Resep Lontong Sayur Labu Siam yang Enak dan Gurih

Haiii para pencinta Lontong Sayur!! Kali ini kita akan membahas Resep Lontong Sayur Labu Siam, Sejarah Lontong Sayur, dan Asal-Usul Lontong Sayur. Kamu pastinya tau dong makanan satu ini?! Makanan satu ini sering besanding dengan tambahan telur rebus, tahu, tempe, dan lainya.

Makanan yang sangat merakyat harganya, dan rasanya pastinya cocok banget untuk lidah orang Indonesia. Selain menjadi makanan khas Indonesia, makanan ini sering dibuat untuk acara-acara besar loh, contonya acara Pengajian, kumpul keluarga atau acara-acara besar lainya.

Lontong sayur yang merupakan salah satu makanan yang sangat terkenal di Indonesia. Makanan satu ini adalah makanan khas Betawi ini berupa lontong dengan kuah santan kelapa yang diberi berbagai macam bumbu halus seperti bawang putih, kemiri, kunyit, dan lainnya.

Lontong sayur labu siam yang merupakan salah satu menu sarapan orang Indonesia yang kerap di temui di restoran hingga kaki lima. Sajian sederhana ini yang terdiri dari sayur labus siam kuah dan tempe yang berkuah santan, dan disajikan dengan tambahan potongan lontong, hingga kerupuk dan bawang goreng yang ada didalamnya.

Sejaran dan Resep Lontong Sayur Labu Siam

Meski jadi sajian yang sangat merakyat, lontong sayur labu siam ternyata punya sejarah yang menarik untuk kamu simak. Lontong sayur labu siam awalnya yang dikenal dengan lontong sayur khas Betawi ini yang disajikan pada Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha.

Lontong sayur labu sian bisa dibilang adalah representasi dari perpaduan budaya yang ada di masyarakat Betawi dan masyarakat Tionghoa. Tak heran lagi selain lontong sayur khas Betawi, kita juga akan mengenal adanya lontong Cap Go Meh yang seringkali tersaji  pada saat Hari Raya Imlek.
Belakangan kuliner lontong sayur labu siam kian sangat berkembang pesat. Di beberapa daerah lontong sayur labu siam kerap ditambahi topping telur kecap hingga tempe bacem. Nahhh, kalai ini kita redaksi Kulinear dan enggak akan bagian resep lontong sayur Betawi, melainkan yang lebih simple lagi yaitu resep lontong sayur yang diberi labu siam. 

Resep Lontong Sayur Labu Siam

resep lontong sayur labu siam

Bahan Cara Membuat Resep Lontong Sayur Labu Siam

  • 1 buah labu siam yang berukuran sedang
  • 1/5 papan tempe (sekitar 110gr)
  • 4 butir telur ayam rebus
  • 1250 ml air
  • 1/5 bungkus santan kental (kara 65ml)
  • 3 lembar daun salam
  • 1/5 ruas lengkuas (lalu geprek)
  • 1/5 batang serai (lalu geprek)
  • 1/5 sdm gula pasir
  • 1/5 sdm garam
  • 1/5 sdt kaldu bubuk

Bumbu yang dihaluskan

  • 15 buah cabe merah keriting
  • 7 buah cabe rawit merah
  • 6 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1/5 ruas jahe
  • 1/5 ruas kunyit
  • 2/5 sdm ebi (rendam dengan air yang hangat)

Pelengkap (pendaping)

  • Lontong secukupnya
  • Bawang goreng (sesuai selera)
  • Kerupuk ( sesuai kebutuhan )
  • Daun kemangi secukupnya

Cara Membuat Resep Lontong Sayur Labu Siam

  1. Kupas labu siam yang berukuran sedang, serut lalu cuci sampai bersih. Lanjut untuk menyiapkan tempe, lalu potong seperti bentuk dadu. Siapkan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan.
  2. Lalu tumis bumbu hingga menjadi harum, lalu masukkan 3 lembar daun salam, lengkuas dan serai, aduk rata, matikan api.
  3. Lalu lanjut untuk menyiapkan panci, lalu masak air hingga mendidih, lalu masukkan labu siam yang sudah dipotong-potong dan tempe.
  4. Lalu bumbu halus yang tadi sudah ditumis hingga harum, telur rebus, garam, kaldu bubuk dan gula pasir, aduk hingga rata, masak hingga labu siam menjadi matang, lalu lanjut untuk masukkan santan kental.
  5. Masak hingga kuah menjadi mendidih kembali, lalu matikan api.
  6. Penyajian : potong-potong lontong yang sudah disiapkan, tata dimangkuk yang telah tersaji, lalu siram sayur labu siam diatasnya, taburi bawang goreng, nikmati dengan kerupuk.
  7. Dan lontong sayur labu siam siap untuk dihiangkan. Dihidangkan selagi masi panas akan menambah kenikmatan lontong sayur labu siam.

