat besi

Zat besi yang terkandung di dalam santan kelapa juga dapat mencegah terjadinya anemia atau kurang darah. Anemia terjadi karena tubuh tidak memproduksi hemoglobin dengan jumlah yang cukup untuk aktivitas sehari-hari. Akibatnya Anda jadi cepat lelah, lemas, dan tidak produktif.

3. Memperkuat imunitas

Santan kelapa juga mengandung vitamin C yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung santan kelapa, maka flu dan infeksi akan jarang terjadi.

4. Menguatkan tulang

Tulang yang kuat tidak hanya membutuhkan zat kalsium saja, tetapi juga fosfor yang banyak terdapat pada santan kelapa. Konsumsi santan kelapa juga membantu menyehatkan dan menguatkan tulang Anda.

5. Kaya antioksidan

Santan kelapa ternyata juga kaya  akan antioksidan yang juga bermanfaat untuk melawan radikal bebas dan untuk melindungi dari kerusakan sel.

6. Memperketat Kulit

Santan kelapa yang menjadi sabun bagi wajah dipercaya mampu memperketat kulit atau mencegah penuaan dari kulit anda, khususnya baik digunakan untuk wanita

7. Menghilangkan bekas make up

Memakai make up sehari hari untuk kecantikan memang membuat wajah  wanita terlihat cantik, namun bekas yang ditimbulkan make up berupa bekas yang tidak baik atau jelek untuk kulit wajah.Caranya dengan menggunakan campuran santan minyak kelapa dengan baby oil dengan perbanding 1 : 2 untuk mendapatkan efek yang lebih baik lagi. Hal ini dapat juga untuk membantu membersihkan bahan-bahan bekas make up yang menepel pada kulit wajah danmenutupi pori-pori pada kulit wajah.

8. Mengatasi efek dari sinar uv

Khasiat santan kelapa untuk kesehatan kulit selanjutnya adalah dapat mengatasi masalah yang timbul pada kulit akibat dari  terkena efek buruk dari sinar matahari. Lapisan santan pada kulit yang terbakar karena sinar uv dan ruam akan mencegah terjadinya kerusakan pada kulit sehingga dapat membuat kulit menjadi sehat kembai

9. Menjaga Jantung Sehat

selain manfaat santan untuk rambut, santan juga bermanfaat untuk jantung. Buah besar ini mengandung banyak asam laurat, asam lemak rantai sedang yang telah terbukti memiliki efek positif pada kadar lipid dan kolesterol serum pada pria dan wanita

Sebuah penelitian dilakukan terhadap 60 orang sehat selama 8 minggu. Selama 5 hari seminggu, mereka diberi makan bubur santan, dan kadar kolesterol mereka diuji. Para peneliti menemukan bahwa tingkat kolesterol “jahat” tingkat penurunan dan “kolesterol baik” meningkat. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa santan tidak berakibat fatal bagi lipid. Tapisangat sehat untuk hati kita

10. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Santan kelapa mengandung vitamin C dalam jumlah yang baik, nutrisi yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh kita.

Makanya, konsumsi santan secara teratur bisa membantu menangkal infeksi dan melawan demam dan batuk.

11. Membantu Mencegah Anemia

Anemia, salah satu penyakit yang paling umum disebabkan karena kekurangan nutrisi, atau kekurangan zat besi dalam tubuh.

Hal ini bisa diatasi dengan minum segelas santan secara teratur. Dikatakan untuk menyediakan tubuh kita hampir seperempat dari dosis besi harian yang direkomendasikan setiap hari. Hal ini juga berguna untuk mencegah kelelahan terkait anemia.

12. Melembabkan Kulit

Orang-orang telah memanjakan diri dalam pemandian susu selama berabad-abad. Entah itu untuk bayi atau pengantin wanita, ini adalah fakta umum bahwa susu melembabkan kulit kita dan membuatnya lembut dan kenyal.

Mungkin sekarang saatnya beralih ke santan sekarang. Menerapkan santan ke kulit Anda lebih dari sekedar melembabkannya. Peras kelapa mengkombinasikan kekeringan, gatal, bengkak, dan kemerahan, menenangkan kulit, dan meningkatkan kulit yang sehat dan bercahaya.

Tambahkan 1 cangkir santan, 1/2 cangkir air mawar, dan 1 cangkir kelopak mawar untuk menghangatkan air dan mandi dengannya. Lakukan ini sering, dan Anda akan kagum dengan hasilnya.

13. Aids Weight Loss

Kelapa mengandung trigliserida rantai menengah (MCT) yang bisa membakar lemak dan menyebabkan kenyang,sehingga dapat mencegah makan berlebih. Kelapa ini bisa membantu penurunan berat badan dalam jangka panjang.

Sebuah penelitian dilakukan pada tahun 2003 untuk membuktikan hal yang sama – 24 orang dengan kelebihan berat badan diberi makanan kaya MCT dan asam lemak rantai panjang (LCT) selama 4 minggu. Komposisi tubuh mereka diuji pada akhir kerangka waktu. Terlihat bahwa mengkonsumsi MCT mengakibatkan penurunan kadar jaringan adiposa dibandingkan dengan LCT.

Studi tersebut selanjutnya menyatakan bahwa MCT dapat dianggap sebagai agen yang membantu dalam pencegahan obesitas

Itu tadi beberapa manfaat santan untuk rambut dan kesehatan tubuh lainnya yang bisa kalian coba  Dan rasakan khasiatnya.Terima Kasih sudah berkunjung…

By | 2017-10-24T07:38:04+00:00 October 23rd, 2017|Artikel|Comments Off on 12 Manfaat Santan Untuk Rambut dan Cara Menggunakannya

About the Author: