Mesin Press Baglog Otomatis – Mesin Press – Usaha Jamur Tiram 2021

Hasil gambar untuk baglog jamur serbuk sabut kelapa

Tentang Baglog Jamur Tiram

Anda ingin usaha jamur tiram ? Perlu Anda ketahui, sebelum melakukan penanaman, hal – hal yang menunjang budidaya jamur tiram harus sudah tersedia, salah satunya baglog jamur tiram. Untuk membuat baglog, media tanam yang dibutuhkan adalah cocopeat atau serbuk sabut kelapa, yang kemudian di press menggunakan mesin press baglog otomatis.

Mengapa kita menggunakan cocopeat sebagai media tanam untuk budidaya jamur tiram ?

Sebagai media tumbuh jamur, menggunakan serbuk sabut kelapa (cocopeat) fungsinya adalah sebagai penyedia nutrisi bagi jamur. Cocopeat yang digunakan adalah cocopeat yang berpotensi dalam meningkatkan hasil panen jamur tiram.

Dengan menggunakan mesin press baglog otomatis ini, maka baglog akan tercetak sempurna dan dapat diproduksi dalam jumlah yang besar secara otomatis.

Cara Kerja Mesin Press Baglog Otomatis

Mesin press baglog jamur tiram ini, akan secara otomatis menekan baglog sampai padat. Tujuannya adalah untuk menjaga nutrisi pada jamur. Proses pengepresan baglog secara bergantian dari kiri ke kanan.

 

Mesin Press Baglog Otomatis
Mesin Press Baglog Otomatis

Spesifikasi

  • Dimensi      : 400 x 350 x 600 mm
  • Penggerak : EM Hp 220 V 1 Ph
  • Kapasitas   : 100 log / jam
  • Fungsi        : Mengepress Log jamur agar padat

Budidaya Jamur Tiram Menggunakan Media Tanam Serbuk Sabut Kelapa (Cocopeat), Membuat Jamur Lebih Berkualitas

Usaha budidaya jamur tiram seringkali mengalami kegagalan karen teknik dan cara budidaya yang kurang benar. Meskipun gampang, perlu diperhatikan faktor – faktor seperti lingkungan, kebersihan, serta konsistensi selama perawatan. Jika faktor tersebut tidak bisa dipenuhi dengan baik, maka hasilnya pun kurang optimal bahkan kemungkinan berpotensi mendatangkan kegagalan.

Budidaya jamur tiram menggunakan media tanam cocopeat memiliki karakteristik istimewa, yaitu bisa air lima kali dari bobotnya. Karakteristik unik ini membuat cocopeat bisa dimanfaatkan sebagai media tanam. Keunggulannya adalah meningkatkan daya menahan air, menyimpan air dan menyimpan hara nutrisi.

Kelebihan dari Cocopeat Sebagai Media Tanam Jamur Tiram

  1. Mudah teruri dan aman bagi lingkungan karena merupakan 100% bahan alami yang terbuat dari sabut kelapa.
  2. Dapat menahan air hingga 6 – 9 kali berat cocopeat itu sendiri.
  3. Memiliki tekstur yang memudahkan pertukaran oksigen (tukar kation) di dalam tanah, sehingga bermanfaat bagi kesuburan akar tanaman.
  4. Dapat digunakan berkali – kali dan sangat awet hingga baru akan hancur dalam kurun waktu 10 tahun.
  5. Mampu mengikat bau tak sedap, sehingga cocok digunakan sebagai alas pada kandang ternak.
  6. Bida digunakan sebagai media bedding cacing (vermicomposting).
  7. Anti bakteri dan anti jamur karena mangandung Trichoderma sp, sejenis samur (fungi) yang menguntungkan bagi tanaman,dan dapat mengahambat pertumbuhan jamur merugikan.
  8. Biasanya dijual dalam bentuk blok dengan berat 5 kg dan mudah dibawa.
  9. Dalam batas tertentu bisa digunakan sebagai pakan ternak dan itik.

Pemanfaatan serbuk sabut kelapa memberikan pengaruh pada diameter tubuh buah jamur tiram, media tanam yang diberi tambahan cocopeat memiliki diameter tubuh buah yang paling kecil, tetapi pemanfaatan serbuk sabut kelapa dapat meningkatkan kandungan kalsium jamur tiram.

Itulah beberapa kelebihan menggunakan media tanam cocopeat untuk baglog jamur tiram, yang membuat jamur tiram memiliki diameter tubuh buah tinggi. Cara membuat cocopeat sangat mudah sekali, klik cara membuat cocopeat untuk mengetahui bagaimana cara membuat cocopeat agar tanaman jamur tiram yang berkualitas.

Sekian informasi tentang budidaya jamu tiram menggunakan serbuk sabut kelapa (cocopeat). Semoga bermanfaat.