Terimakasi telah menggunakan Resep Lontong Sayur Labu Siam dari saya, dan semoga anda menyukai resep saya!!

 

Baca Juga : Cara Masak Soto Ayam Medan

Manfaat dan Cara Membuat Masker Wajah Dari Labu Siam

Ada berbagai buah-buahan dan sayur-sayuran yang dapat digunakan untuk membuat masker wajah. Namun tak banyak yang mengetahui khasiat dari buah labu untuk kecantikan. Orang biasanya memilih buah pepaya, stroberi, kentang, mentimun, wortel, dll.

Yang padahal buah labu merupakan salah satu bahan untuk mencerahkan kulit wajah yang cocok untuk semua jenis kulit wajah. Jadi, kalau Moms mencari masker wajah untuk kulit menjadi lebih cerah, cobalah masker buah labu .

Buah Labu yang kaya akan mineral seperti kalium, kalsium, fosfor, tembaga, dan vitamin A, E, C, B-6 dan niacin yang membantu meningkatkan kesehatan kulit wajah kita. Ekstrak dari kulit labu membantu mengeluarkan sel-sel kulit mati secara perlahan dan membuat kulit wajah menjadi cerah dan lembut.

Buah Labu juga mampu memperbaiki tekstur kulit wajah dan menghilangkan garis-garis halus dan kerutan pada wajah. Berikut ini cara membuat masker buah labu untuk mencerahkan kulit wajah kita!!

Bahan

  • 1 buah Labu siam berukuran sedang
  • 1 buah lemon

Lemon mengandung vitamin C dan asam sitrat yang bertindak sebagai agen pemutih alami yang akan mengurangi bintik-bintik gelap dan mencerahkan kulit.

Bahan Tambahan

  • Satu sendok makan bubur labu.
  • Beberapa tetes jus lemon.
  • 2-3 kapsul vitamin E.

Cara Penggunaan

  1. Tambahkan 2 sendok makan bubur labu dan beberapa tetes perasan jus lemon ke dalam mangkuk.
  2. Campur dengan baik.
  3. Lanjut untuk menambahkan 2-3 kapsul vitamin E dan tambahkan ke dalam pasta.
  4. Sebelum anda menggunakan masker ini, pastikan untuk membersihkan wajah dengan air bersih.
  5. Oleskan masker ini secara merata di wajah dan leher, dan biarkan selama 15-20 menit.
  6. Cuci dengan air biasa.
  7. Gunakan masker ini seminggu sekali untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah

Selain menjadi tambahan lontong sayur, ternyata buah labu siam juga bisa dijadikan bahan untuk membuat jus juga lohh!!! banyak juga manfaat dari mengomsumsi jus labu siam. Mari simak maanfaan mengomsumsi jus labu siam dan Resep Jus Labu Siam dibawah ini!!

Kamu lagi mencari ide resep jus labu siam penurun kolesterol yang unik? Cara membuat jus labu siam memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau sampai keliru mengolah jus labu siam maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap untuk diminum.

Padahal jus labu siam penurun kolesterol ini yang sangat enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita. Resep jus labu siam penurun kolesterol yang satu ini merupakan variasi rasa dari resep keempat dan kelima.

Resep ini menggunakan tambahan jahe dan jeruk nipis untuk mendapatkan sensasi hangat dan sedikit rasa asam. Cuma Jus LABU SIAM ini, yang Manfaatnya Untuk Kolesterol, Darah Tinggi dan Diabetes, buah labu siam bisa di katakan sebagai salah satu sayuran dengan nutrisi yang sangat tinggi.

Ada beberapa hal yang sangat banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari jus labu siam penurun kolesterol, mulai dari jenis bahan nya, kemudian pemilihan bahan segar labu siam hingga cara mengolah dan menyajikannya jus labu siam.

Kamu tak perlu pusing kalau mau menyiapkan jus labu siam penurun kolesterol enak di mana pun kamu berada, karena asal sudah tahu triknya dan bahannya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Bahan-Bahan dan Bumbu yang Dibutuhkan Dalam Pembuatan Jus Labu Siam Penurun Kolestrol

jus labu siam

Bahan

  • Gunakan 1 buah labu siam yang berukuran sedang
  • Gunakan 2/5 buah jeruk nipis
  • Sediakan 1/5 sendok makan madu
  • Sediakan 150 ml air minum

Pada umumnya buah labu siam dikonsumsi sebagai bahan dasar sayur saja. Entah untuk dimasak tumis atau sayur lodeti. Selain digunakan sebagai bahan sayur saja,  buah labu siam bisa juga dibuat jus/dijadikan minuman lohh.

Jus labu siam untuk menurunkan kolesterol adalah minuman sehat dengan citra rasa enak yang dapat dikonsumsi untuk mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh kita.

Cara Menyiapkan Jus Labu Siam Penurun Kolestrol

  1. Potong labu siam menjadi 4-5 bagian (bisa juga potong menjadi tipis-tipis),kemudian rendam kurang lebih 5-6 menit untuk menghilangkan getah pada labu siam.
  2. Setelah labunya direndam 5-6 menit tiriskan labu siam lalu potong tipis-tipis dan masukan semua potongan labu siam pada blender sampai halus, saring dan tuang kedalam gelas kemudian peras  1 buah jeruk nipis, ditambahkan 1/5 sdm madu (sesuai selera anda).
  3. Dan jus labu siam siap untuk dinikmati. Selamat mencoba.

Ingin Lebih Mudah Gunakan : Mesin Parut Kelapa

Kolesterol yang merupakan lemak jenuh sangat dibutuhkan tubuh kita guna memperbaiki, Meningkatkan dan mempertahankan fungsi dinding sel dan hormon pada tubuh, namun jika lemak jahat lebih banyak di tubuh kita dari pada lemak yang baik maka dapat menyebabkan berbagai macam keluhan kesehatan pada tubuh kita.

Jus yang ampuh Penurun Kolesterol Tinggi yaitu Buah labu siam, yang merupakan salah satu makanan untuk penurun kolesterol yang efektif berkat kandungan nutrisi bagi tubuh dan fitonutrien yang masih utuh. Berdasarkan penelitian yang ada.

angka yang mampu menurunkan kadar kolesterol darah pada tubuh kita. Selain dapat menurunkan kadar kolesterol di tubuh kita dengan efektif labu siam juga dapat membuat kadar kolesterol dalam tubuh menjadi lebih stabil lagi. Ini tentunya sangat bermanfaat bagi anda-anda yang sering mengalaminya.

Manfaat Mengomsumsi Jus Labu Siam

jus labu siam

 

1. Menurunkan Penyakit Kolesterol

Makanan yang sering kita konsumsi setiap hari terkadang mengandung kolesterol yang sangat tinggi yang tidak aman untuk kesehatan kita dan keluarga kita. Jika menumpuk di dalam tubuh kita, lemak ini akan berubah menjadi kolesterol jahat yang menyebabkan berbagai penyakit dalam tubuh kita.

Manfaat jus yang berbahan labu siam dan manfaat labu siam rebus dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh kita karena labu siam tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh dalam tubuh dan juga mengandung kalori yang sangat sedikit.

2. Mengatasi Penyakit Darah Tinggi

Tekanan darah sangat tinggi atau hipertensi bisa berbahaya karena bisa menyebabkan stroke pada kita. Bahkan hingga saat ini, bukan hanya orang tua saja yang berisiko mengalaminya, bahkan juga orang muda yang sudah mulai banyak mengalami tekanan darah tinggi.

Kandungan magnesium yang terdapat dalam labu siam dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik pada tubuh. Begitu juga dengan kandungan zinc yang terdapat pada labu siam yang mempengaruhi tekanan darah pada tubuh.

Manfaat dari jus labu siam dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko stroke pada tubuh kita.

3. Mencegah Penyakit Penuaan Dini

Bahkan tidak ada yang suka mengetahui bahwa ia mengalami penuaan dini dengan munculnya garis-garis halus dan kerutan di wajahnya. Apalagi jika Anda masih sangat muda untuk gejala ini, namun sudah terlihat tua karena kerutan yang muncul di bagian wajah anda.

Kandungan dari antioksidan yang tinggi dalam antioksidan mampu mencegah radikal bebas yang datang dari luar dan menyebabkan penuaan dini pada anda. Kandungan yang terdapat pada air yang tinggi juga dapat menjaga kelembapan kulit dan tidak mudah menjadi keriput.

4. Mengatasi penyakit Sembelit

Kelancaran pencernaan makanan yang ada di dalam lambung dan usus anda , akan membantu anda memperlancar proses buang air besar sehingga tidak perlu mengalami sembelit yang bisa menyebabkan anda wasir atau ambeien jika terjadi terlalu sering.

5. Sebagai Sumber Energi Bagi Tubu

Labu siam yang mengandung potasium atau potasium yang sudah lama dikenal sebagai salah satu mineral yang dapat meningkatkan stamina dalam tubuh kita . Kandungan yang memiliki serat yang tinggi pada labu siam juga berfungsi untuk mengontrol kadar gula darah, dan membawa manfaat pada labu siam untuk diet yang sangat baik.

6. Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat dari jus labu siam juga dapat mencegah kanker karena kandungan antioksidannya yang sangat tinggi seperti yang diketahui senyawa antioksidan dapat mencegah kanker dalam tubuh kita. Antioksidan yang mampu membasmi sel radikal bebas yang berasal dari makanan tidak sehat dan pencemaran lingkungan kita.

7. Menurunkan Berat Badan Kita

Labu siam yang mengandung serat yang sangat tinggi dan kalori yang rendah sehingga manfaat dari jus labu siam akan mampu menurunkan berat badan kita dengan baik. Labu siam yang mengandung sekitar 3,5 gram serat dalam satu buah saja yang dapat memenuhi sekitar 14 persen kebutuhan harian pada tubuh seseorang.

Sangat memudahkan penurunan berat badan dengan pencernaan yang lebih lancar, dan juga mendapatkan manfaat dari labu siam untuk kolesterol yang lebih terkontrol lagi.

8. Mengatasi Penyakit Diabetes

Begitu jugaterdapat kandungan vitamin C pada labu siam yang dapat mengontrol penyakit diabetes melitus pada tubuh dengan merangsang pengeluaran insulin pada penderitanya.

9. Menyehatkan Untuk Jantung

Rutin makan atau minum jus labu siam dapat meningkatkan kesehatan jantung anda. Antioksidan myricetin, yang misalnya, bisa menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh seperti yang dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan pada binatang.

10. Memiliki Efek Antikanker Bagi Tubuh

Asupan yang cukup banyak buah dan sayur, termasuk dari buah labu siam, termasuk juga dengan penurunan risiko berbagai jenis Studi tabung reaksi menunjukkan beberapa senyawa pada tubuh, buah labu siam dapat memperlambat pertumbuhan dan perkembangan beberapa sel kanker, seperti kanker serviks pada tubuh dan leukemia.

Tinggi nya Antioksidan pada labu siam, Manfaat buah Labu Siam yang diolah menjadi Resep Lontong Sayur Labu Siam dan jus sangat baik untuk Jantung dan Pencernaan tubuh kita. Buah Labu siam atau yang sering disebut labu siam adalah sayuran yang termasuk dalam famili Cucurbitaceae.

Nama lainnya dari labu siam yaitu labu mirliton atau chocho. dan Di Indonesia lah labu siam sangat gampang kita ditemui. Harganya juga terlalu mahal. Labu siam sangat banyak diolah sebagai tumisan, dijadikan isian sayur asem, sayur lodeh, hingga disajikan dan dijadikan lalapan.

Nah sekian penjelasan manfaat dari buah labu siam dari saya. Terima kasih telah menggunakan resep Lontong Sayur Labu Siam yang saya tampilkan di halaman ini. Besar harapan saya, olahan Jus buah labu siam penurun kolesterol yang sangat mudah.

Sekian Resep Lontong Sayur Labu Siam, Cara Membuat Masker Dari Labu Siam dan Manfaat Mengomsumsi Jus Labu Siam. Selamat Menyoba!!!

 

× CHAT WHATSAPP